• Home>
  • Review>
  • Menilik Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V Generasi Pertama
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V Generasi Pertama

Dilihat 4686
EKO
4 Nov 2021, 19:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

kelebihan honda br-v gen 1

Otoloka.id- Orang Indonesia memang menginginkan mobil dengan daya jelajah tinggi, dan harga yang murah sebagai teman dalam perjalanan. Oleh karena itu, mobil dengan model SUV merupakan yang paling cocok.

Menjawab keinginan itu, PT Honda Prospect Motor menghadirkan mobil SUV crossover yang punya harga terjangkau dengan nama Honda BR-V. Mobil tersebut hadir di Indonesia pada tahun 2016 dan menjadi salah satu mobil paling laris Honda.

Memang saat itu mobil crossover dengan harga terjangkau lagi diminati di Indonesia. Sejak peluncurannya, mobil ini laku lebih dari 38 ribu unit dalam setahun. Di tahun berikutnya Honda BR-V laku lebih dari 21 ribu unit.

Honda BR-V hadir dengan mengadopsi platform Honda Global Small Car, yang terkenal akan efisiensi ruang dan tempat. Kabin yang mampu menampung sebanyak tujuh penumpang, juga bisa dialihfungsikan untuk membawa muatan dengan pengaturan kursi.

Menganut desain crossover, Honda BR-V memiliki dimensi panjang 4.453 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm dengan ground clearance berjarak 201 mm. Jarak ke tanah tersebut terhitung lebih pendek dibanding pesaingnya.

Karena menggunakan platform global, tak heran kalau Honda BR-V juga dipasarkan ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Filipina dan Thailand, negara Asia selatan seperti India dan Pakistan, dan juga di Afrika Selatan.

Pada kehadirannya di Indonesia, Honda BR-V menawarkan beberapa daya tarik, berupa desain yang tegas dan sporty, meskipun tidak jauh-jauh dari bentukan Honda Mobilio selaku saudara satu platform.

Namanya juga dihadirkan sebagai mobil crossover berharga terjangkau, namun, untuk fitur yang terbenam, Honda BR-V dibilang sudah mumpuni sebagai mobil keluarga petualang.

Honda BR-V yang dihadirkan di Indonesia, ditawarkan dalam tiga varian tipe. Yaitu S sebagai tipe terendah, E yang menjadi tipe menengah, dan E Prestige sebagai tipe Honda BR-V tertinggi.

Pada varian terendah atau tipe S, transmisi yang tersedia hanya manual. Sementara Honda BR-V tipe E, menawarkan dua pilihan transmisi yaitu manual enam percepatan, dan transmisi otomatis CVT. Untuk tipe Prestige hanya tersedia pilihan transmisi otomatis CVT saja.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Nah, daripada kita tidak sabar menunggu kapan BR-V generasi terbaru keluar harganya, tidak ada salahnya kalau menjatuhkan pilihan pada Honda BR-V generasi pertama. Namun, perlu diperhatikan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada mobil tersebut.

Kelebihan Honda BR-V

1. Konsumsi Bensin Honda BR-V Irit

Untuk jantung pacunya, Honda BR-V menggunakan mesin 1.5 liter dengan kode L15Z1 berteknologi V-TEC, berkonfigurasi empat silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut sebesar 120 PS dengan torsi mencapai 145 Nm.

Bisa dibilang mobil tersebut punya tingkat keiritan bahan bakar yang hampir sama dengan mobil MPV, karena konsumsi satu liter bensin Honda BR-V, mampu menjelajah sejauh 14 kilometer. Jika berkendara jalur tol, konsumsinya lebih irit lagi, bisa mencapai 18 kilometer untuk seliter bensin.

Tentunya teknologi VTEC yang dibenamkan pada mesin BR-V mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar lewat timing pengapian yang diatur. Sistem penggerak roda depan pada mobil ini juga menyumbang efisiensi bahan bakar.

2. Fitur Keselamatan Honda BR-V Mumpuni

Untuk kelas mobil terjangkau, fitur keselamatan yang dibenamkan pada Honda BR-V terbilang sudah mumpuni. Bahkan pada kelas tertinggi, juga dibekali dengan bantuan pengemudi seperti Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), kamera parkir, serta sensor di bagian depan dan belakang.

Selain itu, Honda juga menyematkan beberapa teknologi keselamatan mengemudi lain, seperti SRS airbags, Side Impact Beam, dan struktur rangka G-CON. Sistem pengereman ABS, EBD, dan BA juga disematkan pada mobil ini. Untuk sistem keselamatan tersebut, sudah jadi bawaan di varian paling bawah.

3. Kenyamanan Honda BR-V Juga Mumpuni

Pada bagian kaca depannya, Honda BR-V sudah dibekali dengan Heat Rejecting Tinted Glass yang menghalau panas matahari ketika berkendara di siang hari. Tak perlu kepanasan pada bagian kursi baris kedua dan ketiga, karena sudah dibekali dengan AC Double Blower yang dapat diatur secara digital pada bagian dashboard.

Ketika berkendara pada malam hari juga dibuat nyaman, karena sudah disematkan lampu depan LED dan lampu kabut. Fitur tersebut bahkan sudah tersediap pada tipe paling bawah.

4. Transmisi BR-V Lebih Unggul

Dibanding beberapa pesaingnya, Honda BR-V punya sistem transmisi setingkat lebih unggul. Contohnya pada pilihan transmisi manual yang sudah membenamkan sebanyak enam percepatan, di saat pesaingnya masih menggunakan lima percepatan.

Pada transmisi otomatis pun, Honda BR-V juga lebih unggul karena menggunakan CVT. Perpindahan tiap gigi dengan transmisi ini dikenal lebih halus dibanding transmisi otomatis konvensional.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Kelemahan Honda BR-V

1. Minim Peredaman

Karena dikembangkan sebagai mobil dengan harga terjangkau, membuat beberapa komponen ada yang dikorbankan. Salah satunya adalah aspek peredaman yang berada di dalam kabin.

Banyak pengguna Honda BR-V yang mengeluhkan suara bising yang bersumber dari roda. Hal itu berarti minimnya peredaman yang terdapat pada bagian kabin. Belum lagi ada juga yang mengeluhkan panas mesin merembet juga ke bagian kabin.

2. Penggerak Roda Depan

Mobil dengan penggerak roda depan, memang punya ketahanan lebih buruk dibanding penggerak roda belakang. Sistem tersebut menitik beratkan semuanya pada roda depan, mulai dari beban mesin, beban penggerak, dan beban untuk mengarahkan.

Karena sistem ini juga, pada akhirnya kaki-kaki depan yang jadi sasaran kerusakan. Oleh karena itu, kaki-kaki depan BR-V juga sebaiknya sering dicek.

Sebagai mobil bergenre crossover, sistem penggerak roda depan kurang ahli dalam melahap tanjakan. Karena untuk melewati tanjakan mobil seakan ditarik, bukan didorong. Jika kelebihan injak pedal gas, roda malah jadi selip.

3. Crossover Hanya Tampilan

Melihat tampilan dari BR-V memang sangat mengesankan kalau mobil ini memang sporty, dan asik untuk diajak berpetualang. Namun hal itu hanya tampilannya saja, karena untuk diajak berpetualang ke medan offroad ringan, mobil ini kurang mumpuni.

Hal itu terlihat dari ground clearance yang terbilang rendah, yaitu 201 mm. Bahkan ground clearance Mitsubishi Xpander lebih tinggi 4 mm dibanding BR-V. Sementara pesaingnya yang sesama crossover seperti Toyota Rush punya jarak terendah 220 mm.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Kesimpulan

Sudah semestinya tiap mobil punya kelebihan dan kekurangan, meskipun harga yang ditawarkan mahal atau murah. Honda Prospect Motor memang sudah berusaha memenuhi permintaan pasar Indonesia melalui kehadiran SUV murah yang bernama BR-V.

Dijual dengan harga awal sekitar Rp238 juta, tentunya mobil ini memang patut untuk dimiliki. Selain harga, tentunya banyak fitur lain yang menjadi daya tarik dari Honda BR-V dibanding kompetitornya.

Meskipun ada juga kelemahannya, namun pemilik kudu sadar bahwa, mobil dengan harga murah harus siap menerima juga beberapa hal yang dikorbankan. Tinggal kita cari cara supaya kelemahan tersebut dapat diperbaiki atau terima saja apa yang didapat. 

Spesifikasi Honda BR-V Generasi Pertama

Mesin 

 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

  Kapasitas

 1.497 cc

  Tenaga 118 hp / 6.600 rpm
  Torsi 145 Nm / 4.600 rpm
  Transmisi CVT / Manual 6-percepatan
  Sistem penggerak Front wheel drive
  P x L x T (mm) 4.453 mm x 1.735 mm x 1.666 mm
  Wheelbase 2.662 mm
 Ground Clearance 201 mm
 Kapasitas tangki BBM 42 liter
 Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / H-Shape Torsion Beam
 Rem Depan/Belakang Ventilated Disc / Drum
 Pelek 16 inci / 17 inci
 Ukuran ban 195/60 R16 / 215/45 R17


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya