• Home>
  • Review>
  • Minat Beli? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Creta Berikut Ini!

Minat Beli? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Creta Berikut Ini!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
26 Nov 2021, 17:20
  • Suka 1

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Hyundai Creta menjadi salah satu informasi yang paling dicari oleh para pecinta otomotif Indonesia belakangan ini. Hal ini tidak mengherankan, mengingat SUV buatan Korea Selatan ini baru saja diluncurkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun 2021.

Sebagai informasi, Hyundai Creta ini merupakan produk pertama PT Hyundai Motors Indonesia yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. 

Mobil ini bukan hanya dibekali dengan penampilan yang menawan, tetapi juga beragam fitur canggih dengan teknologi termutakhir.

Hyundai Creta juga diketahui sudah diluncurkan di India. Namun, Creta yang diluncurkan di Indonesia ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan versi yang beredar di India karena disesuaikan dengan selera masyarakat di Tanah Air.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Hyundai Creta ini? Sebelum beli, wajib cek informasinya berikut ini!

Kelebihan Hyundai Creta

1. Harga Terjangkau

Hyundai Creta di Indonesia ditawarkan dalam enam varian berbeda yang dibanderol dengan kisaran harga Rp279 jutaan hingga Rp399 jutaan. Untuk melihat rincian harganya, mari kita perhatikan tabel berikut ini.

VARIAN

HARGA

Hyundai Creta Active MT

Rp 279.000.000

Hyundai Creta Trend MT

Rp 299.000.000

Hyundai Creta Trend IVT

Rp 319.000.000

Hyundai Creta Style IVT

Rp 359.000.000

Hyundai Creta Prime IVT (One Tone Roof)

Rp 397.500.000

Hyundai Creta Prime IVT (Two Tone Roof)

Rp 399.000.000

Melihat banderol harga Hyundai Creta, bisa dibilang bahwa mobil SUV ini dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Baca juga: Curi Perhatian, Creta Jadi Mobil Hyundai Terlaris di GIIAS 2021

Jika kita bandingkan dengan salah satu kompetitornya, sebut saja Honda HR-V, mobil tersebut dibanderol dengan kisaran harga Rp294,7 jutaan hingga Rp409,8 jutaan.

2. Desain Lebih Modern

Soal desain memang selera, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa desain yang diusung Hyundai Creta ini menjadi kelebihannya. Mobil ini bukan hanya menampilkan kesan tangguh khas mobil SUV, tetapi juga penampilan yang modern.

Lampu depan Hyundai Creta mengandalkan lampu Parametric Jewel Hidden-Type Daytime Running Lights. Pada bagian samping bodinya pun terdapat desain two tone yang menekankan kesan sporty.

Kesan sporty dan modern yang senada pun ditampilkan pada bagian interiornya. Mobil ini menawarkan pilihan warna interior Full Black untuk semua varian, dan Black/Cognac Two Tone yang ditawarkan mulai varian Trend ke atas.

3. Fitur Lengkap, Dilengkapi Hyundai SmartSense

Bicara soal fitur, hal ini memang menjadi kelebihan yang cukup mencolok dari Hyundai Creta. Pasalnya, SUV pabrikan negeri ginseng ini memang dibekali dengan berbagai fitur canggih yang mutakhir.

Baca juga : Detail Fitur Hyundai Bluelink dan Layanan My Own Creta, Apa Saja Kelebihannya?

Misalnya saja untuk fitur keselamatannya, Hyundai Creta hadir standar dengan fitur Hill Start Assist Control, Emergency Stop Signal, dan Vehicle Stability Management. Bukan itu saja, SUV yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, dan Parking Sensor.

Bukan hanya fitur keselamatan aktif, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan pasif, di antaranya airbags dan sabuk pengaman. Untuk keselamatan penumpang anak-anak, Creta juga menawarkan fitur pengaturan kursi ISOFIX dan Child Safety Locks.

Dan yang paling menarik, Hyundai Creta ini juga sudah memiliki rangkaian fitur yang disebut Hyundai SmartSense. Rangkaian fitur ini terdiri atas Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping and Lane Following Assist, Blind-Spot Collision Avoidance Assist, serta Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

4. Kapasitas Bagasi Besar

Hyundai Creta merupakan model mobil SUV yang memiliki kapasitas penumpang 5 orang sehingga diincar juga sebagai mobil keluarga. Tetapi bukan hanya memiliki ruang penumpang yang leluasa, mobil ini juga diketahui memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.

Kapasitas bagasi standar Hyundai Creta adalah 416 liter, tetapi jika dibutuhkan ruang lebih, bangku di barisan belakang bisa dilipat sehingga kapasitasnya menjadi 1.384 liter. Ruang bagasi yang luas ini tentu akan memudahkan para penggunanya ketika harus membawa banyak barang.

Baca juga: Review Hyundai Creta 2022, SUV Anyar Pabrikan Korea Selatan

Kekurangan Hyundai Creta

1. Hanya Menawarkan Satu Pilihan Mesin

Setelah membahas beragam kelebihannya, kini saatnya kita membahas tentang kekurangan dari Hyundai Creta. Kekurangan utama yang bisa kita temukan dari model SUV ini adalah hanya adanya satu pilihan mesin.

Hyundai Creta memang diketahui hanya menawarkan satu pilihan mesin berupa mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders berkubikasi 1.497 cc. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT).

Soal tenaganya sendiri, mesin Hyundai Creta bisa menghasilkan tenaga 113 HP pada putaran 6.100 rpm. Sementara raihan torsinya bisa mencapai angka 143 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN

Mesin

Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders

Kapasitas

1.5 L (1.497 cc)

Transmisi

Manual 6 Percepatan / intelligent Variable Transmission (IVT)

Tenaga

113 HP @ 6.100 rpm

Torsi

143 Nm @ 4.500 rpm

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Konsumsi BBM

16,8 km/liter

2. Sebagian Interior Masih Menggunakan Material Plastik

Kekurangan lainnya dari Hyundai Creta ini memang bisa dibilang tidak terlalu signifikan, tetapi cukup disayangkan. Bagian interior Hyundai Creta memang memiliki desain yang sudah cukup modern dan nyaman, tetapi masih menggunakan kombinasi material plastik.

Kekurangan ini memang tidak terlalu mengganggu dan bisa dimaklumi mengingat harga pasarannya yang cukup terjangkau. Kendati demikian, penggunaan material plastik ini bisa mengurangi kesan mewah secara keseluruhan yang ada pada mobil ini.

Kesimpulan

Itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Hyundai Creta. Sama seperti mobil kebanyakan, Creta juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Baca juga : 10 Daftar Harga Mobil Hyundai di Indonesia, Pilih Mana?

Hyundai Creta dibanderol dengan harga yang terjangkau dan memiliki desain SUV yang lebih modern. Menariknya lagi, mobil ini memiliki berbagai fitur yang lengkap dan memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.

Sayangnya, Hyundai Creta ini hanya menawarkan satu pilihan mesin, sehingga konsumennya tidak memiliki pilihan lain soal mesin. 

Selain itu, sebagian interiornya juga masih menggunakan material plastik sehingga mengurangi kesan mewah yang dimiliki mobil ini.

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Creta ini sebaiknya dijadikan pertimbangan sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing konsumen. 

Bagaimana, masih minat boyong mobil SUV satu ini?


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan