• Home>
  • Review>
  • Minat Beli? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Ini
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Minat Beli? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Ini

Dilihat 3215
Amanda
16 Nov 2021, 17:44
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan Kekurangan mobil yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Honda Civic Hatchback. Mobil yang satu ini memang sudah cukup lama berkiprah di dunia otomotif, yakni sejak tahun 1972 silam.

Generasi terbaru Honda Civic Hatchback ini masuk ke pasar Tanah Air dengan dibekali mesin turbo. Tak ayal, mobil ini pun banyak menjadi incaran konsumen muda.

Mengusung konsep hatchback sporty, mobil ini bukan hanya dihadirkan dengan tampilan yang atraktif, tetapi juga performa mumpuni. Harganya sendiri sudah berada di kisaran Rp512,8 jutaan, dan hal ini tentu membuat mobil tersebut masuk ke dalam golongan mobil premium.

Sebelum membelinya, kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback ini memang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan. Nah, daripada penasaran, langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Honda Civic Hatchback

1. Desain Eksterior dan Interior Sporty

Kelebihan pertama yang akan kita bahas pada kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback kali ini terletak pada segi desainnya. Generasi kesepuluh Honda Civic ini memang memiliki tampilan yang atraktif.

Mobil ini memang sudah tidak lagi memiliki lekukan-lekukan dinamis seperti para pendahulunya. Kendati demikian, masih ada tarikan-tarikan garis tajam yang menegaskan kesan sporty dari mobil ini.

Baca juga: Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Bukan itu saja, kesan sporty juga bisa kita lihat dari bagian belakang mobil ini. Pada bagian belakang ada diffuser yang dipadukan dengan dua lubang knalpot sehingga menampilkan kesan yang lebih agresif.

Unsur desain sporty juga tidak luput disematkan pada bagian interiornya. Mobil ini menggunakan pedal dengan model plat yang sering kita lihat pada mobil balap maupun supercar.

Selain itu, perpaduan warna hitam dan merah pada bagian kabinnya membuat tampilannya semakin menawan. Jok, setir, hingga tuas transmisinya pun sudah dibalut dengan material kulit sehingga tampak begitu mewah.

2. Fitur Keselamatan Lengkap dan Canggih

Fitur keselamatan merupakan salah satu fitur paling vital yang ada pada sebuah mobil. Keselamatan memang hal yang harus menjadi prioritas utama, bahkan ketika berkendara.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

Honda City Hatchback sendiri diketahui sudah memiliki beragam fitur keselamatan yang canggih. Pada mobil ini sudah disematkan empat rem cakram, enam buah airbags, serta fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist.

Tingkat keselamatan yang dimiliki mobil ini juga tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan hasil tes tabrak yang dilakukan Euro NCAP pada tahun 2017, mobil ini meraih rating 5 bintang.

3. Mesin Civic Hatchback Bertenaga

Bagi para pecinta mobil, mesin merupakan bagian yang paling menarik untuk dibahas. Sebagai jantung mekanisnya, Honda Civic Hatchback ini ternyata sudah dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga.

Civic Hatchback mengandalkan mesin 4 silinder segaris VTEC DOHC 16 katup dengan teknologi Drive By Wire (DBW). Mengesankannya lagi, mesin berkapasitas 1.5 L yang dikawinkan dengan transmisi CVT with Earth Dream Technology khas Honda ini sudah dilengkapi dengan turbocharger.

Berkat penyematan turbocharger yang dibarengi dengan teknologi VTEC, mesin mobil ini pun bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar, yaitu 173 HP pada putaran 5.500 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai angka 220 Nm pada putaran 1.700 hingga 5.500 rpm.

4. Konsumsi Bahan Bakar Efisien

Bukan hanya bertenaga, ternyata mesin yang digendong Honda Civic Hatchback ini juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien. Bahkan, mobil ini diklaim masih lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan model sedannya.

Baca juga: Menilik Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V Generasi Pertama

Pada penggunaan di dalam kota, Civic Hatchback bisa menempuh jarak sekitar 14,3 km dengan satu liter bensinnya. Sedangkan tingkat konsumsinya pada penggunaan di luar kota mencapai angka 20,8 km/liter.

Efisiensi bahan bakar yang tinggi ini ternyata dipengaruhi oleh penggunaan transmisi CVT yang disebut bisa mengoptimalkan konsumsi BBM. Selain itu, pada mobil ini pun sudah ada ECON Mode sehingga konsumsi BBM-nya semakin hemat.

Kekurangan Honda Civic Hatchback

1. Body Kit Tidak Fungsional

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai kekurangan yang dimiliki Honda Civic Hatchback. Mobil yang hanya menawarkan varian RS ini memiliki body kit yang membuat tampilannya semakin sporty.

Tetapi sayangnya, tidak semua bagian body kit-nya ini fungsional. Contohnya saja pada lubang ventilasi yang ternyata hanya memiliki fungsi dekoratif, tidak bisa menangkap udara maupun menjadi perangkat pendukung aerodinamika pada mobil.

2. Belum Dilengkapi Fitur Honda Sensing

Seperti yang sudah disebutkan di bagian awal, Honda Civic Hatchback ini sudah masuk ke dalam golongan mobil premium. Dengan banderol harga yang berada di atas angka Rp500 jutaan, tentu konsumen mengharapkan fitur terlengkap dari mobil yang satu ini.

Sayangnya, Honda Civic Hatchback yang dipasarkan di Indonesia ini belum memiliki fitur Honda Sensing. Padahal, model yang dipasarkan di Thailand sudah dilengkapi dengan fitur canggih ini.

3.  Hanya Menawarkan Satu Varian dan Satu Pilihan Transmisi

Pada saat pertama kali diluncurkannya, Honda Civic Hatchback ini hadir dalam dua varian, yaitu tipe E dan S. Tetapi sayangnya, generasi terbarunya ini hanya dipasarkan dalam satu varian, yakni varian RS.

Selain itu, mobil ini juga hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi, yakni CVT. Hal ini sangat disayangkan karena dengan hanya menawarkan satu varian dan satu pilihan transmisi, konsumen pun tidak bisa memilih varian yang sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham 

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback

Setelah melihat pembahasan tersebut, bisa kita lihat bahwa ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang dimiliki Honda Civic Hatchback, sama seperti mobil pada umumnya. Kelebihan yang paling terlihat pada mobil ini adalah desain eksterior dan interior yang sporty.

Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih. Karena itu, penumpang tidak perlu khawatir ketika berkendara menggunakan mobil ini.

Dari segi mesinnya, kelebihan yang dimiliki oleh Honda Civic Hatchback ini adalah mesinnya yang bertenaga. Bukan itu saja, mesinnya ini juga diketahui cukup irit bahan bakar.

Namun sayangnya, ada beberapa kekurangan yang masih bisa ditemukan pada mobil ini. Salah satunya adalah adanya body kit yang tidak fungsional, yaitu ventilasi yang hanya memiliki fungsi dekoratif.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Tidak hanya itu, mobil ini juga belum dilengkapi dengan fitur Honda Sensing. Sementara seperti yang kita tahu, fitur ini sudah disematkan pada Honda Civic Hatchback yang dipasarkan di Thailand.

Kemudian, mobil ini juga hanya ditawarkan dalam satu varian dan satu pilihan transmisi. Hal ini tentu membuat pilihan konsumen menjadi terbatas.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Honda Civic Hatchback, tentu pilihan tetap jatuh ke tangan konsumen. Bagi konsumen yang ingin membeli mobil ini sebaiknya mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya