• Home>
  • Review>
  • Mitsubishi Strada atau Mitsubishi Triton Ternyata Sama Saja
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mitsubishi Strada atau Mitsubishi Triton Ternyata Sama Saja

Dilihat 1500
EKO
13 Okt 2021, 13:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

mitsubishi new triton

Otoloka.id- Bagi yang bekerja di perusahaan pertambangan, pasti tidak asing dengan Mitsubishi Triton. Hadir sebagai kendaraan komersial ringan, membuat mobil tersebut punya kesan gagah.

Mitsubishi Triton memang banyak digunakan sebagai kendaraan dinas perusahaan tambang, pasalnya mobil SUV pick up tersebut mampu melintasi berbagai macam medan.

Jauh sebelum itu, Triton sebenarnya sudah lahir sejak tahun 1978, yang diberi nama Mitsubishi L200. Saat ini, mobil tersebut sudah sampai pada generasi kelima.

Selama kehadirannya sebagai mobil pick up, nama L200 masih tetap dipakai sampai saat ini. Namun, beberapa negara menghadirkan model tersebut dengan nama-nama yang berbeda.

Contohnya seperti di Afrika Selatan yang memberikan nama Mitsubishi Colt, Mighty Max di Amerika, dan L200 untuk pasar Jepang.

Waktu berjalan, model tersebut mengalami pembaharuan, begitupun dengan nama yang disandang. Mitsubishi L200 di tiap negara diberikan nama tambahan, Strada, dan Triton misalnya.

Pun dengan Indonesia, Mitsubishi L200 juga berganti nama setiap mobil ini beregenerasi. Simak perjalanan mobil tersebut, yuk!

mitsubishi strada l200

Mitsubishi Strada L200

Untuk di Indonesia, mobil yang dirakit di pabrik Laem Chabang, Thailand tersebut hadir dengan nama Mitsubishi Strada L200 pada tahun 2002. Pada masa awal kehadirannya, satu yang menjadi ciri khas, yaitu kelir dua warna, dan bentuk yang masih kotak.

Saat itu, Mitsubishi Strada L200 hadir dengan dua varian, single dan double cabin. Kehadiran mobil tersebut juga sebagai pesaing untuk SUV pick up merk lain, yaitu Ford Ranger.  

Pilihan mesinnya pun juga ada dua, yaitu dengan kubikasi 2.800 cc atau 2.500 cc dengan turbo intercooler.

Mitsubishi Strada L200 single cabin merupakan varian yang paling dasar, namun dibekali mesin yang lebih besar kubikasinya. Mobil tersebut memang dikhususkan sebagai mobil pekerja yang minim perawatan.

Baca juga: Gagah dan Tangguh, Inilah Daftar Harga Double Cabin Terbaru

Untuk penggerak rodanya, pada versi ini punya dua pilihan, penggerak roda belakang atau berpenggerak empat roda.

Sementara untuk varian double cabin, Strada L200 mendapat mesin 2.500 cc dengan turbo intercooler. Selain dapat menampung lebih banyak penumpang, varian ini menyasar pada pekerja lapangan yang bisa menunjang mobilitasnya, namun tetap tampil gaya.

Pilihan penggerak empat roda hanya tersedia pada versi double cabin. Namun, ada varian pilihan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

 mitsubishi triton

Mitsubishi Strada Triton

Enam tahun berselang, Mitsubishi Strada L200 hadir dengan tampilan yang benar-benar baru. Bodi kotak di generasi sebelumnya berubah menjadi lebih bulat dan dinamis. Jika dilihat dari depan, sepintas model ini mirip sekali dengan Pajero Sport, cuma versi pick up.

Desain Mitsubishi Strada Triton dikerjakan oleh Akinori Nakanishi, dengan wajah baru tersebut, menjadikan SUV pick up tersebut salah satu mobil paling laris di Thailand, hingga model ini diekspor ke 140 negara di dunia.

Pada era ini, memang pasar SUV pick up sedang ramai, selain Ford Ranger sebagai pesaing, hadir juga Mazda BT-50, Isuzu Dmax, dan rival terberat, Toyota Hilux.

Pada Mitsubishi Strada Triton ini, varian yang ditawarkan juga sama seperti pendahulunya. Dua pilihan mesin berdasarkan kelas, serta pilihan dua transmisi.

Namun, di tahun 2010 terdapat penyegaran fitur, yaitu dengan ditambahkan sistem pengereman ABS dan EBD pada varian tertinggi. Di tahun ini juga ditanamkan mode easy select sebagai fitur yang memudahkan perpindahan penggerak roda saat mobil sedang melaju di bawah 100 km/jam.

mitsubishi triton

Mitsubishi Triton

Masuk ke generasi kelima, Mitsubishi Strada Triton hadir ke Indonesia pada 2015 lalu. Kali ini, kata ‘Strada’ dihilangkan, menjadi Mitsubishi Triton saja.

Mitsubishi Triton punya tampilan yang mirip dengan pendahulunya. Namun, pada generasi terbaru ini bagian bak belakang bentuknya tidak terlalu membulat, malah cenderung lebih tajam dan terkesan agresif.

Selain tampilan baru, pada bagian mesin juga mengalami penyegaran. Meski menggunakan mesin yang sama dengan generasi ke-tiga, yaitu 4D56. Tenaga mesin tersebut naik menjadi 176 dk, dari sebelumnya yang hanya 132 dk.

Peningkatan tenaga tersebut bukan hanya berasal dari turbo intercooler saja, tetapi juga pembenaman commonrail DI-D dan Variable Geometry Turbo, yang juga terdapat pada Pajero Sport.

Di tahun 2018, terdapat penyegaran dengan menghadirkan versi sport, yang menyasar segmen pehobi offroad. Pada varian ini dibenamkan fitur yang lebih mewah, seperti keyless operation system, push start button, dan pelapis jok berbahan kulit berwarna hitam.

mitsubishi new triton

Mitsubishi New Triton

Di tahun 2019 lalu, Mitsubishi Triton hadir dengan versi penyegaran dari model sebelumnya. Pada model baru ini, tampilannya lebih tajam lagi. Hal tersebut terlihat pada bagian depan yang sekilas mirip dengan XpanderEclipse Cross, dan Pajero Sport.

Selain tampilan yang lebih segar, pada versi facelift ini Mitsubishi New Triton menggunakan mesin yang lebih bervariasi, apa saja itu?

Mesin 4N15 MIVEC New Triton

Untuk varian tertinggi, Mitsubishi New Triton menggunakan mesin 4N15 2.4 liter. Meski lebih kecil, namun tenaga yang dihasilkan lebih besar, yaitu sebesar 178 dk. Ini berkat pembenaman teknologi MIVEC turbo intercooler.

Varian tertinggi pada Mitsubishi New Triton dibagi menjadi dua, yaitu Ultimate yang menggunakan transmisi otomatis enam percepatan, dan Exceed yang mengadopsi transmisi manual enam percepatan.

Pada varian Exceed dan Ultimate, dibenamkan empat mode penggerak roda, yaitu 2H, 4H, 4HLc, dan 4HLLc. Semua mode tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan, dan tentunya berfungsi untuk melahap medan berat.

Khusus untuk varian Ultimate, sudah dibekali dengan fitur bantuan pengemudi, seperti sistem pengereman darurat, peringatan blind spot, dan peringatan tetap berada di jalur. Pada varian ini juga dibenamkan airbags yang jumlahnya sebanyak tujuh buah, makin aman!

Mesin 4N15 New Triton

Sementara pada double cabin varian tengah, yaitu GLS juga membenamkan mesin yang sama dengan varian tertinggi. Namun, tenaga yang dihasilkan oleh mesin 4N15 tersebut tak sebesar varian Exceed dan Ultimate, karena pada mesin varian ini tidak dibenamkan teknologi MIVEC. 

Tenaga varian GLS hanya menghasilkan tenaga sebesar 134 dk dan torsi yang dihasilkan sebesar 324 Nm.

Mesin tersebut juga terbenam pada varian paling rendah New Triton, yaitu GLX single cabin. Varian GLX single cabin hanya tersedia dengan pilihan penggerak roda belakang saja alias 2WD, dengan transmisi manual lima percepatan. 

Mesin 4D56 New Triton

Mesin 4D56 dipakai pada varian double cabin terendah GLX, dan single cabin HDX Mitsubishi New Triton. Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 108 dk, namun kedua varian tersebut menggunakan penggerak empat roda. Keduanya hanya mendapat transmisi manual lima percepatan.

Kesimpulan

Sebenarnya, Mitsubishi Strada atau Mitsubishi Triton sama saja, perbedaannya hanya terletak pada pemberian nama di tiap generasi. Seperti yang dijelaskan di atas, Triton merupakan generasi baru dari Strada Triton, dan pendahulunya lagi ada Strada L200. Sementara pada pasar global, Mitsubishi Triton diberi nama Triton L200.

Namanya regenerasi, sudah pasti ada perbedaan dibanding model terdahulu, seperti tampilan, mesin yang digunakan, dan fitur yang terbenam. Jadi, tidak perlu bingung lagi, mengenai perbedaan mobil tersebut karena hanya sebatas penamaan saja. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya