• Home>
  • Review>
  • Mitsubishi Xpander VS Nissan Livina: MPV Jepang Mana Yang Lebih Andal?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mitsubishi Xpander VS Nissan Livina: MPV Jepang Mana Yang Lebih Andal?

Dilihat 4787
Arief Yuno
23 Feb 2021, 15:03
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 6

mitsubishi xpander

Otoloka.id - Mitsubishi Xpander merupakan salah satu model mobil MPV pabrikan Mitsubishi yang pertama kali diperkenalkan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tahun 2017 lalu. Hadir dengan konsep desain Dynamic Shield, Mitsubishi Xpander ini memancarkan ketangguhan dari sebuah MPV.

nissan livina

Dalam segmen yang sama, Mitsubishi Xpander ini bersaing dengan Nissan Livina. Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina ini dibangun di atas platform yang sama, sehingga memiliki sedikit kemiripan dari segi bentuk bodinya. Tetapi di antara kedua MPV pabrikan Jepang ini, mana yang kira-kira lebih andal?

Segmentasi Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina

Mitsubishi Xpander mengisi segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV di Indonesia. Mobil yang satu ini menyasar kalangan konsumen muda dewasa, serta para konsumen yang sudah berkeluarga yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang dan barang yang banyak. 

depan xpander

Selain itu, karakteristik mobil ini juga andal untuk digunakan pada segala jenis medan jalan, sehingga cocok untuk digunakan konsumen di perkotaan maupun di pedesaan.

samping nissan livina

Sama seperti Mitsubishi Xpander, Nissan Livina juga mengisi segmen MPV di pasar otomotif Tanah Air. Mobil yang satu ini juga menyasar kalangan konsumen yang kurang lebih sama dengan Mitsubishi Xpander, yakni kalangan konsumen muda. Harga Nissan Livina yang lebih murah dibandingkan Mitsubishi Xpander juga bisa menjadi keunggulan tersendiri dari mobil ini.

Eksterior Mitsubishi Xpander vs Nissan Livina

Mari kita bicara soal ukuran dimensi dari Mitsubishi Xpander terlebih dahulu. Mobil MPV ini memiliki panjang bodi 4.475 mm, lebar bodi 1.750 mm, dan tinggi bodi 1.695 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase serta ground clearance-nya sendiri masing-masing memiliki ukuran 2.775 mm dan 200 mm.

front xpander

Mitsubishi Xpander memiliki desain eksterior yang menampilkan kesan tangguh, agresif, namun tetap dinamis. Desain facia depan Mitsubishi Xpander ini mengadopsi desain yang mirip dengan Mitsubishi Xpander Outlander PHEV, Mistubishi Pajero Sport, serta Mitsubishi Eclipse Cross. 

side xpander

Fendernya yang lebar semakin menegaskan kesan tangguh yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander ini. Mobil yang satu ini menampilan sedikit kesan futuristik berkat penggunaan lampu LED Daytime Running Lights yang sejajar dengan kap mesin dengan desain yang menyipit.

front nissan livina

Sementara itu, kendati dibangun di atas platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander, Nissan Livina memiliki ukuran dimensi yang sedikit berbeda dengan yang dimiliki oleh mobil pesaingnya tersebut. Nissan Livina memiliki panjang bodi 4.510 mm, lebar bodi 1.750 mm, dan tinggi bodi 1.695 mm. Untuk jarak sumbu roda dan ground clearance-nya sendiri adalah 2.775 mm dan 200 mm.

velg nissan livina

Nissan Livina generasi ketiga ini memang memiliki kemiripan dengan Mitsubishi Xpander dari segi bodinya, tetapi jika bicara soal desain secara keseluruhan, Nissan Liviina ini masih menganut desain khas Nissan. Salah satunya yang paling menonjol adalah dengan menggunakan grille V-Motion khas Nissan. Grille milik Nissan Livina ini dipadukan dengan kehadiran dual-line LED head lamp yang dilengkapi dengan teknologi Daytime Running Lights untuk memaksimalkan pencahayaan.

Karena dibangun di atas platform yang sama, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina memiliki ukuran bodi yang sama persis, kecuali untuk panjang bodinya, di mana Nissan Livina memiliki ukuran bodi yang sedikit lebih panjang. Tetapi terlepas dari hal ini, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina memiliki bodi yang sama persis.

Interior Mitsubishi Xpander vs Nissan Livina

Beralih ke bagian interior, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina memiliki ukuran kabin yang sama persis karena dibangun di atas platform yang sama. Kendati demikian, kedua mobil ini dibekali dengan fitur yang berbeda.

interior xpander

Mitsubishi Xpander melapisi bagian interiornya dengan lapisan penyerap bunyi untuk menghalangi suara bising dari luar kabin, sehingga kabinnya menjadi lebih senyap. Lalu untuk fitur hiburannya sendiri, Mitsubishi Xpander memiliki dua jenis head unit. Untuk varian Mitsubishi Xpander Ultimate, head unit yang disematkan adalah head unit 2DIN layar sentuh berukuran 6,2 inci. Sementara itu, untuk Mitsubishi Xpander Sport, Exceed, dan GLS, head unit yang digunakan adalah head unit 2DIN tanpa layar sentuh.

dashboard xpander

Head unit yang terdapat pada seluruh varian Mitsubishi Xpander ini sudah dilengkapi dengan fitur MP3/CD Player, USB Connector, AM/FM Radio, dan AUX-IN. Khusus untuk Mitsubishi Xpander Ultimate, terdapat pula fitur DVD Player, Handsfree telephone, dan Near Field Communication (NFC).

interior livina

Nissan Livina juga dibekali dengan fitur hiburan yang cukup baik. Nissan Livina ini dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah memiliki fitur koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Head unitnya ini juga bisa digunakan untuk memutar radio, serta memiliki fitur konektivitas standar seperti Bluetooth dan USB Port.

setir nissan livina

Baik Mitsubishi Xpander maupun Nissan Livina, keduanya sudah dibekali dengan fitur hiburan yang cukup mumpuni. Tetapi jika dibandingkan, fitur yang dimiliki Nissan Livina ini tentu masih kalah dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander.

Mesin Mitsubishi Xpander vs Nissan Livina

Mitsubishi Xpander dibekali dengan mesin 4A91 MIVEC DOHC 16-Valve berkapasitas 1,5 liter. Mesin Mitsubishi Xpander ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada 6.000 rpm serta torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

mesin xpander

Sementara itu, Nissan Livina dibekali dengan mesin 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control) berkapasitas 1,5 liter. Sama seperti Mitsubishi Xpander, mesin Nissan Livina dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. 

mesin livina

Menariknya, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh Nissan Livina ini sama besar dengan yang dihasilkan mesin Mitsubishi Xpander.

Kesimpulan

Saat ini, Mitsubishi Xpander dibanderol dengan kisaran harga Rp221,4 jutaan hingga Rp278,9 jutaan. Sementara itu, mobilNissan Livina sendiri dipasarkan dengan harga yang berkisar mulai dari Rp208,3 hingga Rp276,05 jutaan.

Setelah membandingkan kedua mobil ini, bisa kita lihat bahwa kedua mobil ini memiliki kualitas yang nyaris sama. Hanya saja, Mitsubishi Xpander lebih unggul dalam hal fitur jika dibandingkan dengan Nissan Livina.

  • Suka 6
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya