Mobil Terbang XPeng Mulai Dipasarkan di Tahun 2024

Otoloka.id - XPeng pamerkan kendaraan konsep terbarunya dengan wujud sebuah mobil terbang. Mobil ini direncanakan akan mulai dipasarkan di tahun 2024 dan diklaim telah memenuhi persyaratan untuk digunakan di jalan umum.

Mobil terbang konsep ini dikembangkan oleh HT Aero yang merupakan anak perusahaan XPeng dengan fokus di bidang Urban Air Mobility. 

Kendaraan konsep ini juga diklaim dikembangkan secara internal dan telah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan canggih.

Mobil terbang XPeng ini dipastikan memiliki bobot ringan dan telah dilengkapi dengan mekanisme rotor yang dapat dilipat. 

Mobil konsep asal China ini juga menggunakan pintu bergaya gullwing guna memudahkan kinerja rotor.

Ketika pengemudi mengaktifkan fitur terbang, kedua pintu mobil akan terbuka untuk mengeluarkan sayap dari dalam bodi. 

Setelah sayap sepenuhnya keluar, baling-baling akan terbuka dan dalam posisi siap beroperasi.

Baca juga: Mobil Terbang Hyundai Semakin Dekat, Rilis di 2030 Mendatang

Layaknya sebuah drone, mobil terbang XPeng akan mulai bergerak secara vertikal terlebih dahulu hingga ketinggian tertentu. 

Setelah itu konsumen dapat mengendalikan mobil ini layaknya sebuah pesawat.

Selain itu, tampilan keseluruhan dari mobil konsep ini tampak seperti sebuah supercar masa depan. 

Hal tersebut dapat dilihat dari desain aerodinamis dan roda belakang yang tertutup sebagian.

Sedangkan untuk interiornya diklaim akan memiliki tampilan sangat canggih dan dibekali beragam fitur masa depan. 

Kabin mobil konsep ini telah dilengkapi dengan sistem infotainment tembus pandang dan sebuah tampilan digital yang terintegrasi dengan lingkar kemudi.

Konfigurasi jok juga dipastikan sangat unik dengan jok pengemudi berada di tengah dengan sistem pengendalian unik ketika digunakan saat melakukan perjalanan di udara.

Fitur Bantuan Mengemudi XPeng

Untuk dapat mewujudkan mobil terbang tersebut, XPeng telah berencana untuk mulai mengembangkan sistem bantuan mengemudi XPilot 3.5 di awal tahun depan. 

Fitur ini diklaim akan menjadi sebuah tanda kelahiran sebuah fitur mobil otonom paling canggih.

XPilot 3.5 diklaim merupakan sebuah solusi canggih pertama yang akan diproduksi secara massal. 

Fitur canggih tersebut akan dilengkapi dengan dual-camera-vision, LiDAR dan sensor radar milimeter-wave.

Setelah itu di 2023, XPilot 4.0 akan dihadirkan dan diklaim akan menjadi hasil pengembangan terbaik sistem bantuan mengemudi. 

Dengan berbekal fitur keselamatan tersebut, mobil dapat bergerak secara otomatis menuju lokasi yang diinginkan oleh konsumen.

Baca juga: Taksi Terbang Hyundai Diproyeksi Bakal Terealisasi di 2028 Mendatang

Guna mewujudkan sebuah mobil otonom terbaik, XPilot 4.0 akan menggunakan kamera binocular dengan 8 juta pixel di bagian depan, kamera samping 2,9 juta pixel dan 2 unit Orin-X autonomous driving SoCs.

  • 0
  • Share
Amos AryaBerawal dari ketertarikan untuk mengabadikan motor sport melalui kamera, pria ini kemudian menunjukkan keseriusannya di dunia otomotif baik itu melalui karya foto, video dan artikel.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!