• Home>
  • Review>
  • Moge Klasik Rp200 Jutaan, Royal Enfield Interceptor 650 Jadi Pilihan?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Moge Klasik Rp200 Jutaan, Royal Enfield Interceptor 650 Jadi Pilihan?

Dilihat 4349
Ismet
6 Apr 2021, 20:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Royal Enfield Interceptor 650 menjadi salah satu line up yang menggoda para pecinta Royal Enfield di Indonesia. Dengan gaya klasik British Style, Interceptor 650 juga dibanderol dengan harga yang menggiurkan untuk sekelas motor gede (moge) 650cc.

Selain dengan harga yang cukup terjangkau, dibanding moge Eropa lainnya. Secara desain juga Interceptor 650 menawarkan kemewahan moge dengan konsep retro yang elegan.

Baca juga : Mau Pilih Mana, Royal Enfield Meteor 350 atau Honda CB350RS?

Elegan yang dimaksud ialah secara tampilan yang klasik, ditambah dengan sejumlah fitur berteknologi canggih khas motor modern.

Fitur & Teknologi Royal Enfield Interceptor 650

Royal Enfield Interceptor 650 termasuk moge yang minim fitur. Hal ini mendukung sesuai konsepnya yang bergaya klasik. Fitur yang ditanamkan memang fitur yang fungsional bagi pengendara motor ini.

Mulai dari spidometer analog yang dipadukan dengan semi digital. Di sebelah kiri terdapat spidometer dan sebelah kanan adalah takometer. Sedangkan di bawahnya terdapat layar LCD kecil yang menampilkan odometer, tripmeter A & B, serta fuelmeter.

Riding Position & Handling

Royal Enfield Interceptor 650 memiliki riding position yang santai. Posisi tangan akan terasa mudah menggapai setang karena ukurannya yang lebar. Posisi tersebut membuat badan lebih sigap dan pandangan ke depan lebih luas.

Dengan tinggi jok 808 mm, test rider dengan postur badan 173 cm dan bobot 70 kg masih dapat menapakkan kaki walaupun sedikit jinjit. Posisi footstepnya tepat berada di bawah rider yang membuat rider lebih mudah gerak cepat untuk bermanuver atau berakselerasi.

Soal bobot motor yang mencapai 202 kg juga akan menjadi kendala bagi sebagian orang. Saat posisi berhenti atau akan mendirikan motor dari posisi standar samping akan terasa berat. Bahkan lebih berat dari Himalayan atau Classic Series.

Namun masalah bobot motor ini justru dirasa akan membuat pengendalian lebih mantap saat berjalan. Mulai dari handling, redaman suspensi, kestabilan rangka, semuanya mendukung kenyamanan berkendara dengan Interceptor 650. Gejala limbung saat melesat di tikungan juga tak akan dirasakan.

Nah, yang perlu diingat, mengendalikan Interceptor 650 ini tak bisa disamakan seperti membawa motor biasa. Saat berjalan di tengah kemacetan perlu waspada bagian setang atau spion jangan sampai mentok kendaraan lain. Belum lagi dua knalpot kanan-kiri yang juga rawan mentok kalau tidak hati-hati.

Performa Mesin

Interceptor 650 memiliki konfigurasi mesin 2 silinder inline dengan 8 katup SOHC air dan oil cooled. Memiliki kapasitas bersih 648 cc dengan bore dan stroke 78 x 67,8 mm.

Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 47 dk pada 7.250 rpm dengan torsi 52 Nm di 5.250 rpm. Royal Enfield mengklaim 80 persen dari torsi tersebut sudah tersedia mulai 2.500 rpm.

Mesin 2 silinder segaris tersebut merupakan dapur pacu terbaru yang dikembangkan oleh Royal Enfield dalam 50 tahun terakhir.

Beberapa teknologi terkini seperti dua throttle body yang dipadukan dengan injektor dari Bosch. Termasuk untuk manajemen kelistrikannya (ECU).

Mesin yang diusung Interceptor 650 ini dilengkapi dengan single-piece forged counterbalance crankshaft dan firing order 270 derajat. Suara yang dihasilkan dari dua knalpotnya pun terasa merdu meski masih menggunakan knalpot standar. Namun akan terasa lebih mantap lagi kalau sudah ganti knalpot aftermarket.

Kaki-Kaki dan Pengereman

Untuk kenyamanan kaki-kaki, Interceptor 650 ditunjang dengan pelek jari-jari alumunium 18 inci, dibalut dengan ban Pirelli Phantom Sportcomp. Ukurannya 100/90-18 dan 130/70-18.

Suspensi depannya mengandalakan model teleskopik berdiameter 41 mm, travel 110 mm dengan sok belakang ganda dengan travel 88 mm, dilengkapi reservoir gas terpisah dan dapat disetel preload 5 tingkat.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Royal Enfield Meteor 350, Dibekali Balancer Shaft

Pilihan Warna dan Harga

Royal Enfield Interceptor 650 tersedia 6 pilihan warna dengan harga yang berbeda. Versi termurah ada Mark Three, Orange Crush, dan Silver Spectre Rp 205,7 juta.

Kemudian Baker Express dan Ravishing Red Rp 208,3 juta. Varian warna paling mahal yaitu Glitter and Dust seharga Rp 210,4 juta. Harga tersebut sudah OTR Jakarta.

Kesimpulan

Untuk motor 650cc yang bergaya ala Inggris jadul, Interceptor 650 layak dijadikan salah satu prioritas soal harga dan desain. Dibanding kompetitor seperti Triumph yang harganya jelas lebih mahal.

Interceptor 650 juga mempunyai konsumsi bahan bakar termasuk wajar. Untuk lalu lintas perkotaan, motor ini mampu menenggak Pertamax sekitar 20km/liter. Pengguna motor ini pastinya akan merasakan kenikmatan membelah jalanan dengan power yang besar dan kenyamanan posisi ridingnya.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya