• Home>
  • Review>
  • Motor Yamaha R1M Spesifikasi Lengkap 2020 Motornya Para Sultan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Motor Yamaha R1M Spesifikasi Lengkap 2020 Motornya Para Sultan

Dilihat 237
Arief Yuno
2 Okt 2020, 10:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Bagi para sultan (julukan orang yang memiliki harta melimpah) boleh melirik nih motor sport terbaik di pasar otomotif Indonesia. Yamaha R1M sebagai jawaban bagi pecinta motor sport yang menginginkan dapur pacu maksimal layaknya MotoGP. 

Bahkan disinyalir bahwa harganya hampir menyentuh angka miliaran rupiah dan bersaing ketat dengan Ninja H2 Carbon atau motor-motor sport lain di bursa otomotif Eropa. Meski tidak semua orang bakal mampu untuk memilikinya namun tidak ada salahnya kan jika kalian bermimpi untuk menaiki motor yang super cepat dan gesit ini. 

Perlu kalian ketahui nih sahabat otomotif bahwa motor All New Yamaha R1M mengusung teknologi MotoGP, sehingga maklum adanya jika harga yang dibandrol akan jauh lebih mahal daripada sebuah rumah minimalis. Meskipun desain yang diusung pada Yamaha R1M ini hampir menyerupai desain pada motor Yamaha R1, akan tetapi teknologi yang dibenamkan pada keduanya tentu sangat jauh berbeda sekali antara langit dan sumur bor.

Motor ini juga dibekali dengan mesin 4 Silinder yang membuatnya menjadi salah satu motor paling cepat di dunia. Mesin tersebut dibalut sempurna dengan berbagai macam fitur-fitur canggih yang mengoptimalkan kemampuan akselerasi & kecepatan R1M. Nah untuk supaya lebih gamblang mari kita lihat spesifikasi lengkapnya berikut ini sebagai gambaran umum!

Spesifikasi Yamaha R1M

Mesin

Tipe Liquid-cooled, in-line 4 cyliner ,4-stroke, DOHC, 4-valves
Kapasitas 998 cc
Tenaga Maksimum 147.1 kW (200.0PS) @ 13.500 rpm
Torsi Maksimum 112.4 Nm (11.5) kg-m @ 11.500 rpm
Diameter Langkah 79.0 mm x 50.9 mm
Rasio Kompresi 13.0: 1
Pengapian TCI: Transistor Controlled Ignition
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Starter Electric stater
Transmisi Constant mesh 6-speed
Bodi
P x L x T 2.055 x 690 x 1.150 mm
Berat Isi 199 kg
Tinggi Tempat Duduk 860mm
Tinggi terhadap tanah 130 mm
Jarak Sumbu Roda 1.405 mm
Kapasitas tangki 17 L
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Almunium Deltabox
Suspensi depan Upside-down telescopic fork, Ø 43 mm
Suspensi belakang Swingarm (Link suspension)
Ban Depan 120/70 ZR17M/C (58W)
Ban Belakang 190/55 ZR17M/C (75W)
Rem Depan Dual hydraulic disc, Ø 310 mm
Rem Belakang Single hydraulic disc, Ø 220 mm

Performa Mesin Yamaha R1M

Spesifikasi Yamaha R1M tampil dengan sangat tangguh dan canggih serta ditopang bodi Full Fairing yang berjenis Carbon. Tujuan Yamaha memakai material tersebut supaya bobot Yamaha R1M tidak terlampau berat. Semakin ringan bobot sebuah motor, dipastikan kemampuan akselerasinya semakin sempurna.

Apalagi motor ini dilengkapi mesin 4 Silinder yang secara khusus untuk menghasilkan tenaga dan torsi terbesar di kelasnya secara optimal. Dimana untuk mesinnya adalah mesin DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder dengan 4 buah katup serta memakai sistem pendingin cairan atau dikenal liquid cooled.

Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin Yamaha R1M menyentuh angka 147.1 kW atau setara 200 PS yang dapat digapai pada putaran 13.500 rpm. Selanjutnya untuk torsi maksimum mencapai 112.4 Nm pada putaran 11.500 rpm, oleh sebab itu kemampuan akselerasinya sangat sempurna. Selain itu Mesin dilengkapi dengan kepala silinder dengan kompresi tinggi 13:1 dan dimaksimalkan oleh sistem pembakaran Fuel Injection. Selanjutnya ada pula sistem transmisi 6 percepatan yang dioptimalkan oleh teknologi Quick Shift System (QSS).

Body Motor Yamaha R1M

Motor ini siap diajak bermanuver di jalur raya ataupun di atas sirkuit. Bagi pecinta MotoGP pasti akan jatuh hati dan ingin membelinya. Terlebih Yamaha R1M mengusung bodi bernuansa MotoGP yang punya ukuran panjang 2.055 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.150 mm. Bodinya terlalu besar, jadi jangan heran andaikata bobotnya mencapai 199 kg. Disisi lain, Yamaha R1M dilengkapi tangki berkapasitas 17 Liter yang sanggup mencukupi keperluan bahan bakar ketika kalian mengendarai motor ini.

Desain iconic yang dijiplak dari MotoGP menjadi salah satu keunggulan Yamaha R1M. Uniknya di sektor depan terpasang 2 lampu LED berbentuk bulat yang mempunyai ukuran kecil, namun dipastikan sanggup memberi pencahayaan secara maksimal saat berkendara di malam hari. Selain itu, terdapat juga lampu sein depan yang terpasang di spion sebagai sinyal berbelok arah.

Kemudian untuk sektor belakang dibuat berlubang untuk mengarahkan angin dan dibagian tengahnya disuguhkan fitur lampu tail light berteknologi LED. 

Balutan bodi Full Fairing yang terbuat dari material carbon memicu harga Yamaha R1M dibanderol lebih mahal dibandingkan Yamaha R1. Namun budget yang kalian keluarkan untuk belanja motor ini akan seimbang bersama kecanggihan teknologi yang dimiliki Yamaha R1M. Pasalnya moge Yamaha ini sudah dilengkapi teknologi 3-Dimension Control yang terdiri dari Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), Quick Shift System (QSS) & Launch Control System (LCS).

Suspensi dan Kaki-kaki Yamaha R1M

Semua teknologi tersebut membuat performa Yamaha R1M tambah menakjubkan. Motor ini dapat melesat sangat cepat sekali dengan kestabilan maksimal yang ditopang oleh suspensi depan Upside Down berdiameter 43 mm. 

Kemudian untuk sektor belakang memanfaatkan swing arm yang dipadukan bersama Link suspension. Kedua suspensinya menjamin kenyamanan pengendara dan dapat mengimbangi bobot Yamaha R1M yang menyentuh berat 201 kg. Bagi yang belum memiliki kebiasaan mengendarai moge, pasti butuh penyesuaian diri dulu agar dapat merasa nyaman dikala mengendarai motor ini. 

Sebanding bersama harga Yamaha R1M yang sangat mahal, motor ini sudah memanfaatkan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) sebagai proses pengeremannya. Selain itu, Yamaha menyempurnakan dengan teknologi Unified Brake System yang sangat mungkin pengendara menggapai tingkat kontrol yang tinggi selagi berkendara di sirkuit atau jalanan umum. Teknologi canggih itu dilengkapi bersama 2 buah rem cakram hidrolik 320mm yang terpasang pada roda depan dan satu rem cakram hidrolik 220 mm pada roda belakang.

Motor ini manfaatkan velg 17″ yang dipadukan bersama ban depan berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) dan ban belakang 200/55 ZR17M/C (78W). Ukuran ban motor ini benar-benar besar, agar memberikan kestabilan selagi berakselerasi. Apalagi motor ini sudah memanfaatkan Electronic Racing Suspension (ERS) yang dikembangkan oleh Öhlins untuk menaikkan kontrol redaman, agar handling tambah sempurna. Nah berbekal berbagai fitur tersebut, selanjutnya berapakah harga asli Yamaha R1M di Indonesia ?

Harga Yamaha R1M

Untuk meminang moge mahal besutan Yamaha ini, kalian mesti menyisihkan dana sebesar Rp812 juta. Harga Yamaha R1M lebih mahal bila dibandingkan dengan Yamaha R1 yang dibandrol harga Rp605 Juta. 

Selisih keduanya amat banyak, karena R1M mempunyai fitur lebih canggih dan dibalut bodi carbon. Bagi kalian para sultan yang punya banyak uang pasti tidak akan ragu untuk membelinya, karena R1M sudah disempurnakan teknologi motor balap MotoGP yang membuatnya siap melesat kencang di atas sirkuit ataupun di jalur raya.

Semua pengagum motor sport pasti bermimpi mepunyai motor ini. Sayangnya harga Yamaha R1M amat mahal, oleh karena tidak semua orang dapat membelinya. Bagi yang punya budget pas-pasan kami rekomendasikan untuk tunggu Kedatangan Yamaha R25 generasi baru yang konon katanya akan mengadopsi desain Yamaha R1M. 

Sebelumnya Yamaha sudah mengaplikasikan desain motor ini terhadap Yamaha R6, boleh jadi nantinya ada kemungkinan akan dipakai oleh Yamaha R25 generasi terbaru.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Yamaha R1M
    Yamaha R1M
    Yamaha R1M
    Angsuran mulai dari:Rp 20,23 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya