• Home>
  • Review>
  • Nissan Juke VS Honda HR-V: Mana Crossover SUV Yang Lebih Layak Dipilih?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Nissan Juke VS Honda HR-V: Mana Crossover SUV Yang Lebih Layak Dipilih?

Dilihat 2172
Arief Yuno
13 Feb 2021, 13:42
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

nissan juke

Otoloka.id - Nissan Juke pertama kali dirilis oleh Nissan di Indonesia pada tahun 2011. Mobil compact crossover SUV ini memiliki desain yang sedikit berbeda dengan desain compact crossover SUV kebanyakan.

Di segmen yang sama, Nissan Juke harus bertarung melawan beberapa compact crossover SUV lain, dan salah satu pesaing terbesarnya adalah Honda HR-V. Honda HR-V sendiri merupakan salah satu mobil terlaris dalam segmen compact crossover SUV. Di antara kedua mobil ini, manakah yang lebih layak untuk dipilih?

honda hrv otoloka

Segmentasi Nissan Juke dan Honda HR-V

Masuk ke dalam segmen compact crossover SUV, Nissan Juke menyasar para konsumen muda yang menginginkan karakter mobil yang unik. Hal ini mbisa kita lihat dari desain keseluruhan Nissan Juke yang unik, futuristik, tetapi juga sporty. Desain seperti ini memang banyak digandrungi oleh kalangan konsumen yang lebih muda.

eksterior nissan juke

Sementara itu, berada dalam segmen yang sama dnegan Nissan Juke, Honda HR-V juga menyasar kalangan konsumen muda yang bukan hanya menginginkan kendaraan yang keren, tetapi juga tangguh untuk digunakan sebagai alat transportasi harian. 

eksterior honda hrv

Dari segi desainnya, Honda HR-V ini memang memiliki desain yang jauh berbeda dengan kesan yang ditampilkan oleh Nissan Juke. Desain Honda HR-V lebih terkesan maskulin, sporty, tetapi tetap mewah dan bergaya.

Eksterior Nissan Juke vs Honda HR-V

Soal dimensinya, Nissan Juke memiliki panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.565 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri adalah 1.530 mm.

side nissan juke

Sementara itu, Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase atau jarak sumbu roda dari Honda HR-V sendiri adalah 2.610 mm.

Secara keseluruhan, Honda HR-V memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan Nissan Juke. Ukuran wheelbase yang lebih besar dan bodi yang lebih tinggi juga memungkinkan mobil ini memberikan head room dan leg room yang lebih leluasa bagi para konsumennya.

frint honda hrv

Bicara soal bagian eksterior, baik Nissan Juke maupun Honda HR-V memiliki ciri khasnya tersendiri pada bagian desainnya. Desain eksterior Nissan Juke memiliki ciri khas pada lengkungan fender yang berotot dan bodi yang tinggi, tetapi memiliki side window yang ramping. Desain ini merupakan desain hasil interpretasi Nissan dari gaya bodi mobil "coke bottle styling" yang sempat populer pada tahun 1960-an hingga 1970-an.

Sementara itu, Honda HR-V hadir dengan desain yang lebih modern dan sporty, serta terlihat kokoh. Desain head lamp Honda HR-V ini terlihat eksklusif, dan grille depannya mengusung tema Solid Wing Face, sehingga bagian wajahnya tampak lebih dinamis.Honda HR-V juga banyak memiliki siluet tegas maupun lekukan tajam pada bagian samping bodinya sehingga terlihat tangguh.

Interior Nissan Juke vs Honda HR-V

Untuk bagian interiornya, Nissan Juke menggunakan konfigurasi tempat duduk lima penumpang. Konfigurasi kursinya sendiri juga cukup fleksibel, karena barisan belakangnya bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Karena ukuran dimensinya memang tidak sebesar Honda HR-V, area bagasi yang dimiliki Nissan Juke ini agak kecil.

interior nissan juke

Lalu untuk menghibur para penumpangnya dalam perjalanan, Nissan Juke juga dibekali dengan beberapa fitur hiburan yang sudah cukup baik. Sebagai fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh android 7 inci dengan berbagai fitur canggih, sebut saja WiFi, MP3, USB Port, AUX-IN, Bluetooth, Voice Command, DLNA, AM/FM Radio, dan masih banyak lagi. Semua fiturnya ini juga bisa dikendalikan dari tombol multifungsi yang terdapat pada bagian setirnya.

Kemudian untuk Honda HR-V sendiri, pada bagian kabinnya didominasi dengan warna hitam yang elegan. Tetapi untuk beberapa tipe mobil lainnya, tersedia pula pilihan warna krem. Dashboard-nya mengusung konsep minimalis, lengkap dengan panel instrumen, sehingga tampak rapi dan enak dipandang. Bagasinya juga cukup besar sehingga bisa memuat banyak barang bawaan.

interior honda hrv

Soal fitur hiburannya, Honda HR-V ini memiliki head unit yang ukurannya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Nissan Juke. Honda HR-V mengandalkan head unit Touchscreen Display Audio berukuran 6,2 inci yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang tidak kalah canggih dengan Nissan Juke. Sebut saja  AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA, USB Port, AUX-IN, Bluetooth Connection, dan masih banyak lagi.

Mesin Nissan Juke vs Honda HR-V

Sekarang saatnya kita membahas tentang jantung mekanis dari Nissan Juke dan Honda HR-V. Nissan Juke menggendong mesin 4 silinder segaris berkode HR15DE dengan kapasitas mesin 1.498 cc atau setara dengan sekitar 1,5 liter. Nissan Juke sendiri hanya menawarkan satu pilihan transmisi untuk semua varian Nissan Juke yang ada, yakni sistem transmisi XTRONIC CVT.

mesin nissan juke

Konfigurasi mesin yang dimiliki oleh Nissan Juke ini bisa menghasilkan tenaga yang cukup baik, yakni 114 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri, mesin ini bisa menghasilkan torsi sebesar 150 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Beralih ke Honda HR-V, mobil yang satu ini menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin dengan kapasitas 1,5 liter dan mesin dengan kapasitas 1,8 liter sebagai varian tertingginya. Mesin berkapasitas 1,5 liter milik Honda HR-V merupakan mesin empat silinder berkode L15Z yang dilengkapi teknologi SOHC, DBW, dan i-VTEC. Mesinnya ini dipadukan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis CVT with Earth Dreams Technology.

mesin honda hrv

Sementara itu, mesin dengan kubikasi 1,8 liter yang dimiliki Honda HR-V merupakan mesin empat silinder berkode R18Z yang juga dilengkapi teknologi SOHC, DBW, dan i-VTEC. Mesin ini hanya memiliki satu pilihan transmisi, yakni transmisi otomatis CVT with Earth Dreams Technology.

Di atas kertas, mesin Honda HR-V 1,5 L bisa menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 120 PS dan 145 Nm. Sedangkan mesin Honda HR-V 1,8 L bisa menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dan torsi sebesar 169 Nm.

Kesimpulan

Di Indonesia, Nissan Juke dibanderol dengan harga mulai dari Rp303,3 jutaan hingga Rp332,6 jutaan rupiah. Sedangkan Honda HR-V sebagai pesaingnya dibanderol dengan kisaran harga yang hampir sama, yakni mulai dari Rp303 jutaan hingga Rp424 jutaan.

Jika melihat hasil perbandingan Nissan Juke dan Honda HR-V, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya memiliki desain masing-masing yang khas, serta fitur yang hampir sama canggihnya. 

Tetapi soal mesinnya, Honda HR-V memang memberikan pilihan yang lebih beragam, mulai dari pilihan transmisi hingga kapasitas mesin. Tenaga yang dihasilkannya pun lebih besar dibandingkan dengan Nissan Juke.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Nissan Juke
    Nissan Juke
    Nissan Juke
    Angsuran mulai dari:Rp 5,85 Jt/Bln
  • Honda HRV
    Honda HRV
    Honda HRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,68 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya