• Home>
  • Review>
  • Nissan Livina, Mobil Manis yang Elegan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Nissan Livina, Mobil Manis yang Elegan

Dilihat 365
Guntur Hanggara
11 Sep 2020, 15:07
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Boleh dikatakan sejauh ini, Nissan Livina adalah salah satu mobil yang paling digemari dari tahun 2019 hingga saat ini. Dengan bekerja sama Mitsubishi, Nissan melakukan perombakan besar-besaran di Livina tapi rasa Xpander, tentu itu semua demi eksistensi kembar yang sejuta umat, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. 

Dari segi bodi orang mungkin tidak terlalu pangling karena sudah terbiasa dengan Xpander. Tapi memang dari sisi desain, Nissan tetap mempertahankan aspek elegan yang selama ini mereka miliki. 

Menurut Otoloka, berbeda dengan Xpander yang terlihat seperti sebuah SUV kokoh, maka Nissan lewat Livina mereka buat terlihat lebih manis dan elegan.

Spesifikasi Nissan Livina

Dari segi spesifikasi Nissan Livina tersedia dalam beberapa pilihan mesin Bensin di Indonesia yakni MPV baru dari Nissan hadir dalam 10 varian. Untuk mesin Nissan Livina, ini ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1499 cc. dengan transmisi Manual and Otomatis tergantung variannya. Livina adalah MPV 7 memiliki panjang 4510 mm, dan dengan lebar 1750 mm, untuk wheelbase 2775 mm. serta ground clearance terdiri dari 200 mm.

Spesifikasi Utama dari Nissan Livina diantaranya: 

Mesin 1499 cc
Tenaga 102 hp
Tempat Duduk 7 Kursi
Jenis Transmisi Manual

Mesin Nissan Livina

Nissan Livina dari segi mesin , mesinnya memiliki daya pacu yang ditengarai sama seperti kembarannya yakni Mitsubishi Xpander dengan kapasitas mesin mencapai 1449 cc.
DOHC. Mesin ini memberikan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm. Jantung pacunya berpadu padan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Apabila dibandingkan dengan mesin yang digunakan oleh Xpander, jelas sangat mirip secara detailnya. Xpander menggunakan mesin 4A91 MIVEC 1.499 CC DOHC bertenaga 104 ps dengan kapasitas 6.000 rpm dan torsi 141 Nm dan 4.000 rpm. 

Dari penelusuran terhadap data pabrik Nissan yang berdiri di atas lahan 3.000 meter persegi tersebut katanya sih memang memiliki line produksi mesin yang tangguh. Bukan hanya mesin saja, tetapi bisa juga mereka juga merakit transmisinya wah luar biasa yah sahabat pecinta otomotif.

Performa  Nissan Livina

Nissan Livina dengan 4 mesin silinder dengan ukuran 1.499 cc DOHC twin TVC. Mesin ini diakui mampu menghasilkan tenaga hingga 104 tk pada putaran sebesar 6.000 rpm dan torsi 141 Nm dan pada putaran sebesar 4.000 rpm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis dengan empat percepatan.

Kenyamanan tambahan juga bisa didapatkan dari settingan suspensi pada Nissan Livina dengan menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion beam dengan coil spring di di bagian belakangnya. Dalam menghadapi beragam jalanan di luar kota sekalipun, bodi low MPV ini tidak akan limbung dan suspensi juga tidak terlalu kaku. Kelebihan lainnya dari Nissan Livina adalah jarak ground clearence dengan 205 mm mampu membuat mobil ini bisa melewati berbagai jalan. 

Livina meski dibawa melewati hutan anda tidak perlu khawatir bagian dasarnya tersangkut beragam batu yang dilewati. Kemudahan berkendara dengan Livina karena hadirnya beberapa fitur seperti hadirnya ABS EBD, vehicle dynamic control, traction control system, SRS Airbag di baris depan, auto hazard light untuk darurat serta fitur hill start assist. Dari sisi kemudahan, 

Kali ini sungguh berbeda dengan kembarannya, lantaran Livina justru hadir dengan kamera belakang serta sensor Intelligent Key System + Stop Engine, dan berhasil dikemas dengan fitur yang lengkap dan sangat cocok dengan konsumen dengan kelas MPV rendah. 

Berbicara segi kenyamanan, Nissan Livina diakui berhasil mempertahankan keunggulan Livina terdahulu untuk produk baru Nissan kali ini. Meskipun penggunaannya transmisi yang secara otomatis ada saat ini tetap perlu dapat perhatian dari Nissan untuk pengembangan produk yang lebih baik lagi kedepannya.

Fitur Nissan Livina


Xpander dibekali transmisi otomatis biasa. Sedangkan Livina yang ada dipasaran pakai jenis CVT. Pasalnya, transmisi ini punya banyak kelebihan. Mulai dari penyaluran tenaga yang halus, hingga sanggup memberi efisiensi BBM. Kebanyakan, sistem penyaluran macam ini bisa menjaga putaran mesin tetap rendah, meski mobil melesat kencang.

Electronic Stability Control juga mesti dimiliki. Sistem ini membantu meningkatkan stabilitas berkendara saat menikung. Apalagi saat Anda melewati jalanan licin. Kebutuhan traksi mobil dibagi untuk stabilitas mobil. Ia bekerja dengan cara mengatur output mesin dan secara selektif melakukan pengereman otomatis.

Grand Livina juga disuguhi rem Anti-lock Braking System, dan Electronic Brake-force Distribution serta Brake Assist. Selain immobilizer, fitur start / stop button menjadi sematan menarik. 

Bila sensor mendeteksi kunci berada di dalam mobil, maka pengemudi hanya perlu menekan tombol ini. Baik saat menghidupkan mau pun mematikan mesin. Anda tak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang dan memutarnya. Mobil jadi makin praktis.

Yang paling kekinian, fitur power outlet untuk mengisi gadget Anda. Mengingat, penggunaan smartphone kini makin meningkat. Dulu keluaran Nissan yang sekelas Low MPV hanya menawarkan lighter yang bisa dipasangi satu adaptor USB saja. Namun saat ini kondisinya telah berubah. 

Di semua baris, Mitsubishi Xpander memiliki fitur ini juga. Maka tak heran jika Nissan Grand Livina juga memilikinya. Toh bukan hal yang sukar bagi pabrikan untuk membenamkan itu. 

Interior Nissan Livina

Dikenal dengan kenyamanan terbaik di kelasnya, All New Livina juga menawarkan pengaturan kursi yang beragam. Mulai dari kapasitas 7 penumpang hingga 2 penumpang dengan lantai mobil yang rata.

Jika kita bandingkan dari ketiga varian antara, VE AT dan VL AT, desain interior jenis seperti ini lebih premium karena sistem pengunciannya yang terbilang modern berkat fitur intelligent key system dan start/stop button. Sistem inilah yang memudahkan penggunanya bisa masuk ke dalam kendaraan tanpa repot dengan mengeluarkan/memasukkan kunci lebih dahulu.

Sehingga All New Livina tampil lebih bergaya. Di All New Livina ini sudah dilengkapi dengan sistem audio yang terbesar di kelas MPV kecil. Diantara perangkat itu ada head unit berukuran 7 inchi dengan touch-screen yang bisa dikoneksikan dengan smartphone, ada USB connector, Auto Carplay dan Bluetooth. 

Eksterior  Nissan Livina 

Desain memukau yang dinamis, stylish, dan modern menjadi salah satu kelebihan All New Nissan Livina 2020. Mobil ini terlihat special, meski dari beberapa sisi mirip Xpander. Yang paling mirip adalah body bagian samping. 

Sedangkan untuk bagian depan mobil ini memiliki grille yang lebih besar dengan logo Nissan di tengah-tengahnya yang membuatnya tampil lebih keren. Grille tersebut juga menjadi pembeda antara All New Livina dan Mitsubishi Xpander yang menggunakan desain Dynamic Shiled.

Nissan menyebut grille depan All New Livina sebagai “V-Motion Grille”. Desainnya memang modern dan dilengkapi aksen berwarna chrome yang menjadikannya terlihat mewah. Selain itu, Nissan melengkapinya dengan Dual LED Signature yang difungsikan sebagai DRL (Daytime Running Light). Lalu untuk posisi lampu utamanya berada dibagian bawah, sama seperti milik Xpander.

Nah para sahabat otomotif tanah air untuk para pecinta Nissan jangan sampe berpaling dari Livina yang sudah dijamin kenyamanan dan sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya