• Home>
  • Review>
  • Nissan Livina VS Toyota Avanza: Mana Yang Punya Value for Money Lebih Baik?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Nissan Livina VS Toyota Avanza: Mana Yang Punya Value for Money Lebih Baik?

Dilihat 2792
Arief Yuno
18 Feb 2021, 18:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

livina

Otoloka.id - Pecinta otomotif di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Nissan Livina. Mobil MPV pabrikan Nissan yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006, tepatnya pada tanggal 6 Juli. Mobil ini diperkenalkan oleh Dongfeng NIssan Passenger Vehicle Company melalui ajang Guangzhou International Motor Show. Barulah setahun kemudian, pada tahun 2007, Nissan Livina diluncurkan di Indonesia.

avanza

Menyaingi Nissan Livina dalam segmen MPV, Toyota juga punya salah satu model mobil MPV yang sangat populer sejak lama, yakni Toyota Avanza. Toyota Avanza sendiri sudah berkiprah di dunia otomotif Indonesia sejak tahun 2003 silam dan terus mencatatkan angka penjualan yang cukup tinggi. Baik Nissan Livina maupun Toyota Avanza, keduanya dibanderol dengan kisaran harga Rp200 jutaan. Tetapi dari kedua model ini, mana yang punya value for money yang lebih baik.

Segmentasi Nissan Livina dan Toyota Avanza

Nissan Livina mengisi segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV di pasar otomotif Indonesia. Pada awal kehadirannya, Nissan Livina ini dibanderol dengan harga yang cukup bersaing, sehingga mobil ini memiliki cukup banyak peminat.

livina

Konfigurasi 7 kursi yang diadopsi Nissan Livina, dipadukan dengan kabin yang leluasa dan nyaman membuat mobil ini banyak diminati oleh keluarga di Indonesia. Desainnya yang sporty juga menarik minat banyak konsumen muda.

toyota avanza

Di segmen yang sama, Nissan Livina bersaing dengan salah satu MPV pabrikan Toyota, yakni Toyota Avanza. Toyota Avanza sendiri mendapat julukan "Mobil Sejuta Umat" karena mobil yang satu ini memang sangat populer digunakan sebagai mobil keluarga maupun sebagai alat transportasi harian. 

Hingga tahun 2018 saja, mobil yang satu ini telah mencatatkan angka penjualan sebesar 1,8 juta unit. Dan sampai saat ini, Toyota Avanza masih terus menjadi MPV yang cukup diminati.

Eksterior Nissan Livina vs Toyota Avanza

Nissan Livina yang saat ini beredar luas di Indonesia merupakan Nissan Livina generasi ketiga. Mobil yang satu ini menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander, sehingga mobil ini memiliki kemiripan dengan Mitsubishi Xpander dari segi desain bodinya.

eksterior livina

Nissan Livina memiliki dimensi bodi dengan panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya adalah 2.775 mm, sementara ground clearance-nya cukup tinggi, yakni 200 mm.

Nissan Livina generasi terbaru memiliki desain yang lebih sporty dan modern. Mobil ini memiliki desain grille V-Motion khas Nissan, dipadukan dengan lampu utama dual-line LED yang sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lights. Sementara itu pada bagian belakangnya, Nissan menyematkan LED kombinasi sebagai lampu belakangnya. Penggunaan lampu ini dinilai menegaskan kesan modern dan mengoptimalkan pencahayaan, terutama pada malam hari.

eksterior avanza

Kemudian untuk Toyota Avanza sendiri, dimensi bodinya memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri memiliki ukuran 2.655 mm.

Toyota Avanza generasi terbaru mengusung konsep desain yang elegan, tetapi modern dan terkesan futuristik. Bagian wajah mobil MPV yang satu ini mengadopsi desain yang bisa kita temukan pada Toyota Vellfire dan Toyota Voxy. Lampu depannya kini berbentuk menyipit dan memanjang.

Lampu depan atau head lamp yang digunakan Toyota Avanza ini juga sudah menggunakan LED. Bagian wajah Toyota Avanza tampak semakin atraktif berkat adanya desain grille baru yang disebut "New Radiator Grille Design with Chrome Garnish".

Pada bagian sampingnya, Toyota Avanza mendapatkan aksen baru berupa New Side Body Molding yang memberikan kesan sporty. Sedangkan pada bagian belakangnya, mobil ini juga menampilkan kesan sporty berkat penggunaan Rear Spoiler.

Jika dilihat dari dimensinya, Nissan Livina memiliki keunggulan dibandingkan dengan Toyota Avanza. Ukuran dimensinya yang lebih besar dan jarak sumbu rodanya yang juga lebih panjang, memungkinkan Nissan Livina untuk memberikan ruang kabin yang lebih luas dan leg room yang lebih leluasa bagi para penumpangnya.

Interior Nissan Livina vs Toyota Avanza

Baik Nissan Livina maupun Toyota Avanza, keduanya memiliki interior yang bisa dibilang cukup nyaman dan bisa menampung cukup banyak penumpang. Sekarang mari kita bandingkan fitur hiburan yang dimiliki oleh kedua model mobil MPV ini. Untuk fitur hiburannya, Nissan Livina mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang lengkap dengan fitur konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

interior livina

Beralih ke Toyota Avanza, mobil ini juga tak kalah canggih jika kita bicara soal fitur hiburannya. Sebagai fitur hiburan utamanya, Toyota Avanza ini mengandalkan head unit New Premium Touch Screen yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti T-Link USB Mirroring, Bluetooth, Emergency Call, iPad/iPhone Connectivity, serta DVD Player.

interior avanza

Jika kita bandingkan fitur-fitur yang disematkan pada bagian interior Nissan Livina dan Toyota Avanza, sebenarnya kedua model mobil ini memiliki fitur yang nyaris sama baiknya. Tetapi harus diakui bahwa fitur yang dimiliki Toyota memang lebih lengkap.

Mesin Nissan Livina vs Toyota Avanza

Sekarang saatnya kita membahas soal mesin dari Nissan Livina dan Toyota Avanza. Nissan Livina menggendong mesin 4 silinder segaris dengan 16 katup, yang dilengkapi teknologi DOHC dan twin Variable-valve Timing Control. Mesin ini memiliki kapasitas mesin 1.499 cc atau setara dengan sekitar 1,5 liter.

mesin livina

Mesin yang dimiliki Nissan Livina ini dipadukan dengan dua jenis sistem transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Di atas kertas, mesin Nissan Livina ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

mesin avanza

Sementara itu, Toyota Avanza menghadirkan dua jenis pilihan mesin, yakni mesin dengan kapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter. Mesin 1,5 liternya adalah 2NR-VE, IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i yang dipadukan dengan hanya satu jenis sistem transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan.

Untuk keluaran tenaga dan torsinya sendiri, sebenarnya Toyota Avanza memiliki raihan yang hampir sama dengan Nissan Livina. Mesin Toyota Avanza bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 136 Nm 4.200 rpm.

Kesimpulan

Saat ini, Nissan Livina dipasarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp208,3 hingga Rp276,05 jutaan. Sementara itu, Toyota Avanza dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp202,7 jutaan hingga Rp231,25 jutaan.

Jika melihat hasil perbandingan secara keseluruhan, Nissan Livina memang unggul dari segi keleluasaan kabin dan performa mesin. Tetapi jika melihat harga dan value for money, Toyota Avanza bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya