• Home>
  • Review>
  • Off-Roader Merapat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Jeep Wrangler
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Off-Roader Merapat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Jeep Wrangler

Dilihat 9666
Amanda
19 Nov 2021, 18:24
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 10

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Jeep Wrangler merupakan salah satu topik yang sering dibicarakan di kalangan pecinta mobil off-road. Seperti yang kita tahu, mobil legendaris yang satu ini memang terkenal sebagai kendaraan off-road yang andal.

Sebagai informasi, Jeep Wrangler merupakan model penerus kendaraan dari masa Perang Dunia II, Willys MB yang diproduksi tahun 1940-an hingga 1980-an. Mobil ini memiliki banyak peminat di berbagai negara Eropa, Amerika, dan Asia.

Jeep Wrangler diproduksi oleh Fiat Chrysler Automobiles. Di Indonesia, mobil ini dipasarkan di bawah naungan PT Hascar Motor International.

Untuk generasi terbarunya, Jeep Wrangler ini menawarkan beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan berkendara masing-masing konsumennya. Beberapa tipe tersebut antara lain tipe Sahara Unlimited, Rubicon, dan Rubicon Unlimited.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Jeep Wrangler? Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Jeep Wrangler

1. Bodi Tangguh dan Struktur Kabin Kokoh

Pada pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Jeep Wrangler ini, kita akan membahas tentang kelebihannya terlebih dahulu. Kelebihan pertama dan bisa dibilang yang paling utama dari mobil Jeep Wrangler ini adalah desain yang tangguh.

Jeep merupakan salah satu pabrikan mobil yang masih mempertahankan desain ikoniknya pada setiap mobil pabrikannya. Jeep Wrangler ini misalnya, masih menggunakan gril 7 slot dan body fender dengan aluminium ringan.

Tidak hanya itu, struktur kabin yang dimiliki Jeep Wrangler ini juga kokoh. Dengan menggunakan rangka besi, mobil ini jadi andal dibawa berkendara di jalan yang bergelombang maupun berbatu sekalipun.

Baca juga: MINI Hadirkan Tiga Edisi Khusus Anniversary 10 Tahun di GIIAS 2021

2. Mesin Bertenaga

Karena memiliki bodi yang besar, Jeep Wrangler ini mengimbangi performanya dengan menghadirkan mesin yang bertenaga. Mobil yang satu ini diketahui telah dibekali dengan mesin 2.0 L yang dilengkapi dengan turbocharger.

Mesin yang memiliki keluaran tenaga besar ini tentu akan memudahkan mobil menjelajah di jalan yang mendaki maupun menurun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah spesifikasi mesin Jeep Wrangler.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN JEEP WRANGLER

Mesin

4 silinder segaris dengan Turbocharger

Kapasitas

2.0 L (1.995 cc)

Transmisi

Otomatis 8 Percepatan

Tenaga

270 HP @ 5.250 rpm

Torsi

400 Nm @ 3.000 rpm

Sistem Penggerak

All Wheel Drive (AWD)

Akselerasi

7,1 detik (0-100 km/jam)

Kecepatan Maksimal

100 km/jam

 

3. Fitur Lengkap

Fitur yang lengkap merupakan salah satu kelebihan dari Jeep Wrangler yang tidak boleh kelewatan untuk dibahas. Mobil ini memang bukan hanya andal dan tangguh, tetapi juga mengutamakan kenyamanan dan keselamatan para penumpangnya.

Sebagai fitur hiburannya, Jeep Wrangler mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 5 inci yang terintegrasi dengan Next Generation Uconnect, 8 speaker sound system, dan overhead sound bar. Selain itu, head unitnya ini juga sudah lengkap dengan sistem navigasi.

Baca juga: Audi Masih Enggan Produksi Lokal di Indonesia, Ini Alasannya

Untuk fitur keselamatan pasifnya, Wrangler sudah dibekali dengan Advanced Multistage Driver And Front-Passenger Airbags, Supplemental Front-Seat-Mounted Side Airbags, serta Adjustable Seatbelts. Untuk keselamatan penumpang anak-anak, disematkan pula fitur pengaturan kursi ISOFIX dan Child Safety Locks.

Beralih ke fitur keselamatan aktifnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, sebut saja Anti-lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Hill Start Assist, Hill Descent Control, serta Electronic Stability Control. Dan untuk mempermudah proses parkir, mobil ini juga dilengkapi Rearview Camera dan Parking Sensor.

Fitur keamanan tentu tidak boleh sampai ketinggalan. Jeep Wrangler ini sudah dibekali dengan fitur Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan sistem alarm.

4. Menawarkan Banyak Pilihan Warna Eksterior

Demi memenuhi selera konsumen yang berbeda-beda, Jeep Wrangler menghadirkan beragam pilihan warna atraktif yang bisa dipilih oleh para konsumennya. 

Pilihan warna yang ditawarkan oleh Jeep Wrangler antara lain Silver Metallic, Black, White, Firecracker Red, Granite Crystal Metallic, Ocean Blue Metallic, Punk'n Metallic, dan Sting Gray.

 

Kekurangan Jeep Wrangler

1. Harga dan Biaya Perawatan Mahal

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai kekurangan Jeep Wrangler. Salah satu kekurangan dari mobil ini adalah banderol harganya yang sangat mahal.

Baca juga: BMW Boyong M4 Competition KITH di GIIAS, Satu-satunya di Asia Tenggara

Di Indonesia, ada tiga varian yang ditawarkan untuk Jeep Wrangler. Untuk rincian harga dan variannya, mari kita lihat pada tabel berikut.

VARIAN

HARGA

Jeep Wrangler Sahara Unlimited 4 Door

Rp 1.603.000.000

Jeep Wrangler Rubicon 2 Door

Rp 1.603.000.000

Jeep Wrangler Rubicon Unlimited 4 Door

Rp 1.708.000.000

Selain dibanderol dengan harga di atas Rp1 miliar untuk semua variannya, kekurangan lain dari mobil ini adalah biaya perawatannya yang mahal. Selain memiliki komponen yang mahal, mencari spare part untuk mobil ini memang agak sulit sehingga berpengaruh pada biaya perawatannya secara keseluruhan.

2. Boros BBM

Dengan bobot bodi yang berat serta mesin bertenaga turbo, kita memang tidak bisa mengharapkan konsumsi BBM yang efisien dari Jeep Wrangler. Untuk penggunaan di dalam kotanya saja, mobil ini memiliki tingkat konsumsi 6-8 km/liter.

3. Kurang Praktis Di Perkotaan

Keandalan Jeep Wrangler menjelajah medan off-road memang tidak perlu diragukan lagi. Bodinya yang besar dan ground clearance-nya yang tinggi membuat mobil ini tangguh dibawa berpetualang.

Tetapi hal ini justru menjadi kekurangan ketika mobil ini harus dibawa di perkotaan. Bodinya yang besar menyulitkan mobil ini dibawa ke jalanan yang agak sempit, dan ground clearance-nya yang tinggi membuat penumpang agak kesulitan untuk masuk ke dalam kabinnya.

Baca juga: Mitsubishi Umumkan Harga Xpander Terbaru di GIIAS 2021, Ada Mobil Listrik juga

 

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Jeep Wrangler

Sama seperti mobil pada umumnya, bisa kita lihat adanya kelebihan dan kekurangan tersendiri pada Jeep Wrangler. Mobil ini memiliki bodi yang tangguh dan struktur kabin yang kokoh, sehingga andal dibawa menjelajah di medan off-road.

Selain itu, mesin yang digendong mobil ini pun memiliki tenaga yang cukup besar. Fiturnya yang lengkap juga membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

Tidak hanya itu, Jeep Wrangler juga diketahui menawarkan berbagai pilihan warna eksterior yang atraktif. Konsumen pun bisa memilih warna eksterior mobil yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan yang kita temukan pada mobil ini. Kekurangan utama dari Jeep Wrangler adalah harga dan biaya perawatan yang mahal.

Bukan itu saja, bodinya yang besar dan ground clearance-nya yang tinggi ini memang membuatnya andal di medan off-road, tetapi jika digunakan di perkotaan, mobil ini jadi kurang praktis. Selain itu, mesinnya juga boros BBM.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari Jeep Wrangler. Jangan lupa untuk mempertimbangkan segala aspek sebelum membeli mobil ini, ya!

  • Suka 10
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya