• Home>
  • Review>
  • Pemilik Wajib Tahu, Ini Dia Oli Yang Paling Cocok untuk Daihatsu Ayla
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Pemilik Wajib Tahu, Ini Dia Oli Yang Paling Cocok untuk Daihatsu Ayla

Dilihat 4927
Amanda
26 Okt 2021, 16:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Memilih oli yang paling cocok untuk mobil memang penting, tidak terkecuali bagi para pemilik mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla

Oli mesin sendiri memiliki beberapa manfaat utama untuk mesin, yaitu pelumasan, pendinginan, perlindungan/pembersihan, serta untuk meningkatkan performa mesin.

oli daihatsu ayla

Daihatsu Ayla merupakan salah satu mobil LCGC yang banyak digunakan oleh para konsumen di Indonesia. 

Karena itu, kali ini kita akan membahas tentang beberapa oli yang paling cocok untuk digunakan Daihatsu Ayla.

Mengapa Daihatsu Ayla Butuh Oli Yang Cocok?

Ada banyak jenis oli mesin yang dinilai cocok untuk mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla. Tetapi kenapa kita perlu memilih oli yang cocok untuk mobil kita?

Ternyata ada manfaat yang bisa didapat dari memilih oli yang cocok untuk mobil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Daya Pelumasan Lebih Maksimal

Oli mesin berfungsi untuk mendukung kinerja mesin dan mencegah adanya gesekan pada mesin yang bisa menyebabkan kerusakan. Karena itu, oli yang cocok penting digunakan agar mesin mobil Daihatsu Ayla dapat bekerja dengan mulus.

2. Mendinginkan Mesin dengan Lebih Maksimal

Pada saat mesin mobil bekerja, akan ada gesekan yang menimbulkan panas pada mesin. Memilih oli yang cocok untuk Daihatsu Ayla akan mendinginkan mesin dengan lebih maksimal dengan meredam gesekan pada bagian dinding mesin.

Dengan demikian, suhu mesin akan tetap terjaga dan mesin pun bisa terhindar dari overheat.

Baca juga: Toyota Agya VS Daihatsu Ayla, LCGC Mana yang Lebih Unggul?

3. Menjaga Mesin Tetap Bersih dan Melindunginya dari Karat

Oli mesin yang cocok untuk mobil kita akan menjaga mesin tetap bersih. Hal ini pun berlaku untuk mesin mobil Daihatsu Ayla.

Penggunaan oli mesin yang cocok akan menjaga kebersihan mesin dengan cara mencegah mesin berkarat dan melarutkan debu-debu halus yang masuk dari saluran karet mesin. 

Debu-debu halus ini dapat menyebabkan gesekan logam halus yang apabila dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian mesin yang lain.

4. Meningkatkan Performa Mesin

Dengan kinerja yang mulus, terhindar dari overheat, serta memiliki mesin yang bersih, secara otomatis performa mesin mobil kita pun akan meningkat. Selain itu, tarikan mesin pun akan menjadi lebih ringan, dan hal ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih efisien.

Biaya Ganti Oli Daihatsu Ayla

Biaya ganti oli untuk Daihatsu Ayla memang dipengaruhi oleh beberapa faktor berbeda. Misalnya merek oli dan di mana dilakukannya penggantian oli.

Baca juga: Tertarik Beli Daihatsu Ayla? Ini Simulasi Kreditnya

Jika kita melakukan penggantian oli sendiri di rumah, maka kita hanya akan mengeluarkan biaya untuk pembelian olinya. 

Sedangkan jika penggantian dilakukan di bengkel, kita juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa bengkelnya.

Kendati demikian, memang lebih disarankan untuk mengganti oli di bengkel. 

Meskipun biayanya akan sedikit lebih mahal, tetapi penanganan penggantian oli ini akan lebih maksimal karena bengkel memiliki peralatan yang lebih lengkap dan tenaga profesional.

Oli yang Paling Cocok untuk Daihatsu Ayla

Sekarang mari kita bahas tentang oli apa yang paling cocok untuk Daihatsu Ayla. 

Seperti yang kita tahu, di luar sana memang ada banyak merek oli mesin yang dipasarkan, dan memilih oli yang tepat bisa jadi membingungkan.

Masing-masing merek oli mesin tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. 

Tetapi hal yang sebenarnya perlu diperhatikan adalah menyesuaikan oli dengan spesifikasi mesin Daihatsu Ayla kita.

Untuk mobil ini, pihak Daihatsu memiliki Genuine Oil, oli yang didistribusikan langsung oleh Daihatsu dan digunakan di bengkel resmi mereka. 

Namun selain oli tersebut, pihak Daihatsu juga merekomendasikan kepada konsumennya beberapa merek oli lain yang dinilai paling cocok untuk Daihatsu Ayla.

Daihatsu Genuine Oil (DGO)

Pertama adalah Daihatsu Genuine Oil (DGO) 0W-20 API SN-GF-5 Fully Synthetic. Oli yang satu ini merupakan oli resmi pabrikan Daihatsu dan dinilai paling cocok untuk Daihatsu Ayla karena diformulasikan secara khusus dengan komposisi sesuai standar pabrikan.

Ada beberapa keunggulan dari oli ini. Daihatsu Genuine Oil dibuat dengan Cool Max Technology yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh sejak awal digunakannya.

Baca juga : Simulasi Kredit Toyota Agya 2021, Berapa DP dan Angsurannya?

Bukan itu saja, oli ini juga mendukung konsumsi bahan bakar dan akselerasi lebih baik dengan formula yang diseimbangkan. 

Adanya teknologi aditif terkini pada oli ini juga dinilai cocok untuk mesin modern yang dilengkapi dengan "After Treatment Device" seperti mesin Daihatsu Ayla.

Untuk Daihatsu Ayla 1.2 disarankan untuk menggunakan Daihatsu Genuine Oil (DGO) 0W-20 API SN-GF-5 Fully Synthetic dengan harga Rp400 ribuan untuk paket 4x1 liter. 

Sementara itu, untuk Daihatsu Ayla 1.0 disarankan untuk menggunakan Daihatsu Genuine Oil 5W-30 API SN-GF-5 Synthetic dengan harga Rp350 ribuan dengan jumlah paket yang sama.

Fastron Eco Green

Fastron Eco Green adalah oli yang diproduksi oleh PT Pertamina. Oli ini dilengkapi dengan Nano Guard Technology yang diformulasi untuk mobil jenis LCGC.

Di pasaran, ada dua jenis oli Fastron Eco Green, yaitu 0W-20 dan 5W-30. Keduanya bisa memberikan perlindungan mesin secara maksimal karena memiliki kestabilan terhadap shear yang sangat baik, serta menggunakan aditif berformula tinggi untuk mencegah keausan pada mesin.

Kedua oli ini juga dapat mencegah pembentukan deposit, sehingga dapat memberikan kinerja yang tahan lama dalam segala kondisi berkendara, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini tentu merupakan hal yang penting untuk mobil LCGC seperti Ayla.

Bukan itu saja, oli ini juga memiliki tingkat penguapan pelumas yang rendah sehingga pemakaian pelumas lebih irit dan pelumasan menjadi lebih optimal. Di pasaran, oli mesin yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp250 ribuan.

TOP 1 HP Sport

TOP 1 HP Sport merupakan salah satu merek oli yang diformulasikan khusus sehingga cocok untuk LCGC seperti Daihatsu Ayla, karena dianggap lebih ramah lingkungan. 

Oli ini berbahan dasar sintetik dan telah melewati standarisasi internasional dari API (American Petroleum Institute) dan ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee).

Keunggulan dari oli yang satu ini terletak pada kemampuannya untuk melindungi seluruh area mesin hingga ke bagian yang sulit dijangkau. Oli ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp100 ribuan hingga Rp400 ribuan.

Castrol Magnatec SAE 10W-40

Selanjutnya dalam daftar oli yang paling cocok untuk Daihatsu Ayla adalah Castrol Magnatec.

Oli pabrikan Castrol Indonesia ini diklaim dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada mesin selama tahap pemanasan.

Selain itu, pada oli ini terdapat molekul pintar yang disebut Castrol MAGNATEC. Molekul ini diformulasikan secara khusus untuk melekat pada bagian-bagian mesin yang penting, sehingga mengurangi keausan mesin secara signifikan.

Untuk harganya sendiri, oli yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp300 ribuan.

Shell Helix Eco

Terakhir, oli yang dinilai paling cocok untuk Daihatsu Ayla ini adalah Shell Helix Eco. Oli mesin pabrikan Shell ini dibuat khusus untuk model LCGC di Indonesia.

Shell Helix Eco memiliki dua varian yang ditawarkan, yakni 0W-20 (Full Synthetic) dan 5W-30 (Synthetic). Kedua varian oli ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp300 ribuan.

Baca juga : Simulasi Kredit Toyota Agya 2021, Berapa DP dan Angsurannya?

Shell Helix Eco diketahui telah menggunakan teknologi ACT (Active Cleansing Technology). 

Bagi yang belum tahu, teknologi ini dapat membersihkan endapan kotoran di dalam mesin, sehingga mesin tetap bersih dan tahan lebih lama. 

Selain itu, oli mesin ini juga meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC) GF-5.

Khusus untuk Shell Helix Eco 0W-20 full synthetic, oli ini telah dilengkapi dengan formulasi rendah penguapan. Hal ini dapat membuat tingkat pelumasan lebih terjaga dan mengurangi konsumsi pelumas berlebih.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya