• Home>
  • Review>
  • Penasaran? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Penasaran? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky

Dilihat 5547
EKO
16 Okt 2021, 12:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

kelebihan daihatsu rocky

Otoloka.id- Daihatsu Rocky merupakan salah satu SUV legendaris yang hadir di Indonesia pada tahun 1988. Lebih dari 30 tahun hiatus, akhirnya mobil tersebut muncul lagi sebagai generasi kedua.

Jika dibayangkan dengan generasi pertama, jelas Daihatsu Rocky yang saat ini hadir berbeda dengan model terdahulu.

Ada alasan kenapa Astra Daihatsu Motor merubah segmentasi pada Rocky, yaitu memang mobil tersebut didesain sebagai SUV kompak yang posisinya berada di bawah Daihatsu Terios.

Hadirnya Rocky sebagai SUV kompak juga untuk menjaring segmentasi baru di pasar SUV berbodi kecil yang lagi naik daun saat ini.

Dimensi Daihatsu Rocky

Mobil bergenre SUV kompak memang punya dimensi yang terbilang kecil. Seperti Daihatsu Rocky yang punya dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Dengan dimensi tersebut, mobil ini mampu untuk membawa sebanyak lima orang penumpang dengan barang bawaan di bagasi belakang.

Jika kursi belakang dilipat, maka Daihatsu Rocky mampu menampung barang bawaan dengan kapasitas 369 liter.

Sebagai bawaan standar, Daihatsu Rocky dipasangkan velg sebesar 17 inci yang membuat mobil ini terkesan jangkung. Jarak ground clearancenya mencapai 200 mm, pas untuk sebuah SUV.

Satu yang spesial adalah bodi dari Daihatsu telah disematkan rangka dengan platform DNGA alias Daihatsu New Global Arcitecture. Rangka tersebut bukan hanya kokoh dan stabil saja, namun juga ringan yang membuat mobil menjadi lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Bukan Cuma Soal Jumlah Silinder, Ini Perbedaan Mesin Rocky 1.2L dan Sigra 1.2L

Selain dimensi yang mungil, ternyata Daihatsu Rocky juga menawarkan dua jenis mesin yang juga mungil, apa saja itu?

spesifikasi daihatsu rocky

Mesin Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky punya pilihan mesin 1.0 liter dan 1.2 liter. Jelas berbeda dengan model pendahulu yang punya kubikasi mesin diesel 2.5 liter.

Hadirnya kedua mesin tersebut untuk mengimbangi dengan bodi mobil yang mungil. Selain itu, mesin yang dibenamkan pada Daihatsu Rocky ini memang ditujukan pada segi efisiensi bahan bakar.

Tenaga yang keluar dari kedua mesin tersebut akan disalurkan ke sistem transmisi yang dapat dipilih, yaitu manual lima percepatan atau transmisi otomatis DCVT.

Ada yang spesial pada transmisi otomatis tersebut, karena merupakan transmisi punya performa lebih halus dalam perpindahan gigi, yang baru diaplikasikan pada model Daihatsu di Indonesia.

Mesin Daihatsu Rocky 1.0 liter

Varian dengan mesin 1.0 liter merupakan flagship dari Daihatsu Rocky. Pasalnya, dalam mesin tersebut sudah terbenam turbocharger yang pastinya meningkatkan tenaga mobil.

Daihatsu Rocky menggunakan mesin dengan kode 1KR-VET 998cc tiga silinder segaris. Keluaran tenaga dari mesin tersebut sebesar 96,4 dk pada 6.000 rpm, serta torsinya mencapai 149 Nm di rpm 2.400.

Mesin Daihatsu Rocky 1.2 liter

Sementara untuk varian 1.2 liter, Daihatsu Rocky menggunakan mesin berkode WA-VE 1198cc tiga silinder segaris yang menghasilkan tenaga sebesar 86,7 dk dengan torsi 113 Nm.

Meski berkubikasi lebih besar, nyatanya memang tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini tak sebesar varian mesin 1.0 liter, karena tidak pakai turbocharger.

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.2L Dibekali Performa Mumpuni, Ini Buktinya

Fitur Daihatsu Rocky

1. Fitur keselamatan Rocky

Hadir di jaman yang serba modern, Daihatsu juga menyematkan beberapa teknologi terkini terkait dengan fitur keselamatan aktif. Contohnya seperti pre collision warning, pre collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention.

Selain itu, ada juga fitur keselamatan pasif yang tersemat pada Daihatsu Rocky, yaitu penyematan SRS airbag di bagian pengemudi dan penumpang, sistem pengereman ABS, dan EBD.

Fitur untuk mengontrol stabilitas mobil (VSC), dan bantuan mobil dalam posisi tanjakan HSA juga ada di Daihatsu Rocky.

2. Fitur di interior Rocky

Daihatsu Rocky sudah membenamkan fitur terkini pada interiornya, seperti setir yang dapat diatur berikut pengaturan audio, digital meter cluster empat mode tampilan, penyematan subwoofer beserta speaker dan tweeter.

Head unit pada mobil tersebut juga lumayan besar, yaitu dengan penyematan layar sentuh 9 inci yang terhubung dengan kamera parkir. Di bawahnya terdapat pengaturan digital pendingin udara, dan soket untuk mengisi daya handphone.

Untuk membawa banyak barang bawaan, Daihatsu juga mengakomodir kebutuhan tersebut melalui beberapa tempat penyimpanan yang terdapat di konsol tengah, panel pintu, di bagian pojok dashboard, dan di dekat handle transmisi.  

Kelebihan Daihatsu Rocky

1. Fitur keselamatan mumpuni

Untuk mobil dengan harga Rp200 jutaan, mendapatkan fitur keselamatan yang mumpuni merupakan sesuatu yang menyenangkan. Pasalnya fitur keselamatan terserbut sangat membantu sekali dalam mengurangi tingkat keparahan pada kecelakaan.

Fitur keselamatan aktif yang terbenam pada Daihatsu Rocky juga sangat membantu ketika pengemudi lengah, atau pengemudi lain yang lengah dengan pemberitahuan yang membuat kita sebagai pengemudi menjadi lebih waspada.

2. Harga terjangkau

Daihatsu Rocky dijual dengan harga awal Rp178,9 juta untuk varian terendah, dan Rp236,1 juta untuk menebus varian Rocky tertinggi.

Dalam setiap varian tersebut, ditawarkan beberapa fitur canggih yang tersemat. Jadi tinggal pilih varian mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Value yang kita dapatkan ketika membeli Daihatsu Rocky adalah memiliki SUV yang punya tampilan agresif, dengan fitur yang keselamatan canggih, yang biasanya ditemui di mobil-mobil mahal.

Baca juga: Perang SUV Kompak, Mana yang Paling Value for Money?

Kekurangan Daihatsu Rocky

1. Terlalu banyak varian

Pada mesin 1.0 liter, Daihatsu Rocky menawarkan 20 (dua puluh) varian yang berbeda. Pada varian tersebut, berisi fitur-fitur yang nampaknya dipisaholeh Daihatsu. 

Perbedaan harga di tiap varian pun tidak terlalu jauh. Jadi fitur yang disediakan untuk apa dipecah-pecah terlalu banyak?

Untuk varian 1.2 liter, terdapat enam varian. Jika keduanya digabung, maka varian yang terdapat pada mobil tersebut adalah 26 varian.

Tentunya dengan banyaknya varian pada Daihatsu Rocky membuat calon pembeli merasa kebingungan untuk memilih varian yang tepat dengan kebutuhannya.

2. Mesin biasa saja

Mesin turbo yang jadi flagship pada Daihatsu Rocky nyatanya punya tenaga biasa saja. Memang, hadirnya mobil ini untuk dipakai sebagai kendaraan mobilitas saja yang tidak didesain untuk melakukan jelajah di medan berat.

Untuk mesin 1.2 liter apalagi, meski punya kubikasi besar, namun tenaga yang dihasilkan lebih kecil dibanding varian mesin 1.0 liter. Untuk menjelajah di medan berat harus pikir dua kali.

Kemungkinan besar, Daihatsu menghadirkan kedua mesin tersebut untuk tujuan efisiensi dalam bahan bakar. 

Penggunaan turbo pada mesin 1.0 liter jelas juga tujuannya supaya mobil lebih bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Kesimpulan

Hadirnya Daihatsu Rocky sebagai SUV kompak memang layak untuk dipertimbangkan. Pasalnya dengan harga yang berada di kisaran harga mobil berjenis MPV, kita akan mendapat fitur lebih yang ditawarkan oleh mobil MPV. Fitur keselamatan misalnya, pada Daihatsu Rocky terbilang cukup lengkap.

Meski dibekali dengan mesin seadanya, namun penyematan turbo sudah cukup mumpuni untuk melakukan perjalanan di medan yang ringan. Kapasitas penumpang sebanyak lima orang membuat kinerja mesin mobil ini tidak terlalu loyo. 

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya