• Home>
  • Review>
  • Pengguna Nissan March yang 'All Out' Modifikasi Mesin dan Tampilan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Pengguna Nissan March yang 'All Out' Modifikasi Mesin dan Tampilan

Dilihat 3772
Deni Ferlindungan
19 Mar 2021, 19:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Otoloka.id - Nissan March kerap menjadi pilihan banyak masyarakat, khususnya bagi konsumen yang berjiwa muda. Menariknya, dari sejumlah konsumen nampaknya kerap memilih March lantaran city car ini begitu asyik untuk dimodifikasi.

Tak hanya itu, Nissan March juga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien dan mampu mengakomodir kebutuhan konsumen perkotaan. Salah satu contoh yang menjadikan Nissan March sebagai sarana untuk menyalurkan hobi modifikasi adalah Andika atau yang akrab disapa Bondix.

Terlihat Ia terbilang 'niat' untuk memodifikasi mobil kesayangannya itu. Dengan mengusung konsep kekinian, Nissan March Bondix jadi terlihat beda dari March pada umumnya.

Perjalanan Bondix dalam membangun city car itu pun tentunya tak mudah, dan membutuhkan perjalanan yang panjang juga. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak ulasannya berikut ini:

Perjalanan Bondix Bersama Nissan March

Keputusan Bondix memilih Nissan March sebagai tunggangannya bukan tanpa alasan. Di mana Bondix memilih mobil ini lantaran diklaim mampu memenuhi kebutuhan dan impiannya.

"Awalnya tertarik dengan mobil ini karena bentuk bodinya yang imut dan memiliki fitur di atas dari kelas sejenisnya," ujar Andika.

Sebagai informasi, Bondix menggunakan Nissan March XS bertransmisi otomatis lansiran 2015. Mobil berkelir putih berkubikasi 1.2 liter 3-silinder.

Baca juga: Kisah Pemilik Nissan March, Si Kecil yang Bisa Diandalkan

"Keputusan membeli Nissan March, karena saya meyakini mesin Nissan memiliki performa yang sangat baik dari kompetitornya dan memiliki konsep fun riding," imbuh Bondix.

Namun versi standar, nampaknya tak lantas membuat Bondix lantas puas. Hingga akhirnya Ia pun memutuskan untuk mulai memodifikasi mobilnya itu jadi sesuai dengan keinginan.

Mulai Gatal Untuk Modifikasi

Andika sempat menceritakan awal mula Ia akhirnya memutuskan untuk mulai modifikasi Nissan March lansiran 2012 itu jadi semakin kekinian. "Awalnya saya sangat menikmati dengan kondisi standar selama beberapa bulan dari beli baru, tapi lama kelamaan tangan ini sudah gatal ingin melakukan perubahan secara eksterior".

"Setelah browsing sana-sini akhirnya diputuskan langsung naikin pelek ke ring 17 lansiran HSR, pelek rasa internasional dengan kearifan lokal," ujar Bondix.

Namun saat dilihat lagi, Ia merasa ada yang kurang greget. Lalu mulai lagi dengan menggantinya dengan lowring kit. Hasilnya kalian bisa lihat, jadi semakin ganteng bukan?

Tak hanya sebatas mengubah eksterior saja, Bondix pun mulai meracik jantung mekanisnya. "Di sini muncul wacana-wacana liar untuk meningkatkan performa. Tapi apa daya mesin Nissan March memang dirancang sebagai kendaraan low maintenance dan spare parts tipe racing cukup sulit didapatkan di sini," katanya.

Pun begitu, tak lantas membuat Bondix lantas putus asa. Justru Ia memulai proyek trial & error di sektor jantung mekanis.

Pertama mengganti exhaust system dengan tipe valvetronic besutan Dual Tone, lalu header dari DD exhaust dan resonator dari Ironcrafts. "Cukup gado-gado dari ujung ke ujung," kata Andika.

Ubahan tak sampai di situ saja, selanjutnya Ia pun mencoba menginstall produk Curut Yihi besutan om Wisnu sebagai doping ke ruang pembakaran. "Wow ternyata oke banget lho. Dari hasil modifikasi ringan di atas sebenarnya cukup mumpuni," imbuh Bondix.

Baca juga: Memilih Daihatsu Terios Untuk Tunjukkan Kreativitas Modifikasi

Selanjutnya Ia pun turut mengganti air filter dengan open filter tipe cool air induction dan cukup menolong untuk mensuplai lebih ke air intake. "Setelah tanya sana-sini lalu diputuskan untuk melakukan remap ECU. Kebetulan ada beberapa teman yang menggunakan jasa remap ECU racikan Gerry Garage di BSD, Tangerang Selatan.

"Setelah beberapa kali revisi remap beberapa staging, akhirnya dapat juga settingan mempuni. Okelah untuk sekelas city car 1200 cc 3-silinder bisa lincah dan ngacir, jadi tidak malu-maluin, kalau jumpa kendaraan diatasnya," tukas Bondix.

Akhirnya sang empunya menemukan 'rasa cukup' dulu untuk upgrading sektor performa. "Khawatir orang rumah bisa marah-marah, karena budget kesedot ke modifikasi," gelak anggota Nissan March Indonesia (March-I) chapter Depok-Pamulang itu.

Selain itu, Andika juga memaparkan, sisanya hanya mengganti perintilan aksesori saja di eksterior dan interior. Salah satunya dengan menggunakan keyless start/stop engine, panel speedometer, audio dan lain-lain.

Oh ya, Nissan March ini biasa dipanggil Pektay. Alasannya karena punya performa lincah di tol walaupun matik, dan masih bisa diajak jalan bareng keluarga ataupun fun run. Mantap Sob, dan semoga modifikasinya semakin moncer!

Car Owners: Andika/Bondix

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan
  • Agus Firman
    Agus Firman
    21/03/2021
    Keerreenn oom Andika... perawatan yg bagus sekali..

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya