• Home>
  • Review>
  • Penjualannya Makin Merosot! Yuk, Kenali tiap Generasi pada Honda Mobilio
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Penjualannya Makin Merosot! Yuk, Kenali tiap Generasi pada Honda Mobilio

Dilihat 4851
EKO
27 Okt 2021, 16:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda mobilio dua generasi

Otoloka.id- Honda Mobilio merupakan mobil keluarga yang mengisi segmen di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Mobil ini memang didesain untuk menampung sebanyak tujuh penumpang, yang ketika tidak diisi dapat digunakan untuk membawa muatan. Disebut sebagai platform Honda Global Small Car.

Honda Mobilio bukan hanya menjadi mobil yang multifungsi saja, tetapi juga didesain untuk efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Selain efisien dalam konsumsi bahan bakar, Honda Mobilio juga punya sistem keselamatan yang mumpuni sebagai mobil keluarga.

Di Indonesia, Honda Mobilio dihadirkan oleh Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek  pada tahun 2014. Saat itu, yang hadir merupakan generasi kedua.

Sebelumnya, Honda Mobilio sudah ada di pasar dalam negeri Jepang yang hadir pada 2001 silam, dan berkarir selama tujuh tahun, lalu digantikan oleh model lain.

Kalau ditotal, saat ini Honda Mobilio baru mencapai dua generasi saja. Dan pada generasi kedua sudah mengalami facelift satu kali.

Penasaran bagaimana bentukan dan spesifikasi Honda Mobilio di tiap generasi? Nih, Otoloka rangkumkan untuk Anda.

Baca juga: Produksi Honda Mobilio per September 2021 0 Unit, Ada Apa?

Honda Mobilio Generasi Pertama

Honda Mobilio pada generasi pertama hadir pada Desember 2001 di Jepang. Saat itu, memang Honda belum memasarkan ke Indonesia, karena memang model ini untuk pasar dalam negeri saja.

Mobilio generasi pertama berkode bodi GB1, dan merupakan model yang berbagi platform dengan Honda Jazz, yaitu Honda Global Small Car. Platform tersebut memang didesain untuk mobil yang multi fungsi.

Pada model generasi pertama ini misalnya, punya kelebihan dalam memanfatkan kabin yang tidak hanya sebagai menampung penumpang saja, tetapi juga untuk membawa muatan yang dibagi dalam lima mode konfigurasi.

Model ini juga sudah menggunakan rangka G-CON (G-Force Control) Honda yang punya tingkat keamanan lebih baik, dan mampu meningkatkan keselamatan dari kecelakaan.

Pada bagian interiornya, Honda Mobilio generasi awal menggunakan bahan resin olefin yang mudah untuk didaur ulang. Hampir 90 persen bagian dari Honda Mobilio generasi pertama dapat didaur ulang.

Mobilio generasi pertama terkenal akan efisiensi bahan bakarnya di kelas mobil tujuh penumpang. mesin 1.5 liter VTEC mobil ini mampu menempuh jarak 17,2 kilometer dalam menghabiskan satu liter bensin.

Selain mesin dengan teknologi V-TEC, honda Mobilio ini juga ditawarkan dengan mesin 1.5 liter berteknologi i-DSI, yang juga dibenamkan pada Honda Jazz generasi pertama.

Selain itu, Honda Mobilio juga mengadopsi transmisi otomatis CVT terbaru yang punya tujuh percepatan, dengan tiga mode berkendara.

Honda Mobilio generasi pertama harus dihentikan produksinya pada tahun 2008, lalu posisinya digantikan oleh Honda Freed.

Baca juga: Bingung? Intip Perbedaan Honda Mobilio dengan HRV 

 

Honda Mobilio Generasi Kedua

Pada generasi kedua Honda Mobilio, tampilannya sudah berbeda dengan generasi sebelumnya. Kalau sekilas, mobilio generasi kedua mirip dengan Honda Brio generasi pertama, apalagi bagian lampu depannya.

Honda Mobilio generasi kedua hadir di Indonesia pada 2014 dengan kode bodi DD4, dan dirakit di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Perakitan Honda Mobilio saat itu berbarengan dengan Honda Freed yang di Jepang sebagai model pengganti Honda Mobilio generasi pertama.

Mobil tersebut juga diekspor ke berbagai negara di Asia, yaitu Thailand, Filipina, dan India. Honda Mobilio tersebut juga diekspor ke Afrika Selatan.

Sebagai mobil keluarga, Honda Mobilio didesain untuk menampung sebanyak tujuh orang. Dengan dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm.

Honda juga menyematkan platform Honda Global Small Car, yang sebelumnya diaplikasikan pada model terdahulu.

Tak heran, kalau mobil ini punya bagasi yang luas, yaitu dapat menampung muatan sebanyak 223 liter.

Honda Mobilio merupakan jajaran model Honda yang dijual dengan harga yang terjangkau, dan hal tersebut juga sejalan dengan konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Menurut beberapa percobaan, dengan satu liter bensin Honda Mobilio dapat berjalan sejauh 28 kilometer.

Baca juga: Honda Buktikan Hasil Pengembangan Teknologi Otonom

Iritnya konsumsi bahan bakar mobil tersebut berkat mesin 1.5L i-VTEC berkode L15Z1, yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm.

Beda dengan generasi terdahulu, di generasi kedua terdapat transmisi manual lima percepatan dan otomatis CVT sebagai pilihan.

Fitur keselamatan yang sebelumnya terdapat di generasi pertama, juga diaplikasikan pada generasi kedua.

Dalam pengembangannya, Honda Mobilio sudah melakukan uji tes tabrak yang dilakukan di Honda Real World Crash Test Facility di Tochigi, Jepang.

Honda Mobilio juga mengadopsi struktur rangka G-CON atau G-Force Control. Rangka ini mampu meredam dan menyalurkan energi yang merata ke seluruh bagian mobil saat terjadi tabrakan.

Plus dengan Advance Compatibility Engineering (ACE) dan Side Impact Beam yang mampu meredam tabrakan dari samping serta dari kendaraan yang ukurannya berbeda.

Pada Honda Mobilio generasi kedua ini, terdapat beberapa varian, diantranya S, E, E Prestige, dan varian RS sebagai tipe tertinggi.

Khusus untuk varian S, karena diplot sebagai varian yang paling dasar, maka pilihan transmisi yang tersedia hanya manual saja.

Untuk varian E transmisi otomatis CVT, sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS, EBD, dan BA.

Pada varian E Prestige terdapat beberapa aksen chrome, bagian audionya juga besutan dari Kenwood. Head unit pada tipe ini sudah layar sentuh, dan terintegrasi dengan kamera belakang.

Honda Mobilio Generasi Kedua Facelift

Pada tahun 2016, Honda Mobilio mengalami penyegaran atau biasa kita sebut facelift. Tampilan yang seperti Brio berubah jadi mirip dengan BR-V generasi pertama.

Selain tampilan, bagian dashboard pada Mobilio ini juga mengadopsi dari model low SUV tujuh penumpang tersebut.

Selain penyegaran tampilan, terdapat beberapa penyegaran fitur terkini, contohnya dengan dibenamkan teknologi Earth Dreams pada transmisi otomatis CVT, yang membuat perpindahan tiap gigi jadi lebih merata.

Sistem keselamatan seperti ABS, EBD, dan BA sudah menjadi paketan standar di setiap varian Honda Mobilio.

Pada Honda Mobilio facelift ini, varian E Prestige dihapus. Dan yang tersisa cuma varia S, E, dan RS saja.

Dua tahun silam, tepatnya pada 2019 terdapat penyegaran lagi. Untuk varian S dan E, sudah dibenamkan head unit dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci sebagai standar.

Sementara keyless entry, lampu kabut dan LED proyektor dengan DRL  menjadi fitur tambahan pada varian E.

Untuk tipe tertinggi, yaitu RS dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci, sistem pendingin udara otomatis.

Fitur bantuan pengemudi Hill Start dan Vehicle Stability Assist juga tersedia di varian tertinggi Honda Mobilio facelift ini. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Angsuran mulai dari:Rp 3,58 Jt/Bln
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,32 Jt/Bln
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya