Otoloka.id - Pentingnya spooring bagi mobil merupakan hal yang wajib diketahui para pemilik mobil. Spooring mobil merupakan salah satu perawatan yang sangat perlu dilakukan secara rutin. 

Pentingnya Spooring Bagi Mobil, Servis Rutin Saja Nggak Cukup!

Bagian kaki-kaki atau bagian roda mobil adalah komponen yang cukup vital. Selain fungsi utamanya sebagai penggerak mobil, bagian kaki-kaki ini juga sebagai penopang beban hampir seluruh komponen penting mobil lainnya.

Spooring biasanya selalu disandingkan dengan balancing, dua perawatan pada bagian kaki mobil ini layaknya dua sejoli yang umumnya selalu dilakukan bersama. Walaupun sering kali berpasangan,tapi dua jenis perawatan ini adalah dua kegiatan yang berbeda. 

Apa Itu Spooring?

Spooring sendiri adalah perawatan mobil yang berupa penyesuaian kembali dudukan roda-roda mobil agar kembali seperti semula atau seperti setelan pabrik. Roda depan kanan dan kiri, juga untuk roda belakang kanan dan kiri semuanya harus selaras dan seimbang.

Baca juga: Perawatan Ban Jangan Sampai Lupakan Keberadaan Ban Serep, Simak Tipsnya!

Proses spooring sendiri meliputi camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius. 

Fungsi spooring adalah menjaga kestabilan kendaraan dengan membuat kemudi menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah kemudi dilepas, lalu mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan roda.

Sedangkan balancing adalah perawatan untuk menyeimbangkan roda dan velg mobil. Dalam pelaksanaannya, balancing biasanya menempelkan timah atau besi tempel pada velg sebagai penyeimbang.

Spooring sendiri sebagai bagian dari perawatan mobil penting dilakukan setiap enam bulan sekali. 

Bisa juga spooring dilakukan dengan melihat jarak tempuh. Setiap 10.000 kilometer sekali spooring sebaiknya dilakukan, karena jalan yang dilalui tak selalu rata tapi mungkin juga melalui jalan-jalan yang terjal. 

Akibat dari berbeda-bedanya jalan yang dilalui itulah yang menjadikan bagian kaki-kaki mobil mengalami pergeseran dan perlunya spooring.  

Secara umum ada beberapa fungsi ban yang perlu juga diketahui sebelum melakukan spooring. 

Fungsi ban secara umum yang pertama adalah sebagai penyangga mobil dengan dibantu tekanan angin mobil adalah sebagai penopang beban muatan yang ada dan dibawa mobil tersebut.

Selain itu, ban bisa memberikan daya dorong dan pengereman. Pada mobil kinerja mesin hasilnya akan disalurkan ke roda agar mobil bisa bergerak maju dan atau mundur. 

Fungsi lainnya adalah membantu kinerja rem agar mobil bisa berhenti dengan sempurna. Ada pula fungsinya sebagai kontrol kendaraan agar bisa melakukan manuver-manuver tertentu di jalan dan bisa berbelok. 

Fungsi yang terakhir adalah meredam getaran saat melaju di jalan yang bergelombang atau yang kurang mulus.

Baca juga: Simak Perbedaan FWD dan RWD Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Hal yang perlu juga diperhatikan adalah pada bagian ban adalah tekanan anginnya. Jika kurang tekanan angin bisa memicu permukaan ban rusak dan permukaan ban bergesekan dengan jalan. 

Jika permukaan ban melebar akan menambah beban mesin dan memakan banyak konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya, jika tekanan angin pada ban keras fungsi peredam akan berkurang dan berpengaruh pada fungsi pengereman akibat dari licin. Mengecek tekanan angin pada ban adalah salah satu usaha untuk memperpanjang umur ban. 

Selain itu fungsi lainnya yang sangat berguna adalah dapat menghemat bahan bakar dan yang paling penting adalah berkurangnya resiko kecelakaan.

Mengecek permukaan ban juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kelayakan ban untuk berkendara. Jika ban mobil sudah botak sebaiknya lakukan penggantian agar keselamatan dan kenyamanan saat mengendarai mobil jadi lebih baik. 

Sebaiknya saat mengganti ban jangan mengganti dengan ban bekas atau ban yang sudah kadaluarsa demi keselamatan. Walaupun sedikit lebih mahal tapi rentang waktu pemakaian juga akan lebih panjang ketimbang mengganti dengan ban bekas yang umurnya juga lebih pendek.

Perawatan pada setiap komponen mobil terutama pada bagian kaki sangat penting untuk dilakukan secara rutin demi menghindari beberapa kerusakan sebagai berikut.

Getaran pada setir

Dampak dari kurangnya perawatan mobil terutama pada bagian kaki-kaki adalah bergetarnya setir. Biasanya hal Ini terjadi karena kurang hati-hatinya saat berkendara saat melewati jalan yang kurang mulus. Atau mungkin juga karena daerah yang sering dilalui pada dasarnya memang kurang baik. 

Dengan seringnya frekuensi laju kendaraan di medan yang berbeda tadi akan menimbulkan pergeseran pada komponen kaki-kaki mobil. 

Jika sudah semakin parah pergeserannya getaran pada setir akan cukup besar dan membuat tidak nyaman berkendara.

Umumnya getaran akan semakin besar jika posisi kendaraan dipacu dengan kecepatan lebih dari 60 kpj pada jalan yang lurus. 

Baca juga: Ban Mobil Cepat Botak, Mungkin Ini Penyebabnya!

Kondisi bisa sangat membahayakan tak hanya bagi sang pengemudi tapi juga kepada para penumpangnya.

Kontrol mobil yang kurang baik

Berhubungan dengan getaran pada setir, kontrol mobil yang kurang baik akibat kurangnya perawatan pasti akan terjadi. Dua hal ini sangat berhubungan sebagai dampak dari kurangnya perawatan spooring. 

Kendali mobil yang kurang baik tak hanya mengurangi kenyamanan berkendara tapi juga sangat membahayakan.

Pencegahan kerusakan pada kaki-kaki mobil

Dengan spooring secara berkala pastinya akan mencegah kerusakan pada kaki-kaki. 

Karena semakin kita mengabaikan perawatan rutin kerusakan yang minor perlahan akan semakin membesar dan dampaknya juga akan semakin dirasakan. 

Kerusakan minor yang sesegera mungkin ditangani tidak akan menguras cukup banyak biaya. 

Sebaliknya jika terus diabaikan dan jadi semakin besar, biaya yang akan dikeluarkan bukan lagi untuk perawatan tapi jadi biaya perbaikan dan pastinya akan sangat menguras kocek.

Ketidaknyamanan dan keamanan berkendara

Spooring dan juga balancing yang rutin dilakukan pastinya akan mencegah mobil menjadi tidak stabil.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika mobil kurang dirawat dengan spooring dan balancing akan membuat mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai karena banyaknya getaran.

Baca juga: Mengenal Fitur Electronic Brake Distribution di Mobil Modern

Baik spooring atau balancing, keduanya penting untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kestabilan, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. 

Lebih penting lagi jika mobil yang dipakai difungsikan sebagai transportasi harian atau sebagai kendaraan komersial.

Selain dari spooring dan balancing, komponen lain dan juga bagian-bagian lain pada mobil perlu diperhatikan dan juga dirawat dengan baik.

Perawatan pada mobil apapun bagiannya juga akan sangat mencerminkan bagaimana pemiliknya, karena dengan merawat kendaraan membuktikan bahwa pemilik adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap apa yang dimilikinya. 

Kebalikannya, pemilik yang kurang bertanggungjawab dengan kendaraannya akan terlihat dari mobil atau kendaraan yang kurang terawat dengan baik.


  • 0
  • Share
Yunita EfendiTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!