• Home>
  • Review>
  • Perbandingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, Mana Yang Lebih Unggul?

Perbandingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, Mana Yang Lebih Unggul?

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
1 Des 2021, 18:17
  • Suka 33

Otoloka.id - Perbandingan antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini merupakan topik yang menarik untuk kita bahas. Memang, kedua mobil yang sama-sama mengisi segmen MPV ini sudah sering dibandingkan, tapi bagaimana dengan generasi baru Avanza dan juga model terbaru Xpander, apakah masih jauh berbeda?

Belum lama ini, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander hadir dengan generasi terbaru mereka. Mobil-mobil ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti yang kita tahu, Toyota Avanza ini memiliki julukan MPV sejuta umat, lantaran sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mobil yang satu ini memang sudah cukup lama berkiprah di Indonesia, tepatnya mulai tahun 2003 silam.

Di sisi lain, Mitsubishi Xpander ini menghadirkan kesan yang sama sekali berbeda dengan Toyota Avanza. Mobil yang satu ini menghadirkan MPV dengan rasa SUV, sehingga baik dari tampilan maupun pengendaraannya, terasa lebih sporty dibandingkan pesaingnya tersebut.

Baca juga: Mengulas Keunggulan New Xpander dan New Xpander Cross, Apa Saja Daya Tariknya?



Dari perbandingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander kali ini, kita akan lihat mobil mana yang kira-kira lebih unggul. Yuk, langsung kita simak informasinya berikut ini.

Perbandingan Harga Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Mari kita mulai dengan melakukan perbandingan harga Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. 

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Avanza.

VARIAN

HARGA

All New Toyota Avanza 1.3 E MT

Rp 206.200.000

All New Toyota Avanza 1.5 G MT

Rp 288.500.000

All New Toyota Avanza 1.5 G CVT

Rp 241.400.000

All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Rp 264.400.000

Sedangkan berikut ini adalah daftar harga Mitsubishi Xpander.

VARIAN

HARGA

Mitsubishi New Xpander GLS MT

Rp 249.930.000

Mitsubishi New Xpander GLS CVT

Rp 259.570.000

Mitsubishi New Xpander Exceed MT

Rp 263.850.000

Mitsubishi New Xpander Exceed CVT

Rp 272.800.000

Mitsubishi New Xpander Sport MT

Rp 284.070.000

Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Rp 297.370.000

Mitsubishi New Xpander Ultimate CVT

Rp 299.770.000

Melihat dari tabel-tabel di atas, bisa kita lihat bahwa Mitsubishi Xpander memang tersedia dalam varian yang lebih banyak dibandingkan dengan Toyota Avanza. Tetapi jika bicara soal harga, secara keseluruhan, harga Toyota Avanza memang lebih murah dibanding Mitsubishi Xpander.

Baca juga : Xpander Terbaru Gunakan Transmisi CVT, Mampukah Bersaing Lawan Avanza?

Toyota Avanza dibanderol dengan kisaran harga Rp206,2 jutaan hingga Rp264,4 jutaan. Sementara itu, banderol harga Mitsubishi Xpander berada pada kisaran Rp249,93 jutaan hingga Rp299,77 jutaan.

Perbandingan Mesin Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Sekarang kita masuk ke perbandingan mesin Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Agar setara, perbandingan akan kita lakukan pada mesin dengan kapasitas 1.5 liter dari kedua model mobil tersebut.

Toyota Avanza mengandalkan mesin 2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i. Mesin ini memiliki kapasitas 1.496 cc.

Mesin yang digendong Toyota Avanza ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan CVT. Di atas kertas, mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Sementara itu, Mitsubishi Xpander mengandalkan mesin 4A91 MIVEC 4 silinder DOHC 16-Valve. Mesin ini memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar, yakni 1.499 cc.

Soal transmisinya, mesin ini juga dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan pun hampir sama dengan Toyota Avanza, yaitu 103 HP pada putaran 6.000 rpm.

Baca juga: Review Toyota Avanza, Apa Yang Baru Dari MPV Sejuta Umat Ini?

Kendati demikian, keluaran torsi yang dimiliki Mitsubishi Xpander ini ternyata jauh lebih besar. Mesin mobil ini bisa menghasilkan torsi sebesar 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN AVANZA

SPESIFIKASI MESIN XPANDER

Mesin

2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

4A91 MIVEC 4 silinder DOHC 16-Valve

Kapasitas

1.5 L (1.496 cc)

1.5 L (1.499 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan / CVT / CVT with TSS

Manual 5 Percepatan / CVT

Tenaga

104 HP @ 6.000 rpm

103 HP @ 6.000 rpm

Torsi

137 Nm @ 4.200 rpm

141 Nm @ 4.000 rpm

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem Pembakaran

Electronic Fuel Injection

Exhaust Gas Recirculation

Perbandingan Fitur Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Selanjutnya kita akan membandingkan fitur yang dimiliki Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Kedua mobil ini diketahui telah memiliki beragam fitur teranyar untuk generasi terbarunya.

Toyota Avanza dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense pada varian tertingginya. Fitur yang satu ini merupakan fitur yang paling mutakhir dari Toyota.

Toyota Safety Sense terdiri atas fitur Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan T-Intouch.

Sementara itu, pada Mitsubishi Xpander belum ada rangkaian fitur seperti Toyota Safety Sense. Kendati demikian, pada mobil ini pun bisa kita temukan adanya beberapa fitur baru.

Beberapa fitur baru yang disematkan pada Mitsubishi Xpander antara lain Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Cruise Control, hingga Speed Sensing Door Lock dan Auto Stop & Go.

Baca juga: Bingung Pilih All New Avanza atau All New Veloz? Ini 7 Perbedaannya!

Kesimpulan Perbandingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Setelah melakukan perbandingan terhadap Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander dari berbagai aspek, kedua mobil ini memang unggul pada aspek yang berbeda.

Dari segi varian, Mitsubishi Xpander memang unggul karena menghadirkan lebih banyak varian yang bisa dipilih oleh para konsumennya. 

Sedangkan Toyota Avanza unggul dari segi harga karena dibanderol dengan kisaran harga yang lebih terjangkau dibanding pesaingnya tersebut.

Dari segi mesin, Toyota Avanza sedikit lebih unggul soal tenaga. Tetapi soal keluaran torsi, Mitsubishi Xpander jelas lebih unggul karena memiliki torsi yang lebih besar dan dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah.

Kemudian, pada bagian fitur, Mitsubishi Xpander harus kalah dengan Toyota Avanza. Kendati dibekali dengan beberapa fitur baru, Xpander belum memiliki fitur secanggih Toyota Safety Sense.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan