• Home>
  • Review>
  • Perbandingan Toyota Calya vs. Suzuki Ertiga, Termurah tapi Beda Kasta
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Perbandingan Toyota Calya vs. Suzuki Ertiga, Termurah tapi Beda Kasta

Dilihat 4110
Arief Yuno
4 Feb 2021, 16:59
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

toyota calya otoloka

Otoloka.id - Toyota Calya dan Suzuki Ertiga di segmen low MPV 7 penumpang rupanya menarik juga untuk dibuat perbandingan. Meskipun secara kasta sebenarnya kurang apple to apple karena beberapa varian Calya menghuni segmen MPV LCGC sedangkan Suzuki Ertiga punya kapasitas mesin lebih besar juga; lebih cocok dilawan oleh Toyota Avanza.

Namun, ada perspektif lain yang membuat Toyota Calya dan Suzuki Ertiga layak diperdebatkan di antara keduanya. Alasannya yaitu keduanya merupakan MPV termurah dari masing-masing pabrikan.

Keduanya pun bertarung dan sukses menjadi mobil dengan peminatan terbanyak. Sekilas mengenai Toyota Calya, mobil 7 penumpang ini eksis dengan status sebagai 'kembaran' Daihatsu Sigra karena saling berbagi platform yang sama.

suzuki ertiga otoloka

Overview Toyota Calya dan Suzuki Ertiga 

Toyota Calya dan saudaranya itu pertama kali muncul pada 2013 dan disiapkan untuk mengisi pasar segmen MPV Low Cost Green Car (LCGC). Sampai sekarang, Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra masih menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia yang mencari mobil pertama.
Lain halnya dengan Suzuki Ertiga yang dibangun menggunakan platform HEARTECT. Platform ini diketahui juga telah diguakan oleh beberapa model Suzuki lainnya, salah satunya ialah Baleno Hatchback.

Kualitas Suzuki Ertiga di segmen low MPV 7 penumpang pun rasanya tidak perlu diragukan. Mobil ini bisa dibilang menjadi 'hidden gem' di deretan MPV bermesin 1.5 liter lainnya seperti Avanza, Xpander, Mobilio, hingga Livina. Tanpa panjang lebar, berikut ini akan kami ulas perbandingan Toyota Calya dan Suzuki Ertiga.

Eksterior Toyota Calya dan Suzuki Ertiga

Toyota Calya yang secara estetis mirip Daihatsu Sigra. Bahkan menariknya, penjualan Sigra lebih unggul dibandingkan Calya karena banyak yang menilai kalau tampang Sigra lebih sporty dan tangguh.

depan calya

Namun tetap saja kesan sebuah mobil murah tidak bisa terlepas begitu saja, apalagi dengan adanya logo Calya berlambang Burung Garuda yang masih kalah prestise dibandingkan logo Toyota itu sendiri.

Toyota Calya punya ukuran dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, dan wheelbase 2.525 mm. 

belakang calya

Beralih ke desain eksterior Suzuki Ertiga yang jelas lebih tinggi kelasnya. Sejak generasi anyarnya muncul pada 2018, Ertiga berubah cukup mayor, termasuk bagian mukanya.

depan ertiga

Hal yang patut diapresiasi tinggi adalah padu padan lampu utama dengan grilnya yang sukses mempercantik tampilan mobil. Bahkan beberapa pihak pasti setuju kalau Suzuki Ertiga kini mirip-mirip Toyota Kijang Innova Reborn dan BMW F30.

belakang ertiga

Ketambahan lagi, garis lekuk pada kap mesin menambah kesan kuat dan tangguh.
Namun menariknya, pencahayaan Toyota Calya telah menggunakan LED sedangkan Suzuki Ertiga hingga kini masih halogen.

Interior Toyota Calya dan Suzuki Ertiga

interior calya

Soal interior keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan mulai dari bahan material yang dipakai hingga fitur yang tersemat. Toyota Calya didominasi material plastik tipis khas mobil murah di bawah Rp 200 juta.

Selain itu karakter mobil murah terasa juga pada spesifikasi jok di setiap barisnya. Busa jok terasa tipis namun tetap nyaman untuk perjalanan dalam kota, sedangkan untuk perjalanan jauh lama-kelamaan terasa kurang nyaman.

Selain itu, masih di joknya, head rest Toyota Calya masih menyatu dengan sandaran punggung sehingga fungsinya jadi kurang optimal. Di bagian head unit, Toyota Calya sudah menggunakan layar sentuh yang memiliki fitur port USB, DVD, Aux in, bluetooth, music player, serta tombol pengatur AC bermodel knob.

interior ertiga

Beralih ke interior Suzuki Ertiga yang jelas terasa bedanya. Nuansa kelas menengah langsung terasa dan lebih nyaman di seluruh baris penumpangnya. Penilaian beralih ke layout dasbor yang terlihat mengesankan karena tampil bertingkat sehingga tampak lebih mewah.

fitur ertiga

Meski masih ditemukan material plastik tipis di beberapa bagian namun itu sama sekali tidak menurunkan kualitas keseluruhan. Two thumbs up! Di lingkar setir, setelah mendapat facelift lingkar kemudi dianugerahi bentuk flat bottom. Ini jelas menambah poin positif karena menjadi satu-satunya di kelas LMPV.

Meski sudah mendapat kesan sangat positif atas keseluruhan tampilan interiornya, Suzuki Ertiga justru memiliki head unit sederhana. Bukan hanya fiturnya saja yang terbatas, tampilannya pun kurang patut diapresiasi lantaran seperti handphone jadul.

Selain itu, knob pengaturan AC Suzuki Ertiga juga masih model putar seperti kompor gas. Ini berbanding terbalik dengan Toyota Calya yang justru sudah move on dari sistem putar tersebut.

Mesin Toyota Calya dan Suzuki Ertiga

Toyota Calya terbaru masih dibekali mesin yang sama dengan Calya lama. Kendati demikian, mesin ini sudah terbukti menjadi mesin yang tangguh dan andal. Toyota Calya menggunakan mesin berkapasitas 1,2 liter DOHC 3NR, 4 silinder dengan teknologi Dual VVT-i.

mesin calya

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga mencapai 86,7 Hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 107,8 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Sedangkan Suzuki Ertiga dibekali mesin K15B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT yang sangat populer lantaran bukan cuma bertenaga namun juga sangat irit.

Jika dibandingkan dengan Toyota Calya, jelas milik Suzuki Ertiga lebih unggul. Bicara soal teknis, mesin K15B ini sudah dirancang overstroke guna memberikan keuntungan pada semburan kuat sejak putaran rendah.

mesin ertiga

Mesin ini bukan yang sempurna, berbagai kelemahannya bisa dikurangi berkat kinerja yang sangat baik dari transmisi otomatisnya. Perpindahan gigi tergolong sangat halus dan mampu menghantarkan tenaga dengan sangat baik. Alhasil, akselerasi pun menjadi lebih optimal dan kencang.

Harga Toyota Calya dan Suzuki Ertiga

Bicara soal harga, Toyota Calya yang punya spesifikasi mesin lebih kecil dari pada Suzuki Ertiga tentu punya banderol lebih terjangkau. Toyota Calya ditawarkan dalam empat tipe berbeda yang dijual mulai dari harga Rp 145 jutaan untuk tipe terbawah hingga Rp 166 jutaan pada tipe tertinggi.
Suzuki Ertiga sendiri dibanderol dengan harga Rp 210,5 - Rp 254,5 jutaan.

Daftar Harga Toyota Calya

Tipe Toyota Calya Harga
- Toyota New calya New E Std M/T Rp 145.390.000
- Toyota New calya E M/T Rp 148.190.000
- Toyota New calya G M/T Rp 154.490.000
- Toyota New calya G A/T Rp 166.690.000

Daftar Harga Suzuki Ertiga

Tipe Suzuki Ertiga Harga
- GA - MT Rp210.500.000
- GL - MT Rp230.000.000
- GL - AT Rp240.500.000
- GX - MT Rp244.000.000
- GX - AT Rp254.500.000

Kesimpulan

Kesimpulan dari perbandingan Toyota Calya dan Suzuki Ertiga sepertinya mudah dirangkum.
Dari segi desain eksterior, Suzuki Ertiga jelas lebih unggul. Faktor pencahayaan yang masih menggunakan halogen pada lampu utama tidak terlalu berpengaruh besar atas penilaian secara keseluruhan.

Bagi Anda yang mementingkan desain dan kualitas struktur bangun sebuah mobil, Suzuki Ertiga bisa menjadi pilihan terdepan.

Masuk ke bagian dalam, interior Toyota Calya memang terlihat murahan namun sangat layak untuk ukuran mobil pertama keluarga baru.

Kalau interior Suzuki Ertiga memang unggul dari segi desain dan material, layak serta nyaman untuk perjalanan jauh sekalipun tapi kualitas head unit agak sulit ditolerir.

Untungnya, soal performa mesin dan konsumsi BBM Suzuki Ertiga yang sangat irit mampu menyihir masyarakat Indonesia untuk menginginkannya.

Soal handling, Suzuki Ertiga bahkan bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya, satu kelas lebih tinggi

dari pada Toyota Calya.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya