• Home>
  • Review>
  • Perbandingan Toyota Sienta dengan Honda Mobilio, Pilihan MPV Modern
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Perbandingan Toyota Sienta dengan Honda Mobilio, Pilihan MPV Modern

Dilihat 2574
Arief Yuno
4 Feb 2021, 12:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota sienta otolokaOtoloka.id - Membandingkan antara Toyota Sienta dengan Honda Mobilio sebenarnya susah-susah gampang. Sebab sebagian besar orang mengelompokkan Toyota Sienta ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah, sedangkan Honda Mobilio tergolong MPV kompak kategori Low Cost Green Car (LCGC).

Kalau mau mengutip sedikit dari kalimat Bahasa Ambon, yaitu ‘Seng Ada Lawan’! Yang berarti Tak Ada Lawan! Tetapi, tak ada ruginya mengetahui sedikit banyaknya perihal Toyota Sienta dan Honda Mobilio. Menyesuaikan dengan kapasitas isi dompet tentunya.

honda mobilio otoloka

Sejarah Toyota Sienta dengan Honda Mobilio

Awal perkenalan, Honda Mobilio langsung mampu menarik perhatian. Saat itu kontribusi penjualannya, dari semua line up PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku produsennya di Indonesia, lumayan signifikan. Stylish, dikombinasi kapasitas penumpang berjumlah banyak, tampil sebagai sebuah nilai jual.

honda mobilio sejarah

Tahun 2017, dan 21 Februari 2019, HPM sempat melakukan facelift Mobilio. Peremajaannya kebanyakan terpusat pada sisi interior dan eksterior. Selain di Indonesia, Mobilio yang juga merupakan MPV level C dirakit pula oleh Honda India dan Thailand.

Pertama kali Toyota Sienta diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Jakarta, 7 April 2016. Mobil di diklaim secara fisik punya banyak keunggulan, dan akan melengkapi line up TAM. Dimana TAM memposisikan Toyota Sienta duduk di antara Kijang Innova dan Grand New Avanza.

sejarah toyota sienta

Belum lagi keunggulan dari sisi purna jual. Sienta menjadi dagangan dari pabrikan Toyota yang notabene sebagai raksasa otomotif Jepang. Jangkauan diler dan bengkel resminya di Indonesia lebih luas dibanding para pesaing.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu, yang membuat aneka produk Toyota lebih gampang dipasarkan. Seolah apapun yang dipasarkan Toyota, hasilnya pasti laku keras, mengeliminir rival-rivalnya.

Dimensi Toyota Sienta dengan Honda Mobilio

Secara varian, Honda Mobilio memiliki beberapa pilihan varian. Antara lain tipe S 1.5 M/T, E 1.5 CVT, E 1.5 M/T, RS 1.5 M/T, RS 1.5 CVT dan Mobilio Prestige 1.5 CVT. Dimensi Honda Mobilio (P x L x T) mencapai 4.386mm × 1.683mm × 1.603mm, dengan ground clearance 189 mm.

eksterior honda mobilio

Sedangkan varian Toyota Sienta terdiri dari tipe G CVT (black trim), dan 1.5 G M/T (black trim). Lalu Sienta tipe 1.5 V M/T (fromage trim), dan 1.5 V M/T (black trim). Selanjutnya tipe 1.5 V CVT (fromage trim), dan 1.5 V CVT (black trim). Juga varian 1.5 Q CVT (fromage trim), serta 1.5 Q CVT (black trim). Toyota Sienta berdimensi (P x L x T) 4.235 mm x 1.695 mm x 1.675 mm, dengan ground clearance 133 mm.

dimensi toyota sienta

Melihat dari perbandingan tersebut sudah bisa ditentukan, kalau Sienta lebih lebar dan tinggi. Tetapi dimensi Mobilio lebih panjang, dan ground clearance nya lebih tinggi dibanding Sienta.

Eksterior Toyota Sienta dengan Honda Mobilio

Coba untuk melirik eksteriornya, kelihatan Honda Mobilio berusaha tampil mengikuti perkembangan zaman. Penampakan lampu depan nan lebar, membuatnya menghadirkan kesan tersendiri. Pada desain lampu belakang, terbawa aura dinamis, dengan adanya dual solid motion serta paduan garis bodi. Kesan sporty juga mengekor pada tambahan glassy cabin Mobilio.

depan honda mobilio

Sepertinya HPM mau memperkenalkan mobil ini sebagai family car dengan desain sporty. Pada sistem pencahayaan menghadirkan headlamp berteknologi LED Light Guide. Menjadikan pengendara Mobilio akan lebih aman dan nyaman, terutama saat berkendara di malam hari.

belakang honda mobilio

Kap mesin dibuat lebih panjang, ciptakan kesan elegan dan sporty. Bagian belakang tersedia Rear License Garnish, di antara kedua stoplamp, pada dudukan plat nomor. Velg Mobilio Alloy Wheel 15 inci, berbalut Dunlop Enasave 185/65 R15.

depan toyota sienta

Menyikapi desain eksterior Toyota Sienta, tampak diperkuat garis tajam pada postur tubuh, mewujudkan kesan bagian depan lebih elegan. Sienta menerapkan desain bagian depan yang melandai, dengan kombinasi garis - garis menyerupai wajah ikan lele.

Perwajahan lumayan ‘nyeni’, karena diperkuat Grille Trapesium berpadu headlamp dan lekukan tubuh sedikit membulat. Tampang belakang Sienta dianggap sebagian orang juga sedap dipandang mata.

belakang toyota sienta

Lampu belakang menggunakan teknologi LED, dan dibuat melebar bahkan sampai ke zona pintu. Desain tersebut mau tak mau memberi predikat Sienta tampil lebih berani. Kelihatan dari sisi ini kalau Toyota mencoba keluar dari area mainstream nan sederhana.

Interior Toyota Sienta dengan Honda Mobilio

Honda Mobilio menyajikan interior yang terkesan elegan dan mewah, dimana ruang kabinnya memiliki beberapa fitur yang canggih. Disamping itu ditawarkan pula kabin lapang, dan pengendaraan nyaman MPV kompak untuk berkendara di perkotaan.

interior honda mobilio

Bagian dashboard Mobilio tersemat fitur audio visual interaktif New Advanced 6.8 inch A/V System berlayar sentuh, plus 6 (enam) speaker premium. Desain Auto AIC baru dan New Meter Cluster. Ruang kabin terdiri dari banyak warna hitam, berbalut paduan warna jingga yang sporty pada jahitannya.

bagasi honda mobilio

Terdapat koneksi USB dan pengecasan cepat 1.5A, memudahkan para pengguna Mobilio melakukan pengisian ulang baterai ponsel. Kursi bagian depan Semi-bucket Ergonomis, menjaga posisi tubuh pengemudi.

Jok baris pertama membawa konsep desain kursi menyatu dengan headrest, sebagai ciri khas Mobilio. Ukuran jok lebar, memiliki bagasi kapasitas besar layaknya mobil sport.

Honda Mobilio juga menghadirkan sejumlah fitur keamanan dan kenyamanan, seperti Alarm System, Sabuk Keselamatan Depan, Sabuk keselamatan belakang, Dual Front Air SRS Bags, Pedestrian Protection, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, dan Immobilizer.

Teknologi pada sistem pengereman Mobilio memboyong Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Struktur sasis Monokok segmen A, dan teknologi sasis keamanan G-CON + ACE dengan Side Impact Beam.

interior toyota sienta

Dashboard Toyota Sienta ciptakan kesan modern dan dinamis. Kursi baris kedua Toyota Sienta terasa datar saja. Tetapi dari sisi daya tampung, kursi kabin kedua dari Toyota Sienta yang datar - datar saja itu malah mampu menampung 3 (tiga) penumpang.

kabin toyota sienta

Melongok kabin baris ketiga, baik Sienta maupun Mobilio idealnya diisi dua penumpang. Untuk masuk ke baris ketiga Toyota Sienta, aksesnya mirip Toyota Avanza. Dengan melipat kursi baris kedua, hingga terangkat penuh. Tinggal tarik satu tuas, memudahkan sekaligus bikin senang penumpang.

baris toyota sienta

Menariknya lagi, pelipatan kursi baris ketiga Sienta menempatkan sepenuhnya, di bawah kursi baris kedua. Jadi ketika pemilik perlu bagasi luas, ruang baris ketiga benar - benar terbuka.
Sienta dibekali kepraktisan cup holder di sisi kiri dan kanan dashboard, di setiap doortrim, kabin baris ke tiga, serta satu cup holder ekstra di konsol tengah. 

kapasitas toyota sienta

Ruang penyimpanan Toyota Sienta lumayan banyak. Tersedia dua Globe Box dan satu ruang penyimpanan terbuka. Globe Box bagian atas dilengkapi exhaust AC, supaya minuman yang tersimpan tetap dingin.

Satu ruang di depan tuas transmisi bisa dijadikan tempat meletakkan gadget maupun barang kecil lain. Telah tersedia pula laci penyimpanan, di sebelah bawah kursi depan samping pengemudi.

Mesin Toyota Sienta dengan Honda Mobilio

Sebetulnya Honda Mobilio miliki dua pilihan mesin; diesel dan bensin. Tetapi yang diboyong ke Indonesia cuma Mobilio mesin bensin L15Z1 1.5L, dengan 4-silinder segaris berteknologi i-VTEC.
Topangan mesin PGM-FI Mobilio berkapasitas 1496 cc dengan 16 katup i-VTEC Drive By Wire (DBW). Maka model ini bisa menyiramkan tenaga maksimum 116,5 hp (118 Ps) @ 6.600 rpm, serta torsi hingga 145 Nm (14,8 kg.m) @ 5.500 rpm.

mesin honda mobilio

Mesin Toyota Sienta yaitu 2NR-FE Series Dual VVT-i. Dipadu transmisi CVT kapasitas 1.500 cc. Sanggup gelontorkan tenaga sebesar 105 Hp @ 6.000 Rpm dan torsi maksimum 140 Nm @ 4.200 Rpm.

mesin toyota sienta

Kesimpulan

Terkait harga on the road (OTR) DKI Jakarta, Honda Mobilio tipe S 1.5 M/T dipasarkan Rp203.400.000. Tipe E 1.5 M/T harganya Rp224.400.000, Mobilio tipe E 1.5 CVT dibanderol Rp235.800.000. Honda Mobilio RS 1.5 M/T dijual Rp248.200.000, dan Mobilio tipe RS 1.5 CVT dipasarkan dengan harga Rp259.000.000.

Toyota Sienta 1.5 G M/T (black trim) dipatok harga OTR DKI Jakarta Rp259.750.000, tipe G CVT (black trim) Rp277.750.000. Lalu Sienta tipe 1.5 V M/T (black trim) Rp274.750.000, dan 1.5 V M/T (fromage trim) dipasarkan dengan harga Rp274.750.000. Sienta tipe 1.5 V CVT (black trim) dijual Rp292.750.000, varian 1.5 V CVT (fromage trim) Rp292.750.000, tipe 1.5 Q CVT (black trim) Rp313.550.000, dan tipe 1.5 Q CVT (fromage trim) dibanderol Rp313.550.000.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya