OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Perbandingan Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas, Pilih Mana?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Perbandingan Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas, Pilih Mana?

Dilihat 2657
Guntur Hanggara
26 Jul 2020, 22:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sebelum membahas perbandingan ini, topik ini diambil dari beberapa forum yang meminta perbandingan antara keduanya. Memang, keduanya sebenarnya di segmen pasar yang berbeda. Toyota Yaris sebagai hatchback, sedangkan Suzuki SX4 X-Over sebagai crossover.

Menurut Otoloka, kedua mobil ini masih layak dibandingkan mengingat kisaran harga yang hampir sama digunakan dan kapasitas mesin yang sama. Meskipun dimensi keduanya berbeda, tujuan penggunaannya masih sama, yaitu untuk transportasi sehari-hari di dalam kota.


Eksterior Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas

Desain eksterior adalah selera setiap orang dan kecenderungan relatif setiap orang. Secara umum, Toyota Yaris memiliki desain eksterior yang sederhana, bulat, dan sedikit terkesan feminin (walaupun bisa sporty dengan sedikit sentuhan).

Di sisi lain, Suzuki SX4 X-Over dirancang oleh Italdesign yang tentunya memiliki aroma Eropa. Desainnya cukup manis dan tahan lama dengan aura SUV karena identitasnya sebagai crossover.

Untuk dimensi, kebanyakan orang menilai ukuran Yaris dan SX4 sama. Namun, jika kita mendekatkan kedua mobil ini, sangat jelas bahwa Suzuki SX4 X-Over jauh lebih besar. Toyota Yaris generasi pertama ini hanya berukuran 3750 x 1695 x 1530, sedangkan Suzuki SX4 X-Over berukuran 4135 x 1755 x 1605, yang berarti lebih panjang, lebih luas, dan lebih tinggi. Wheelbase Suzuki SX4 X-Over juga 40 mm lebih panjang dari Toyota Yaris.

Toyota Yaris hanya dilengkapi dengan velg berdiameter 15 inci dengan ban berukuran 185/60 R15, sedangkan Suzuki SX4 X-Over dilengkapi dengan velg berdiameter 16 inci dengan ban berukuran 205/60 R16. Ground clearance Toyota Yaris setinggi 140 mm sangat datar dibandingkan dengan Suzuki SX4 X-Over yang mencapai 175 mm. Ini wajar mengingat SX4 adalah crossover.


Interior dan Fitur Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas

Baik Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over memiliki interior dengan dominasi warna hitam. Cluster instrumen Toyota Yaris berada di tengah dashboard, sedangkan Suzuki SX4 X-Over terletak di sisi depan pengemudi seperti mobil pada umumnya. Toyota Yaris tidak dilengkapi dengan MID, sedangkan Suzuki SX4 X-Over dilengkapi dengan MID di tengah dashboard. Untuk keamanan, mereka setara dengan airbag ganda, ABS dan EBD.

Untuk audio standar, keduanya masih mengandalkan Head Unit yang tidak dilengkapi layar sentuh. Namun, Suzuki SX4 X-Over memiliki kualitas audio yang luar biasa yang didistribusikan ke 4 speaker dan 4 tweeter. Kualitas audio standar Suzuki SX4 X-Over adalah yang terbaik di kelasnya. Pengurangan kabin Suzuki SX4 X-Over juga jauh lebih tahan terhadap Toyota Yaris.

Meskipun Suzuki SX4 X-Over memiliki dimensi yang lebih besar, kap mesin yang panjang membuat ruang kabin kedua mobil hampir sama di baris depan dan belakang. Namun, busa jok Toyota Yaris terasa sedikit lebih lembut bila dibandingkan dengan Suzuki SX4 X-Over.

Toyota Yaris lebih unggul dalam hal penyimpanan kecil yang besar, mulai dari ventilasi AC, hingga laci di samping dashboard pengemudi. Sementara Suzuki SX4 X-Over unggul dalam kapasitas bagasi yang lebih besar.


Kinerja Mesin dan Kenyamanan Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas

Kedua mobil ini mengusung mesin 1.500 cc 4 silinder inline 16 valve, Toyota Yaris dengan 1NZ-FE VVT-i DOHC, dan Suzuki SX4 X-Over dengan M15A VVT DOHC. Di atas kertas, Toyota Yaris mampu menghasilkan tenaga maksimum 107 HP dan torsi puncak 142 Nm, sedangkan Suzuki SX4 X-Over hanya mampu menelurkan tenaga maksimum 100 HP dan torsi puncak 133 Nm.

Selain itu, Toyota Yaris hanya memiliki berat 1055 kg, sedangkan Suzuki SX4 X-Over memiliki berat 1.210 kg, selisihnya hampir 0,2 ton. Tidak mengherankan, kinerja Toyota Yaris lebih baik daripada Suzuki SX4 X-Over lebih baik mengingat rasio power-to-weight lebih besar. Untuk akselerasi awal, Toyota Yaris menang telak. Meski begitu, transmisi manual Suzuki SX4 X-Over cukup ganas di lap top, meski peningkatan kecepatannya cukup panjang.

Namun, sayangnya mengendalikan Toyota Yaris cukup buruk pada kecepatan tinggi. Gejala bodyroll dirasakan saat menikung dan bermanuver. Walaupun Suzuki SX4 X-Over memiliki ground clearance yang tinggi, karakter suspensi yang kaku membuatnya lebih stabil dan bodyroll minimal. Ditambah dengan bobot yang mantap dan tapak ban lebar, Suzuki SX4 X-Over lebih stabil saat dikendarai pada kecepatan tinggi.

Untuk urusan kenyamanan, Toyota Yaris bisa dikatakan paling nyaman di kelasnya. Membanting suspensi terasa lembut. Melewati lubang kecil bukanlah masalah bagi hatchback ini. Namun, membanting suspensi terasa terlalu lunak ketika melewati jalan bergelombang sehingga kenyamanan berkurang secara signifikan. Suzuki SX4 X-Over terasa lebih kokoh untuk jalanan bergelombang.

Masalah yang Sering Dikeluhkan Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas

Untuk harga baru pada 2007/2008 yang kurang dari 200 juta, tidak banyak yang diharapkan dari material interior. Bahan plastik keras yang murah terasa di keduanya. Tidak heran, jika sudah tua, suara gemerisik di dasbor banyak terdengar.

Di Toyota Yaris, ada sejumlah keluhan tentang baterai remote yang habis terutama di varian S Limited yang menggunakan keyless entry. Baterai cepat yang juga cepat dikeluhkan beberapa kali. Keluhan yang paling biasanya adalah di sekitar redaman kabin yang membuat suara dari luar masuk ke kabin, terutama suara dari ban. Ground clearance yang rendah juga banyak keluhan tentang gasruk ketika melewati gundukan cepat.

Sedangkan di Suzuki SX4 X-Over, sebagian besar keluhan adalah masalah dengan racksteer yang terdengar. Sebenarnya semua sistem EPS mengalami hal yang sama, hanya saja Suzuki SX4 X-Over dan Suzuki Swift terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Keluhan lain adalah titik buta pada pilar A dan akselerasi awal anak itu. Ada juga beberapa keluhan tentang kematian motor kipas radiator dan bahkan ada yang meleleh. Ini karena terletak dekat dengan manifold buang.

Perbandingan Harga Toyota Yaris dan Suzuki SX4 X-Over Bekas

Dengan anggaran 100 juta, itu sudah cukup untuk membawa pulang Toyota Yaris Bakpao bekas atau Suzuki SX4 X-Over bekas. Harga Toyota Yaris bekas sedikit lebih mahal untuk tahun yang sama. Untuk varian tertinggi Anda mungkin bisa menghadirkan Toyota Yaris S-Limited pada 2006/2007 atau Suzuki SX4 X-Over A / T 2008/2009 dengan dana 100 juta.

Jujur, jika Anda tidak memiliki masalah dengan sedan, mungkin Toyota Vios 2007-2009 adalah alternatif yang layak. Dengan platform, mesin, dan transmisi yang sama dengan Toyota Yaris, Anda mendapatkan unit yang lebih muda dan fitur tambahan yang lebih lengkap daripada Toyota Yaris, misalnya Kontrol Audio Roda Kemudi dan Rem Cakram di roda belakang. Yaitu, jika Anda tidak keberatan dengan citra taksi.

Selain itu, Toyota Vios juga sedikit lebih ekonomis dari pada Toyota Yaris (tidak terlalu signifikan). Ini karena bobot Toyota Vios yang ternyata sedikit lebih ringan dari Toyota Yaris dan ada sedikit perbedaan dalam rasio gigi akhir.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya