• Home>
  • Review>
  • Perjalanan Sejarah Suzuki Karimun di Indonesia, City Car Legendaris
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Perjalanan Sejarah Suzuki Karimun di Indonesia, City Car Legendaris

Dilihat 4081
Iman Firman
23 Mar 2021, 23:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sejarah Suzuki Karimun cukup panjang di Indonesia hingga saat ini. Bisa dikatakan kalau Karimun merupakan cikal bakal city car di Indonesia juga.

Kiprah Karimun di Tanah Air terbilang sangat panjang dan bersejarah. Dari generasi ke generasi, paling populer ialah Karimun generasi pertama atau yang akrab disebut Karimun 'kotak'.

Mengacu pada pasar di Indonesia hingga saat ini, Suzuki Karimun generasi pertama yang sudah memasuki usia 20 tahunan saja, saat ini masih banyak diburu konsumen. Harganya pun terbilang cukup bertahan baik.

Mengacu pada sentra dan situs jual-beli mobil di Indonesia, harga Suzuki Karimun cenderung cukup stabil. Sebelum memutuskan untuk membeli Suzuki Karimun, alangkah baiknya Anda mengetahui lebih dulu sejarah Suzuki Karimun di Indonesia.

Sejarah Suzuki Karimun Gen 1 (1998-2006)

Perjalanan sejarah Suzuki Karimun di Indonesia dimulai pada tahun 1998. Mobil yang dikenal dengan nama “Karimun Kotak” itu berstatus completely built up (CBU) dari Jepang.

Waktu itu, Indomobil Group merilis Suzuki Karimun CBU secara diam-diam di Indonesia. Hampir satu tahun berselang, tepatnya pada 9 September 1999, Suzuki Karimun hasil rakitan pabrik di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, resmi meluncur di Indonesia.

Sedikit menilik ke belakang, Suzuki Karimun yang kini dirakit secara lokal atau completely knocked down (CKD). Penamaan produk ini ternyata ada artinya tersendiri.

Kata Karimun itu berasal dari “Carry to the Moon”. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya “bawa ke bulan”.

Penamaan Karimun sendiri diperuntukan untuk pasar Indonesia saja. Pasalnya kalau di Jepang, produk ini dikenal sebagai Suzuki Wagon R generasi pertama (CT).

Bersamaan dengan Karimun gen 1 mengaspal di Indonesia, Suzuki Wagon R generasi kedua (MC) juga resmi dipasarkan di Jepang. Dengan kata lain, Karimun yang dijual di pasar domestik sebenarnya sudah tertinggal satu generasi.

Kenyataannya, kehadiran Suzuki Karimun ternyata mendapatkan respons positif dari masyarakat di Indonesia. Untuk generasi pertama ini, bisa dibilang mampu melampaui penerusnya, yakni Karimun Estilo dan Karimun Wagon R.

Maka tak heran, model generasi pertama disebut pengukir sejarah Suzuki Karimun yang paling legendaris. Status ini sejalan dengan ketangguhan yang ditawarkannya, mobil ini dikenal memiliki mesin bandel yang hemat bahan bakar serta menyuguhkan ruang kabin yang lapang.

Penamaan “Karimun Kotak” sendiri tak lepas dari postur bodinya yang punya desain khas boxy yang mengotak.

Baca juga: 4 Keunggulan Fitur Smart E-Mirror pada Suzuki XL7

City car ini dibekali mesin berkode F10A yang dikenal bandel. Mesin ini juga sudah terbukti ketangguhannya di Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter yang sudah lebih lama hadir di Indonesia.

Di atas kertas mesin itu memiliki kubikasi 970 cc, 4-silinder 8 katup SOHC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 55 Hp dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.

Melihat tingginya minat masyarakat dengan Karimun kotakini, pihak pabrikan di tahun 2003 menawarkan Suzuki Karimun dalam dua tipe, yaitu DX dan GX.

Pada tipe GX yang merupakan model tertinggi sudah dilengkapi roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang.

Untuk interiornya sudah tersedia jam digital, laci dibawah penumpang depan, dan kantung di panel pintu depan.

Dalam perjalanan sejarah Suzuki Karimun kotak ini sempat mengalami dua kali penyegaran yakni di tahun 2001 dan 2004. Dua tahun pasca facelift, generasi pertama Suzuki Karimun pun berakhir di tahun 2006.

Suzuki Karimun Estilo Gen 2 (2007-2013)

Penerus Karimun kotak adalah Karimun Estilo yang dirancang dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India. Kebesaran nama Suzuki Karimun kembali terukir di tahun 2007, sewaktu Karimun Estilo resmi diluncurkan di Indonesia.

Secara tampilan Suzuki Karimun Estilo punya desain yang cukup berbeda dibandingkan dengan generasi terdahulu. Jantung mekanis yang ditawarkan pun turut mendapatkan sentuhan baru.

Untuk Karimun Estilo desain eksterior terlihat lebih membulat dan lebih modern, sementara untuk mesinnya dibekali mesin berkode F10J yang berkapasitas 1.100 cc. 

Jantung pacu Suzuki Karimun Estilo berkapasitas 1.100 cc 16 valve injection dan microprocessor 32 bit dengan tenaga sebesar 65 PS.

Untuk urusan mesin, Suzuki kala itu sudah cukup dikenal melahirkan banyak produk yang punya konsumsi bahan bakar yang efisien. Ini juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Estilo.

Sedangkan pilihan transmisi, hanya ada pilihan manual 5-percepatan saja. Tujuannya agar mobil ini bisa bersaing dengan mobil perkotaan lainnya, khususnya pada sisi harga yang ditawarkan.

Kiprahnya di kancah industri otomotif Tanah Air sendiri cukup diperhitungkan. Karimun Estilo menjadi salah satu pilihan city car yang menjanjikan tenaga yang responsif dan hemat bahan bakar.

Target pasar yang diincar pun cukup menarik, pihak pabrikan mengklaim target pemasaran Suzuki Karimun Estilo mengincar konsumen dengan rentang usia 18-35 tahun. Mobil ini diklaim sangat cocok bagi kalangan eksekutif muda, mahasiswa hingga keluarga muda.

Baca juga: Kisah 8 Tahun Pengguna Suzuki Ertiga, Pas Buat Kebutuhan Keluarga

Namun sayang, kala itu tak banyak fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur yang tersedia antara lain power window untuk semua kaca jendelanya, AC dilengkapi penghangat kabin, power steering elektrik, dan pengaturan arah sorot lampu depan.

Di tahun 2009, Karimun Estilo facelift diluncurkan oleh Suzuki Indonesia dengan beberapa perubahan lainnya. Karimun Estilo ini mengusung mesin lebih kecil ketimbang pendahulunya, yakni 998 cc tiga silinder, namun tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar.

Pasalnya, Estilo baru itu menggunakan mesin K10B dengan teknologi Double OverHead Camshaft (DOHC) injeksi. Mesin ini tenaga 68 PS dengan torsi 90 Nm.

Di produk ini, Suzuki menambahkan Smart Distributor-less Ignition (SDLi) yaitu pengapian tanpa distributor sehingga pengabutan berjalan lebih sempurna.

Terkait perubahan eksterior, New Suzuki Karimun Estilo mendapatkan sentuhan baru pada bagian gril, bumper depan, dan sedikit memperbesar bodi. Terkait fitur yang ditawarkan tidak banyak mengalami ubahan.

Suzuki Karimun Wagon R (2013)

Di generasi ketiga, sejarah Suzuki Karimun berlanjut dan kali ini berganti konsep. Diluncurkan pada tahun 2013, Karimun akhirnya masuk ke dalam skema LCGC alias mobil murah ramah lingkungan. Saat itu mobil ini resmi bernama Suzuki Karimun Wagon R.

Karimun LCGC ini punya mesin yang efisien. Hingga kini, penjualan Suzuki Karimun Wagon R juga tergolong baik bila dibandingkan dengan para kompetitornya.

Wagon R dibekali beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup modern. Karimun Wagon R memiliki kabin yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang.

Selama ini mobil LCGC selalu identik dengan ruang kabin yang sempit, lain halnya dengan Suzuki Karimun Wagon R. Rancangan kursi belakang juga bisa mengakomodir pengguna untuk mengangkut penumpang atau sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Meskipun terlihat mungil, tapi Suzuki Karimun masih cukup nyaman. Desain dasbor dirancang sederhana, namun tetap eye catching dengan komposisi fabric bercorak warna kalem yang elegan. 

Panel instrumen di dasbor dilengkapi dengan panel cluster meter yang terlihat sporty dan mudah terbaca.

Fitur penunjang yang fungsional telah tersedia seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar dan luas mengakomodir kebutuhan.

Untuk mesinnya mengandalkan mesin K10B berkapasitas 998cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga mengeluarkan 68 PS dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

Suzuki Karimun Wagon R 50 Tahun Anniversary Edition

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Suzuki di Indonesia yang ke-50. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition.

Produk ini hanya tersedia sebanyak 50 unit saja, dan meluncur bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang berlangsung secara virtual pada tahun 2020 lalu.

“Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun Suzuki di Indonesia, kami meluncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition yang didesain khusus tapi tetap memiliki beragam fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Sentuhan yang berbeda dihadirkan pada Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition. Khususnya pada sisi eksterior yang kini terlihat lebih segar.

Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition dibangun dari basis varian GS yang merupakan tipe termahal yang dijajakan di Indonesia. Perubahan terlihat mulai dari front, side, dan rear under spoiler, rear upper spoiler.

Lalu ada juga front grille lower, bezel fog lamp, cover mirror with turn signal, door handle set, wheel set, side body decal dan sticker set.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7, Kompetitor Wajib Waspada

Tak ada ubahan berarti pada sisi interiornya. Secara garis besar fitur-fitur yang ditawarkan masih sama dengan versi LCGC yang dijajakan di Indonesia.

Mobil ini dilengkapi dengan under seat tray yang bisa dibawa, dual cup holder dan rear cup holder yang dapat digunakan untuk menyimpan botol hingga ukuran 660 ml. Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition dilengkapi dengan 11 kompartemen yang multifungsi dan juga ergonomis.

Soal mesinnya, masih mengandalkan mesin K10B dengan DOHC berkapasitas 998 cc, tenaga 68 PS pada 6.200 rpm, torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. 

Mesin tersebut dipadukan dengan Multi Point Injection, Gear Shift Indicator (GSI), penggerak roda depan, metal timing chain, serta Intake Manifold plastik sehingga semakin membuat berkendara semakin efisien.

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition diproduksi dengan 2 pilihan transmisi yang terdiri dari 30 unit transmisi manual dan 20 unit transmisi otomatis AGS.  Selain itu, mobil ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna menarik, yaitu Pearl White Metalic.

Nah, sekarang Anda sudah sudah tahu kan sejarah Suzuki Karimun hingga akhirnya bertransformasi menjadi Wagon R dan terakhir hadir dalam edisi terbatas.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya