• Home>
  • Review>
  • Persaingan Dua Model MPV Ningrat, Toyota Vellfire dan Alphard
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Persaingan Dua Model MPV Ningrat, Toyota Vellfire dan Alphard

Dilihat 4003
Arief Yuno
23 Jan 2021, 20:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota alphard otoloka

Otoloka.id – Selama ini mungkin ketika kita membicarakan mobil premium, terutama di zaman modern seperti sekarang ini, mobil premium identik didominasi kendaraan jenis sedan. Padahal pada kenyataannya, tidaklah melulu demikian.

Lihat saja seperti yang dilakukan Toyota, raksasa otomotif asal negeri Sakura Jepang tersebut merilis Alphard dan Vellfire. Model di segmen MPV premium sekelas sedan saloon.

Overview Toyota Alphard dan Vellfire

toyota vellfire otoloka

Salah satu pertimbangan Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire adalah, demi mengakomodir kebutuhan akan jumlah penumpang yang lebih banyak, serta ruang kabin yang lebih luas dan nyaman. Ditunjang aneka fitur yang hadir memanjakan penggunanya.

Banyak kalangan pebisnis yang memandang MPV boxy sanggup mendukung segala kebutuhan sebagai kantor berjalan. Mobil semacam ini mampu mengkombinasikan antara sebuah kenyamanan dan ragam fitur penopangnya. Sehingga membuat para pengguna dapat melanjutkan progres pekerjaan, selama dalam perjalanan.

Bila berpapasan dengan dua mobil mewah ini, memang banyak yang menganggap keduanya sama. Namun sebenarnya hanya serupa, tapi tak sama. Walaupun mirip, tetap saja terdapat sejumlah perbedaan yang bisa ditemukan, antara Toyota Vellfire dengan Alphard. Alhasil, ragam perbedaan yang ada membuat harga kedua mobil tersebut juga berbeda.

Bisa dibilang Vellfire dan Alphard merupakan produk kembar, terlahir dari rahim yang sama, merek Toyota. Tetapi sebenarnya Toyota sudah terbiasa menghadirkan produk kembar, bahkan dengan merek ‘saudaranya’, Daihatsu.

Sebut saja misalnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra, atau Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Kendati model-model yang disebutkan tadi merupakan produk dari dua merek berbeda, tetapi bersaudara. 

Lantas apa alasan Toyota memasarkan produk yang mirip di segmen yang serupa, segmen MPV premium? Apakah tidak membuat Toyota khawatir akan berisiko memunculkan apa yang dinamakan kanibalisme produk?

Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

eksterior alphard

Pada dasarnya, Alphard dan Vellfire mempunyai karakter yang berbeda, walaupun secara garis besar menempati segmen yang sama. Alphard dan Vellfire hakikatnya sama-sama mempersembahkan seluruh hal, yang memang senantiasa diinginkan oleh kaum ningrat, para konsumen kelas atas. 

Ada penilaian yang menganggap Toyota Alphard diperkuat desain bernuansa lebih formal dan dinamis. Misalnya saja Alphard cocok untuk digunakan oleh kalangan petinggi negara. Sedangkan Toyota Vellfire condong mempertontonkan kesan cool, modern, dan teknologi tinggi yang dikemas dalam sebuah kesan berani.

eksterior vellfire

Walaupun begitu, pastinya Toyota telah mempertimbangkan matang-matang, perihal desain Vellfire dan Alphard. Terlebih sejak mobil Toyota Alphard diperkenalkan perdana pada tahun 2002 silam, dan Toyota Vellfire yang pertama kali hadir pada tahun 2008.

Seiring waktu berjalan, kedua model mobil Premium Class ini pun sukses bertengger di puncak penjualan MPV mewah pada sejumlah negara, termasuk di negara Indonesia. Lalu di awal sempat dikatakan, antara Vellfire dan Alphard ini serupa tapi tak sama. Jadi apa saja sebenarnya perbedaan mendasar dari rival Honda Elysion dan Nissan Elgrand ini?

Harga Toyota Alphard dan Vellfire

Biar lebih enak, mari kita awali informasi perbedaan antara Toyota Vellfire dan Alphard dari sisi harga masing-masing. Ternyata, walaupun keduanya merupakan saudara kembar, untuk pasar Indonesia, Toyota Vellfire mengantongi harga sedikit di bawah harga Alphard. 

Harga Toyota Vellfire 2.5 G dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di angka Rp1.177.600.000. Sementara Toyota Alphard 2.5 X dibanderol Rp 1.025.200.000, Toyota Alphard 2.5 G dijual Rp1.179.600.000 dan Toyota Alphard 3.5 Q dilego dengan harga Rp1.952.100.000.

Varian Toyota Alphard dan Vellfire

varian alphard

Toyota Vellfire kala itu masuk ke Indonesia melalui IU (Importir Umum) di sejumlah kota besar. Mulai dari Jakarta, Bandung, hingga Surabaya. Kalau membandingkan antara Toyota Vellfire versus Alphard, bisa dilongok dari varian tipe yang tersedia. 

Vellfire di negara asalnya mempunyai tipe ZG, ZA, Z dan X. Sementara Toyota Alphard hadir dalam trim varian 3.5Q, 2.5 G, dan 2.5 X. Malah Toyota juga menyorongkan Alphard Hybrid untuk generasi terbaru Alphard.

Untuk pasar Indonesia, repotnya karena di awal Vellfire masuk lewat IU, maka lumayan susah mendeteksi peredaran tipe Vellfire yang dijual di Indonesia. Tapi bila melihat Alphard maupun Vellfire yang dipasarkan saat ini, maka TAM hanya menyediakan pilihan Vellfire trim varian 2.5 G. Sedangkan Alphard tersedia pilihan tipe 2.5X, 2.5G, 3.5 Q dan Hybrid.

varian vellfire

Dimensi mobil, bila dibandingkan antara keduanya, ternyata Alphard lebih panjang sedikit dibanding Vellfire. Panjang total dari Toyota Alphard 4.945mm, sementara Vellfire memiliki panjang total 4.935mm. Meski begitu, untuk lebar, tinggi, jarak sumbu roda, dan ground clearance serupa. Masing-masing yakni 1.850mm, 1.895mm, 3.000mm, dan 160mm. Demikian pula ukuran ban yang dipakai keduanya sama, yaitu 235/50R18.

Eksterior Toyota Alphard dan Vellfire

eksterior alphard

Selama ini pabrikan Toyota sukses membuktikan diri ketika bermain di segmen MPV premium. Tiada lain lewat kehadiran model Alphard dan Vellfire. Mobil-mobil berpostur gambot ini semula hanyalah di produksi untuk menuntaskan dahaga pasar lokal Jepang. 

Tetapi lambat laun, seiring perjalanan waktu, pada akhirnya Toyota memutuskan Alphard dan Vellfire juga dipasarkan ke sejumlah negara Asia lain yang juga gemar mobil-mobil berukuran bongsor.

Sejak pertama kali lahir, Toyota Vellfire sudah menonjolkan desain dengan karakter tegas. Selidik punya selidik, ternyata sebelumnya si Vellfire ini adalah varian tertingginya di keluarga besar Alphard. Namun Toyota Jepang punya strategi, sehingga Vellfire dicoret dari Kartu Keluarga Alphard, dipisahkan demi satu alasan, memikat segmen konsumen yang berbeda.

Toyota Vellfire dirancang melalui sentuhan yang lebih agresif, futuristik, bergaya dan teknologi tinggi. Mirip-mirip segmentasi Alphard, secara konsep dibangun untuk menyasar golongan berduit ekstra, penyuka MPV boxy bergaya sporty ditunjang performa agresif dan mewah. Kosmetik eksterior Vellfire Aerokit di sektor buritan, dipadu penyematan side moulding pada sisi samping, bikin penampilan Vellfire cenderung bertambah sporty.

Bagaimana dengan kembarannya Vellfire? Sementara Toyota mendesain Alphard dengan konsep rancangan yang lebih kalem. Kalau melirik Alphard, rasanya lebih sesuai buat mereka yang ingin tampil resmi dan klimis pada setiap kesempatan. Atas pertimbangan itulah, maka tak heran, dalam beberapa kontes modifikasi level internasional, khususnya kontes modifikasi di Jepang, kebanyakan yang nongol ke permukaan adalah modifikasi berbasis Toyota Vellfire dibanding basis Toyota Alphard.

eksterior vellfire

Mengorek lebih dalam perbedaan Alphard versus Vellfire, paling menohok mata adalah bila dilihat dari bentuk gril depan, juga desain lampu utama. Kalau Alphard sejak mbrojol pertama kali ke dunia, selalu tampil khas dengan gril besar vertikal menjulang.

Sedangkan untuk Toyota Vellfire, tampaknya lebih mengikuti kontur bemper depan. Dan menariknya, bentuk lampu utama model ini juga displit menjadi dua, selaras dengan desain gril. Karena itulah, membuat para Vellfire condong dicap lebih agresif dibanding sang Kakak, Alphard yang cenderung lebih kalem.

Bagian belakang Vellfire dan Alphard juga terlihat beda, terutama lagi-lagi pada bentuk lampu dan bemper. Stoplamp pada Vellfire kombinasi menggunakan mika bening. Sedangkan Toyota Alphard didominasi mika warna merah. Wujud bemper Vellfire juga memiliki sedikit lekukan pada sejumlah sudutnya, yang sanggup membuat Vellfire berbeda dibanding Alphard.

Mungkin bisa disimpulkan sedikit, apabila mengacu dari bahasa desain yang terlihat berbeda dari eksteriornya, maka Vellfire lebih diperuntukkan kepada young generation, generasi atau para jiwa muda nan mapan. 

Interior Toyota Alphard dan Vellfire

interior alphard

Mau lebih detail menemukan perbedaan antara Vellfire dan Alphard, boleh juga dari ruang kabin masing-masing. Kalau sepintas dilihat, antara keduanya memiliki layout kabin yang mirip sekali. Apalagi jika dilihat dari konfigurasi, maupun tata letak bagian-bagian di dalam kabin. Tapi sebenarnya, kalau lebih teliti, tetap saja ada perbedaan antara Vellfire dan Alphard.

Vellfire menyajikan nuansa kabin yang cenderung serba hitam. Mulai dari material pembungkus jok, plafon, doortrim dan dashboard. Kalau pun ada penyematan warna lain, Vellfire lebih suka menggunakan sedikit aksen warna perak atau aluminium. Untuk kelir ornamen lainnya, dipilih warna hitam glossy atau kayu hitam.

interior vellfire

Nah, kalau melihat kabin Toyota Alphard, beberapa ornamen di dalamnya menggunakan aksen kayu, sengaja dibiarkan alami berwarna cokelat layaknya kayu. Sebut saja mulai dari aksen di doortrim, lingkar kemudi, hingga konsol tengah atau bahkan armrest jok milik penumpang belakang. Pada pelapis jok, Alphard mengusung warna beige, berkesan menenangkan dan lembut.

Mesin Toyota Alphard dan Vellfire

mesin alphard

Lanjut lagi bicara soal Alphard versus Vellfire, sekarang ngomongin tentang mesin yang dipakai masing-masing. Memang untuk beberapa trim varian, antara Alphard maupun Vellfire gunakan mesin yang sama. 

Sebut saja, Vellfire 2.5 G dan Alphard 2.5 G, sama-sama bermesin 2.500cc - DOHC Dual VVT-i 4 silinder dengan kode 2AR-FE. Klaim power yang disemburkan tetap setara, yaitu 180 PS/6.000 rpm, torsi 234 Nm/4.100 rpm.

mesin vellfire

Tetapi mungkin yang bisa dikatakan menarik, ternyata TAM tawarkan Toyota Alphard dengan varian mesin bervariasi. Ada yang bermesin 3.500cc V6 kode mesin 2GR-FKS dengan tenaga 300 PS. Dipakai pada Alphard tipe 3.5 Q. Selain itu ada Alphard bermesin Hybrid berkode 2AR-FXE. Ini terdapat pada Toyota Alphard 2.5 G Hybrid.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya