OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Persaingan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga Merebut Hati Konsumen MPV
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Persaingan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga Merebut Hati Konsumen MPV

Dilihat 2443
Arief Yuno
5 Feb 2021, 15:41
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda mobilio

Otoloka.id - Honda Mobilio merupakan salah satu MPV andalan Honda yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Mobil ini telah mengalami beberapa kali pembaruan, baik pada sisi eksteriornya maupun interiornya. Pembaruan terkini yang dilakukan pada Honda Mobilio merupakan facelift generasi kedua sejak facelift pertamanya yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Di segmen yang sama, Honda Mobilio bersaing dengan Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga sendiri merupakan salah satu model MPV andalan Suzuki yang pertama kali diperkenalkan dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan mulai diproduksi pada tahun 2012.

suzuki ertiga

Mobil dengan konfigurasi 7-seater ini mendapatkan facelift pertamanya pada tahun 2018 dan mendapatkan berbagai pembaruan, mulai dari segi eksterior, interior, hingga ke dapur pacunya. Kemudian pada tahun 2019, Suzuki Ertiga kembali mendapatkan facelift dengan desain dan mesin yang baru.

Sama-sama bertarung dalam segmen MPV di dunia otomotif Tanah Air, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga memang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tetapi secara keseluruhan, mana dari kedua mobil ini yang lebih unggul?

Eksterior Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga

Pertama-tama, mari kita bahas soal bagian luar dari Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Secara desain, Honda Mobilio memang kental dengan kesan sporty. Desainnya didominasi dengan garis tegas dan tajam, sehingga menampilkan MPV yang terlihat agresif. 

eksterior honda mobilio

Terlebih lagi pada Honda Mobilio tipe RS. Tipe yang satu ini memang memiliki body kit dan rear spoiler tambahan yang membuatnya lebih sporty dibandingkan dengan varian yang lainnya.

Kemudian soal Suzuki Ertiga, mobil MPV pabrikan Suzuki ini memang menampilkan desain dengan kesan yang lebih elegan dan tidak seagresif pesaingnya, Honda Mobilio. Model terbaru Suzuki Ertiga disebut memiliki banyak kemiripan dengan beberapa model mobil lainnya di Indonesia, tetapi hal ini bisa menjadi kelebihan karena desain Suzuki Ertiga menjadi lebih mudah diterima oleh segala kalangan.

Sekarang, mari kita lihat perbandingan dimensinya pada tabel berikut ini.

Keterangan

Honda Mobilio

Suzuki Ertiga

Panjang

4.398 mm

4.395 mm

Lebar

1.683 mm

1.735 mm

Tinggi

1.603 mm

1.690 mm

Wheelbase

2.650 mm

2.740 mm

Ground Clearance

189 mm

180 mm

 

Pada tabel di atas, bisa kita lihat bahwa dari segi dimensinya, panjang Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga hampir sama, hanya ada perbedaan 3 mm. Tetapi jika kita lihat lebar bodinya, Suzuki Ertiga unggul karena memiliki bodi yang lebih lebar dibandingkan dengan Honda Mobilio. Hal ini tentu akan membuat kabin menjadi lebih leluasa bagi para penumpangnya.

eksterior suzuki ertiga

Kemudian untuk tingginya sendiri, Suzuki Ertiga juga masih lebih unggul dibandingkan dengan Honda mobilio, karena memiliki dimensi yang lebih tinggi sehingga menjamin adanya head room yang lebih luas. Selain itu, wheelbase alias jarak sumbu roda yang diusung Suzuki Ertiga juga lebih panjang, sehingga penumpang akan memiliki leg room yang lebih leluasa dan tidak perlu takut merasa pegal ketika berkendara dengan jarak jauh.

Kendati demikian, soal ground clearance, Honda Mobilio lebih unggul. Ground clearance Honda Mobilio lebih tinggi 9 mm dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, sehingga mobil ini tentu bisa dikatakan lebih andal di jalanan yang tidak rata dibandingkan dengan pesaingnya tersebut.

Mesin and Performa Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga

Dari bagian dimensi, sekarang kita beralih ke perbandingan mesin dan performa dari HondaMobilio dan Suzuki Ertiga. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perbandingan mesin dan performa dari kedua mobil MPV tersebut pada tabel di bawah ini.

Keterangan

Honda Mobilio

Suzuki Ertiga

Mesin

4 Silinder 16 valve i-VTEC

4 Silinder 16 valve VVT

Kapasitas

1,5 L (1.496 cc)

1,5 L (1.462 cc)

Tenaga

118 PS

104,7 PS

Torsi

145 Nm

138 Nm

Transmisi

Manual 5 Percepatan/Otomatis CVT

Manual 5 Percepatan/Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

 

Jika kita lihat dari spesifikasi mesinnya, baik Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga keduanya menggunakan mesin 4 silinder 16 katup dengan kapasitas mesin sekitar 1,5 liter. Bedanya, Honda Mobilio memiliki teknologi andalan Honda, yakni teknologi i-VTEC. Teknologi ini diklaim Honda bisa membuat tenaga yang dikeluarkan mesin menjadi lebih optimal. Sementara itu, Suzuki Ertiga dibekali dengan teknologi VVT.

mesin mobilio

Di atas kertas, mesin Honda Mobilio diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dan torsi sebesar 145 Nm. Sementara itu, pesaingnya, Suzuki Ertiga hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS dan torsi yang juga lebih kecil, yakni 138 Nm.

Kemudian soal transmisinya, baik Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga sama-sama menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan. Tetapi untuk transmisi otomatisnya, Honda Mobilio menggunakan transmisi otomatis CVT. Sedangkan Suzuki Ertiga sendiri diketahui menggunakan sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

mesin ertiga

Honda Mobilio tentu memiliki keunggulan karena menggunakan transmisi otomatis CVT. Selain transmisi jenis ini lebih modern, transmisi CVT juga dikenal bisa membuat mobil lebih hemat bahan bakar. Lalu untuk sistem penggeraknya sendiri, baik Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, keduanya menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Honda Mobilio memang memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Selain itu, Honda Mobilio ini juga bisa dibilang lebih canggih karena sudah menggunakan sistem transmisi CVT.

Bukan itu saja, Honda Mobilio juga memiliki desain yang sporty dan terkesan lebih atraktif, terlebih untuk para konsumen muda yang ada di Tanah Air. Tetapi jika kembali pada fungsinya sebagai mobil MPV, tentu Suzuki Ertiga lebih unggul dengan dimensinya yang lebih besar. Kabinnya yang leluasa bisa membuat para penumpang lebih nyaman dan mobil ini juga bisa membawa lebih banyak barang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya