OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Pertarungan 5 Mobil Double Cabin dari 5 Merek Ternama
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Pertarungan 5 Mobil Double Cabin dari 5 Merek Ternama

Dilihat 6752
Arief Yuno
17 Feb 2021, 13:14
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

ford ranger

Otoloka.id - Kendaraan double cabin (D-Cab) memberi warna berbeda pada model roda empat yang beredar di pasar otomotif tanah air. Selain itu, hadirnya segmen double cabin di Indonesia yang diawali pada tahun 2000 an juga seakan-akan menawarkan jawaban, atas beragam kebutuhan konsumen. 

Terutama kebutuhan akan kendaraan di segala medan, baik onroad maupun offroad, yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai aktifitas.

isuzu dmax

Ada banyak pilihan mobil D-Cab di Indonesia, dari sejumlah merek papan atas yang bertarung sesuai dengan peruntukannya. Sebut saja di antaranya merek Ford dengan produk Ranger D-Cab XLT A/T 4x4, Isuzu dengan produk D-Max Rodeo LS A/T, lalu Mitsubishi melalui produk unggulannya Triton Exceed M/T, Toyota lewat produk Hilux tipe E M/T, dan Nissan dengan produknya Navara 2.5 VL M/T.

toyota hilux

Membandingkan 5 (lima) merek dengan produknya masing-masing ini tentu kesemuanya memiliki ciri khas tersendiri. Namun ada sejumlah poin yang menjadi fokus perhatian, untuk menjadi penilaian perbandingan kali ini. Yakni mencakup dimensi, performa, eksterior, interior, fitur, mesin dan harga.

triton

Dimensi

Urusan dimensi pada mobil double cabin, sedikit banyaknya berpengaruh pada daya angkut, maupun kemampuan jelajah mobil tersebut melintasi berbagai medan.

Ford Ranger

ranger

Ford Ranger 3.2 D-Cab XLT A/T 4x4 merupakan varian kabin ganda bermesin 3.200cc, penggerak roda 4x4, dan bertransmisi otomatis. Ford Ranger D-Cab XLT memiliki dimensi (P x L x T) yaitu 5.274 mm x 1.850 mm x 1.815 mm, dengan jarak poros roda 3.220 mm dan jarak terendah ke tanah 232 mm.

Isuzu D-Max

dmax

Isuzu D-Max merupakan mobil kabin ganda, dimana dalam waktu dekat ini juga akan kembali merilis model D-Max terbaru. Salah satu produk unggulan D-Cab Isuzu adalah D-Max Rodeo LS A/T yang mempunyai dimensi (P x L x T) yaitu 5.200 mm x 1.860 mm x 1.785 mm, dengan jarak sumbu roda 3.095 mm, serta jarak terendah ke tanah 225 mm.

Mitsubishi Triton

triton otoloka

Mitsubishi Triton Exceed M/T punya sejarah panjang, tercatat sudah 18 tahun keberadaannya di Indonesia. Pick up yang ditujukan buat kebutuhan komersial maupun personal ini mempunyai dimensi (P x L x T) yakni 5.305 mm x 1.815 mm x 1.780 mm. Jarak sumbu roda 3.000 mm, dan jarak terendah ke tanah 235 mm.

Toyota Hilux

Toyota Hilux E M/T, yang mana di Indonesia, Toyota New Hilux baru dirilis pada Agustus 2020. Secara dimensi, tercatat memiliki (P x L x T) adalah 5.285 mm x 1.855 mm x 1.815 mm. Dimana jarak poros roda 3.085 mm, dan ground clearance nya 279 mm.

Nissan Navara

Nissan Navara 2.5 VL M/T, di tanah air generasi terbaru Nissan Navara hadir dengan nama All New Nissan Navara. Dan mempunyai (P x L x T) adalah 5.255 mm x 1.850 mm x 1.820 mm. Pick up truck 4-seater ini dibekali ground clearance 225 mm, dan wheelbase mencapai 3.150 mm.

Eksterior

Menentukan siapa pemilik tampilan terbaik dari sebuah double cabin, lumayan susah kalau harus memilih satu dari lima produk tersebut. Pasalnya, masing-masing punya ciri tersendiri, yang ingin dikedepankan.

Toyota Hilux

Sebagian konsumen bilang, Toyota Hilux meraih poin terendah, karena wajahnya menyerupai Toyota Innova. Walau kian menua, tampilan Hilux masih mencermikan ketangguhan sesungguhnya. Desain Headlamp dan fender besar, mencuatkan aura kekar. Kelapangan wheel arch berisikan ban all-terrain, demi menopang kaki-kaki kuat.

Bak tinggi hasilkan kapasitas muatan besar, tetap mudah diakses. Ornamen chrome di grille, bumper belakang dan rumah foglamp memberi kesan mewah, terutama di tipe V. Lampu dibuat menyudut, condong meruncing ikuti pola kisi-kisi. Pada trim menengah, lapisan kromium disingkirkan, ganti grille model heksagonal gelap.

Isuzu D-Max

Sementara Isuzu D-Max tampil lebih berkelas, karena tampangnya sekilas menyerupai Cadillac Escalade. Pilihan Regular Cab sasar penggunaan komersial, sehingga eksterior cenderung biasa saja. Bumper depan, spion, grille, dan gagang pintu, tampil berbalut warna hitam, tidak di cat sewarna bodi. Velg-nya pun masih gunakan velg kaleng.

Namun ada pilihan Space Cab, yang walaupun secara tampilan nyaris serupa dengan Regular Cab, memiliki 2 pintu. Tetapi untuk grille, spion, bumper, dan gagang pintu sudah dikelir sewarna bodi. Velg juga tak lagi velg kaleng. Kemudian ada tipe Crew Cab versi 4 pintu, yang keseluruhannya bagian kabin pada tipe ini bisa menampung hingga 5 orang. Tiga tipe lain yang bisa dipilih konsumen yaitu Cab 4, tipe Hi-Lander 4 dan V-Cross sebagai yang teratas.

Ford Ranger

Sementara itu, Ford Ranger baru sebenarnya kali ini tampil lumayan menggoda. Apalagi kalau dilihat versi modifikasi Max Concept, dimana tampilannya menjadi sangat macho.
Hadir dalam dua versi, single dan double cabin. Sekilas, New Ranger memang tampak lebih bongsor dibanding versi lama. Wajar, mengingat Ford menyasar kelas niaga dan bisnis, serta pertambangan.

Pertahankan Headlamp kotak sebagai identitas, wajah barunya kian ‘sangar’ dengan grille depan ukuran lebih besar. Berpadu dengan Foglamp serta Spoiler di ujung bawah bagian depan.

Mitsubishi Triton

Selanjutnya Mitsubishi Triton, juga tak mau kalah. Cukup percaya diri, mengusung model nan unik. Walaupun inti dari tampilannya lebih sesuai dipakai blusukan ke dalam hutan. Karena sebenarnya, D-Cab itu bukan berarti tak cocok parkir valet di pusat perbelanjaan atau hotel kan?

Tampilan Triton terbaru begitu modern dan tangguh. Usung konsep Engineered Beyond Tough dan desain Dynamic Shield. Sekilas perwajahannya mirip Mitsubishi Xpander. Grille depannya dibalut aksen chrome tebal, menyatu dengan Bi-Functional LED Projector, didukung Daytime Running Lights (DRL).

Lampu itu sejajar ruas bonnet, dan memberi penyinaran yang terang. Khusus Ultimate AT, EXCEED MT, dan GLS MT tersemat Foglamp. Front Under Guard pada bumper bawah Triton terbaru, berfungsi menahan benturan. Terlebih ketika berkendara di jalan bergelombang. Lampu belakang dibuat sejajar bak mobil. Sehingga memberi visual dalam dan tinggi bak secara jelas.

Selain itu, juga sudah mengandalkan Distinctive Signature yang sajikan kesan menawan dari buritan mobil ini.

Nissan Navara

navara

Bagaimana Nissan Navara? Menarik perhatian dengan eksterior berani, garis aerodinamis ramping dan pencahayaan khas. Memainkan grille besar dan menjorok ke area bumper, diapit set penerangan bi-beam LED anyar berisi DRL bentuk huruf C. Tak ketinggalan aplikasi foglamp vertikal di bumper. Urusan penerangan dibuat lebih kekinian lewat aplikasi grafis pendar dioda.

Rancangan area bokong tak luput, lewat kulit bak serta tailgate anyar. Pamerkan nama lebih kentara, lewat emboss di pintu bak. Terintegrasi pula pahatan Lip Spoiler demi peningkatan aerodinamika. Bicara aliran udara, pipi bumper diseting rata bodi, agar angin mengalir lebih mulus saat melaju kencang.

Interior

Banyak anggapan mobil berkategori truk bisnis atau niaga hanya pentingkan sektor performa, dan kesampingkan kenyamanan penumpang. Tak sepenuhnya benar. 

Salah satunya Ford Ranger ini, dengan kampanyekan dua fungsi, yaitu fungsi pengangkut beban juga pelibas medan berat, dan fungsi rekreasi.

Artinya Ranger diseting sebagai mobil penunjang aktivitas harian. Sisi interior dibangun sangat baik, dimana bagian dashboard dominan warna hitam, membuatnya terlihat begitu elegan, modern dan stylish dengan aneka fitur kekinian.

Panel speedometernya mempersembahkan informasi seperti fuel meter, trip meter, dan lainnya. Terdapat layar 4 inci untuk menampilkan panggilan telephone, music playlist, dan banyak lagi. Terdapat juga LCD berfungsi sebagai kamera rear view, untuk memantau sekeliling mobil, serta sensor parkir untuk mempermudah parkir kendaraan.

Pendingin ruangan Double Blower sudah disematkan pada New Ranger, dilengkapi pula fitur audio berteknologi Single DIN Audio, dengan output dua speaker. Jok berbalut bahan kulit berkualitas, dipermanis bahan vinyl pada bagian tengahnya. Pintu Ford Ranger didukung Power Window model manual dan otomatis.

Seperti dikatakan di awal, New Ranger digolongkan dalam dua versi, yaitu single cabin menampung dua orang, dan double cabin mampu menampung hingga lima orang.
Kesan mewah yang kuat bisa didapat ketika berada di ruang kabin Isuzu D-Max. Kemewahan terasa dari penggunaan kursi berlapis material kulit berkualitas tinggi. Jok terdiri dua baris, depan berisi dua kursi pengemudi dan penumpang, sementara belakang tiga baris.

Kursi depan dilengkapi pengatur kemiringan bertenaga listrik, menambah kenyamanan berkendara. Selain itu terdapat ruang kaki dan kepala cukup lapang. Pada kursi belakang juga terdapat ruang gerak yang lumayan lega. Perlu digarisbawahi dari mobil lima penumpang ini, meski kapasitas bak angkut tak terlalu besar, tetapi ruang penyimpanan di kabin cukup banyak. Demi menambah daya tampung, jok belakang bisa dilipat.

Mengintip area interior Mitsubishi Triton, ternyata cukup lengkap. Sekilas tak jauh beda dengan SUV andalan Mitsubishi, Pajero Sport. Pengaturan AC otomatis dan layar monitor TFT bagian tengah terlihat pada panel dashboard.

Turun sedikit ke bawah, terdapat saklar hazzard dan tombol Sonar. Berfungsi mengaktifkan fitur Ultrasonic Mis-Accelaration Mitigation System (UMS).

Bagian kemudi dilengkapi tombol volume, cruise control dan lainnya. Tiga buah soket USB juga tersedia, pada dashboard tengah, dan pada konsol kursi baris kedua. Fitur Auto Dimming sudah tersematkan pada kaca spion tengah. Fungsinya mengurangi gangguan pantulan sinar lampu dari kendaraan lain di belakang. Terdapat pula tuas Super Selector, untuk 4WD full time atau 2WD. Plus tombol Hill Descent Control (HDC).

Interior Toyota Hilux mendapat penyegaran, terdeteksi langsung melalui desain Headunit. Pada Hilux tipe E andalkan desain layar 2 DIN Capacitive, bisa memainkan USB, CD, Aux-In dan radio. Tipe G juga manfaatkan desain serupa, plus Bluetooth. Hilux tipe V sebagai kasta tertinggi sudah menyematkan monitor 7 inci, untuk USB, DVD, Bluetooth, Aux-In dan radio.

Hilux tipe G serta V juga adopsi panel instrumen baru, ciptakan kesan premium dan tangguh. Keduanya memperoleh MID 4,2 inci TFT, sajikan informasi lebih baik. Dilengkapi animasi ketika mesin baru dihidupkan, dan indikator Eco sesuai karakter berkendara.

Lengkapi fungsionalitas, di tengah dashboard sisi penumpang tersedia koneksi listrik dengan lighter, serta assist grip di atas pintu pengemudi. Permudah akses keluar masuk, di semua varian double cabin. Dilengkapi pula Illuminated Entry dan Overhead Console Box.

Kesan mewah bisa langsung terlihat dari interior Isuzu D-Max Double Cab 2.5. Tampak dari kursi berlapis kulit kualitas tinggi. Jok terdiri dua baris, dimana baris depan untuk pengemudi dan penumpang. Sementara baris belakang untuk tiga orang.

Jok depan dilengkapi pengatur kemiringan tenaga listrik untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Sementara itu, pada kursi depan, terdapat ruang kaki dan kepala yang cukup luas. Sedangkan pada jok belakang mempunyai ruang cukup untuk leluasa bergerak.

Tapi perlu digarisbawahi dari kendaraan lima penumpang ini, adalah kapasitas penyimpanannya. Meski kapasitas bak pengangkut tak terlalu besar, namun ruang penyimpanan pada kabin cukup banyak. Untuk menambah daya tampung, kursi belakang dapat dilipat untuk menambah ruang penyimpanan.

Meski Nissan Navara sebagai model kendaraan 4×4 atau truk Pick Up 4×4, sepertinya bagian kabin tak segalak eksteriornya. Kabin Navara sanggup menampung 5 penumpang.
Kelapangan kabin bermaterial High Grains, kiranya dapat membuat perjalanan penggunanya kian nyaman. Dashboard Navara memiliki desain futuristik, membuat mereka yang duduk di kursi depan mudah mengaktifkan fitur yang diinginkan.

Fitur Fine Vision Meters dapat menyajikan informasi indikator berkendara yang mudah dipantau pengemudi, tanpa harus jauh alihkan pandangan dari jalanan di depan. Tawarkan kenyamanan optimal saat berpetualang di lintasan Offroad yang berat, penumpang dimanjakan oleh fitur pendingin ruangan dan audio berkualitas untuk makna sensasi berpetualang.

Performa

Semua D-Cab ini jelas menawarkan performa unggulan. Harus punya daya angkut mumpuni, tentu ditopang kemampuan yang prima di medan offroad juga onroad.

Kapasitas mesin tak bisa diabaikan. Kelompok mesin 3.000cc masih tetap unggul. Ford Ranger dan Toyota Hilux membuktikan. Kendati demikian, kemampuan offroad semua D-Cab ini lumayan mumpuni, meski Approach Angle Ford Ranger paling besar sudutnya.

Dipacu di aspal onroad, baik Ranger maupun Hilux seakan bersaing, mencetak kecepatan jarak tempuh di angka 12 detik, mulai dari 0 - 100 km/jam. Kala diajak melibas medan berat, masing-masing sanggup loloskan diri dengan kemampuan masing-masing.

Konsumsi Bahan Bakar memperoleh hasil cukup unik. Saat dibawa bermacet-macet ria di dalam kota, angka yang dipertontonkan cukup variatif. Konsumsi antara seliter untuk 9 sampai 10 Km. Ketika sama-sama melesat dengan putaran mesin stabil dan kecepatan tetap 100 km/jam, D-Max dan Ranger sanggup membuang solar hingga 14 Km/L. Hilux direntang 12 km, dan Triton 16 Km lebih.

Mesin

Isuzu membekali D-Max mesin 2.5 liter. Berteknologi variable geometry system yang lebih powerful, tapi efisien serta rendah emisi.

Keunggulan lain teknologi VGS ini menghilangkan lag turbo di putaran mesin rendah. Kinerja turbo juga disesuaikan beban yang dibutuhkan mesin. Meski kapasitas lebih kecil, namun torsi dan tenaganya lebih besar.

Untuk torsi versi 2.5 liter, VGS yakni 32,6 kg/m. Padahal tipe 3.0 liter, torsi cuma 28,5 kg/m. Ditambah turbo intercooler, kinerja mesin lebih hemat, dengan total tenaga mencapai 136 PS.

Toyota Hilux salah satu mesin dieselnya berkapasitas 2.400cc, tenaga 149,6 ps, torsi 400 Nm tipe kabin ganda. Dan mesin bensin 2.000cc, bertenaga 139 ps dan torsi 183 Nm untuk tipe pick up.

Hilux tahun 2021 memiliki mesin baru 4.000cc, yakni GR-FE V6, mirip Hilux GR Sport. Mesin ini sanggup hasilkan tenaga maksimal 238 ps dan torsi 376 Nm. Disalurkan lewat penggerak 4WD, dan transmisi otomatis 6-percepatan.

Di atas kertas, 2.800cc GD Super Power Engine mesin diesel bisa muncratkan tenaga 201 dk, torsi maksimal 500 Nm. Hilux juga tersedia pilihan mesin 2TR-FE 2.700cc, tenaga sekitar 166 ps dan torsi 245 Nm.

Seperti ketahui, mesin pada Mitsubishi Triton dikatakan mirip dengan milik Pajero Sport. Kode mesin Triton dan Pajero Sport adalah 4N15, konfigurasi 4 silinder 2.400cc ditopang turbocharger. Posisi turbo tak ada perbedaan, berada di bagian kanan dekat exhaust manifold.

Untuk Nissan Navara, buat yang menginginkan pick up double cabin, mobil ini menyematkan mesin turbo diesel common-rail berkode YD25DDTI. Kapasitas 2.488cc, hasilkan tenaga 174 dk/4.000 rpm, dan torsi puncak 402 Nm/2.000 rpm. Kelebihan Navara, torsi gaharnya jadi jaminan, saat mobil ini perlu melintasi medan berat ditambah muatan barang berat.

Sementara mesin Ford Ranger diesel 2200cc, memiliki tenaga mencapai 125 Ps/3700 rpm, torsi 320 Nm/1700 Rpm. Ranger bermesin bensin 2500cc, punya tenaga 122 Ps/5500 rpm, torsi 255 Nm/4500 rpm. Untuk yang bermesin diesel 3200cc, sebagai varian dengan kapasitas mesin terbesar, tenaga maksimumnya 200 Ps/3700 Rpm, torsi 470 Nm/1750 rpm.

Harga

Pada akhirnya bicara harga, dimana edisi Ford Ranger Base 2.2L MT 4x4 High Rider dipatok harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp460 juta, dan Ford Ranger XLT 2.2L AT 4x4 High Rider harga Rp545 juta.

Kemudian Harga Mitsubishi Triton GLX HR MT Single Cab 2WD dibanderol harga Rp262,65 juta. New Triton HDX MT Single Cab 4WD, dipatok harga Rp348,5 juta. Edisi New Triton HDX MT Double Cab 4WD harga Rp406 juta, dan New Triton GLS MT Double Cab 4WD harga Rp428,5 juta. New Triton Exceed MT Double Cab 4WD, banderol Rp465,15 juta, dan terakhir New Triton Ultimate AT Double Cab 4WD harga Rp492,65 juta.

Berlanjut ke harga Isuzu D Max Single Cab 2.5 VGS MT Rp 362,6 juta. Lalu Isuzu D Max Double Cab 2.5 VGS MT harga Rp 447,5 Juta, Isuzu D Max Rodeo 2.5L VGS MT dibanderol Rp 490,9 Juta, serta Isuzu D Max Rodeo 2.5L VGS AT harga Rp 536,7 juta.

Bagaimana harga Toyota Hilux? Untuk Toyota HiluxD Cab 2.4 V (4x4) DSL A/T dipatok harga Rp 497,65 juta. Toyota HiluxD Cab 2.4 G (4x4) DSL M/T harga Rp 459,4 juta. Selanjutnya Toyota HiluxD Cab 2.4 E (4x4) DSL M/T Rp 434,6 juta, Toyota HiluxS Cab 2.0 L M/T Bensin harga Rp 245,85 juta. Toyota HiluxS Cab 2.4 DSL M/T dibanderol Rp 263,2 juta, dan terakhir Toyota HiluxS Cab 2.4 DSL 4x4 M/T dibanderol Rp 353,5 juta.

Model selanjutnya adalah Nissan Navara 2.5 SL MT dengan harga OTR Rp 448,5 juta. Navara 2.5 VL MT harga Rp 533,2 juta, serta Nissan Navara 2.5 VL AT Rp 551,1 juta.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya