• Home>
  • Review>
  • Pesona Kelebihan Wuling Almaz SUV Asal Cina
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Pesona Kelebihan Wuling Almaz SUV Asal Cina

Dilihat 488
Guntur Hanggara
31 Jul 2020, 20:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Wuling Almaz, juga dikenal sebagai Baojun 530 di negara asalnya, adalah kendaraan menengah dengan kapasitas 5 dan 7 kursi. Almaz dibuat berkat Kerjasama SAIG-GM-Wuling atau SGMW di Cina dan memulai debutnya di Auto Guangzhou pada 2017.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada Februari 2019, SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors Indonesia) secara resmi meluncurkan Wuling Almaz. Nama Almaz sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti 'berlian'.

Kehadiran Wuling Almaz melengkapi model Wuling di Indonesia yang sebelumnya hanya diisi oleh model di segmen MPV, yaitu Wuling Confero dan Wuling Cortez. Di Indonesia, Almaz berurusan langsung dengan media SUV lain seperti Honda CR-V dan bahkan Mitsubishi Xpander Cross.

Alasan Wuling memberikan harga tak terduga pada SUV andalannya ini. Almaz Smart Enjoy, yang merupakan varian entry level, hanya dibanderol dengan harga Rp266 juta, bahkan lebih murah dari MPV bergaya SUV, Mitsubishi Xpander Cross yang dibandrol dengan harga Rp272 juta.

Almaz bahkan mendapatkan berbagai fitur di dalam mobil. Setelah diluncurkan, Wuling segera memberikan perubahan tambahan pada perintah suara yang disebut WIND. Saat ini, Almaz dipasarkan dengan dua varian, Smart Enjoy dan Exclusive serta konfigurasi 5 kursi dan 7 kursi.

Yuk simak review dari Otoloka berikut ini.

Eksterior Wuling Almaz


Wuling Almaz pada dasarnya adalah nama lain untuk Baojun 530. Karena itu desainnya tidak banyak berubah dari versi Negeri Tirai Bambu. Terlihat dari desain luarnya yang masih mengandalkan kesan maskulin dengan tubuh kaku kaku dan tajam.

Di bagian depan, desain elegan berdampingan dengan lampu depan dibuat sempit. Ada juga gril besar untuk mengalirkan lebih banyak udara untuk mesin turbo di kap depan. Jangan lewatkan aksen krom pada gril untuk kesan mewah.

Menolak ke bawah, tampilannya lebih maskulin dengan bumper yang cukup besar, sejajar dengan gril di bagian atas. Lampu kabut dan lampu DRL akan menemani Anda sepanjang perjalanan, terutama saat melewati jalan berkabut atau saat mengemudi di malam hari.

Penampilan yang kokoh dapat dirasakan saat melihat mobil ini dari samping, desain bodi berotot yang dipasangkan dengan roof rail untuk membantu mengangkut barang bawaan di atap. Bahkan ground clearance Almaz sebesar 230 mm adalah yang tertinggi di kelasnya.

Almaz dilengkapi dengan spoiler belakang dan antena sirip hiu. Tampilan belakang masih terasa menakutkan dengan bodi dan lampu belakang berbentuk kotak. Ada muffler muffler dengan warna yang berbeda dengan bodinya dan menjadi ciri khas tersendiri pada varian 7-seater.

Interior Wuling Almaz


Hal yang paling mencolok saat masuk ke interior Wuling Almaz adalah kehadiran unit head layar sentuh yang cukup besar, yaitu 10,4 inci di tengah dashboard. Posisi tegaknya terasa mirip dengan head unit yang digunakan pada Tesla.

Kesan futuristik semakin terasa dengan fitur WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur ini adalah fitur perintah suara Indonesia pertama di dunia. Dengan mengatakan "Hello, Wuling", WIND dapat mengakses beberapa perintah, seperti menghidupkan telepon dan membuka sunroof.

Desain interiornya memang menawan dengan sunroof yang menawarkan nuansa mewah di dalam kabin. Pengaturan kabin yang kedap digabungkan dengan sunroof terbuka. Buat interior terasa lebih luas, termasuk ruang kepala.

Setir multi-fungsi dengan berbagai tombol pengaturan yang cukup banyak membuat pengemudi lebih mudah mengakses berbagai fitur yang disediakan di dalam mobil. Posisi tangan cukup baik, meskipun Wuling hanya menawarkan fitur kemiringan pada roda kemudi, belum teleskopik.

Ada banyak ruang penyimpanan yang tersebar di sekitar kabin. Mulai dari dua pemegang cip di konsol tengah dan kompartemen penyimpanan di pintu. Kenyamanan penumpang di belakang semakin dingin dengan ventilasi udara di baris kedua.

Ada dua pilihan kursi, dua baris dan tiga baris untuk 7 bangku. Tentu saja, ruang bagasi cukup terpangkas saat memilih Almaz dengan 7 pengaturan bangku. Apalagi dengan dimensi dan jarak sumbu roda yang masih tetap sama. Jelas, Almaz 7-kursi ini menawarkan ruang bagasi yang lebih kecil.

Begitu pula ruang kaki di baris ketiga. Tidak begitu nyaman bagi penumpang dewasa untuk duduk di mana posisi duduk hampir terasa seperti jongkok. Bangku di belakang dimaksudkan khusus untuk anak-anak.

Fitur Keamanan Wuling Almaz


Dalam hal fitur Wuling Almaz yang disediakan, tidak ada perbedaan signifikan dalam sistem keselamatan yang digunakan. Tapi tentu saja beberapa fitur Almaz Exclusive dihilangkan pada Almaz Smart Enjoy yang merupakan varian entry level.

Beberapa fitur keselamatan aktif dari Wuling Amart dihapus termasuk airbag samping, sensor parkir untuk bodi depan, dan Sistem Pemantau Tekanan Ban (TMPS). Selain samping airbag, fitur lain bukanlah fitur penting untuk keselamatan.

Namun jangan takut, karena mobil ini mengusung beragam fitur yang cukup lengkap untuk versi entry level. Dengan harga yang terjangkau dari Almaz Wuling, SUV ini dilengkapi dengan pengereman ABS + EBD + BA, Kontrol Stabilitas Elektronik dan Kontrol Traksi, Kontrol Hilla Hold, dan Automatic Vehicle Hold.

Mesin Wuling Almaz


Salah satu keunggulan Wuling Almaz dalam berbagai eksperimen adalah mesin responsif. Dari spesifikasi data Wuling Almaz menunjukkan bahwa mesin yang digunakan adalah 1,5T dengan teknologi DOHC dan DVVT.

Tenaga outputnya cukup tinggi, yaitu 140 PS pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1.800 rpm - 3.600 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga mengurangi terjadinya powerloss pada kendaraan.

Ada dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 6-percepatan dan CVT dengan simulasi otomatis 8-percepatan. Berbeda dengan AMT (Automated Mechanical Transmission) Wuling Cortez, Wuling mengklaim bahwa transmisi ini menghadirkan perpindahan gigi dan akselerasi yang lebih halus.

Kinerja Wuling Almaz


Posisi mengemudi SUV Waz Almaz cukup baik dengan pengaturan kursi yang membuatnya mudah untuk mendapatkan posisi ideal di belakang kemudi. Belum lagi posisi kaki yang nyaman dan ruang kaki yang cukup lapang.

Meski merupakan pabrikan Cina, namun Almaz mampu menawarkan performa yang menyenangkan saat dibawa berkendara. Bahkan Wuling menyiapkan dua mode berkendara untuk dipilih, yaitu Eco untuk mesin yang lebih efisien dan Sport yang lebih kuat.

Almaz dilengkapi dengan teknologi DVVT atau Dual Variable Valve Timing. Fitur ini berfungsi untuk memberikan rasa berkendara yang sporty dan ekonomis untuk menghasilkan mesin yang bertenaga, baik pada putaran mesin rendah maupun tinggi.

Tarik gas cukup lunak ketika putaran mesin di bawah 30 km / jam. Namun ketika pedal gas ditekan cukup dalam, tenaga turbo langsung terasa. Meski seperti mesin bertenaga turbo lainnya, turbo lag bisa dirasakan. Tapi tidak terlalu menyebalkan.

Sementara kontrol dan bantingan suspensi membuat mobil ini terasa nyaman saat melibas jalan perkotaan dan bermanuver saat berkendara atau berkendara di jalan gunung yang melengkung. Namun membantingnya masih terasa kurang saat dibawa di jalan bergelombang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya