• Home>
  • Review>
  • Pilih Mana, All New Toyota Rush atau New Honda BR-V?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Pilih Mana, All New Toyota Rush atau New Honda BR-V?

Dilihat 569
Arief Yuno
16 Okt 2020, 15:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0



Otoloka.id - Nama Toyota dan Honda jelas sangat familiar di telinga konsumen otomotif Indonesia. Dua brand asal negeri Sakura itu terus bersaing ketat, menarik hati para pecintanya.

Melalui model Toyota Rush dengan tampilan lebih segar dan harga kompetitif, PT Toyota Astra Motor (TAM) begitu percaya diri, masuk ke dalam persaingan di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) yang gemuk.

Sebenarnya Rush tergolong pemain lawas di kelas LSUV. Hampir 14 tahun, bersama kembarannya Daihatsu Terios, mendominasi pasar LSUV. Tidaklah mengherankan, saat generasi keduanya diperkenalkan pada 2017, sudah terbentuk segmentasi pasar dari Toyota Rush.

Ditambah lagi, kebesaran nama Toyota yang menaungi, bisa dibilang tak ada kesulitan bagi Rush untuk terus melenggang. Belum lagi sokongan luasnya layanan purna jual, tingginya resale value, dan komunitas loyal.

Perihal Honda, PT Honda Prospect Motor (HPM), juga telah memiliki gacoan yakni BR-V. Awal debutnya, Honda BR-V tergolong sukses mencuri perhatian. Salah satunya lewat tampilan sporty dan terkesan mewah.

Sejak dirilis, BR-V selalu dibanding-bandingkan dengan para pesaingnya. Satu diantaranya adalah Toyota Rush. Ketika timbul pertanyaan, mana lebih baik di antara keduanya? Tak salah bila konsumen sejenak menilik lebih jauh seputar Rush maupun BR-V, sehingga sedikit banyak bisa menjadi bahan pertimbangan.

Harga Rush vs BR-V

Ada anggapan, parameter pertama dalam komparasi mobil adalah melihat harga jualnya. Toyota Rush di Indonesia memiliki empat varian. Ditinjau dari segi harga terbaru 2020, Rush ditawarkan mulai dari Rp244 - Rp266 jutaan. 

Tipe Mobil

Harga (OTR)

Harga All New Toyota Rush G 2020 M/T

Rp244.250.000

Harga All New Toyota Rush G 2020 A/T

Rp254.250.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 M/T

Rp255.650.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 A/T

Rp265.650.000

 Begitupun New Honda BR-V, tersedia dalam empat varian. Harga Honda BR-V terbaru 2020 berkisar dari Rp249 - Rp291 jutaan.

Tipe Mobil

Harga (OTR)

Honda BR-V S 6 M/T

Rp248.900.000

Honda BR-V E M/T

Rp264.200.000

Honda BR-V E CVT

Rp274.400.000

Honda BR-V Prestige CVT

Rp291.300.000


Desain Eksterior


Ketertarikan awal konsumen ketika akan membeli sebuah mobil adalah desain luar atau eksterior.

Bicara tampilan eksterior depan Toyota Rush diramaikan lekukan tajam yang membuatnya memiliki kesan agresif. Khusus di tipe Rush TRD Sportivo, desain bumper depannya mendapat lebih banyak aksen mengkurva.

Terlihat pula underguard dengan embos TRD, yang menimbulkan kesan gagah. Headlamp Toyota Rush sudah menganut LED, begitu juga dengan DRL-nya. Untuk foglamp, masih menggunakan bohlam halogen. 

Bergeser ke tampilan samping, Toyota Rush memiliki lekuk-lekuk bodi tajam karakter LSUV. Velg machining two tone polished-nya berukuran 17 inch.

Desain overfender serta roof rail di LSUV andalan Toyota ini tampak lebih menyatu dengan bodi. Side bodyguard juga diaplikasikan untuk melindungi bodi samping dari benturan.

Komentari bagian depan dan samping, maka ada juga bagian belakang. Lampu belakang Rush tampak harmonis, memanjang menyatu dengan lekukan agresif di bodinya.

Buritan Rush terlihat lumayan galak dan macho, didukung beberapa lekukan dan tonjolan. Meski begitu, nuansa sporty tetap hadir pada sisi belakang. Melalui penyematan Rear Spoiler. Komponen ini dikemas dengan lampu stop, berguna menotifikasi pengendara di belakang saat pengereman.

Mengenai New Honda BR-V, sisi depannya mengusung model frame bertingkat, dan aksen krom mengkilap pada beberapa titik. Salah satu bagian beraksen krom adalah grill yang seperti menyatu dengan lampu depan.

Desain headlamp punya dimensi tak begitu lebar, terapkan model long shape dengan garis tegas ke samping, dan berteknologi projector headlamp. Mobil ini juga diperkuat fog lamp yang cukup besar.

Bodi samping BR-V tampil dinamis dan tajam. Selain itu, kian sporty berkat aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah, melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil.

Lirik bagian belakang, stoplamp BR-V dibuat menonjol dengan desain lumayan futuristik, berpadu dengan spoiler yang turut mempermanis aura sporty-nya.


Interior dan Mesin

Laiknya mobil penumpang, kepraktisan dan kelegaan kabin pada BR-V dan Rush menjadi hal yang harus dicermati. Ditambah beragam kemudahan, dan teknologi terkini yang mempersenjatai keduanya.

Ketika masuk ke dalam kabin, tata letak dashboard dari Toyota Rush, terutama TRD Sportivo, tampak modern, lapang dan informatif. Warna two tone dipadu aksen dark chrome tipis memberi aura mewah, seolah membuat mood penumpang meningkat.

Head unit 7 inci layar sentuh dibekali sistem koneksi bluetooth dan USB. Pengaturan AC sudah digital auto climate control. Sangat mudah, tinggal tekan tombol Auto, AC mulai bekerja mendinginkan kabin sesuai setingan suhu.

Posisi duduk Rush yang tinggi khas SUV sejati, membuat senang para penumpangnya. Walaupun demikian, joknya tetap empuk. Sayang, posisi setir hanya bisa diatur naik turun (tilt), tanpa pengaturan telescopic (maju-mundur).

Pada Honda Bolt Runabout Vehicle (BR-V), di sisi kanan bagian pengemudi terdapat One Push Ignition System. Berfungsi hidupkan mesin hanya lewat satu sentuhan, alias tak perlu kunci. Namun, fitur ini hanya ada pada BR-V tipe R dan Prestige.


Terdapat pula Audio Steering Switch di lingkar kemudi mobil 7-seaters ini. Mempermudah pengaturan volume audio, tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

Bagian head unit makin menarik, dengan Audio Video Touchscreen 6.2 dan 8 inci. Praktis mengoperasikan berbagai format media seperti AM/FM, Radio, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, AUX Input, dan USB Sport.

Ditambah lagi, terdapat fitur Weblink, mempermudah penggunaan aplikasi dari ponsel yang akan dimunculkan pada head unit. Juga didukung fitur Rear Parking Camera pada head unit, untuk visibilitas ketika parkir mundur.

Untuk BR-V tipe E dan Prestige, ditawarkan fitur One Touch 2nd Seats. Hanya dengan satu sentuhan, sudah dapat melipat kursi baris kedua. Plus, fitur Smart Entry System, berfungsi membuka dan menutup pintu mobil hanya dengan satu tekanan tanpa kunci.


Mesin Toyota berkode 2NR-VE dibalik bonnet Toyota Rush sudah mengadopsi Dual VVT-i. Mampu mengatur bukaan katup buang dan masuk lebih presisi, sesuai kebutuhan mesin. Menghasilkan tenaga sebesar 104 PS (102,5 HP), di putaran 6.000 rpm dan torsi 136,5 Nm pada 4.200 rpm.

Sedangkan melongok dapur pacu BR-V, sebenarnya BR-V merupakan pengembangan dari platform All-New Honda Jazz. Bisa langsung terlihat dari spek mesin i-VTEC 1.5L 4-silinder model segaris DOHC 16 katup yang dibopongnya.

Mesin i-VTEC nya memuntahkan power maksimal 120 HP pada 6.600 rpm. Serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Untuk varian paling tinggi Prestige (CVT), Honda membenamkan fitur spesial, seperti Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit. Jadi, pilih mana nih?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya