• Home>
  • Review>
  • Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Pemula, Keren dan Nggak Bikin Tekor!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Pemula, Keren dan Nggak Bikin Tekor!

Yunita Efendi
23 Jan 2022, 18:41

Otoloka.id - Rekomendasi mobil yang cocok untuk pemula merupakan informasi yang seringkali dicari tahu untuk para pengemudi pemula. 

Calon pembeli mobil yang baru bisa menyetir biasanya mencari mobil yang mudah dikendarai dan memiliki dimensi kompak.

Di Indonesia sendiri, ada banyak model mobil yang cocok untuk para pengemudi pemula. Tetapi tentu saja, mobil-mobil ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing masing.

Sebelum membeli mobil, memang penting bagi calon pemilik mobil untuk memilih mobil berdasarkan berbagai pertimbangan. Hal yang paling penting adalah memilih mobil sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Nah, kali ini, kita akan membahas tentang beberapa model mobil yang cocok untuk pengemudi pemula. Selain keren, mobil-mobil ini juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Pemula

Honda Brio Satya

Model mobil pertama yang cocok untuk pemula adalah Honda Brio Satya. Mobil yang satu ini masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car atau LCGC.

Selain itu, Honda Brio Satya juga mengisi segmen hatchback dan city car di Indonesia. Mobil pabrikan Honda yang satu ini sangat diminati karena bodinya yang kompak dan desainnya yang sporty.

Bodinya yang kompak ini membuat Honda Brio Satya andal digunakan di daerah perkotaan. Selain itu, statusnya sebagai mobil LCGC juga menjamin bahwa mobil ini hemat bahan bakar.

Bicara soal mesinnya, Honda Brio Satya diketahui menggendong mesin SOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Mesin ini memiliki kapasitas 1.199 cc atau setara dengan sekitar 1,2 liter.

Mesin yang dimiliki Honda Brio Satya ini mengandalkan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive. Untuk menyalurkan tenaganya, mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology khas milik Honda.

Di atas kertas, mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 88 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Saat ini, Honda Brio Satya dipasarkan dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, yakni Rp153,4 jutaan hingga Rp203,7 jutaan.

Nissan March

Mobil lainnya yang juga dinilai cocok untuk pemula adalah Nissan March. Mobil yang satu ini memang sudah berhenti diproduksi di Indonesia, tetapi masih cukup populer dipilih sebagai city car andalan.

Mobil pabrikan Jepang yang satu ini memiliki desain bodi yang kompak dan mungil sehingga cocok digunakan oleh para pemula untuk berkendara di daerah perkotaan.

Bukan itu saja, Nissan March ini juga dibekali dengan ruang interior yang nyaman bagi para penumpangnya.

Menariknya lagi, mesin yang dimiliki Nissan March ini sudah dilengkapi dengan teknologi ECSS. Teknologi ini diketahui bisa membuat mesin lebih responsif tetapi tetap hemat bahan bakar.

Nissan March dibekali dengan mesin 3 silinder segaris 12 katup yang memiliki kode mesin HR12DE. Mesin ini memiliki kubikasi 1.198 cc atau setara sekitar 1,2 liter.

Mesinnya ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan sistem penggeraknya sendiri mengandalkan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive.

Dengan konfigurasi mesinnya ini, Nissan March diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 74 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya bisa mencapai 103 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Di pasar otomotif Tanah Air, ada lima varian Nissan March yang dipasarkan. Kelima variannya ini dipasarkan dengan harga mulai Rp185,8 jutaan hingga Rp225,6 jutaan.

Kia Picanto

Dari mobil pabrikan Jepang kita beralih ke mobil pabrikan Korea Selatan, yaitu Kia Picanto. Mobil yang satu ini dinilai cocok untuk pemula berkat dimensinya yang kompak dan andal digunakan di perkotaan.

Selain memiliki bodi yang kompak, mobil yang satu ini juga sudah dibekali dengan beragam fitur yang cukup mumpuni dan belum ditemukan pada mobil lain sekelasnya.

Soal mesinnya, Kia Picanto diketahui menggunakan mesin Kappa 4 silinder berkapasitas 1,2 liter (1.248 cc) khas milik Kia. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi MPI (Multi Point Injection) yang disebut efektif meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Mesin yang mengandalkan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi. Ada transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Mesin Kia Picanto diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 85 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 119 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Kia Picanto dipasarkan hanya dalam dua varian. Kedua variannya ini dibanderol dengan harga Rp221,8 jutaan hingga Rp236,77 jutaan.

Kia Rio

Selain Kia Picanto, salah satu model mobil lain yang cocok untuk pemula adalah Kia Rio. Mobil pabrikan Korea Selatan ini memang merupakan city car yang cukup populer di Indonesia.

Sama seperti mobil lainnya di daftar kali ini, Kia Rio juga memiliki desain yang kompak, serta fitur yang cukup lengkap.

Sebagai jantung mekanisnya, Kia Rio mengandalkan mesin Kappa 4 silinder D-CVVT dengan kapasitas 1,4 liter (1.348 cc). Mesinnya ini menggunakan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive).

Tenaga yang dihasilkan mesinnya ini disalurkan ke sistem penggerak dengan dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Bicara soal tenaga, mesin Kia Rio Bisa menghasilkan tenaga sebesar 98 HP pada putaran 6.000 rpm. Adapun torsinya bisa mencapai 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Kia Rio yang ditawarkan dalam dua varian ini dipasarkan dengan harga Rp277,45 jutaan hingga Rp292,7 jutaan.

Toyota Calya

Terakhir dalam daftar rekomendasi mobil yang cocok untuk pemula adalah Toyota Calya. Mobil yang satu ini cocok bagi para pengemudi pemula yang lebih menyukai mobil MPV.

Digolongkan sebagai mobil Low Cost Green Car, MPV pabrikan Toyota ini memang dipasarkan dengan harga yang terjangkau dan memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi.

Selain itu, statusnya sebagai MPV membuat mobil ini memiliki ruang kabin yang luas dan fitur yang lengkap.

Untuk mesinnya, Toyota Calya mengandalkan mesin 4 silinder 16 katup dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Mesin ini memiliki kubikasi 1.197 cc atau setara sekitar 1,2 liter.

Jantung mekanis Toyota Calya diketahui mengadopsi sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive). Selain itu, mesin ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Mesin Toyota Calya bisa menghasilkan tenaga sebesar 86 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Di Indonesia, Toyota Calya dipasarkan dalam empat varian berbeda dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp146.19 jutaan hingga Rp167,49 jutaan.

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 4777
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!