OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Renault Duster 2020, Gebrakan Baru Dari Seri Duster
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Renault Duster 2020, Gebrakan Baru Dari Seri Duster

Dilihat 159
Guntur Hanggara
27 Ags 2020, 21:13
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Renault Duster, dikenal juga sebagai Dacia Duster di beberapa negara, merupakan SUV hasil dari pengembangan Renault bersama dengan Dacia semenjak tahun 2010. Bahkan Nissan, sebagai mitra dari Renault, juga mengeluarkan Nissan Terano yang menggunakan basic dari Renault Duster ini. Setelahnya Renault mengeluarkan generasi kedua di Perancis. 

Menurut riset Otoloka, di India sendiri Renault Duster sangat sukses setelah peluncurannya yang pertama. Renault Duster hadir untuk menjawab kebutuhan terhadap SUV kompak terutama di India. Bahkan Renault Duster menyabet gelar Indian Car Of The Year pada tahun 2013. Di tahun yang sama, Renault Duster diperkenalkan di Indonesia pada acara Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013).

Pada tahun 2019 terdapat perubahan pada eksterior Renault Duster. Bentuk SUV asal Prancis ini tidak lagi kaku dibandingkan edisi sebelumnya. Perubahan yang paling terlihat ada pada tampilan depan dan belakangnya yang cukup memukau. Sebelumnya, Renault Duster unit 4WD didatangkan secara utuh langsung dari India. Tapi pada generasi saat ini, karena sudah menyandang status CKD, maka Renault Duster dirakit secara lokal di daerah Pulo Gadung Jakarta.

Renault Duster menyuguhkan desain yang tangguh, tapi kenyamanan serasa sedan. Selain itu juga Renault Duster juga mudah dikendarai dan penggunaan bahan bakarnya cukup efisien. Bahkan Renault Duster termasuk SUV yang value for money, sebelum era low SUV meledak seperti saat ini.

Agar sesuai dengan pangsa pasar Indonesia, Renault membuat perubahan di dalam mobilnya agar sesuai dengan iklim di India maupun Indonesia. Dengan memperkuat suspensi untuk mengatasi jalanan yang kasar dan juga menawarkan ground clearance yang lebih tinggi, tapi tetap mempertahankan cita rasa Eropa pada desainnya. Fender flare membuat bodi Renault Duster terlihat lebih berotot begitu juga dengan roof rail dan juga bannya yang besar. 

Dijual dengan harga mulai dari 280 jutaan membuat mobil ini masuk dalam segmen pasar kelas low SUV. Dimana segmen pasar kelas ini sangat didominasi oleh mobil-mobil sejenis dengan merek Jepang. Tapi sentuhan eropanya membuat mobil menjanjikan kenyamanan yang jauh lebih baik daripada merek Jepang.
Dengan varian 4WD, Renault Duster cukup tangguh untuk medan off road. Desainnya juga disukai orang-orang dengan rentang umur 35-45 tahun. Yang artinya Renault Duster ini cocok untuk kalangan dewasa yang gemar berpetualang atau berpergian ke daerah pelosok.

Renault Duster masih ditawarkan dalam versi generasi pertama dan edisi facelift, Renault Duster sempat muncul di panggung GIIAS tahun 2019. Tidak banyak membuat perubahan, Renault Duster tetap terlihat atraktif dan dinamis dengan gril depan baru yang bergaya trapezodial dan hiasan krom bertingkat. Ditambah dengan lampu depan DRL LED dan kap depan dengan bentukan yang baru. Semua itu melengkapi garis kap mesin yang lebih tinggi. 

Sebuah perubahan yang dilakukan untuk memenuhi keselamatan pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan depan. Penampilan sporty diperkuat dengan skid platedi bemper depan yang sekaligus melindungi kolong mesin saat menghadapi berbagai kondisi jalanan. 

Eksterior Renault Duster


Walaupun termasuk compact SUV, namun Renault Duster lebih terlihat lebar dan maskulin karena tampilan over fender dan roof rail di atap. Foot step warna hitam di sisi samping seolah mirip dengan side skirt. Kaki-kaki Renault Duster menggunakan pelek alloy berdesain everest diamond cut dan diselimuti ban berukuran 215/65 R16. Kombinasi yang dilakukan agar Renault Duster sanggup melewati berbagai medan jalan.

Ada beberapa perubahan untuk versi facelift dari generasi pertama. Salah satunya desain lampu belakang yang berbeda dengan aksen berwarna hitam. Dulunya memakai lampu warna krom yang meliputi lampu belakang dan menyatu dengan bagian tengah pintu bagasi.

Interior Renault Duster


Bagian interior Renault Duster mengalami perubahan yang cukup banyak dan signifikan. Terdapat sound system Arkamys sebagai tambahan, dengan empat speaker juga dua tweeter depan yang dipadukan dengan desain interior Renault Duster 2019 berwarna New Midnight Black dengan Stone Grey. 

Dashboard, dari bagian kisi AC yang dulu berbentuk bulat ala Nissan digantikan model baru yang berbentuk trapesium dengan trim krom dan hitam gloss berwarna serta insert dash yang berwarna sama dengan eksterior. Konsol tengahnya dilabur warna hitam glossy dengan lis berwarna aluminium silver.

Ornamen biru yang senada warna eksterior menghiasi di cover glovebox sisi penumpang. Head unit Renault Duster juga ikut diperbaharui, sehingga sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, ditambah dengan sistem pengenalan suara dan Eco Guide.

Kabin yang cukup lapang untuk lima orang dan adanya arm rest untuk kenyamanan pengemudi di tangan kiri. Kemudi dengan aksen krom, memberikan pembaruan yang membuatnya hampir menyerupai Renault Triber, bahkan sudah menggunakan teknologi tilt. Ditambahkan dengan beberapa tombol untuk pengaturan head unit ataupun MID dan cruise.

Renault Duster menambahkan beberapa fitur keamanan dan keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dengan Brake Assist, engine immobilizer, serta airbag penumpang dan pengemudi. Terdapat juga seatbelt reminder yang akan mengingatkan pengemudi maupun penumpang saat belum memasang seatbelt. Termasuk juga sistem central lock yang memudahkan untuk mengunci pintu secara otomatis saat mobil berjalan.

Mesin dan Performa Renault Duster


Renault Duster merupakan SUV dengan mesin diesel dengan kapasitas 1.461 cc dan menghasilkan tenaga sebesar 85 dk atau setara 106 tenaga kuda dengan torsi maksimal 142 Nm. Dengan mesin sebesar itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 24,5 km/liter pada rute tol. Sebuah angka yang bisa menyamai dengan mobil LCGC di pasaran saat ini. Renault Duster juga menggunakan pilihan manual 5 percepatan atau girboks otomatis 6 percepatan CVT.

Terdapat juga versi Versi diesel yang menggunakan mesin 1.5 liter empat silinder, dan ditambahkan dengan unit turbocharged. Untuk versi yang lebih rendah, Renault Duster mampu mengeluarkan tenaga 85 daya kuda dan torsi 200 Nm dilengkapi gearboks 5 percepatan manual. Versi yang lebih tinggi mampu menghasilkan 110 daya kuda dengan 245 Nm dengan menggunakan opsi manual 6 percepatan atau gearboks AMT. Kombinasi diesel-AMT  hanya tersedia pada varian tertinggi RxZ, dimana sebelumnya diberikan pada varian RxS.

Pada Renault Duster versi awal, terdapat penggerak 4WD dengan transfercase yang tangguh untuk menjelajah medan offroad. Kaki-kaki Renault Duster dirancang dengan suspensi depan berjenis independent MacPherson dan suspensi belakang trailing arms. Sebuah kombinasi yang membuat suspensi Renault Duster diklaim senyaman sedan.

Sayangnya versi 4WD diesel Renault Duster tidak dipasarkan di pasar Indonesia karena alasan pajak yang masih terlalu tinggi di Indonesai. Absennya mesin diesel ini membuat pengemudi mobil adventure hanya bisa mengandalkan mesin bensin yang torsinya kurang menggigit. Apalagi kapasitas Renault Duster yang hanya untuk lima orang masih kalah dengan SUV merek Jepang yang memiliki kapasitas hingga 5 orang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya