• Home>
  • Review>
  • Renault Triber, MPV Dengan Segala Fitur Terbaik
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Renault Triber, MPV Dengan Segala Fitur Terbaik

Dilihat 167
Guntur Hanggara
27 Ags 2020, 21:12
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Didirikan pada tahun 1899, Renault sudah banyak memproduksi mobil dari yang berukuran kecil hingga menengah. Bahkan pada tahun 2011, Renault merupakan produsen terbesar ketiga di Eropa. Bahkan Renault juga diketahui sebagai pelopor mobil MPV dengan memproduksi Renault Espace di tahun 1987. 

Dengan pengalaman internasional selama 120 tahun, Renault telah menjadi salah satu aliansu otomotif terbesar di dunia. Bahkan Renault juga aktif di ajang motorsport F1 semenjak tahun 1977. Renault masuk baik sebagai peserta ataupun pemasok untuk mesin mobil F1 peserta lain.

Sejarah Renault Triber

Berdasarkan data Otoloka, pada akhirnya tahun 2019, tepatnya 21 januari 2019, Renault Asia Pacific secara resmi menunjuk Nusantara Maxindo Group sebagai mitra baru untuk membangun bisnis di Indonesia. Per tanggal 24 februari 2019, Nusantara Maxindo Group melalui perusahaannya, PT. Maxindo Renault Indonesia, secara resmi memiliki hak impor, pemasaran, distribusi dan pengelolaan produk juga layanan purna jual dari merek Renault di Indonesia.

Pasar otomotif yang dinamis pada akhirnya membuat Renault terus melahirkan inovasi-inovasi baru bagi produknya. Salah satunya adalaha seri MPV Renault Triber. Melanjutkan kesuksesannya, pada bulan Juni tahun 2019, Renault mengeluarkan seri baru MPV, Renault Triber. 

Diproduksi di anak perusahaannya di India, Renault India, Renault Triber diperkenalkan pertama kali pada 19 Juni 2019 di India. Setelah itu lewat distributor resmi Renault di Indonesia, PT Maxindo Renault Indonesia, Renault Tribe diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Juli tahun 2019. 

Ditampilkan pertama kali di GIIAS ke 27, pada tanggal delapan belas hingga dua puluh delapan Juli 2019, membuat Renault menerima 1.033 pemesanan Renault Triber pada saat pameran. Kemudian baru dikirimkan kepada pelanggan pada Maret tahun 2020. Kemudian pada Februari tahun 2020, Renault Triber dikenalkan pada pasar Afrika Selatan. 

Eksterior Renault Triber

Walaupun persaingan mobil MPV sangat ketat, tapi Renault percaya kalau Renault Triber dapat diterima pasar Indonesia. Semua itu karena fitur yang disediakan sampai harga yang ditawarkan Renault Triber sangat bisa diterima pangsa pasar Indonesia. Dibanderol mulai harga 133 juta rupiah, Renault Triber menjadi salah satu mobil MPV yang cukup bisa diperhitungkan. Bahkan sejak awal Juni 2020, Renault Andalan Bandung sudah melepas 10 unit Triber seri RXZ MT.

Dirancang dengan tampilan faux-crossover, membuat mobil ini terlihat seperti SUV. Hal ini membuat Renault Tribe memiliki posisi mengemudi yang tinggi. Ditambah lagi ground clearance yang setinggi 182 milimeter dan juga SUV Skid Plates, membuat Renault Triber menjadi lebih aman dan juga nyaman untuk melewati jalanan yang tidak rata atau malah polisi tidur. 

Interior Renault Triber, Kelengkapan Fitur

Menurut Laurens Van Den Acker, desainer Renault, Renault Tribe menawarkan tempat duduk tiga baris dengan panjang nyaris empat meter (3999 milimeter). Dengan efisiensi kap mesin dan ruang mesin. Bahkan untuk segmennya, Renault Tribe termasuk mobil yang cukup luas dengan lebar 1,7 meter. Ukuran tersebut dipakai untuk memaksimalkan ruang kabin, terutama untuk kenyamanan baris kedua yang memuat tiga orang. Dengan memperpanjang jarak wheelbase hingga 2,6 meter dan mengurangi overhang, membuat ruang kabin menjadi lebih luas. 

Laurens van Den Acker juga menambahkan, bahwa bagian tersulit dari pengembangan Triber ini ada pada cara memaksimalkan ruang kepala pada penumpang di baris ketiga. Biasanya ruang tersebut digunakan untuk mekanisme engsel pintu palka belakang. Dengan menaikkan bagian belakang atap, memungkinkan lebih banyak ruang kepala dan juga pemasangan blower AC di atap. Pada akhirnya semua mekanisme itu membuat ketinggian mobil menjadi 1,6 meter tanpa memperhitungkan roof rails.

Dengan klaim mobil irit bahan bakar mesin, Renault Triber memiliki fitur yang cukup banyak. Seperti engine strat-stop button, fitur empat titik airg, dan blower AC pada baris ketiga. Interiornya memiliki skema warna dual-tone dan juga ada layar LCD tiga setengah inchi maupun sistem layar sentuh 8 inchi. Jauh lebih besar daripada Renault Kwid, Lodgy, ataupun Duster yang hanya memiliki ukuran 7 inchi. Sistem infotainmennya menampilkan Apple Car Play dan juga Android Auto. Juga termasuk beberapa sistem cerdas untuk mengetahui gaya mengemudi dan juga informasi konsumsi bahan bakar untuk gaya mengemudi pengendara. 

Baris kedua Renault Triber dilengkapi dengan fungsi reclining dan juga split folding. Sedangkan baris ketiga juga memiliki fungsi split folding. Hal ini berfungsi untuk menambah kapasitas bagasi. Dimana dengan kondisi tujuh tempat duduk, kapasitas bagasinya berjumlah 84 liter. Sedangkan untuk posisi enam tempat duduk, meningkat hingga 320 liter, bahkan mencapai 625 liter untuk kondisi lima tempat duduk. Walaupun bisa dibebaskan untuk menambah kapasitas bagasi, terdapat ventilasi AC, sandaran tangan, bahkan soket pengisian daya pada baris ketiga. 

Renault Triber juga dilengkapi 4 air bag pada panel dashboarnya. Masing-masing diperuntukkan bagi pengemudi, penumpang depan dan juga penumpang belakang . terdapat juga ABS, sensor parkir belakang dan kamera untuk parkir mundur. Bentuk unik dari wheel dop dirancang supaya terlihat seperti velg racing. Semua karena wheel dop-nya yang dilapisi dengan warna gun metal dan dibuat sedemikian rupa.

Spesifikasi dan Performa Mesin

Sama seperti pendahulunya, Renault Kwid, Renault Triber dibangun dengan platform CMF-A dengan pengembangan dari body RBC. Walaupun termasuk platform CMF-A, suku cadang dari Renault Tribe sembilan puluh persen merupakan suku cadang baru. Yang artinya tidak digunakan bersamaan dengan kendaraan Renault dan juga aliansi kemitraannya, Nissan. Hal ini disebabkan karena Renault merupakan mobil yang lebih besar dan juga lebih lebar dalam jenis CMF-A.

Renault Triber hadir dalam pilihan mesin berbahan bakar bensin. Walaupun sama-sama memiliki spesifikasi mesin bensin tiga silinder seperti Renault Kwid, tapi mesin Renault Triber mengalami proses upgrade. Dengan kapasitas tangki bensin sebesar empat puluh liter, Renault Triber menggunakan mesin bensin tiga silinder satu liter. Renault Triber se4ndiri tersedia dengan transmisi Manual dan otomatis. Dengan transmisi manual lima kecepatan dan gearbox manual lima kecepatan otomatis, mesin Renault Triber menghasilkan power sebesar 72 ps pada 6,250 rpm dan torsi sebesar 96 Nm. 

Dengan semua spesifikasi tersebut, renault Triber siap bersaing dengan berbagai jenis mobil dengan harga di bawah 200 juta rupiah. Bahkan secara fitur, Renault Triber mampu bersaing dengan MPV bawah (LMPV) seperti milik Honda Mobilio, Suzuki Ertiga atau juga Toyota Avanza. Total 6 varian yang ditawarkan Renault Triber dimana 4 varian bertransmisi manual dan 2 varian dengan transmisi Automated Manual Transmision (AMT). Harga yang ditawarkan OTR Jakarta dimuai dari 133 juta rupiah untuk Renault Triber RXE M/T.

Renault Triber RXE M/T IDR   133,000,000
Renault Triber RXL M/T IDR   149,000,000
Renault Triber RXT M/T IDR   157,000,000
Renault Triber RXZ M/T IDR   164,000,000
Renault Triber RXT A/T IDR   164,000,000
Renault Triber RXZ A/T IDR   169,900,000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya