• Home>
  • Review>
  • Review Daihatsu Rocky: SUV Lawas yang Hidup Kembali Menjadi Modern
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Daihatsu Rocky: SUV Lawas yang Hidup Kembali Menjadi Modern

Dilihat 400
Adit
5 Okt 2020, 23:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Daihatsu Rocky

Otoloka.id - Daihatsu merupakan brand mobil yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Brand yang dikeluarkannya pun sesuai dengan budget dan kebutuhan bagi penggunanya. Termasuk untuk tipe Daihatsu Rocky, yang merupakan produk dari brand Daihatsu yang pertama kali diluncurkan pada era 80 sampai 90-an dan populer di masa itu.

Kehadiran produk tipe Daihatsu Rocky sangat ditunggu-tunggu oleh peminatnya. Terlebih Daihatsu akan melakukan perubahan total Daihatsu Rocky yang memiliki kesan lawas menjadi lebih modern dan sporty mengikuti tren masa kini.

Daihatsu Rocky melakukan perubahan pada bagian interior, eksterior dan juga fitur-fitur yang mendukungnya. Sehingga tipe Daihatsu ini akan segera tampil di pameran Otomotif GIIAS 2020. Yang akan digelar pada 22 Oktober hingga 1 November 2020, di ICE BSD Tangerang.

Interior Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky memiliki ukuran yang mungil. Namun ukurannya yang mungil tersebut tak membuat kabin dari Daihatsu Rocky menjadi sempit. Interior Daihatsu Rocky lebih membuat penggunanya akan merasakan kenyamanan. Volume ruang interior dari Daihatsu Rocky sebesar 369 liter dalam keadaan kursi berada di posisinya. Tetapi volume tersebut dapat mengembang saat kursi belakang dilipat ke bawah.

Layout interior Daihatsu Rocky bergaya futuristik dengan head unit floating pada bagian tengah. Desain yang cukup unik yaitu posisi tuas transmisi dibuat sedikit ke atas, masih berada di tengah namun lebih naik dan maju mendekati konsol tengah.

Pada bagian interior Daihatsu Rocky terdapat speedometer yang sudah mengusung TFT color LCD berdimensi 7 inci yang memiliki empat pilihan tampilan.

Interior Daihatsu Rocky

Lalu adanya headunit touchscreen berukuran 8.0 inci yang memberikan kenyamanan saat berkemudi sembari menikmati entertaiment seperti musik. Desain dashboard Daihatsu Rocky pun dibalut dengan warna abu-abu dengan aksen alumunium pada ventilasi AC dan roda kemudi memberikan kesan yang semakin sporty. 

Bagian interior jenis Daihatsu ini dilengkapi  tombol untuk pengaturan audio, cruise control, dan penyetelan lainnya yang sudah ada pada bagian setir. Selain memudahkan untuk penggunanya, ini juga meningkatkan keselamatan bagi penggunanya.

Baca Juga: Review Toyota Raize: SUV Compact Pilihan Tepat Saat Ini!

Tampilan dalam mobil Daihatsu Rocky bergaya sederhana dalam balutan warna abu-abu dengan material pembungkus jok dari fabrik. Serta dilengkapi port USB pada setiap jok-nya. Dan interior Daihatsu Rocky ini didominasi material plastik, namun ada beberapa polesan agar tidak membuatnya terkesan murah.

Eksterior Daihatsu Rocky

Yang menarik dari Daihatsu Rocky terlihat pada grill yang lebih kecil dan bumper depan yang berbeda. Grill dibentuk model trapesium yang memiliki dimensi besar dan menggunakan lampu LED serta DRL. Pada bagian bumper terpasang lampu FOG dan DRL yang terpasang secara vertikal untuk meningkatkan tampilan yang makin modis. Lalu untuk meningkatkan keselamatan penggunanya Daihatsu Rocky menggunakan sistem penggerak empat roda opsional yang disebut Dynamic Torque Control 4WD.

Daihatsu Rocky memiliki ukuran sebesar panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.525 mm.

Eksterior Daihatsu Rocky

Bagian eksterior selanjutnya adalah di bagian depan kap mesin juga dipasangkan sebuah deflecta. Deflecta berfungsi untuk mengarahkan aliran angin agar tidak langsung ke arah kaca depan. Selain itu, deflecta juga berfungsi untuk menambahkan aerodinamis dari mobil Daihatsu Rocky ini.

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky

Fitur keselamatan yang dimiliki Daihatsu Rocky berguna untuk meningkatkan keselamatan bagi penggunanya. Dan saat ini Daihatsu Rocky memiliki fitur keselamatan preventif yang diberi nama ‘Next Generation Smart Assist’. Tak main-main, fitur ini menyediakan total sebanyak 17 fungsi.

  • Adaptive Cruise Control (ACC)

Fungsi fitur ini mampu menggerakkan mobil berjalan sendiri tanpa perlu menginjak gas. Bedanya pada Daihatsu Rocky, mobil akan berjalan mengikuti kecepatan yang telah ditentukan oleh pengemudi secara konstan. Dengan adanya fitur ini pengguna mobil Daihatsu Rocky akan mengurangi kekhawatirannya saat mengemudi. Karena kecepatan mobil akan terkendali secara otomatis oleh sistem.

  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Fitur ini dapat mendeteksi kendaraan lain di sekitar kita, terutama pada bagian belakang mobil kita. RCTA (Rear Cross Traffic Alert) berfungsi saat ingin keluar secara mundur dari parkiran. Terdapat sensor dan peringatan berupa lampu indikator di spion dan bunyi jika ada mobil di belakangnya. Hal ini akan mengurangi resiko pengguna Daihatsu Rocky mengalami kecelakaan berupa tabrakan. 

Fitur RCTA Daihatsu Rocky

                                                              Gambar: Fitur RCTA Daihatsu Rocky

  • Lane Keep Control (LKC)

Lane Keep Control (LKC) adalah berupa fitur yang digunakan agar mobil tetap berada di jalurnya. Terutama pada jalan tol dan jalan yang kondisi yang bagus. Saat kelajuan mobil diatas 60 kpj, fitur ini akan membuat setir beroperasi secara otomatis. Pada saat posisi mobil keluar atau menjauh dari jalur, pengemudi Daihatsu Rocky akan menerima peringatan berupa suara serta terdapat sistem yang menginformasikan lewat layar display serta memberikan sedikit gerakan pada setir untuk mengembalikan mobil kembali pada jalurnya.

  • Blind Spot Monitor (BSM)

Fitur keselamatan dari Daihatsu Rocky selanjutnya dengan adanya Blind Spot Monitor (BSM). Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi kendaraan yang berjalan di area blind spot, di jalur yang berdekatan atau mendekati area blind spot dari kendaraan. Dan sangat berguna saat pengemudi ingin berbelok atau berpindah jalur. 

  • Smart Panorama Parking Assist 

Bagi anda yang memiliki kesulitan dalam melakukan parkir, dengan menggunakan mobil ini tak perlu lagi khawatir saat mau parkir mobilnya. Karena fitur Smart Panorama Parking Assist akan membantu saat pengemudi melakukan parkir tak perlu memegang setir, sebab setir akan berputar secara otomatis mengikuti arahan sistem. Tugas pengguna Daihatsu Rocky cukup mengatur kecepatan mobil dengan gas dan rem, yang bisa disesuaikan dengan panduan suara dan gambar dari layar display. Dan fitur ini akan mendeteksi garis putih yang ada di parkiran, untuk masuk ke dalam slot parkiran biasa maupun parkir paralel.

  • The Erreneous Start Prevention Function with Braking Control

Pada fitur keselamatan The Erreneous Start Prevention Function with Braking Control akan sangat berfungsi untuk mengurangi resiko kecelakaan yang dilakukan karena kesalahan saat menginjak padal gas. Dengan dilengkapi berupa sensor sonar yang akan mendeteksi jarak objek yang ada didepan ataupun belakang mobil ini. 

Modifikasi MID daihatsu rocky Gambar: Smart Assist Daihatsu Rocky

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky

Setelah membahas tentang interior, eksterior serta fitur-fitur yang melengkapi Daihatsu Rocky. Perlu  kita ketahui juga kelebihan dan kekurangan dari tipe mobil ini. Tentunya hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi kita untuk memiliki tipe Daihatsu Rocky.

Kelebihan Daihatsu Rocky yang pertama adalah memiliki fitur keselamatan yang lengkap seperti yang kita bahas sebelumnya. Fitur keselamatan yang dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan serta memudahkan penggunanya saat mengemudi. Lalu mobil ini masih dapat menggunakan bahan bakar solar. Serta memiliki performa yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Serta memiliki kabin yang luas dan tidak sempit sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Baca Juga: Review Daihatsu Luxio: MPV Minibus Andalan Keluarga

Namun kekurangan dari Daihatsu Rocky terdapat pada akselerasi yang lamban meskipun menggunakan mesin yang sudah besar. Lalu harga dari Daihatsu Rocky ini juga terbilang mahal kisaran dimulai 200juta rupiah. 

Meskipun demikian, Daihatsu Rocky tetap menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang menyukai mobil yang berupa jip, tentunya. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya