• Home>
  • Review>
  • Review Honda Mobilio: Mobil Ekonomis Keluarga Berkabin Luas
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Honda Mobilio: Mobil Ekonomis Keluarga Berkabin Luas

Dilihat 1102
Eza Fadil
2 Sep 2020, 09:12
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Honda Mobilio mulai dikenalkan di Indonesia sebagai Low MPV (Multipurpose Vehicle) pada tahun 2013, dibuat untuk segmen kalangan keluarga kecil dan kelas menengah yang menginginkan kendaraan dengan harga yang aman di kantong, irit bahan bakar serta memiliki kabin luas dan nyaman.

Keuntungan ini masih ditambah lagi dengan desain mobil yang keren dan sporty, fitur yang berlimpah, serta bisa memenuhi fungsi sebagai kendaraan sehari-hari sehingga menjadikannya sebagai mobil paling diminati oleh keluarga Indonesia.

Saat pertama kemunculannya, Honda Mobilio diproduksi dalam beberapa tipe yaitu S, E, E CVT dan E Prestige. Dalam perkembangannya kemudian, Honda memproduksi Mobilio dengan desain yang lebih sporty dan ditawarkan dalam beberapa tipe mulai dari RS, RS CVT, dan RS CVT Limited Edition.

Spesifikasi Mesin Honda Mobilio

Mobilio dibekali dengan mesin berkapasitas 1500 cc, SOHC, 4 silinder segaris dengan 16 katup i-VTEC dan DBW. Suplai bahan bakar yang digunakan adalah PGM-FI sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS (87 kW) di 6.600 rpm dengan torsi maksimum hingga 14,8 kgm (145nM) pada 4.600 rpm.

Mesin Honda Mobilio

Dengan tenaga dan torsi sebesar ini, Honda Mobilio menjadi kendaraan yang paling tangguh dibandingkan Low MPV lain seperti Toyota Avanza Veloz, Nissan Grand Livina, dan Mitsubishi Expander. 

Tidak hanya bertenaga besar, Mobilio juga unggul dalam hal konsumsi bahan bakar. Sistem PGM-FImenjadikan mobil ini sebagai Low MPV berbahan bakar irit. Tercatat penggunaan bahan bakar sebanyak 14,8 km/l untuk pemakaian dalam kota dan 18,9 km/l untuk jalur tol. 

Eksterior Honda Mobilio, Desain Modern dan Sporty 

Desain eksterior Honda Mobilio dirancang sedemikian rupa sehingga berkesan sporty, futuristik, dan dinamis. Memiliki ukuran panjang 4.386mm dan lebar 1.683mm menjadikannya cocok dipakai sebagai mobil keluarga karena kabinnya yang luas. Ground clearance sebesar 189mm masih terasa aman dan nyaman saat harus melewati jalanan yang rusak. 

Eksterior Honda Mobilio

Kesan sporty yang diusung Mobilio tipe terbaru tampak pada grill tebal bernuansa krom dengan desain lampu yang pipih. Lampu utama untuk semua tipe telah menggunakan teknologi proyektor disertai LED Daytime Running Light yang sangat berguna saat mengemudi di malam hari.

Pada Honda Mobilio tipe terbaru, bagian depan dan belakang bumper diberi tambahan under spoiler. Side under spoiler disematkan juga di bagian pintu sehingga menambah kesan modern dan sporty. 

Kesan mewah tampak pada bagian belakang eksterior dengan adanya lis krom yang mengapit logo Honda. Khusus untuk tipe RS terdapat sentuhan smoke rear combi lamp dan antena yang terpasang di bagian atapnya menggunakan model shark fin yang berkesan modern.

Interior Honda Mobilio, Kabin Luas dan Nyaman 

Karena peruntukannya sebagai mobil keluarga maka interior mobil Honda Mobilio telah dirancang senyaman mungkin. Semua tipe mobil memiliki AC double blower yang dikendalikan secara digital. Jok mobil didesain sedemikian rupa sehingga membuat penumpangnya merasa nyaman meski sedang menempuh perjalanan jauh.

Untuk sistem entertainment, dasbor Mobilio telah dilengkapi Audio Video Touchscreen dengan layar selebar 6,2 inci dan Double Din AM/FM Single Disc MP3/WMA + USB Port + Aux Input + iPod/iPhone. Pada Mobilio tipe terbaru, layarnya lebih lebar yaitu 6,8 inci dengan tambahan fitur koneksi Bluetooth. 

Terdapat display meter pada dasbor Honda Mobilio yang meliputi kecepatan, RPM, dan transmisi. Pengemudi dengan mudah dapat melihat pengukuran kecepatan dari arah kursinya. Selain itu terdapat juga display yang menampilkan indikator konsumsi bahan bakar serta jarak yang telah ditempuh. 

Honda Mobilio memiliki bagasi yang cukup luas. Tanpa perlu melipat kursi penumpang di deretan belakang, anda masih bisa menempatkan koper atau beberapa barang lain di sana. Jok penumpang di baris kedua sangat mudah dilipat sehingga memudahkan keluar-masuknya penumpang di baris ketiga. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan Honda Mobilio

Fitur Keselamatan Honda Mobilio

Demi meningkatkan rasa aman saat berkendara, Honda melengkapi fitur keamanan dan keselamatan pada Mobilio. Adapun fitur yang tersedia adalah:

1. Airbag penumpang depan
Airbag ini berfungsi untuk mencegah benturan antara kepala dengan kemudi, atau bahkan dengan kaca depan saat mengalami kecelakaan.

2. Child Safety Lock
Child Safety Lock berfungsi untuk membuat pintu tidak terbuka saat tuas pegangan pintu dibuka dari dalam, walaupun mobil keadaan tidak terkunci. Fitur pengaman ini menghindari pintu terbuka secara tiba-tiba ketika anak kecil memainkan tuas pembuka saat mobil berjalan atau diam.

3. ABS (Antilock Bracking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution)
Sistem ABS mengadopsi teknologi serupa yang dimiliki oleh pesawat terbang. ABS merupakan sistem pengereman yang dimiliki Mobilio agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak. 

Adapun EBD berfungsi untuk mengatur tekanan minyak rem di tiap roda. Pengaturan ini sangat tergantung dari grip (cengkeraman) roda terhadap jalan. EBD sangat berguna saat menghadapi medan jalanan yang berkelok-kelok atau saat kondisi permukaan jalan yang tidak sama daya cengkeramnya, misalnya licin setelah diguyur hujan.

4. Sabuk Pengaman
Semua tipe Mobilio mempunyai sabuk pengaman di kursi depan dan belakang. Sabuk pengaman untuk penumpang di kursi depan dapat disesuaikan ketinggiannya sehingga bisa disesuaikan dengan postur tubuh penumpang.

5. Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
Terdapat alarm yang akan memberikan peringatan apabila penumpang di kursi depan lalai menggunakan sabuk pengamannya.

6. Pengingat Pintu Terbuka
Lampu di dalam kabin akan terus menyala saat pintu mobil terbuka. Lampu akan tetap menyala ketika penumpang tidak menutup pintu dengan baik dan rapat.

7. Engine Check Warning
Lampu indikator yang menyala memberi sinyal para pengemudi untuk menghentikan mobil dan segera memeriksa kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi. 

8. Fitur keamanan lain
Crash sensor dan pelindung benturan depan dan samping

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Sebagaimana layaknya buatan manusia, tentu terdapat kelebihan kekurangan yang dimiliki oleh Honda Mobilio. Mobil ini mempunyai kelebihan pada kabinnya yang lega, bagasinya yang luas, serta eksteriornya yang keren. Sistem handlingnya sangat baik, body roll dan feed back setir masih lebih baik dibanding mobil-mobil sekelasnya.

Dibesut dengan mesin 1.500 cc L15Z1 yang bertenaga 118 Hp, tenaga yang dimiliki oleh Honda Mobilio lebih kecil 2 Hp dibandingkan dengan Honda Jazz. Namun sebenarnya pengurangan ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar.

Kekurangan Mobilio terutama terdapat pada pengerjaan desain interiornya yang terkesan apa adanya. Beberapa sambungan bodi, dasbor, dan bagian-bagian lain sering tampak tidak presisi. Suspensi kendaraan kaku dan sangat terasa saat melewati jalan yang bergelombang.

Harga Terbaru Honda Mobilio

Mengusung kelebihan dari Honda Mobilio, berikut daftar harga terbaru untuk tiap-tiap tipe yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan:
1. New Honda Mobilio S/MT harga mulai dari Rp. 203.400.000,00
2. New Honda Mobilio E/MT harga mulai dari Rp. 224.400.000,00
3. New Honda Mobilio E CVT harga mulai dari Rp. 235.800.000,00  

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya