• Home>
  • Review>
  • Review Hyundai Kona: Sasar Konsumen Muda dengan Desain Stylish
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Hyundai Kona: Sasar Konsumen Muda dengan Desain Stylish

Dilihat 374
Yogi Pratama
6 Nov 2020, 07:04
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Hyundai Kona

Otoloka.id - Masih ingat dengan nama Hyundai Kona? Salah satu model mobil SUV pabrikan Hyundai ini telah meluncurkan generasi terbarunya pada akhir tahun 2017 lalu. Di segmen yang sama, mobil ini dianggap sebagai salah satu pesaing langsung dari Nissan Juke. 

Hyundai memang telah menyematkan desain yang terkesan sporty dan elegan pada Hyundai Kona untuk menyasar konsumen dengan segmen usia yang lebih muda. Bukan itu saja, pada mobil ini juga sudah disematkan beberapa fitur canggih. Tidak heran jika banderol harga mobil yang satu ini bisa dibilang cukup mahal.

Selain memiliki desain yang tidak hanya sporty, elegan, tetapi juga modern dan stylish, mobil ini juga dibekali dengan performa mesin yang mumpuni. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin 1,6 liter yang dilengkapi dengan turbo dan sudah menggunakan sistem Fuel Injection. 

Sistem yang satu ini tidak hanya memungkinkan mesin Hyundai Kona menjadi lebih bertenaga, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga mobil menjadi lebih irit dan ramah lingkungan.

Tentu kelebihan Hyundai Kona tidak berhenti sampai disitu saja. Masih ada kelebihan lainnya dari mobil ini yang menarik untuk dibahas. Makanya, kali ini kita akan membahas tentang Hyundai Kona melalui review berikut ini.

Spesifikasi Hyundai Kona

Hyundai Kona sebenarnya memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda ukurannya dengan salah satu model mobil dari pabrik yang sama, yakni Hyundai Tucson. Tetapi, Hyundai Kona memang lebih kecil ukurannya. 

Hyundai KonaMobil SUV asal Korea Selatan ini memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.565 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya memiliki ukuran 2.600 mm, dan Ground Clearance-nya 170 mm. Ground clearance-nya ini bisa dibilang cukup tinggi, memungkinkan mobil ini untuk melewati jalanan bergelombang tanpa hambatan.

Kemudian untuk menunjang pengendaraan yang lebih nyaman, mobil ini dilengkapi dengan sistem suspensi dan rem yang cukup mumpuni. Suspensi depan dan belakangnya masing-masing menggunakan suspensi MacPherson Strut Gas Type dan Couple Torsion Beam Axle. Sedangkan rem depan dan belakangnya menggunakan ventilated Disc Brake dan Solid Disc Brake.

Baca Juga: Wajah Baru Hyundai Kona Facelift, Makin Ganteng dan Lebih Bertenaga

Untuk menopang bodinya, Hyundai menggunakan ban berukuran cukup besar, yakni dengan ukuran 215/55 R17. Ban besarnya ini ditunjang dengan velg yang kokoh, karena dibuat dengan material Alloy Wheels.

Dimensi Hyundai Kona

Panjang

4.165 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.565 mm

Wheelbase

2.600 mm

Ground Clearance

170 mm

Kaki-kaki Hyundai Kona

Ukuran Ban

215/55 R17

Material Velg

Alloy Wheels

Suspensi dan Rem Hyundai Kona

Suspensi Depan

MacPerson Strut Gas Type

Suspensi Belakang

Couple Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Mesin Hyundai Kona

Hyundai Kona tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Hyundai Kona Single Tone dan Hyundai Kona Dual Tone. Namun kedua varian ini menggendong mesin yang sama.

Hyundai membekali Hyundai Kona dengan mesin 4 silinder dengan tipe mesin NU 2.0 MPI Atkinson. Mesin dengan kapasitas 2,0 liter (1.999 cc) ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan Shiftronic. 

Soal tenaganya, tidak bisa diremehkan. Meskipun mobil ini hanya menggunakan mesin dengan kapasitas 2,0 liter, tetapi tenaga yang dihasilkan bisa dibilang cukup mumpuni. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 149 PS pada putaran mesin 6.200 rpm, sementara torsi yang dihasilkannya bisa mencapai 18,3 kgm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Trajet

Tenaga dan torsi yang dihasilkannya ini kemudian disalurkan menggunakan sistem penggerak Front Wheel Drive. Soal kapasitas tangkinya, konsumen juga tidak perlu khawatir harus sering-sering berhenti di pom bensin saat berkendara dengan jarak yang jauh, karena mobil ini memiliki kapasitas tangki sebesar 50 liter.

Mesin Hyundai Kona

Tipe Mesin

4 Silinder NU 2.0 MPI Atkinson

Kapasitas

2,0 Liter (1.999 cc) 

Power Output

149 PS @ 6.200 rpm

Torsi

18,3 kgm @ 4.500 rpm

Transmisi

Otomatis 6 Percepatan Shifttronic

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive 

Kapasitas Tangki

50 Liter

Eksterior Hyundai Kona

Hyundai Kona memang memiliki desain eksterior yang cukup unik dan menghadirkan kesan yang sedikit berbeda dibanding SUV kebanyakan. Mobil ini menggunakan konsep desain yang modern, tetapi tetap elegan, serta dengan sedikit kesan futuristik.

Eksterior Hyundai Kona

Pada bagian wajah Hyundai Kona, terlihat jelas penggunaan headlamp berdesain lancip yang sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Penggunaan lampu depan ini tidak hanya menambah kesan elegan pada mobil, tetapi juga memberikan pencahayaan yang lebih optimal, terlebih ketika kita berkendara pada malam hari.

Di bagian depannya ini juga bisa kita lihat penggunaan grille hexagonal berukuran besar dengan logo Hyundai di bagian tengahnya. Kemudian untuk bagian sampingnya, terdapat garis lekukan tajam yang memanjang dari bagian depan mobil hingga ke stop lamp untuk memberikan kesan dinamis pada mobil. Lalu pada bagian belakangnya, Hyundai Kona menggunakan stop lamp dengan desain yang modern dan tampak futuristik.

Interior Hyundai Kona

Bagian interior Hyundai Kona kental dengan kesan elegan. Mobil ini memiliki kabin yang cukup leluasa, sehingga para penumpangnya bisa tetap nyaman meskipun harus berkendara cukup lama. 

Berbagai fitur canggih juga turut disematkan pada bagian interior Hyundai Kona ini. Salah satu yang paling utama ialah head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan tombol navigasi. Selain itu, head unit ini juga memiliki fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Para penumpang pun tidak perlu khawatir tentang baterai smartphone yang habis, karena mobil ini dilengkapi dengan fitur wireless charging. Ada pula fitur WiFi 4G pada mobil ini.

Lalu untuk joknya, Hyundai Kona memiliki jok dengan material berkualitas tinggi. Hal ini tentu akan dapat menjamin kenyamanan yang lebih bagi para penumpangnya. Pada bagian atap mobilnya, Hyundai Kona juga menambahkan panel layar selebar 8 inci sebagai sarana hiburan.

Fitur Hyundai Kona

Jika pada bagian interior sudah kita bahas sedikit tentang fitur hiburan Hyundai Kona, maka sekarang kita akan beralih membahas tentang fitur keselamatannya. Hyundai Kona memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap di kelasnya.

Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dibekali dengan sistem pengereman Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Sensor Parkir, serta Rearview Camera. Selain itu, mobil ini juga dibekali fitur Uphill & Downhill Assist Control, serta Vehicle Stability Control System.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, Hyundai Kona juga tidak kalah lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan total 6 airbags system yang tersebar di seluruh bagian mobil untuk memberikan keamanan ekstra pada penumpang dan pengendara. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki fitur ISOFIX untuk keselamatan penumpang anak-anak. Sementara itu, untuk fitur keamanan standarnya pada Hyundai Kona ini telah disematkan sistem alarm dan Engine Immobilizer.

Harga Hyundai Kona

- Hyundai Kona 2.0 AT Single Tone Rp389.000.000

- Hyundai Kona 2.0 AT Two Tone Rp393.000.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya