OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Hyundai Tucson 2020: Dapat Facelift Setelah Empat Tahun Lamanya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Hyundai Tucson 2020: Dapat Facelift Setelah Empat Tahun Lamanya

Dilihat 612
Yogi Pratama
6 Nov 2020, 08:14
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Hyundai Tucson

Otoloka.id - Hyundai Tucson 2020 merupakan salah satu mobil pabrikan Korea Selatan yang masuk ke dalam segmen Medium SUV. Generasi ketiganya sendiri sudah diperkenalkan pada tahun 2016 lalu. Hyundai akhirnya memutuskan untuk melakukan facelift pada mobil ini di tahun 2020 dengan memberikan beberapa ubahan dan fitur terbaru. 

Hyundai Tucson sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 2001 dan mulai dipasarkan pada tahun 2002 silam. Menariknya, nama Hyundai Tucson ini ternyata diambil dari nama salah satu kota yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Generasi pertama Hyundai Tucson menggunakan basis dari Kia Sportage.

Kemudian, generasi kedua Hyundai Tucson pun diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 2009, tepatnya dalam ajang Frankfurt Motor Show. Sedangkan untuk generasi terbarunya kali ini merupakan generasi keempat yang mendapatkan penyegaran alias facelift setelah empat tahun lamanya.

Sayangnya, facelift yang diberikan Hyundai untuk generasi keempatnya ini juga harus dibarengi dengan pemberhentian varian XG yang ada pada generasi sebelumnya. Karena itu, di Indonesia hanya akan dipasarkan varian GLS, tetapi dengan dua pilihan mesin. Nah, daripada semakin penasaran, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Spesifikasi Hyundai Tucson 2020

Dilihat dari dimensinya, Hyundai Tucson memang tidak memiliki perubahan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil ini memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.660 mm, serta wheelbase 2.670 mm. Dimensi yang dimiliki mobil ini bisa dibilang cukup ramping, sehingga mobil ini pun cocok dijadikan kendaraan harian di perkotaan.

Hyundai Tucson 2020

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik, Hyundai juga menyematkan sistem suspensi dan rem yang cukup baik pada mobil ini. Suspensi depannya sudah menggunakan MacPherson Strut, sementara suspensi belakangnya menggunakan Multi Link. Kemudian untuk rem depan dan belakangnya, Hyundai Tucson menggunakan Ventilated Disc Brake dan Disc Brake.

Sedangkan untuk mendukung bodinya yang besar, Hyundai menyematkan ban dengan ukuran 225/60 R17 pada mobil ini. Ban ini memiliki velg yang dibuat dengan material Alloy Wheels yang dinilai membuatnya lebih kuat.

Dimensi Hyundai Tucson

Panjang

4.475 mm

Lebar

1.850 mm

Tinggi

1.660 mm

Wheelbase

2.670 mm

Kaki-kaki Hyundai Tucson

Ukuran Ban

225/60 R17

Material Velg

Alloy Wheel

Suspensi dan Rem Hyundai Tucson

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Mesin Hyundai Tucson 2020

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Hyundai Tucson 2020 ini menawarkan dua pilihan mesin yang berbeda, yakni mesin bensin dan diesel. Kedua mesinnya ini sama-sama menggunakan mesin dengan kapasitas 2,0 liter atau 1.999 cc.

Untuk mesin bensinnya, Hyundai Tucson 2020 menggunakan mesin 4 silinder dengan tipe NU 2.0 L, sedangkan mesin dieselnya menggunakan mesin 4 silinder bertipe R 2.0 L. Baik mesin bensin maupun diesel, keduanya dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan.

Lalu bicara soal tenaganya sendiri, mesin bensinnya menghasilkan tenaga yang lebih kecil dibandingkan dengan varian mesin dieselnya. Mesin bensin Hyundai Tucson 2020 bisa menghasilkan tenaga sebesar 157 PS pada putaran 6.200 rpm, sedangkan mesin dieselnya bisa menghasilkan 178 PS pada putaran 4.000 rpm. 

Kemudian untuk torsinya pun sama. Mesin bensinnya hanya bisa menghasilkan torsi maksimal sebesar 192 Nm pada putaran 4.000 rpm, sedangkan mesin dieselnya bisa mencapai 400 Nm pada putaran mesin 1.750 hingga 2.750 rpm.

Untuk sistem penggeraknya, mobil ini menggunakan sistem penggerak Front Wheel Drive. Para konsumennya pun tidak perlu khawatir tentang kapasitas tangkinya, karena baik varian mesin bensin maupun mesin diesel, keduanya memiliki kapasitas tangki 62 Liter.  

Mesin Hyundai Tucson

Tipe Mesin

4 Silinder NU 2.0 L (Bensin)

4 Silinder R 2.0 L (Diesel)

Kapasitas

2,0 Liter (1.999 cc)

Power Output

157 PS @ 6.200 rpm (Bensin)

178 PS @ 4.000 rpm (Diesel)

Torsi

192 Nm @ 4.000 rpm (Bensin)

400 Nm @ 1.750-2.750 rpm (Diesel)

Transmisi

Otomatis 6 Percepatan

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive

Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Kapasitas Tangki

62 Liter

Eksterior Hyundai Tucson 2020

Pada Hyundai Tucson 2020 memang ditemukan beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. Perubahan yang paling signifikan bisa kita lihat langsung pada bagian wajahnya, melalui penggunaan Redesigned Radiator Grille khas Hyundai, serta aksen chrome yang dibuat lebih tipis. 

Eksterior Hyundai Tucson 2020Bagian headlamp Hyundai Tucson 2020 sudah menggunakan teknologi Auto Light Control System. Teknologi ini berfungsi untuk memudahkan pengemudi berkendara pada siang dan malam hari. 

Selain itu, disematkan pula lampu highbeam dengan teknologi LED dan lampu lowbeam dengan teknologi halogen. Desain lampu kabut pada bumper bawah juga mendapatkan tampilan baru, menyatu dengan Daytime Running Light. 

Penambahan aksen chrome juga bisa kita temukan pada handle pintu, door belt line, dan pintu mobilnya. Kemudian spion mobilnya kini sudah dilengkapi fitur folding dengan puddle lamp dan side repeater. 

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat sepasang lampu belakang dengan desain baru yang sukses membuat tampilan Hyundai Tucson 2020 menjadi lebih ramping. Posisi reflektor belakangnya pun dipindahkan ke bagian tengah. 

Interior Hyundai Tucson 2020

Pada bagian interiornya, bisa langsung kita lihat tampilan dashboard dengan desain fascia baru yang menggunakan material karbon. Pada dashboard ini juga bisa kita temukan display audio berukuran 7 inci dengan gaya floating screen. 

Head unit yang dimiliki Hyundai Tucson 2020 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas yang canggih, seperti Android Auto dan Apple CarPlay. Ada juga sebuah TFT LCD Supervision Cluster sebesar 4,2 inci yang berguna untuk menampilkan berbagai informasi penting ketika berkendara. 

Setir yang digunakan pada Hyundai Tucson 2020 ini menggunakan leather wrap steering wheel. Setir barunya ini bisa memberikan genggaman yang lebih mantap bagi para pengemudi ketika berkendara.

Untuk joknya sendiri pun cukup nyaman, karena semua joknya sudah dilapisi dengan material kulit berwarna beige. Ada pula fitur Power Seat Drive 8-Way dengan Lumbar Support untuk mempermudah pengaturan posisi kursi pengmudi ketika berkendara. 

Kabinnya memiliki headroom dan legroom yang cukup leluasa. Barisan keduanya sudah dilengkapi dengan armrest dengan cup-holder untuk menambah kenyamanan. Di barisan belakang ini juga sudah dilengkapi dengan USB Port. 

Fitur Hyundai Tucson 2020

Sekarang mari kita bahas soal fitur yang disematkan pada Hyundai Tucson 2020 ini. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, Hyundai Tucson dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System, serta sensor parkir dan rearview camera.

Fitur Hyundai Tucson 2020

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Hill Descent Control dan Vehicle Stability Control System. Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan sabuk pengaman, dan khusus untuk penumpang di barisan depan, mobil ini menggunakan sabuk pengaman adjustable dan dual airbags.

Selain itu, untuk menunjang keamanan berkendara bagi penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengaturan kursi ISOFIX. Lalu, sebagai fitur keamanan standarnya, mobil ini dibekali dengan alarm dan Engine Immobilizer.

Harga Hyundai Tucson 2020

  • Hyundai Tucson GLS 2.0 Gasoline Rp471.000.000

  • Hyundai Tucson CRDi GLS Rp523.000.000


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya