• Home>
  • Review>
  • Review Interior Kia Seltos, Ternyata Luas dan Nyaman!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Review Interior Kia Seltos, Ternyata Luas dan Nyaman!

Yunita Efendi
4 Des 2021, 15:05
  • Dilihat 4951
  • Suka 0

Otoloka.id - Review interior Kia Seltos merupakan salah satu topik yang menarik untuk kita bahas. Belum lama ini, Kia memang baru meluncurkan model terbaru Seltos dan banyak pecinta otomotif yang kemudian tertarik untuk mencari tahu tentang mobil ini.

Bagian interior Kia Seltos memang diklaim cukup mewah dan nyaman. Para penumpang dijamin akan betah berlama-lama berada di dalam kabinnya ini.

Sebagai informasi, Kia Seltos ini merupakan salah satu model SUV pabrikan Korea Selatan. Mobil yang satu ini dirilis secara global di India pada bulan Agustus tahun 2019 lalu.

Karena mendapat sambutan yang cukup hangat dari para pecinta otomotif, mobil ini pun diboyong ke Indonesia dengan status CBU (Completely Built Up). Di Indonesia, mobil ini secara resmi diluncurkan pada bulan Januari tahun 2020.

Nah, kali ini, kita akan melakukan review interior Kia Seltos. Seberapa mewah, sih, interior mobil SUV yang satu ini?

Sekilas Tentang Kia Seltos

Sebelum kita melakukan review tentang interior Kia Seltos, mari kita kenalan lebih dekat dengan mobil ini terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kia Seltos ini lebih dulu diluncurkan di India sebelum akhirnya dibawa ke Indonesia.

Di India, ternyata ada delapan varian berbeda dari Kia Seltos yang dipasarkan. Ada varian HTE, HTK, HTK+, HTX, HTX+, GTK, GTX, dan GTX+.

Sementara itu, di Indonesia hanya ada tiga varian, yaitu varian E, EX, dan EX+. Belum lama ini, Kia Seltos kembali meluncurkan dua model baru yang melengkapi line-up ini, yaitu model 1.5 CRDi dan GT-Line 1.4 Turbo.

Baca juga: Ternyata Segini Harga Kia Seltos Bekas, Minat Beli?

Di pasar otomotif Indonesia, Kia Seltos bersaing dengan beberapa nama besar. Salah satu pesaing terberatnya adalah Honda HR-V.

Dimensi Kia Seltos

Sekarang mari kita bahas soal dimensinya. Kia Seltos memiliki panjang bodi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm. Sedangkan ukuran wheelbase atau jarak sumbu rodanya adalah 2.610 mm.

Dengan bodinya yang besar dan ukuran jarak sumbu rodanya yang panjang ini, Kia Seltos bisa menghadirkan ruang kabin yang lebih luas. Tapi hal ini akan kita bahas lebih detail pada bagian review interior Kia Seltos.

Kia Seltos memiliki ground clearance setinggi 190 mm, tidak terlalu tinggi untuk ukuran mobil SUV. Selain itu, mobil ini memiliki radius putar 5.300 mm.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, pada Kia Seltos sudah disematkan sistem suspensi yang mumpuni. Mobil ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut dengan Coil Spring untuk bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle dengan Coil Spring untuk bagian belakang.

Varian dan Harga Kia Seltos

Saat ini, ada lima varian Kia Seltos yang secara resmi dipasarkan di Indonesia. Kelima varian Kia Seltos ini dibanderol dengan harga yang berkisar mulai dari Rp 310 jutaan hingga Rp 415 jutaan.

Untuk mengetahui varian dan harga Kia Seltos dengan lebih rinci, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

VARIAN

HARGA

Kia Seltos E

Rp 310.800.000

Kia Seltos EX

Rp 337.200.000

Kia Seltos EX+

Rp 374.000.000

Kia Seltos 1.5 CRDi

Rp 389.000.000

Kia Seltos GT Line 1.4 Turbo

Rp 415.000.000

Mesin Kia Seltos

Satu lagi pembahasan yang tidak boleh ketinggalan sebelum kita membahas tentang review interior Kia Seltos adalah bagian mesinnya. Lima varian Kia Seltos ini memang memiliki konfigurasi mesin yang berbeda-beda.

Baca juga: Kia Goda Pengunjung GIIAS 2021 dengan Tiga Mobil Baru

Untuk varian E, EX dan EX+, mesin yang digunakan ini sama persis, yaitu mesin bensin Kappa G4LD 4 silinder T-GDI dengan Dual CVVT. Mesin ini berkubikasi 1.353 cc atau setara dengan sekitar 1.4L.

Mesin yang digendong Kia Seltos ini hanya dikawinkan dengan transmisi otomatis DCT 7 percepatan. Konfigurasi mesinnya ini bisa menghasilkan keluaran tenaga sebesar 138 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 242 Nm pada putaran 1.500 hingga 3.200 rpm.

Selain itu, kini Kia Seltos juga menyediakan pilihan varian dengan mesin diesel, yaitu 1.5 CRDi. Sesuai dengan namanya, varian ini mengandalkan mesin diesel 4 silinder berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi CRDi.

Mesin diesel ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 115 HP dan torsi 250 Nm. Sistem transmisinya sendiri menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.

Kemudian, varian tertinggi Kia Seltos saat ini adalah varian GT-Line 1.4 Turbo. Pada dasarnya, varian ini menggunakan mesin yang sama dengan varian E, EX, dan EX+, tetapi dilengkapi dengan turbocharger.

Baca juga : Kia Carnival 4-Seater Tampil Super Mewah, Coba Hadang Lexus LM

Kendati demikian, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan dalam hal tenaga maupun torsi dari varian satu ini. Varian GT-Line diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 HP dan torsi 242 Nm.

Review Interior Kia Seltos

Sekarang, kita akan melihat review interior Kia Seltos. Mobil SUV yang satu ini memiliki interior yang kental dengan kesan mewah.

Pada bagian kabinnya ini bisa kita lihat adanya dominasi warna hitam dan penggunaan material kulit di setir mobil dan door trim. Selain itu, ada pula lekukan-lekukan tipis pada bagian dasbor dan sudut-sudut kabin yang menambah kesan sporty.

Untuk setirnya sendiri, Kia Seltos sudah menyematkan beberapa tombol pengaturan praktis. Tombol-tombol ini bisa digunakan untuk melakukan pengaturan volume radio, koneksi telepon, fitur cruise control, serta pengaturan Multi Information Display.

Desain setirnya ini menggunakan model flat bottomed yang unik dan nyaman digenggam. Menariknya lagi, setirnya ini sudah dilengkapi dengan fitur Tilt and Telescopic yang canggih.

Bagi yang masih asing dengan fitur ini, Tilt and Telescopic merupakan fitur yang memungkinkan posisi setir untuk diatur ke atas, bawah, depan, dan belakang agar bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Dengan demikian, pengemudi bisa lebih nyaman ketika berkendara.

Baca juga: Simak Review Lengkap Kia Seltos 2021, Teliti Sebelum Beli!

Jika kita perhatikan, area dasbor Kia Seltos ini menggunakan bahasa desain yang driver oriented. Dasbornya menggunakan desain yang asimetris dan dirancang dengan sudut yang mengarah ke pengemudi.

Sekilas, mungkin kursi-kursi yang disematkan pada mobil ini tampak keras. Tetapi ternyata kursi-kursi yang juga dilapisi dengan material kulit ini cukup nyaman.

Ukuran bodinya yang besar membuat mobil ini bisa menghadirkan leg room dan head room yang leluasa. Penumpang pun tidak perlu khawatir merasa pegal atau kesempitan ketika berada di dalam mobil ini.

Satu lagi yang menarik dari ruang kabin Kia Seltos adalah bagian bagasinya. Kia Seltos diketahui memiliki bagasi yang sangat luas, yaitu 433 liter.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan