OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Kelebihan dan Kekurangan Mazda E2000, MPV Unik Penuh Daya Tarik
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Kelebihan dan Kekurangan Mazda E2000, MPV Unik Penuh Daya Tarik

Dilihat 10127
Arief Yuno
17 Des 2020, 12:10
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

mazda e2000 depan

Otoloka.id - Menjelang pertengahan 90-an hingga 2000-an, saat itu merek Mazda mendapat tempat istimewa di mata keluarga Indonesia. Saat itu hadir sebuah mobil MPV yang diproduksi oleh Mazda yaitu Mazda E2000 yang diposisikan sebagai mobil keluarga yang mewah dan nyaman bagi keluarga di segmen kelas menengah Tanah Air.

Kali ini Otoloka akan membahas kelebihan dan kekurangan Mazda E2000. Apakah masih layak dijadikan mobil keluarga Indonesia atau justru bisa jadi alat transportasi lain?

Sekedar informasi, Mazda E2000 memulai debutnya di Indonesia pada tahun 1996, terdiri dari tipe standar dan terbatas. Mobil ini mengalami penyegaran minor facelift pada tahun 2001, dimana salah satu penambahannya ada pada sistem audio dan dashboard.

Eksterior Mazda E2000

ekterior mazda e2000

Mazda E2000 sebagai mobil keluarga hadir dengan konsep minivan yang hadir tanpa menggunakan kap mesin, hanya memiliki fascia depan berbentuk kerucut agar terlihat modern dan aerodinamis. Tampilan eksterior depan menghadirkan konsep two tone dimana warna silver hadir pada area headlight model klasik yang dipadukan dengan sein.

Lalu fog lamp terpisah di bawah beserta area bumper depan. Uniknya ada pada kaca spion depan, dimana sisi kiri pengemudi dibuat lebih memanjang dengan tambahan spion yang melihat area undercarriage.

Interior Mazda E2000

interior mazda e2000

Interior depan Mazda E2000 memang terasa lebih fungsional. Di bagian dashboard, ada banyak tempat penyimpanan terbuka dan tertutup. Sistem audionya masih single din, dengan kontrol AC di sisi kanan sistem audio. Pendekatan kenyamanan dilakukan dengan menggunakan jok yang bisa disetel maju mundur serta berbaring tegak, didukung konsol tengah untuk cup holder dan sandaran tangan. Tombol power window diletakkan di dekat tuas transmisi, sehingga area pintu dibuat polos dan hanya memiliki pegangan.

Mazda menggunakan konsep konfigurasi jok 2 + 3 + 3, dimana untuk area interior belakang terdapat jok yang bisa ditempati 6 orang dewasa. Menariknya, Mazda menciptakan Mazda E2000 sebagai mobil keluarga yang berfungsi sebagai ruang pertemuan, dengan menyesuaikan jok tengah agar menghadap pengemudi atau menghadap penumpang belakang.

Setiap jok sudah diberi tuas penyesuai kemiringan, dan terdapat sandaran tangan di bagian tengah jok untuk sandaran tangan. Dan di belakang jok belakang, tersedia ruang bagasi yang cukup untuk membawa koper berukuran sedang dan besar.

Fitur Mazda E2000

fitur mazda e2000

Mazda E2000 di era pre-facelift alias produksi di bawah 2000 menggunakan sistem audio single din dengan kemampuan memutar kaset dan radio FM / AM. Selain itu, sistem pendingin dan pemanas di kabin interior belakang dapat diatur melalui tiga tombol putar di sisi kanan yang ditempatkan bersama dengan kotak pendingin, yang merupakan fitur langka pada mobil keluarga pada masanya.

Mesin Mazda E2000

klub mazda e2000

Mesin Mazda E2000 2000 sama seperti minivan kebanyakan, ditempatkan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Mesin yang digunakan memiliki 2.0 liter 4 silinder 8 katup SOHC dengan sistem karburator. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan, sistem penggerak roda belakang dan mampu menghasilkan angka performa 90 ps @ 5000 rpm dan torsi 16 kg.m @ 2500 rpm.

Dari segi handling, mobil ini terbilang cukup positif karena memiliki keistimewaan untuk sebuah mobil pada masanya yaitu power steering. Bantingan suspensi double wishbone (depan) dengan kekokohan monocoque, memungkinkan pengendaraan yang lebih nyaman.

Kelebihan Mazda E2000

mazda e2000 belakang

Keunggulan Mazda E2000 adalah kenyamanan penumpang terutama penumpang belakang. Selain jok, suspensi mobil ini juga dikenal empuk dan empuk. Fitur yang diberikan mobil ini terlalu gelap di kelasnya. Fitur-fitur tersebut masih belum umum pada MPV masa kini, seperti jok tengah yang bisa berputar, penempatan AC hingga baris ke-3, dan kotak pendingin.

Kabinnya juga terasa sangat lega karena bentuk boksnya tapi ukuran keseluruhannya tidak terlalu besar karena mesinnya diletakkan di bawah jok depan sehingga tidak perlu kap mesin. Akses keluar masuk penumpang juga sangat mudah dengan adanya pintu geser. Meski kaya fitur dan nyaman, namun harga mobil ini sempat turun sedikit sehingga 30 hingga 50 juta sudah bisa membawa pulang mobil ini tergantung kondisinya.

·         Bodi monokok didukung suspensi yang nyaman

·         Fleksibilitas kabin untuk membawa keluarga hingga 8 penumpang

·         Harga mobil bekas semakin terjangkau

Kekurangan Mazda E2000

Kelemahan Mazda E2000 terletak pada penempatan mesin di bawah jok pengemudi sehingga panas mesin rawan masuk ke kabin saat peredam kurang. Meski bagian depan sudah dilengkapi power window, penumpang belakang tetap mengandalkan sliding windows untuk membuka jendela. Mesin karburator 2000cc terasa kurang bertenaga untuk mengusung bodi berat Mazda E2000, yang pada akhirnya membuat konsumsi bensin bisa dibilang boros.

Rata-rata pemakaian dalam kota berkisar antara 1: 6 sampai 1: 7 tergantung kondisi mesin. Suku cadang mobil ini juga agak sulit ditemukan, apalagi Mazda E2000 keluar di era Mazda dan masih dipegang oleh Indomobil. Karena masih di era Indomobil, ATPM Mazda saat ini kerap menolak mobil ini meski bermerek Mazda.

·         Bensin boros dengan teknologi mesin masih karburator

·         Panas mesin bisa masuk ke interior depan saat heat sink tidak dalam kondisi baik

Spesifikasi Mazda E2000

Mesin Mazda E2000

Tipe Mesin

2.0 liter 4-cyl, Inline, SOHC

Kapasitas

1998 cc

Tenaga

90 PS @ 5000 rpm

Torsi

16 kg.m @ 2500 rpm

Dimensi Mazda E2000 2000

Panjang x Lebar x Tinggi

4330 mm x 1645 mm x 1930 mm

Wheelbase

2220 mm

Ground Clearance

165 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Mazda E2000 2000

Transmisi

5-percepatan Manual

Penggerak

Rear Wheel Drive

Bodi

Monokok

Suspensi (Depan/Belakang)

Double Wishbone, Torsion Bar Spring / Axle Type, Semi Elliptical Leaf Spring

Ban

175/70 R14

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya