OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Kelebihan Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid, Mobil Dinas Baru Para Menteri
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Kelebihan Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid, Mobil Dinas Baru Para Menteri

Dilihat 226
Wahyu Nugroho
1 Okt 2020, 23:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Crown

Otoloka.id - Toyota khususnya dari keluarga Crown kembali mendapat kepercayaan menyediakan mobil dinas yang digunakan oleh para menteri dan pejabat tinggi negara pada era pemerintahan Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin periode pemerintahan tahun 2019–2024. Pada tahun 2009 hingga tahun 2019 atau selama satu dekade lamanya, Toyota Crown Royal Saloon yang menjadi mobil dinas pilihan pada masa itu. Sekarang kepercayaan itu dilimpahkan kepada Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid. Mobil ini berada di line up jajaran kendaraan elektrifikasi Toyota yang ramah lingkungan. Poin utama sebagai dasar pemilihan, tentunya.

Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid merupakan generasi ke-15 yang hadir ditahun 2018. Platform yang digunakan sudah setingkat Toyota New Global Architecture (TNGA) dengan mengusung tiga pilar, yaitu agility, stability dan visibility, yang berfungsi memperkuat struktur sasis sehingga meningkatkan performa kendaraan pada titik terbaiknya. Tidak hanya itu, platform ini dibuat lebih rigid dan ringan sehingga meningkatkan performa saat menikung dan handling. Perlu diketahui, platform TNGA yang digunakan membuat mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar dari generasi ke-13 yang menjadi mobil dinas sebelumnya.

Baca Juga: Sejarah Toyota Yaris, Dari Awal Hingga Generasi Saat Ini

Toyota Crown merupakan mobil yang diproduksi oleh Toyota di Jepang sejak tahun 1955 hingga saat ini. Sejak pertama kali kemunculannya, Crown telah mengalami 15 generasi. Generasi pertama masih menggunakan mesin tipe R 1.900 cc dengan platform tipe S khusus sedan meskipun masih berupa ladder frame.

Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid akan disediakan langsung oleh PT Astra International Tbk-TSO. Di negara asalnya mobil ini memiliki nama Toyota Crown 2.5 G Exsekutif Four dan menjadi satu dari 21 varian yang dipasarkan di sana. Sedangkan pemberian nama HV di Indonesia untuk memperkuat statusnya sebagai Hybrid Vehicle.

Lalu, berapa harga untuk mobil mewah ini? Mobil mewah ini dihargai 6.323.400 Yen atau setara dengan 840 juta rupiah. Namun, saat diimpor ke Indonesia harganya bisa mencapai 1.5 milyar rupiah dengan perhitungan pajak yang harus ditanggung.

Performa Dapur Pacu

Mobil dengan banderol harga di atas 1 milyar ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System kode A25-FXS dengan kapasitas 2.487 cc yang dikawinkan dengan transmisi Electronically Controlled CVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 181 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm dengan konsumsi bahan bakar 24 km/L. Jika dibandingkan dengan mobil dinas sebelumnya 12 km/L maka angka ini lebih efisien. Itu artinya, ada penghematan untuk pos operasional.

Baca Juga: Review Toyota Rush: Mobil SUV dengan Fitur Keamanan Terbaik

Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid juga mengaplikasikan motor listrik sebagai bagian dari teknologi Hybrid yang diusungnya. Motor listrik tersebut menghasilkan output sebesar 140 dk dan torsi 300 Nm, jenis baterai yang dipakai adalah Nickel-metal Hydride (Ni-MH). Mobil ini menghasilkan emisi gas buang yang relatif rendah, yaitu 112.0 g/km.

Desain Eksterior Toyota Crown

Secara desain, tentulah mobil ini memiliki desain yang mewah dan elegan. Mobil yang memiliki dimensi panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.455 mm serta jarak sumbu roda 2.920 mm ini dilengkapi dengan garis grill yang dirancang mirip sebuah mahkota dan logo mahkota pada moncong depan menggantikan logo Toyota pada mobil biasa. Mobil yang menggunakan velg alloy ukuran 18 inci ini terlihat modern dengan bentuk dan jeroan lampu depan dan belakang full LED. Garis pada kap mesin yang bersambung ke grill depan dibuat dengan nuansa royal pada Rolls-Royce Phantom. 

Jika bicara soal reputasi, mobil yang memiliki bobot hingga 1.75 ton ini tidak kalah bergengsi bila disandingkan dengan mobil sejenis dari brand premium, seperti Mercedes Benz dan Maserati. Bahkan, ketika mobil ini berjalan di jalan raya, maka akan terlihat aura kemewahan dan orang akan tahu jika yang ada di dalam mobil adalah konglomerat atau mobil pejabat.

Desain Interior Toyota Crown

Masuk ke areal kabin akan disuguhkan penataan dashboard yang dibuat dengan desain minimalis namun menampakan ‘kelasnya’. Dilengkapi dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci sebagai Communication Module yang menjadi pusat mengatur beragam fitur mobil. Sejumlah trim dan bagian kokpit dibuat dengan aksen kayu hingga pemilihan kulit lembut untuk jok. Untuk kemudi menggunkan three-spoke dengan berbagai tombol pengatur, seperti cruise control, AC climate control triple zone dan sistem audio disertai fitur pemutar DVD Blu-ray, TV digital, bluetooth dan wifi. Namun, sayangnya astir mobil dibuat terlalu ringan dan kurang memberi feedback mengenai kondisi jalan. Bukan tanpa alasan, ini dilakukan untuk menghilangkan kesan kaku karena bobot mobil yang cukup gemuk. Ada tiga mode mengemudi, yaitu Eco, Normal dan Sport. 

Selanjutnya kabin belakang yang menjadi titik fokus karena tentunya akan ditempati si Pemilik. Tak ayal kenyamanan akan lebih dititikberatkan serta akses dan pengaturan fitur kendaraan juga disediakan melalui arm-nest yang bisa dilipat. Arm-nest berfungsi sebagai konsol tengah yang dilengkapi panel pengaturan untuk posisi duduk dan audio, seperti volume dan channel switch.

Fitur Keselamatan Toyota Crown

Pengadaan mobil mewah ini telah dilakukan pada tanggal 19 Maret 2019 lalu, dengan pagu paket mencapai nilai 152 milyar rupiah. Untuk mobil dinas sekelas menteri dan pejabat negara mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa Pre-Collision System (PCS) yang berguna untuk mendeteksi keberadaan objek di depan mobil, seperti pejalan kaki. Fitur selanjutnya Lane Departure Alert (LDA) berfungsi sebagai pemberi peringatan dan membantu mengoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur dari posisi seharusnya. 

Juga ada Automatic High Beam (AHB) yang menyalakan lampu jauh dan meningkatkan jarak dan daya lihat pengemudi serta mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan. Sementara fitur lainnya DRCC atau Dynamic Radar Cruise Control akan memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman saat cruising di jalan tol.

Selain itu terdapat fitur BSM atau Blind Spot Monitor yang akan memberi peringatan ketika ada kendaraan lain di area blind spot mobil dan Tire Pressure Warning System untuk memantau tekanan angin ban dan memberitahu jika ada yang salah atau kurang. Komplit, bukan?

Dengan segala kelebihan yang telah diuraikan, sedan paripurna besutan Toyota ini wajar dipilih untuk menemani masa tugas para menteri dan pejabat negara. Poin utama tentu menyajikan kenyamanan penumpang dengan paduan fitur advance safety feature yang akan memberi rasa aman, tenang dan nyaman. Selain itu, teknologi Hybrid yang dipilih sebagai komitmen untuk menciptakan dan memberi contoh mobil ramah lingkungan yang relevan dimasa sekarang ini.

Bagaimana, apakah tertarik ingin mencoba kenyamanan Toyota Crown 2.5 HV G-Eksekutif Hybrid? 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya