• Home>
  • Review>
  • Review Kia Picanto: City Car Stylish Incaran Milenials
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Kia Picanto: City Car Stylish Incaran Milenials

Dilihat 264
Guntur Hanggara
22 Sep 2020, 21:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Meramaikan pasar city car Indonesia, Kia Picanto pertama kali mengaspal pada tahun 2007 lalu. Menggunakan platform Hyundai Getz, mobil pabrikan Korea ini bertempur di kelas hatchback. 

Harga kompetitif, desain manis dan jaminan garansi lima tahun yang belum berani diberikan APM lain menjadi kunci sukses penjualan produk ini. Tidak heran Picanto menjadi salah satu city car pilihan utama pada masanya.

Kini di bawah naungan PT. Kreta Indo Artha sebagai pemegang merk dan distributor resmi, All New Kia Picanto kembali dirilis dengan banyak penyegaran. Hadir dalam empat varian, yaitu EX M/T, EX A/T, GT Line M/T dan GT Line A/T mobil ini dibanderol mulai dari 220 juta hingga 236 juta untuk tipe tertinggi. 

Kia Picanto generasi baru juga memiliki tampilan lebih fresh dan mewah dari generasi sebelumnya. Bahkan bisa dibilang evolusi desain baru Picanto berhasil meningkatkan kualitas produk ini secara keseluruhan dibanding era Kia sebelumnya. Jelas sudah, PT KIA berusaha mengembalikan masa kejayaannya sebelum era LGCG.

Eksterior Kia Picanto

All New Kia Picanto dirombak total dari generasi pertama yang cenderung manis dan membulat. Perubahan eksterior terlihat sangat jelas karena Picanto versi baru ini memiliki body tegas dan sporty, khas gaya city car Eropa. Tentu saja ini jauh dari kesan imut yang diusung generasi pendahulunya. 

Campur tangan Peter Schreyer sebagai VP Design Hyundai-Kia terlihat dari penyegaran pada desain wajah Picanto tanpa menghilangkan karakternya. Lihat saja tiger nose yang merupakan ciri khas produk Kia diterapkan dengan baik pada mobil ini. Lampu depan yang sudah menggunakan teknologi LED dengan DRL terlihat besar dan menarik. Walau harus diakui bentuknya terlihat tidak proporsional dengan kap mesin yang mungil. 

Bergeser ke bagian belakang, ada perubahan desain lampu yang melengkung lebih ke dalam. Pintu bagasi juga melekuk memberi kesan modern dan kaku. Desain ini digabungkan dengan grille bumper dengan lekuk dinamis yang juga terlihat kaku. Tak disangka perpaduan aneh ini membuat Picanto menguarkan aura sporty yang kuat sekaligus terlihat gagah walaupun ukurannya tak terlalu besar.

Secara dimensi hatchback lima seater ini memiliki panjang 3.595 mm, lebar 1595 mm, wheelbase 2385 mm, serta ground clearance 152 mm. Jika dibanding dengan Honda Brio sebagai pesaing terdekatnya yang menguasai pasar city car di Indonesia, Picanto lebih pendek 45 mm. Tentu saja dimensi mungil ini memudahkan pengguna saat parkir kendaraaan karena tidak memerlukan lahan yang luas.

Untuk velg, All New Picanto kini dibekali velg alloy ukuran 15 inch yang membuatnya lebih tinggi 5 mm dari generasi pendahulunya. Khusus GT Line sebagai varian tertinggi kini dipercantik dengan rancangan velg palang empat. Selain itu, ada sedikit perbedaan Picanto tipe standar dengan GT Line sebagai varian tertinggi. Pada GT Line terdapat corak merah di bagian grille, bumper, side skirt hingga velg dual tone.

Interior Kia Picanto

Kesan simple dan sporty juga tercermin dari interior All New Picanto. Lihat saja motif jok seri GT Line yang mengawinkan warna hitam dan merah sesuai dengan segmen milenial yang jadi marketnya. Picanto pun masih mempertahankan bentuk bulat model AC di atas cup holder dari generasi pertama. Mengikuti perkembangan zaman, tentu saja pengaturan AC sudah dilakukan secara digital.

Head unit Picanto terpasang di dashboard dengan gaya floating. Layar LCD touchscreen ini sudah terkoneksi dengan smartphone melalui apple carplay dan android auto. Selain itu, ada beberapa tambahan titik penyimpanan di dashboard, konsol box di antara dua kursi dan tak ketinggalan kamera parkir beserta head unit 7 inchi. Sentuhan kemewahan terlihat pada seri GT Line dimana ada sunroof sebagai fitur tambahan.

Mesin & Konsumsi BBM Kia Picanto

All New Picanto dibekali mesin Kappa empat silinder berkapasitas 1,2 liter MPI dual CVVT. Dua pilihan mesinnya berkapasitas 1248 cc yang tersedia dengan transmisi manual 5-speed dan 4-speed otomatis, tergantung varian. Tenaga yang dihasilkan mencapai 87 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 119 Nm yang diraih pada 4.000 rpm. Performa ini terasa cukup bisa diandalkan untuk melaju di wilayah perkotaan. 

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari mesin di dalam dapur Picanto. Akan tetapi jantung mekanis ini memang terasa cukup terampil untuk berputar ringan dari putaran bawah hingga batas maksimal. Harus diakui transmisi otomatis yang digunakan sedikit tertinggal dibanding rival-rivalnya yang sudah menggunakan CVT. Namun jika menggunakan transmisi 4-speed otomatis, lontaran tenaganya akan terasa lebih cepat. 

Kapasitas mesin 1248 cc
Tenaga 86 hp
Akselerasi 11.4 s
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link
Girboks 5 speed
Jenis transmisi manual
Konfigurasi katup DOHC

Performa Kia Picanto

Meski dimensinya ringkas, Picanto bisa tetap stabil saat berkendara cepat. Semua ini dikarenakan mobil ini memiliki suspensi yang mumpuni. Tentu saja hal yang sama tak berlaku saat pengemudi berkendara pelan di dalam kota. Apalagi ketika menikung di kecepatan menengah, pengemudi akan merasakan sedikit under steer, efek yang umum terjadi pada mobil dengan gerak roda depan.

Pergerakan Picanto terbilang memuaskan, lincah dan tidak rewel. Respon kemudi instan meski hanya akurat saat berada di kecepatan rendah. Catatan bahan bakarnya relatif irit dengan konsumsi BBM 14.9 kmpl untuk di dalam kota dan 22.2 kmpl di jalan tol.

Hal lain yang menjadi nilai tambah adalah kabin Kia Picanto terbilang senyap. Suara mesin cukup teredam, berbeda dengan pesaingnya yang tak memiliki kelebihan ini. Memang suara ban masih bisa menelusup ke dalam kabin walau itu tidak sampai mengganggu. 

Satu hal yang mengganjal dari mobil ini adalah bidang pandangnya. Sebenarnya tidak hanya pada Picanto, tapi hampir di semua line-up produk Kia. Jangan salah, pandangan ke depan dan samping memang luas, akan tetapi saat mengintip spion tengah, terasa sekali bahwa Picanto memiliki jendela belakang yang kecil dan perlu penyesuaian untuk merasa yakin saat melirik ke belakang.

Fitur Kia Picanto

Seperti diketahui bersama, Kia selalu menyematkan fitur berlimpah pada setiap produknya. Tak terkecuali Kia Picanto hingga menjadikannya kompeten berlaga di segmen Hatchback. Untuk kenyamanan pengendara, setirnya bisa disetel menyesuaikan kemiringan. 

Melalui setir pula kontrol audio dapat dilancarkan. Ada pula keyless entry dan tombol start dan stop button sebagai akses utama pengoperasian kendaraan. Sedangkan untuk AC menggunakan panel digital dengan fitur otomatis.

Sisi keselamatan juga sangat dipikirkan, mobil ini dibekali airbag di tiga titik serta pelindung benturan di depan dan samping. Ada pula child safety locks, antilock braking system, sensor parking dan crash sensor. Jangan lupakan juga keistimewaan mobil ini dimana sampai sekarang Kia Picanto menjadi satu-satunya city car di Indonesia yang dilengkapi sunroof pabrikan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Picanto
    Kia Picanto
    Kia Picanto
    Angsuran mulai dari:Rp 3,02 Jt/Bln
  • Kia Picanto
    Kia Picanto
    Kia Picanto
    Angsuran mulai dari:Rp 3,02 Jt/Bln
  • Kia Picanto
    Kia Picanto
    Kia Picanto
    Angsuran mulai dari:Rp 3,02 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya