• Home>
  • Review>
  • Review Kia Rio: Pemain Lama Yang Makin Mentereng di Kelasnya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Kia Rio: Pemain Lama Yang Makin Mentereng di Kelasnya

Dilihat 261
Guntur Hanggara
22 Sep 2020, 21:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sejak bernaung di bawah bendera Indomobil Group, pelan tapi pasti nama KIA kembali berkibar di Indonesia. Kia pun saat ini menjadi lawan yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh kompetitornya karena berani memberikan garansi hingga 5 tahun untuk produk-produknya. 

Sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh APM manapun di Indonesia. Pada akhirnya desain, garansi, dan harga jual yang bersaing menjadi senjata marketing Kia tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

PT. Kreta Indo Artha sebagai importir dan distributor resmi dari KIA Motors di Indonesia mulai membangkitkan merk asal negeri ginseng ini dengan produk yang sebelumnya sudah dipasarkan namun dengan fitur maksimal. 

Salah satunya diluncurkan kembali Kia Rio. Meski tak banyak berubah dari versi awal, tapi ada sentuhan baru yang membuat hatchback lima seater asal Korea ini makin gaya. Selain banyak fitur tambahan, beberapa desain lama dirombak agar makin kekinian.

Hadir dalam empat varian, Kia Rio ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1348 cc. Rio juga tersedia dengan transmisi manual dan otomatis tergantung variannya. Saat ini ada delapan pilihan warna yang beredar di pasar Indonesia yaitu Aurora Black Pearl, Clear White, Signal Red, Silky Silver, Deep Sienna Brown, Most Yellow, Platinum Graphite dan Smoke Blue. 

Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp276,6 Juta untuk varian paling bawah sementara varian tertinggi dihargai Rp291,9 Juta.

Tapi apa saja sih yang berubah dari Kia Rio versi baru ini? Berikut Otoloka coba sedikit mengulasnya.

Eksterior KIA Rio

Membahas eksterior Kia generasi baru tak bisa lepas dari campur tangan Peter Schreyer, mantan desainer Audi yang sekarang menjabat VP Design Hyundai-Kia. Sejak kehadiran Peter, merk mobil Korea yang dulu tak dilirik pasar Asia kini malah diperhatikan dunia. Terang saja, Peter mengubah arah desain Kia bernuansa Europe Style dan berteknologi tinggi.

Seperti hatchback pada umumnya, dimensi KIA Rio tidak begitu besar tapi cukup sesuai dengan keadaan kota yang sering berada pada kondisi macet. Total panjang mobil ini 4.065mm, lebar 1.725mm, tingginya 1.455 mm dan jarak sumbu road 2.570 mm serta ground clearance 150 mm. Hanya sedikit lebih kecil dari mobil di kelasnya.

Wajah depan mobil ini dibuat lebih elegan, grille yang menyambung penuh dari kanan ke kiri memberi kesan lampu utama saling bertautan. Ciri khas tiger nose dari Kia dipermanis dengan garis krom. Dudukan fog lamp yang memanjang ke bawah membuat mobil ini terlihat penuh tanpa harus banyak modifikasi. 

Minimalis dan estetis dalam waktu bersamaan. Lampu utama sudah mengadopsi proyektor LED dan menggunakan sistem ‘Bi-Projection Headlamps’ yang menambah pencahayaan saat malam hari. Hal yang sama berlaku untuk fog lamp. Lalu bodi depan mobil yang lebih pendek 25mm dari versi pendahulunya semakin menunjukkan sisi aerodinamis mobil ini.

Melirik sisi samping mobil, secara keseluruhan tak banyak sentuhan baru. Akan tetapi saat melihat sektor kaki-kaki, generasi baru Kia Rio kini tampil lebih padat berkat penggunaan pelek berdimensi 16 inci yang memiliki desain cukup sporty. Tentu saja ini menjadi nilai plus tersendiri karena di segmennya, bisa dibilang hanya Rio yang memakai pelek berdimensi besar.

Interior Kia Rio

Dashboard Kia Rio bernuansa sangat sporty, cukup mengakomodir dengan kehadiran glove box dan cup holder di beberapa tempat. Walau memiliki dimensi yang kompak, tapi secara interior ternyata cukup lapang untuk lima penumpang. Pendingin udara meski masih manual tapi bentuknya sangat keren dan gaya. Perangkat MID pun cukup lengkap untuk menampilkan segala informasi dari mobil ini. Steering audio switch makin menambah nilai estetika ditambah lagi setir yang menganut sistem teleskopik membuat perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan. 

Bila ingin mendapat kemewahan sunroof, maka Kia Rio pun menyediakan itu agar penumpang dapat menikmati angin dan cahaya menyegarkan sepanjang jalan. Tentu saja ini menjadi poin penting, karena di kelas hatchback Indonesia, hanya Kia Rio yang dibekali sunroof dari pabrikan.
Jangan khawatir dengan tampilan mobil yang terlihat kecil, karena saat berada di dalam, kita akan dimanjakan dengan jok tebal yang nyaman saat diduduki dan memiliki adjustable seatbelt anchor dimana ketinggian dari sabuk pengaman dapat diatur sesuai dengan postur badan penumpang.

Ditambah lagi pengaturan 60:40 pada baris pertama dan kedua membuat Kia Rio bisa menampung banyak muatan. Selain itu, panjangnya sumbu roda dan lebar kendaraan yang bertambah juga memungkinkan untuk menambah kapasitas.

Mungkin Anda akan sedikit skeptis dengan volume bagasi, tapi jangan khawatir, meski tak terlalu besar tapi bagasi Rio masih cukup menampung dua koper besar di dalam.

Mesin Kia Rio

Kia Rio mengusung mesin Gamma 1.4 liter, sama dengan yang digunakan Hyundai i20. Sepertinya Hyundai-Kia sangat percaya dengan performa mesin ini. Uniknya, posisi kruk as yang tidak tepat berada di titik tengah mesin. Hal ini mengakibatkan pergerakan piston lebih efisien dan menghasilkan pembakaran makin optimal yang berujung efisiensi konsumsi bahan bakar. Menurut penghitungan MID, pemakaian BBM untuk Kia Rio sekitar 14km/liter untuk perjalanan luar kota dan 10km/liter untuk jalanan ibukota yang macet tergantung pilihan dan jenis bahan bakarnya. 

Tenaga sebesar 107 ps yang hadir pada 6.300 rpm kemudian dihantarkan ke roda depan oleh transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed konvensional. Transmisi ini dibekali dengan mode manual yang membuat berkendara terasa lebih sporty. Meski begitu, ada sedikit kekurangan pada mesin yaitu getaran yang ditimbulkan. Akan tetapi engineer Hyundai-Kia berhasil menghilangkan efek tersebut karena saat berkendara getaran mesin memang tidak terasa.

Kapasitas mesin 1348 cc
tenaga 99hp
torsi 133Nm
mesin 1.4L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
Jumlah silinder 4
Katup persilinder 4
girboks 6 speed
Jenis penggerak FWD

Performa Kia Rio

Satu yang membuat Kia Rio menonjol, mobil ini memiliki platform yang sama dengan Hyundai i20. Dimana Hyundai i20 banyak dipuji sebagai mobil dengan performa jauh melebihi rivalnya. Hal yang sama juga berlaku pada Rio.

Pergerakan lingkar kemudi dengan power steering elektronik memang cukup akurat meski terasa terlalu artifisial. Ini berarti pergerakan roda terasa linear dengan input yang diberikan oleh pengemudi. Semua itu ditunjang karakter suspensi yang mampu memberikan topangan dengan baik saat bermanuver. Hal ini membuat performa Rio terasa menyenangkan saat melaju di tol maupun saat berkelit di kepadatan kota.

Kelebihan lain dari Kia Rio, suara dari luar mobil berhasil diredam dengan baik. Walau tentu saja bunyi roda masih bisa didengar, terutama saat melaju di permukaan beton. Hal ini dikarenakan, ban bawaan yang memiliki kompon keras. Ini juga membuat Rio terasa kasar saat melaju di jalanan yang tidak rata.

Dengan semua kelebihan ini, Kia Rio sangat layak direkomendasikan sebagai mobil untuk mereka yang mencari kepraktisan tanpa mau pusing soal fitur. Desain keren, jaminan garansi serta harga kompetitif merupakan modal utama Rio untuk bertarung.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Rio
    Kia Rio
    Kia Rio
    Angsuran mulai dari:Rp 5,35 Jt/Bln
  • Kia Rio
    Kia Rio
    Kia Rio
    Angsuran mulai dari:Rp 5,35 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya