• Home>
  • Review>
  • Review Kia Sonet, Pemain Anyar Penantang SUV Jepang
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Kia Sonet, Pemain Anyar Penantang SUV Jepang

Dilihat 5285
Arief Yuno
3 Jan 2021, 21:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Kia Sonet Depan

Otoloka.id - Kia Sonet merupakan salah satu model mobil SUV pabrikan Kia. Tahun 2020 ini memang bisa disebut sebagai tahun dimana persaingan di dunia otomotif cukup ketat, dan Kia sebagai salah satu produsen mobil kenamaan asal Korea Selatan pun tidak mau kalah. 

Kia meluncurkan Kia Sonet di Indonesia secara resmi pertama kali pada tanggal 11 November 2020 lalu. Kia Sonet sendiri diluncurkan sebagai penerus dari Kia Seltos sebagai SUV kompak. Peluncuran ini dilakukan secara virtual, mengingat adanya wabah COVID-19 yang merebak. 

Indonesia merupakan negara kedua dimana Kia Sonet dirilis. Sebelumnya, Kia Sonet generasi terbaru ini memang sudah lebih dulu meluncur di India pada tanggal 18 September 2020.

Kehadiran Kia Sonet sebagai salah satu model mobil SUV ini memang memperketat persaingan mobil-mobil pengisi segmen SUV di Indonesia. Terlebih, mengingat segmen SUV ini juga masih didominasi oleh mobil-mobil pabrikan Jepang.

Sejarah Kia Sonet

Kia Sonet Samping

Kia Sonet memang merupakan mobil yang bisa dibilang masih baru di Indonesia. Kia Sonet ini merupakan mobil subcompact crossover SUV yang diproduksi oleh Kia Motors, produsen mobil kenamaan asal Korea Selatan. 

Kia Sonet ini sebenarnya diproduksi untuk pasar India. Mobil ini pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada bulan Februari tahun 2020. Kia Sonet ini pertama kali melakukan debutnya di hadapan publik pada tanggal 7 Agustus 2020 dan mulai dipasarkan pada tanggal 18 September 2020 di India. Barulah pada tanggal 11 November 2020, mobil ini resmi diluncurkan di Indonesia.

Kia Sonet berada di bawah Kia Seltos dan masih memiliki kaitan dengan Hyundai Venue. Kia Sonet ini merupakan model Kia ketiga yang diluncurkan di India setelah Kia Seltos dan Kia Carnival. 

Di Indonesia, Kia Sonet dirilis oleh PT. Kreta Indo Artha. Tetapi, di Indonesia sendiri, compact SUV asal Korea Selatan ini hanya tersedia dalam satu varian mesin, yakni mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT dengan kapasitas mesin 1.497 cc atau setara dengan sekitar 1,5 liter. 

Sementara itu, Kia Sonet di India menawarkan varian mesin yang lebih beragam. Ada varian mesin bensin bensin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc turbo, serta varian mesin diesel 1.500 cc turbo. Hal ini kabarnya dilakukan pihak Kia Indonesia karena melihat kondisi pasar di kedua negara ini memang berbeda. 

Mesin bensin yang ada di Indonesia dikawinkan dengan sistem transmisi intelligent Variable Transmission (iVT) 8 percepatan. Bagi yang masih asing dengan sistem transmisi ini, sebenarnya teknologinya sama dengan CVT, tetapi memiliki perbedaan dari segi teknis pada kerja rasio chain pulley. Hasilnya, mesin bisa menghasilkan tenaga yang lebih responsif. 

Eksterior Kia Sonet

Kia Sonet eksterior

Sekarang mari kita bahas tentang bagian eksterior dari Kia Sonet. Kia Sonet memiliki bahasa desain dengan konsep kekinian, yakni “Get Ready Live Extra”. Konsep desain yang digunakan oleh Kia Sonet yang satu ini tidak hanya menekankan kesan mewah, tetapi juga menampilkan kesan futuristik. 

Kia Sonet ini memiliki ukuran dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sendiri adalah 2.500 mm. Tidak heran jika dari luar mobil ini kelihatan memiliki bodi yang gagah dan bongsor. 

Kia telah menyematkan beberapa fitur pada bagian eksterior Kia Sonet ini. Headlamp-nya sudah menggunakan LED dan lengkap dengan Daytime Running Light sehingga pencahayaan yang diberikannya lebih maksimal. Desain lampu depannya ini juga membuat tampilan Kia Sonet semakin agresif.

Grille depan Kia Sonet masih menggunakan grille “tiger nose” khas Kia. Grille ini juga dikelilingi dengan lapisan chrome sehingga tampak lebih mewah. Selain itu, pada bagian wajah Kia Sonet ini juga dilengkapi dengan fog lamp yang bisa memaksimalkan daya pandang pengemudi saat mengemudi dalam keadaan berkabut maupun hujan deras.

Beralih ke bagian sampingnya, Kia Sonet ini tidak kalah atraktif. Kia menyematkan handle door dan side skirt berlapis chrome sehingga tampilan sampingnya tampak mewah dan futuristik, senada dengan tampilan depannya. 

Kemudian pada bagian belakang, Kia Sonet ini memiliki lampu belakang berteknologi LED dengan desain yang tampak agresif. Pada bagian atapnya sendiri, Kia Sonet sudah menggunakan sunroof modern dan canggih yang kental dengan kesan sporty. 

Interior Kia Sonet

interior Kia Sonet

Bagian interior Kia Sonet ini didominasi dengan warna hitam yang memberikan kesan sporty namun tetap terlihat elegan. Pada bagian joknya, warna hitam ini juga dikombinasikan dengan jahitan benang warna merah sehingga kesan sporty yang ditampilkannya semakin kental. 

Bagian pintu Kia Sonet juga dilengkapi dengan LED Sound Mood Lights. Lampu ini bisa berubah warna dan menjadikan suasana di dalam kabin menjadi lebih berwarna. Di dalam kabin Kia Sonet ini juga tersedia sistem Audio Display layar sentuh HD sebesar 10,2 inci. Layar ini juga sudah dilengkapi dengan fitur navigasi. 

Uniknya, dalam sistem infotainment yang dimiliki oleh Kia Sonet ini, sudah terdapat beberapa fitur fungsional yang bisa dinikmati oleh penumpangnya. Beberapa fitur tersebut antara lain fitur koneksi smartphone, radio, pemutar musik, dan beberapa fitur hiburan lainnya.

Demi menjaga kesejukan di dalam kabin, Kia Sonet ini juga dilengkapi dengan AC otomatis dengan pengaturan digital. Sedangkan untuk mendukung audio di dalam mobil, Kia Sonet ini sudah dilengkapi dengan 7 buah speaker Bose yang sudah tersebar di seluruh bagian kabin. 

Setir yang digunakan oleh Kia Sonet ini juga sudah canggih karena dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi yang bisa digunakan oleh pengemudi untuk melakukan pengaturan pada beragam fitur yang ada pada mobil tanpa harus kehilangan konsentrasi ketika berkendara. Selain itu, Kia Sonet juga memiliki sistem panel indicator cluster digital yang menampilkan beragam informasi penting tentang mobil tersebut. 

Leg room dan head room yang dimiliki oleh Kia Sonet ini juga bisa dibilang cukup luas. Kenyamanan penumpang ditambah berkat adanya jok atau kursi-kursi yang dilapisi dengan material kulit Leatherette Sports. Tidak hanya nyaman, penggunaan material kulit pada bagian jok Kia Sonet ini juga menambah kesan mewah pada mobil tersebut. 

Fitur Kia Sonet

atap Kia Sonet

Sekarang mari kita bahas mengenai fitur keselamatan yang dimiliki oleh Kia Sonet ini. Kia Sonet memiliki fitur keselamatan standar yang bisa dibilang cukup baik. Untuk fitur keselamatan aktifnya, Kia Sonet mengandalkan sistem pengereman mumpuni, seperti Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, dan Brake Assist. Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir.

Sebagai fitur keselamatan pasifnya, Kia Sonet ini sudah dilengkapi dengan Dual Airbags dan 3 Point ELR Seatbelts. Selain itu, untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak, Kia Sonet juga dilengkapi dengan pengaturan kursi ISOFIX. 

Mesin dan Performa Kia Sonet

mesin Kia Sonet

Pada bagian sebelumnya, sudah sempat disinggung sedikit mengenai mesin yang digunakan oleh Kia Sonet ini. Kia Sonet menggunakan mesin Gamma II DOHC CVVT dengan kapasitas 1.5 liter (1.497 cc) 4 silinder yang dikenal cukup responsif dan bertenaga. 

Mesin yang digendong Kia Sonet ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yakni transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis iVT 8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesinnya sendiri disalurkan melalui sistem penggerak roda depan. 

Performa dan Handling Kia Sonet

lampu belakang Kia Sonet

Bicara soal handling, Kia Sonet ini cukup bisa diandalkan karena memiliki handling yang cukup presisi. Hal ini tentu sesuai dengan citranya sebagai salah satu SUV Tangguh. Selain itu, bicara soal performa, mobil ini juga tidak bisa dianggap enteng. Di atas kertas, Kia Sonet ini bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang mumpuni, yakni tenaga sebesar 115 PS pada putaran mesin 6.300 rpm, dan torsi sebesar 144 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Konsumsi BBM Kia Sonet

Bicara soal konsumsi bahan bakar, Kia Sonet ini kabarnya memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi. Mobil ini memang dilengkapi dengan teknologi Dual Fuel Injector yang dinilai efektif untuk membuat mobil ini irit bahan bakar. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi.

Berkat adanya teknologi-teknologi ini, sistem pembakaran yang dimiliki Kia Sonet ini pun terbilang optimal. Terbukti, untuk rute dalam kota, mobil Kia Sonet ini bisa menempuh jarak sejauh 15,5 km dengan satu liter bensin, bahkan lebih hemat dibandingkan dengan mobil LCGC yang ada di Indonesia. Sementara itu, untuk rute di luar kota, Kia Sonet ini bisa menempuh jarak sejauh 16,7 km dengan satu liter bensinnya. 

Kesimpulan

Kita sudah membahas Kia Sonet secara keseluruhan, dan jika kita lihat secara sekilas, Kia Sonet ini memang merupakan mobil SUV yang menawarkan banyak kelebihan bagi para konsumennya. Tetapi tentu, hal ini bukan berarti Kia Sonet ini luput dari kekurangannya sendiri.

Kia Sonet memiliki desain eksterior yang elegan dan futuristik. Desain yang diusungnya ini sangat cocok dengan citranya sebagai SUV yang tangguh. Selain itu, mobil ini juga memiliki interior yang leluasa dan nyaman. Joknya yang sudah dilapisi kulit tidak hanya mewah, tetapi juga menambah kenyamanan bagi penumpang yang berada di dalamnya.

Bukan itu saja, para penumpang Kia Sonet juga dimanjakan dengan lengkapnya fitur hiburan yang ada di dalam kabinnya. Dan satu lagi kelebihan yang paling penting dari mobil ini, yakni tingkat konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit. Pemilik mobil tentu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk bensin.

Sayangnya, Kia Sonet ini masih memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling terlihat adalah fitur keselamatannya yang kurang mumpuni. Dengan harga yang sama, banyak mobil lain yang fitur keselamatannya lebih lengkap dibandingkan dengan Kia Sonet.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Sonet
    Kia Sonet
    Kia Sonet
    Angsuran mulai dari:Rp 3,50 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya