• Home>
  • Review>
  • Review Mazda Astina: Mobil Baru Andre Taulany Sang Legenda '90-an, Harganya Naik?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Mazda Astina: Mobil Baru Andre Taulany Sang Legenda '90-an, Harganya Naik?

Dilihat 18954
Adit
10 Nov 2020, 12:56
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Di indonesia, Mazda Astina terkenal sebagai mobil yang canggih dan kencang di masa lalu. Hal ini membuat mobil ini begitu ikonik dan masih diidamkan untuk dimiliki di Tanah Air, bahkan setelah 3 dekade berlalu. 

Terbukti, Mazda Astina baru-baru ini kembali jadi bahan perbincangan di sosial media, berkat eksistensinya di kanal Youtube dan Instagram para influencer otomotif nasional. Kira-kira bakal berefek nggak ya ke harga pasaran dari mobil yang berbagi platform dan mesin yang sama dengan Ford Champ ini?

Sekilas Tentang Mazda Astina, Mobil Baru Andre Taulany

Selebriti Andre Taulany baru-baru ini membeli satu unit Mazda Astina untuk menambah koleksinya, mengikuti demam mobil '90-an yang sedang hangat di Indonesia.

Mazda Astina

Andre Taulany juga mengenalkan Astina-nya lewat kanal Youtube dan Instagram pribadinya. Bahkan dia membeli satu unit lainnya lagi untuk jadi bahan modifikasi bersama Youtuber beken lainnya, Ridwan Hanif. 

Mazda Astina hadir di Indonesia pada 1990 lewat PT National Motors Co. yang saat itu menjadi bagian dari Indomobil Group. Astina merupakan keluarga Mazda Familia generasi keenam dan memiliki kode sasis BG. Secara global, Mazda Astina diproduksi dari 1989-1994 dan memiliki beberapa nama lain untuk pasar yang berbeda, di antaranya Familia Astina di Jepang, 323F di Eropa, dan sempat menjadi bagian dari sub-brand mewah Eunos Mazda dengan nama Eunos 100.

Astina paling dikenal lewat fitur lampu pop-up. Kini, mencari unitnya yang masih dalam kondisi prima sangatlah sulit. Apalagi untuk kondisi mobil yang segar dan orisinal. 

Mazda Astina walau disebut-sebut punya mesin yang rewel, sebenarnya hanya perlu perawatan ekstra. Apalagi mesin Astina sebenarnya dibangun sebagai mesin reliabel, terbukti layout mesin serupa juga digunakan banyak brand mobil lainnya seperti Ford, Hyundai, KIA dan Timor.

Stigma bahwa sparepart yang jarang ditemui di pasaran, tentu tidak berlaku untuk komponen mekanis seperti mesin, transmisi dan kaki-kaki. Stigma ini benar adanya tapi hanya pada ketersediaan suku cadang eksterior dan interior, mengingat Mazda Astina di Indonesia hanya dijual selama 4 tahun saja dan sosoknya juga unik dibanding mobil lainnya.

Eksterior Mazda Astina  

Mazda Astina hadir dengan gaya bodi liftback dengan desain lampu pop-up ala mobil sport. Selain bumper standar yang membulat, versi bumper yang lebih sporti dapat ditemukan pada body kit Astina 'RX-3' yang dibikin Indomobil dan ada juga body kit TWR, tuner asal Inggris, yang terdiri dari bumper depan, side skirt dan bumper belakang.  

Eksterior Mazda Astina

Buritan mobil tampak semok dengan stoplamp memanjang antara sisi. Stoplamp Mazda Astina sekilas mirip dengan Toyota Sera. Selain itu pabrikan mewah Aston Martin bahkan menjejali mobil sport Aston Martin DB7 dengan stoplamp yang dicomot dari Mazda Astina. Unik, bukan?

Eksterior Mazda Astina

Sebuah spoiler menyerupai ducktail menjadi khas bokong Astina dengan tambahan third brake stoplamp memanjang. Astina juga memiliki versi yang dilengkapi spoiler add-on dengan desain membulat yang melengkapi spoiler/ducktail bawaan. 

Demi visibilitas lebih jelas saat hujan, kehadiran wiper di kaca belakangnya begitu membantu.

Interior Mazda Astina

Setelah eksterior, bagian interior Mazda Astina juga menarik. Ruang kabin Astina relatif simpel, namun tetap fungsional, terutama ruang bagasinya yang cukup besar. Tonneau cover melengkapi bagian bagasi mobil. 

Interior Mazda Astina

Bukan hanya bagasinya yang besar, interior Mazda Astina pun nyaman dengan sentuhan elemen soft touch. 

Desain jok depan sporty semi-bucket berbahan fabric serta ada bucket di paha dan punggung. Jok belakangnya mendapat armrest yang bisa dilipat.

Stir mobil bergaya 3 spoke berada di depan spidometer digital. Astina juga memiliki versi spidometer analog, khususnya untuk versi mobil yang beredar di Jepang.  

Interior Mazda Astina

Beberapa fitur standar di kabinnya di antaranya adalah, power window, pengaturan AC Eco, pengaturan retract kaca spion, dan head unit single din. Untuk versi Eropa, Mazda Astina juga memiliki versi yang mendapat sunroof. 

Saat berburu Mazda Astina, pastikan komponen interior mobil dalam kondisi lengkap dan utuh karena jika tidak, bagian interior ini akan menjadi bagian tersulit untuk dicari. 

Mesin & Performa Mazda Astina

Di Indonesia, Mazda Astina dilengkapi dengan mesin berkode BP05 DOHC 1.800cc 16 valve yang konon sanggup digeber menyentuh angka 200 km/jam.

Mesin memiliki tenaga 140 HP serta torsi 165 Nm dan memiliki konstruksi unik, yakni seandainya timing belt terputus di jalan, tidak akan merusak piston, katup dan komponen lainnya. 

Mesin Mazda Astina

Mazda Astina yang beredar di Indonesia umumnya dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan. Konsumsi BBM-nya berkisar antara 1:8 untuk dalam kota dan 1:9 untuk luar kota. 

Berkendara dengan Astina akan terasa begitu sporty karena posisi pedal yang rapat antara pedal gas, rem dan kopling serta ada juga footrest di sebelah pedal kopling. Sektor pengereman, Mazda Astina sudah mendapat rem cakram.

Baca Juga: Review Mazda CX 30 2020: SUV Mewah Dengan Desain Ala Eropa

Masalah Umum Mazda Astina

Banyak orang seringkali masih ragu untuk membeli Mazda Astina, terutama karena kendala harga sparepart yang cukup mahal dan langka. 

Mazda Astina masuk keluarga model 323, sehingga beberapa spare parts eksterior seperti spion dan lainnya sama dengan model Mazda 323 lainnya seperti Interplay. Untuk sparepart mesin, bisa substitusi dengan model Ford, KIA, Hyundai dan Timor, karena pada saat itu Mazda menjalin kerja sama dengan Ford dan Hyundai.

Untuk Ford, parts-nya banyak yang sama dengan Ford Champ yang bisa dibilang 'kembar beda brand' dari Astina.

Mazda Astina

Baca Juga: Review Mazda 6 2020: Sedan Small Hatchback Dengan Fitur Canggih dan Mewah  

Mesin Ford Champ bahkan konfigurasinya identik seperti Mazda Astina. 

Selain itu KIA Sephia atau Timor S151i DOHC juga memiliki beberapa parts yang sama seperti Mazda Astina.

Mesin Mazda Astina

Pada mesin, Mazda Astina membutuhkan pemakaian oli dan bahan bakar yang tepat agar tidak ngelitik. Penggantian oli jangan sampai telat dan sebaiknya jangan menggunakan BBM dengan oktan rendah. 

Biasanya, gejala yang muncul di mesin adalah suara berisik disebabkan oleh HLA (Hydraulic Laster Adjuster) yang aus dan perlu diganti total komponennya. Adapun masalah overheat biasanya dapat diatasi dengan tambahan kipas pendingin ekstra di radiator.

Kemudian airflow. Jika airflow bermasalah, RPM mesin menjadi tidak stabil alias naik-turun. Masalah lainnya biasanya di AC mobil dan kaki-kaki yang butuh peremajaan.

Mengingat Mazda Astina banyak memiliki komponen elektrik, ektor elektrikal ini juga harus menjadi perhatian seperti spidometer digital, motor spion retract dan motor lampu pop-up.  

Harga Pasaran Mazda Astina

Mazda Astina saat ini banyak diburu para penggemar mobil lawas dengan banderol stabil sekitar Rp35-45 jutaan tergantung kondisinya. Tapi jangan kaget jika nanti harganya tiba-tiba melambung lebih tinggi berkat popularitasnya yang juga tengah meninggi.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri, apakah Mazda Astina masih jadi salah satu mobil impian?

Follow & Like Sosmed Otoloka:

Instagram: @otoloka_id

Facebook Page: Otoloka Indonesia

Tiktok: @otoloka_id

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya