OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Mazda CX-9: SUV Sporty Rasa Premium
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Mazda CX-9: SUV Sporty Rasa Premium

Dilihat 589
Yogi Pratama
7 Nov 2020, 07:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Mazda CX-9

Otoloka.id - Mazda CX-9 merupakan salah satu produk mobil SUV buatan Mazda yang telah dipasarkan di Indonesia. Meskipun merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Mazda selalu dianggap sebagai brand mobil yang menyasar segmen konsumen kelas atas. Tidak heran, karena produk-produknya memiliki banyak kelebihan yang dianggap hanya bisa dimiliki oleh mobil-mobil asal Eropa. 

Mazda CX-9 sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2007. Sejak pertama kali diperkenalkan, mobil SUV yang satu ini memang sudah mengalami beberapa kali ubahan atau facelift. Awalnya, Mazda CX-9 ini hanya dirakit untuk pasar Amerika Serikat. Hal ini karena Mazda yang ketika itu tengah menjalin sebuah kerjasama dengan pabrikan mobil asal negeri Paman Sam tersebut, yakni Ford Motors Company. 

Pada saat itu, Mazda menggunakan teknologi Duratec Ford pada Mazda2, yang kemudian melahirkan mesin Duratec 3.5 V6 yang digunakan pada model Mazda CX-9. Di Amerika, Mazda CX-9 pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik pada tahun 2006 dalam ajang New York International Auto Show. Melihat antusiasme konsumen di Tanah Air, akhirnya mobil ini pun dipasarkan di Indonesia. 

Kali ini, kita akan kupas lebih dalam tentang apa saja yang ditawarkan oleh salah satu SUV andalan Mazda ini. Makanya, langsung simak review-nya berikut ini. 

Spesifikasi Mazda CX-9

Dari bagian luarnya, saat kita melihat mobil Mazda CX-9, bisa kenali desain KODO yang khas milik Mazda. Mazda CX-9 ini memiliki dimensi yang cukup panjang, tetapi cukup ramping. Mobil ini memiliki panjang bodi 5.075 mm, lebar 1.969 mm, serta tinggi 1.747 mm. Sedangkan ukuran wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri ialah 2.930 mm. Mobil ini juga andal untuk dibawa ke jalan yang bergelombang karena memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 222 mm.

Mazda CX-9

Lalu untuk kaki-kakinya sendiri, Mazda CX-9 ini dibekali dengan ban dengan ukuran cukup besar. Bannya berukuran 255.50 R20 alias berdiameter 20 inci. Kemudian material velg-nya menggunakan Alloy Wheels karena dinilai lebih kuat dibandingkan dengan material lainnya.

Untuk menunjang pengalaman berkendara yang lebih halus dan nyaman, Mazda CX-9 juga menggunakan sistem suspensi dan rem yang berkualitas. Rem depannya menggunakan rem ventilated disc, sementara rem belakangnya menggunakan rem solid disc. Sementara itu, untuk suspensi depannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan suspensi MacPherson Strut. Dan suspensi belakangnya sendiri menggunakan jenis suspensi Multi Link. Pihak Mazda menilai bahwa kombinasi penggunaan suspensi dan rem seperti ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal.

Dimensi Mazda CX-9

Panjang

5.075 mm

Lebar

1.969 mm

Tinggi

1.747 mm

Wheelbase

2.930 mm

Ground Clearance

222 mm

Kaki-kaki Mazda CX-9

Ukuran Ban

255/50 R20

Material Velg

Alloy Wheels

Suspensi dan Rem Mazda CX-9

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Mesin Mazda CX-9

Sebagai sebuah mobil SUV yang menyasar kelas menengah ke atas, mobil Mazda CX-9 memang diharapkan untuk memiliki performa yang luar biasa dan bisa mengungguli para kompetitornya yang lain dalam segmen SUV premium. Mazda CX-9 sendiri menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve. Untuk menambah keluaran tenaga agar lebih maksimal, mesin ini juga dilengkapi dengan turbocharger. 

Mesin Mazda CX-9

Mesin berkapasitas 2.488 cc alias 2,5 liter ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini juga diolah untuk menggerakkan mobil melalui dua pilihan sistem penggerak, yaitu sistem penggerak Front Wheel Drive dan All Wheel Drive. Sementara itu, kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri pun cukup besar, yakni 72 liter. Dengan demikian, konsumen tidak perlu lagi khawatir harus terlalu sering berhenti ketika melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh.

Baca Juga: Review Mazda CX 30 2020: SUV Mewah Dengan Desain Ala Eropa  

Di atas kertas, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 231 PS pada putaran mesin 5.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri bisa mencapai 420 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Raihan tenaga yang dimiliki oleh Mazda CX-9 ini bisa dibilang cukup mumpuni dan sangat menunjang pengalaman berkendara yang lebih bertenaga. 

Mesin Mazda CX-9

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve, Turbocharged 

Kapasitas

2,5 liter (2.488 cc)

Power Output

231 PS @ 5.000 rpm

Torsi

420 Nm @ 2.000 rpm

Transmisi

Otomatis 6 Percepatan

Sistem Penggerak

Front/All Wheel Drive

Kapasitas Tangki

72 Liter

Eksterior Mazda CX-9

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Mazda CX-9 ini masih menganut bahasa desain KODO yang khas dan hanya dimiliki oleh mobil-mobil pabrikan Mazda. Bahasa desain yang satu ini memang sukses membuat tampilan Mazda CX-9 menjadi lebih memukau. Keunikan tersendiri dari desain ini ialah mobil tetap tampak dinamis meskipun sedang berada dalam keadaan statis.

Eksterior Mazda CX-9

Pada bagian wajahnya, Mazda CX-9 memiliki tampilan menawan berkat aksen sayap pada grille yang memanjang hingga headlamp atau lampu depan utamanya yang sudah menggunakan teknologi LED. Garis ini melengkung hingga fender depan, sehingga kebanyakan orang akan tidak sadar bahwa sebenarnya mobil ini sudah dilengkapi dengan foglamp atau lampu kabut yang berukuran kecil.

Kemudian pada bagian sampingnya, mobil Mazda CX-9 ini bisa dibilang memiliki desain yang lebih ramping jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan velg dengan ukuran 20 inci membuat kesan maskulin tetap terasa dari mobil ini. Desain velg-nya pun disempurnakan dengan penggunaan kelir yang kontras dengan tekstur Alloy Wheels yang digunakannya. Dari bagian samping ini juga bisa kita lihat bahwa desain Mazda CX-9 cukup mengedepankan sisi aerodinamis untuk meningkatkan akselerasi agar lebih optimal.

Baca Juga: Review Mazda CX 5 2020: Compact SUV Terbaik di Kelasnya

Beralih ke bagian belakang, Mazda CX-9 masih menampilkan kesan yang senada dengan eksterior depan dan sampingnya. Mobil ini masih memancarkan aura menawan dan sporty hingga ke bagian belakangnya. Kesan sporty akan kita dapatkan dari penyematan dua buah muffler, sedangkan aura mewahnya akan kita dapatkan dari penggunaan lampu belakang yang sudah menggunakan teknologi lED. Salah satu kelebihannya lagi adalah stop lamp yang digunakan oleh Mazda CX-9 ini memiliki desain yang horizontal sehingga tampak lebih modern dan bahkan bisa menyaingi desain-desain yang dimiliki mobil pabrikan Eropa. 

Interior Mazda CX-9

Saat kita masuk ke bagian dalam mobil Mazda, kita akan langsung disuguhkan dengan desain interior yang mewah, canggih, dan terasa kesan premiumnya. Desain interior mobil ini senada dengan desain eksteriornya yang menegaskan kesan sporty namun tetap mewah berkat penggunaan material berkualitas serta teknologi termutakhir yang dimilikinya. Pada bagian Dashboard-nya bisa kita lihat beragam fitur tersemat dan dirancang sedemikian rupa untuk bisa diakses dengan mudah oleh pengemudi bahkan ketika sedang berkendara. 

Interior Mazda CX-9

Kabinnya pun cukup leluasa. Kursi-kursinya yang bisa mengangkut 7 orang penumpang ini sangat nyaman dan tidak akan membuat penumpangnya cepat lelah meskipun berada dalam perjalanan yang jauh. Kursi barisan belakangnya pun cukup fleksibel karena bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Kapasitas bagasi awalnya sendiri pun sudah cukup besar, yakni 230 liter. 

Salah satu fitur lain yang membuat desain interiornya lebih premium ialah fitur sunroof untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan bagi para penumpangnya. Selain itu, agar apra penumpangnya tidak bosan, mobil ini juga dibekali dengan fitur hiburan berupa head unit yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur Mazda CX-9

Sebagai fitur keselamatan aktifnya, Mazda CX-( dilengkapi dengan fitur pengereman Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution. Selain itu, ada pula fitur Hill Launch Assist, Dynamic Stability Control dan Traction Control System. Tidak hanya fitur-fitur keselamatan yang canggih tersebut, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir dan rearview camera untuk kemudahan memarkir mobil. 

Bukan hanya fitur keselamatan aktif standar tersebut, mobil Mazda CX-9 ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih lainnya. Beberapa di antaranya ialah fitur Adaptive LED Headlamps, Lane-Keep Assist System, Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert, serta Smart City Brake Support. 

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya, Mazda CX-9 telah dilengkapi dengan Dual Front Airbags System, Curtain Airbags, dan Side Airbags. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan khusus untuk penumpang anak-anak seperti Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX. Sementara itu, untuk fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan engine immobilizer dan burglar alarm. Dengan segudang fitur canggih yang dimilikinya ini, tidak heran jika harga per unitnya bisa mencapai hampir satu miliar rupiah. 

Harga Mazda CX-9

- Mazda CX-9 2WD Rp849.900.000

- Mazda CX-9 AWD Rp956.900.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Mazda 2
    Mazda 2
    Mazda 2
    Angsuran mulai dari:Rp 5,59 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya