• Home>
  • Review>
  • Review Mazda MX-5: Mobil Sport Modern Yang Merajai Pasar Dunia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Mazda MX-5: Mobil Sport Modern Yang Merajai Pasar Dunia

Dilihat 494
Wahyu Nugroho
9 Okt 2020, 22:02
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Hasil pabrikan yang satu ini berhasil menggebrak pasar dunia dengan tampilan yang mungil namun tetap keren. Mazda adalah salah satu perusahaan yang berasal dari jepang yang berdiri sejak tahun 1920. Sebagai perusahaan otomotif yang maju dan berkembang, Mazda sudah merilis berbagai macam seri yang mengagumkan, salah satu seri yang paling banyak diminati adalah Mazda MX-5.

Sejak pertama kali dirilis pada 1989 silam di Chicago Auto Show, Mazda MX-5 banyak sekali mendapatkan penghargaan. Generasi pertama tersebut berhasil meraih penghargaan Automobile of the Year pada majalah Automobile tahun 1990. Penghargaan lainnya yang berhasil diraih yaitu menjadi Mobil dan Pengemudi Terbaik dari 1990 sampai dengan 1992.

Sementara pada generasi kedua yang dirilis tahun 1997, Mazda MX-5 ini mengalami perubahan pada mesin dan tampilan luarnya. Meski mengalami beberapa perubahan namun generasi kedua ini masih memiliki permintaan yang tinggi lebih dari dua tahun lamanya atau sampai dengan 1999. Selain itu, pada tahun 2000 mobil sport mungil ini juga pernah meraih penghargaan yang diberikan oleh Guinness Book of World Records sebagai produk coupe terlaris di dunia.

Peluncuran generasi ketiga yaitu pada tahun 2003. Mazda MX-5 pada generasi ini memiliki nama yang dikenal dengan Mazda Ibuki. Tak ingin kalah dari generasi sebelumnya, pada tahun 2005 sampai dengan 2006 Mazda Ibuki juga banyak meraih penghargaan di Jepang.

Sedangkan untuk generasi selanjutnya dirilis pada tahun 2014 lalu. Kemudian pada 2016, Mazda memperkenalkan MX-5 RF di ajang New York International Auto Show. Mobil sport yang memiliki atap terbuka ini semakin mencuri perhatian penggemarnya.

Spesifikasi Mazda MX-5 


Sejak pertama kali dirilis, Mazda MX-5 dikenal dengan desainnya yang tampak mungil. Mobil ini hanya memiliki dua kursi saja dengan kata lain hanya mampu menampung dua penumpang saja. Mesin yang digunakan pada mobil ini yaitu DOHC dengan kapasitas sebesar 1998 cc. Untuk tenaga yaitu 6000 rpm dan torsi hingga mencapai 4600 rpm. 

Mazda MX-5 telah dilengkapi dengan mesin yang memiliki 4 silinder dan 16 katup. Untuk bahan bakarnya sendiri menggunakan bensin dengan kapasitas 45 liter. Tipe drive pada mobil ini yaitu rear-wheel-drive atau RWD dengan transmisi otomatis 6 jenis percepatan.

Dengan tampilan yang mungil dan sport, Mazda MX-5 memiliki ukuran panjang yaitu 3.915 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi yaitu 1.230 mm. Untuk jarak ketinggian dari tanah yaitu 135 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda mencapai 2.310 mm. Melihat dari penampilanya yang modern tentu calon pembeli ingin mengetahui keamanan dan kenyamanan. 

Mazda MX-5 ini pada sektor keamanan dilengkapi dengan airbag system untuk bagian depan dan samping yang dapat mencegah anda dari benturan ketika mengalami kecelakaan. Dilengkapi dengan adanya sensor parkir pada bagian belakang pun menjadikan mobil ini terhindar dari kekacauan saat ingin parkir. 

Keamanan pengeremannya sudah menggunakan ventilated disc di bagian depan dengan suspensi depan double wishbone. Sedangkan bagian belakang solid disc dengan suspensi multi link yang dirasa cukup baik untuk melakukan pengereman secara maksimal dan sempurna meskipun dalam kecepatan tinggi. Tak hanya itu, dengan adanya teknologi Anti Lock Brake System with Electronic Brakeforce Distribution  dan Brake Assist akan membuatnya tetap terkontrol dengan baik.

Nah, itu adalah spesifikasi secara singkat dari Mazda MX-5. Sekarang kita juga akan membahas kenyamanan, baik itu interior maupun eksterior yang ditawarkan oleh Mazda MX-5 ini. 

Interior Mazda MX-5

Dengan tampilan yang sporty dan modern, Mazda MX-5 memberikan kepuasan tersendiri bagi penggemarnya meskipun terkesan minimalis. Desain interior yang mewah serta adanya fitur-fitur keren yang melengkapinya membuat mobil yang yang pernah diproduksi hingga mencapai 1 juta ini terlihat semakin berkelas. 

Salah satu kenyamanan yang ditawarkan oleh Mazda MX-5 dari segi desain interiornya yaitu  desain dashboard yang tampak sangat elegan. Pada tengah-tengah dashboard terdapat berbagai macam tombol pengaturan dan display layar sentuh yang mudah digunakan. Dashboard yang didominasi warna hitam turut menambah kesan elegan namun tetap anggun dan cantik. Seri ini juga sudah dilengkapi dengan jok kursi yang terbuat dari kulit dengan jahitan yang rapi. 

Bagian paling menarik adalah anda juga dapat menikmati fasilitas voice control yang berfungsi untuk menerima perintah dari pesan suara yang anda keluarkan. Pengemudi maupun penumpang juga tak perlu merasa khawatir kepanasan karena mobil ini memiliki AC otomatis yang menyejukan. Seperti mobil kebanyakan, Mazda MX-5 pun menyediakan CD Player, DVD Player, radio dan soket USB serta sudah memiliki speaker pada bagian depan dan belakang sekaligus. 

Eksterior Mazda MX-5

Tak hanya interior yang mengesankan tetapi Mazda MX-5 juga menawarkan performa yang terbaik. Meskipun sedang mengendarai mobil ini dalam keadaan atap terbuka namun dengan reduksi kaca yang baik membuat pengendara tetap aman dari terpaan angin sekalipun. 

Melihat dari tampilan luarnya yang elegan dan modern, Mazda MX-5 terlihat semakin menarik. Bagian depan mobil ini tampak memiliki desain yang khas dengan grill dan bumper yang menyatu. Uniknya headlamp sedikit menyerupai bentuk mata sipit yang justru semakin membuatnya menarik. Apalagi penempatan foglamp yang berbentuk melingkar juga berada di tempat yang tepat. Tidak hanya itu saja, front grill yang lebar khas eropa memberi kesan tangguh pada mobil ini. 

Mazda MX-5 di desain dengan kap terbuka agar tampak semakin sporty. Hanya dengan menggunakan remot kontrol maka atap akan terbuka dengan teratur. Hal ini menambah apik tampilan luarnya. Percayalah anda akan tampak keren ketika mengendarai mobil dengan atap terbuka seperti ini.  

Fitur Mazda MX-5

Anda bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan Mazda MX-5 ini ketika anda mengendarainya. Apa saja fitur tersebut? Mari simak dengan baik paparan beberapa fitur dalam artikel ini. Namun beberapa sudah sempat disebutkan di atas. Tetapi jangan khawatir karena masih ada fitur yang belum disebutkan seperti pemanas yang dapat dikendalikan secara otomatis seperti halnya pendingin ruangan atau AC. 

Fitur lainnya yang dimiliki mobil ini yaitu Heated Seats pada barisan depan. Menariknya Mazda memasangkan sebuah komputer yang dapat mengukur kadar tekanan udara pada ban, aliran oksigen dalam mobil, dan juga suhu dalam mobil. Mazda MX-5 juga memiliki fitur Cruise Control yang dapat digunakan untuk mempertahankan kecepatan, sehingga Anda tidak perlu  menginjak pedal gas secara terus-menerus. Sementata untuk fitur keamanan pada Mazda MX-5 terdapat tiga macam yaitu Anti-Theft Device, Anti-theft Alarm, dan Engine Immobilizer.

Harga Mazda MX-5 

Kira-kira berapa harga yang ditawarkan melihat betapa banyak fasilitas yang didapat dari Mazda MX-5 ini? 

Untuk semua fitur, desain, interior, eksterior bahkan spesifikasi yang menarik ini, mobil dengan model atap terbuka yang berkelas dari Mazda menawarkan harga yang cukup murah yaitu Rp 808,5 Juta All New Mazda MX-5 terbaru. Namun harga kapan saja bisa berubah-ubah. 

Dengan spesifikasi mobil roadster beratap terbuka yang canggih dan memiliki mesin yang kuat namun halus maka Mazda Mx-5 merupakan mobil dengan harga yang cukup terjangkau dibanding mobil sport sekelasnya. 

Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk membeli Mazda MX-5 yang sejak dulu sudah merajai pasar dunia ini. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya