• Home>
  • Review>
  • Review MG ZS 2021: Low SUV Anyar yang Bakal Tempel Ketat Honda HR-V
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review MG ZS 2021: Low SUV Anyar yang Bakal Tempel Ketat Honda HR-V

Dilihat 4864
Amanda
25 Sep 2021, 22:51
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Pecinta otomotif Indonesia pasti sudah pernah dengar tentang MG ZS. Mobil yang mengisi pasar low SUV di Indonesia ini merupakan salah satu model andalan Morris Garage yang pertama kali muncul pada 2020 lalu.

Versi facelift dari MG ZS ini diluncurkan di Indonesia pada tanggal 9 September 2021. Pada saat peluncurannya, PT MG Motor Indonesia memang belum mengungkapkan soal banderol masing-masing unit baru MG ZS tersebut. Pada event media test drive yang digelar tanggal 15 September 2021 lalu, barulah harga dari setiap varian baru MG ZS ini diungkap.

MG ZS biru

Sebagai informasi, Morris Garage sendiri kini sudah diambil alih oleh SAIC, salah satu BUMN-nya pemerintah China. Perusahaan ini dinilai sukses menjadi produsen mobil terbanyak di negara asalnya pada tahun 2014. Di China sendiri, SAIC diketahui telah menjalin kerja sama dengan beberapa pabrikan mobil besar lainnya, sebut saja Wuling.

ZS sendiri merupakan mobil pabrikan Morris Garage pertama yang diluncurkan untuk meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Peluncuran MG ZS dilakukan secara virtual. Selain di pasar otomotif Tanah Air, mobil ini juga sudah lebih dulu mengaspal di beberapa negara Asia lainnya, seperti Filipina, Thailand, dan India.

Review MG ZS 2021

MG ZS memang cukup banyak menarik perhatian ketika pertama kali dirilis. Mobil ini memang dibekali dengan desain yang modern dan menawan. Desainnya ini juga memancarkan kesan premium yang pasti banyak digemari oleh para pecinta otomotif Tanah Air.

MG ZS biru tampak depan

Mesin MG ZS 2021

Mesin

Meskipun ditawarkan dalam tiga varian berbeda, ketiga varian mobil MG ZS 2021 ini memiliki mesin yang sama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mobil MG ZS ini menggendong mesin berkapasitas 1,5 liter.

mesin MG ZSMesin yang ditanamkan di dalam MG ZS 2021 ini merupakan mesin 4 silinder 16 katup VTi-TECH DOHC dengan kode mesin 15S4C. Mesin yang satu ini juga dilengkapi dengan sistem pembakaran Multi-point Fuel Injection dan menggunakan bahan bakar bensin.

Kemudian bicara soal tenaganya, mesin mobil MG ZS 2021 ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 114 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 150 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Transmisi

Soal transmisinya, MG ZS 2021 ini diketahui tidak menawarkan sistem transmisi manual untuk ketiga variannya. Mobil MG ZS 2021 ini hanya hadir dalam pilihan transmisi otomatis CVT 8 percepatan. Transmisi otomatis ini dipilih karena dianggap lebih praktis.

Kisaran Konsumsi BBM

Setelah bicara soal mesin dan transmisinya, rasanya kurang lengkap jika kita tidak bahas juga soal konsumsi bahan bakar dari MG ZS 2021 ini. Di Indonesia, tingkat konsumsi bahan bakar memang masih menjadi salah satu poin penting yang dijadikan bahan pertimbangan oleh para konsumen sebelum membeli sebuah mobil.

MG ZS putih tampak samping

MG ZS 2021 sendiri diketahui memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 48 liter. Untuk penggunaan di dalam kota, mobil ini memiliki tingkat konsumsi BBM 10 km/liter. Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota, mobil yang satu ini memiliki tingkat konsumsi BBM hingga 18 km/liter. Tingkat konsumsi BBM MG ZS 2021 ini bisa dibilang cukup efisien.

Tabel Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Mesin MG ZS 2021

Jenis Mesin

15S4C 4 SIlinder 16 katup DOHC dengan Multi-Point Fuel Injection

Kapasitas

1,5 L (1.498 cc)

Teknologi Mesin

VTi-TECH

Tenaga Maksimum

114 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

150 Nm @ 4.500 rpm

Transmisi

8 CVT

Konsumsi BBM

10-18 km/l

Eksterior MG ZS 2021

Dimensi Kendaraan

Sekarang mari kita bicara soal dimensi dari mobil MG ZS 2021. Secara dimensi, ketiga varian mobil MG ZS 2021 ini memang tidak memiliki perbedaan apapun.

Mobil MG ZS 2021 ini memiliki panjang bodi 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.628 mm, serta jarak sumbu roda alias wheelbase 2.585 mm. Radius putarnya sendiri memiliki ukuran 5.600 mm.

Desain Bodi

Saat melihat wajah MG ZS 2021, kita akan langsung merasakan kesan gagah dan agresif. Kesan ini bisa didapat berkat adanya penggunaan grille berukuran besar pada bagian wajah mobil ini. Banyak pecinta otomotif yang menyebutkan bahwa wajah MG ZS 2021 ini sekilas mirip dengan Mazda dan Jaguar.

MG ZS biru tampak sampingGril MG ZS 2021 ini menggunakan desain seperti anyaman dengan logo MG di bagian tenaganya. Selain itu, ada pula penggunaan bingkai berbahan chrome yang menambah kesan mewah dan premium pada mobil ini.

Pada bagian sampingnya, MG ZS 2021 ini menampilkan kesan modern berkat adanya aksen berwarna silver pada bagian jendelanya. Lekukan garis bodi dan side skirt yang juga dilapisi aksen chrome berwarna silver yang ada pada bagian sampingnya ini juga memberikan kesan gagah dan sporty.

MG ZS tampak belakangBeralih ke bagian belakangnya, terlihat MG ZS 2021 menggunakan desain yang khas mobil kompak. Lampu belakangnya memiliki ukuran yang kecil dan tampak modern. Pada bagian belakangnya juga bisa kita lihat adanya door handle yang disematkan pada logo MG di bagian tengah pintu bagasi.

Fitur Eksterior

Secara keseluruhan, ketiga varian MG ZS 2021 ini memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari segi desain eksteriornya. Tetapi memang ada beberapa perbedaan kecil di antara varian mobil MG ZS 2021 ini.

Varian MG ZS Ignite memiliki LED Daytime Running Lights, lampu utama otomatis, serta lampu kabut. Sementara pada varian MG ZS Activate, ketiga fitur eksterior ini masih absen. Selain itu, pada varian tertinggi, MG ZS Magnify, terdapat panoramic sunroof, pelek 17 inci, hingga lampu dan wiper otomatis.

Interior MG ZS 2021

Konfigurasi Kabin

Beralih ke bagian interiornya, MG ZS 2021 ini memiliki kabin yang legroom dan head room-nya cukup leluasa. Hal ini tentu bukan hal yang mengherankan mengingat mobil ini memiliki ukuran wheelbase yang panjang dan ukuran yang tinggi pula.

tampilan dasbor kabin depan MG ZSMG ZS 2021 ini memiliki konfigurasi 5 seater, seperti kebanyakan mobil low SUV lainnya. Kursi-kursi yang disematkan pada MG ZS 2021 ini dilengkapi dengan pengaturan 6 ways pada kursi pengemudinya, serta 4 ways pada kursi penumpang depan. Kapasitas bagasinya sendiri mencapai 448 liter.

Fitur Entertainment

Sebagai fitur hiburan alias entertainment utama, mobil MG ZS 2021 ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 10,1 inci yang terhubung dengan 4 buah speaker, serta lengkap dengan fitur konektivitas seperti Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, pada head unitnya ini juga sudah tersedia sistem navigasi untuk memudahkan para konsumennya ketika berkendara.

Fitur Kenyamanan

MG ZS 2021 dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan. AC-nya sudah menggunakan digital AC, dan setirnya juga sudah menggunakan teknologi Power Steering dan Tilt, sehingga bisa disesuaikan posisinya oleh pengemudi. Pada setir tersebut juga sudah ada berbagai tombol multi fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan pada fitur yang ada pada head unit.

desain dasbor depan MG ZSHeadrest yang dimiliki MG ZS 2021 ini juga sudah adjustable, sehingga lebih fleksibel. Selain itu, mobil yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan power outlet, cup holder, vanity mirror, serta fitur keyless entry.

Desain Interior

Bicara dari segi desainnya, desain interior MG ZS 2021 ini memang menghadirkan kesan mewah dan premium yang cukup kental. Susunan dasbor, panel instrumen, hingga konsol tengahnya pun dibuat sedemikian rupa agar enak dipandang. Desain interior yang mewah ini juga didukung dengan penggunaan berbagai material berkualitas tinggi sehingga bukan hanya indah, tetapi juga bisa memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpangnya.

Harga MG ZS 2021

Varian

Harga

MG ZS Activate

Rp269,8 jutaan

MG ZS Ignite

Rp289,8 jutaan

MG ZS Magnify

Rp309,8 jutaan

MG ZS biru lampu menyala

Kompetitor MG ZS

Masuknya MG ZS ke pasar otomotif Indonesia ini tentu membuat persaingan di dalam segmen low SUV makin ketat. Di segmen yang sama MG ZS ini harus bersaing dengan beberapa merek besar lainnya, yakni Honda HR-V.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • MG ZS
    MG ZS
    MG ZS
    Angsuran mulai dari:Rp 5,05 Jt/Bln
  • MG HS
    MG HS
    MG HS
    Angsuran mulai dari:Rp 7,25 Jt/Bln
  • Honda HRV
    Honda HRV
    Honda HRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,68 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya