OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Mitsubishi Fuso eCanter: Truk Listrik Berteknologi Canggih
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Mitsubishi Fuso eCanter: Truk Listrik Berteknologi Canggih

Dilihat 237
Yogi Pratama
6 Okt 2020, 17:37
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Mitsubishi Fuso eCanter

Otoloka.id - Mitsubishi merupakan salah satu produsen mobil yang produknya mengusai pasaran Indonesia. Brand ini sudah ada sejak 40 tahun yang lalu. Oleh sebab itu, produk-produknya pun selalu menjadi incaran peminatnya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, Mitsubishi tak mau kalah saing dengan kompetitornya. Mitsubishi juga merupakan mobil truk terbaik dan paling tangguh di Indonesia. Di tahun 2019, Mitsubishi Fuso yang sangat direspon positif oleh masyarakat Indonesia di pasaran.

Di ajang GIICOMVEC 2020 lalu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang merupakan distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck meluncurkan versi terbaru truk andalan mereka yaitu Mitsubishi Fuso eCanter 2020. Tipe Mitsubishi Fuso 2020 ini merupakan truk bertenaga listrik pertama di Indonesia.

Mesin Mitsubishi Fuso eCanter 2020

Mitsubishi Fuso eCanter mengandalkan teknologi power train ramah lingkungan. Hal ini mendukung program pemerintah untuk menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Mitsubishi Fuso eCanter memiliki kelengkapan berupa: 6 baterai bertegangan tinggi.  Dalam kondisi penuh, truk nirem isi ini dapat berjalan hingga 100 km (muatan 75 persen). Muatan maksimum truk ini adalah 4 ton berarti 75% nya sekitar 3 ton. Baterai yang digunakan oleh Fuso listri kini berjenis Lithium-ion battery pack hasil kolaborasi dengan Mercedes-Benz. Baterai ini punya tegangan listrik 360 volt. 

Mesin Mitsubishi Fuso eCanter

Hal yang menarik dari Mitsubishi Fuso eCanter dilengkapi teknologi regenerasi daya. Didapat dari putaran roda ketika truk melakukan pengereman. Sementara buat metode daya ulang, terdapat dua cara, AC dengan waktu pengisian selama 9 jam, dan DC atau pengisian cepat selama 1,5 jam saja.  Saat ini Mitsubishi Fuso eCanter telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat serta beberapa negara Eropa. Sedangkan untuk di Indonesia mungkin segera dipasarkan. Kita nantikan saja informasi selanjutnya dari pihak distributor resmi Mitsubishi yaitu PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Motor listrik yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini berjenis AC Synchronous Electric Motor. Tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik ini adalah  135 KW atau setara dengan 180 Hp, serta torsinya 380 Nm.

Dan perlu anda ketahui, meskipun tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup besar, namun ada potensi panas akibat pemakaian yang harus dikontrol.

Eksterior Mitsubishi Fuso eCanter 

Meskipun Mitsubishi Fuso eCanter merupakan mobil truk listrik, namun secara tampilan, mobil ini terlihat seperti mobil Mitsubishi biasanya.

Mitsubishi Fuso eCanter terlihat pada bagian atas depan dari mobil ini.  Yaitu adanya penggunaan deflecta. Penggunaan ‘topi’ wind deflector ini mempunyai tiga kegunaan,  pertama adalah memperbaiki nilai coefficient of drag aero dinamika dari truk ini ketika berjalan,  kedua mempercantik tampilan dan ketiga untuk menghalau kabel agar tidak tersangkut di boksnya.

Eksterior Mitsubishi Fuso eCanter

Untuk bagian samping, Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini diletakkan baterai berkapasitas total 82,8 kWh. Dan selanjutnya adalah adanya fitur smart  entry pada gagang pintunya berupa tombol kecil untuk mengunci maupun membuka pintu truk ini.

Dan lebih menariknya lagi, adanya safety crash bar pada bagian bawah truknya. Crash bar ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi truk dari benturan,  namun juga dapat menyelamatkan nyawa penabrak di belakang.

Interior Mitsubishi Fuso eCanter

Pada bagian interior dari Mitsubishi Fuso eCanter saat anda memasuki bagian kabinnya. Muatan untuk truk ini berisikan 3 orang. Dan dari dashboard truk Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini bernuansa gelap dan dilengkapi fitur canggih.

Lalu pada bagian interior adanya fitur automatic climate control, yang  mana berfungsi untuk mengatur tingkat suhu AC. Lalu Mitsubishi Fuso eCanter juga menggunakan head unit touchscreen dengan 4 speaker yang dapat tersambung ke smartphone melalui Bluetooth dan membaca input USB dan Aux. Dan terdapat tombol start stop button serta slot untuk memasukkan anak kunci.

Interior Mitsubishi Fuso eCanter

Dan pada setir Mitsubishi Fuso eCanter sudah terdapat SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan frontal. Dan terlebih lagi,  pada truk ini terdapat cukup banyak kompartemen penyimpanan, contoh ada 3 buah tempat penyimpanan terbuka, 1 laci penyimpanan tertutup,  2 cup holder dan 2 asbak pada truk ini. Hal ini membuat Mitsubishi Fuso eCanter lebih praktis dan modern.

Cup Mitsubishi Fuso eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter sudah mengikuti kemajuan teknologi dan moderenisasi masa kini. Sehingga peminatnya pun diberikan kenyamanan dan keamanan dalam penggunaannya.

Fitur keselamatan Mitsubishi Fuso eCanter 

Seperti yang dibahas sebelumnya, adanya fitur safety crash bar untuk melindungi truk dari benturan, namun juga dapat menyelamatkan nyawa penabrak di belakang. Adanya fitur smart entry pada gagang pintunya berupa tombol kecil untuk mengunci maupun membuka pintu.

Lalu bagian atap mobil adanya penggunaan deflecta. Penggunaan ‘topi’ wind deflector yang mempunyai tiga fungsi, yaitu memperbaiki nilai coefficient of drag aero dinamika dari truk ini ketika berjalan, mempercantik tampilan dan untuk menghalau kabel agar tidak tersangkut di boksnya.

Serta pada bagian setir Mitsubishi Fuso eCanter sudah terdapat SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan frontal.

Roda Mitsubishi Fuso eCanter

Selain itu, fitur keselamatan Mitsubishi Fuso eCanter terdapat pada keempat roda tipe mobil truk ini  karena telah menggunakan dengan empat buah cakram pada roda depan dan belakang serta dilengkapi dengan fungsi ABS & EBD dengan Two Stage Regenerative.  Jadi energy cara kerja Two Stage Regenerative adalah mengambil dan menyimpan kembali energy pengereman yang terbuang untuk dimasukkan ke baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Fuso eCanter 

Setelah di review dari berbagai segi Mitsubishi Fuso eCanter, untuk spesifikasi dari truk ini sangat elit dan modern dengan dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Sehingga jika kita lihat kelebihan dari truk ini sudah dapat disimpulkan dari tampilan dan system yang digunakan baik dari segi desain interior, eksterior dan fitur keselamatannya.

Yang jadi perhatian kalangan peminatnya adalah segi kekurangan yang dimiliki oleh jenis truk ini. Diantaranya adalah pada penggunaan lampu pada headlamp, lampu kota,  hingga sein masih menggunakan bohlam jenis halogen biasa.

Berbeda dengan jenis mobil yang berteknologi canggih saat ini yaitu menggunakan jenis lampu berupa LED.

Dan menjadi kekurangan dari Mitsubishi Fuso eCanter adalah masih menggunakan Dinamo yang belum Permanent Magnet Synchronous Motor. Serta mobil bertenaga listrik ini masih memiliki jarak tempuh yang terbatas,  sehingga belum dapat digunakan untuk jarak jauh.

Meskipun demikian, terobosan yang dilakukan Mitsubishi Fuso eCanter ini terbilang lebih unggul dibandingkan untuk sejenisnya. Sehingga harganya pun terbilang mahal. Oleh sebab itu,  untuk di negara Jepang pun belum dipasarkan secara global. Dan lebih diperuntukan system sewa bagi yang membutuhkannya.

Mungkin bagi anda yang ingin memiliki truk canggih ini, bisa kita tunggu saja informasi Mitsubishi Fuso eCanter masuk Indonesia dari pihak distributor resminya PT KramaYudha Tiga Berlian Motors (KTB).

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya