OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Nissan GT-R: Godzilla dari Nissan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Nissan GT-R: Godzilla dari Nissan

Dilihat 228
Eza Fadil
29 Sep 2020, 18:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Pecinta otomotif sejati pasti sudah tahu betul dengan nama Nissan GT-R. Nissan GT-R merupakan salah satu model mobil sport pabrikan Nissan yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kecepatan. 

Perlu diketahui bahwa mobil yang satu ini pertama kali dipasarkan pada tahun 2008 lalu. Saat itu, Nissan GT-R hadir untuk menantang Porsche 911 Turbo yang mendominasi pasar mobil berkecepatan tinggi. Catatan waktu Nurburgring Nissan GT-R berhasil melampaui catatan waktu Porsche 911 Turbo yang sebelumnya tidak terkalahkan.

Nissan GT-R mendapat sebutan "Godzilla" berkat performa mesinnya yang bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa besar. Bahkan kabarnya, tenaga dan torsi yang dihasilkan mobil ini sanggup melampaui muscle car seperti Ford Mustang dan Chevrolet Camaro.

Sayang, supercar yang satu ini memang tidak dipasarkan di Indonesia secara resmi, karena Nissan Motor Indonesia menyatakan bahwa harganya akan melambung tinggi akibat pajak penjualan barang mewah atas barang impor CBU yang cukup tinggi. Tetapi mobil ini tetap bisa dibeli melalui importir umum.

Nah, sekarang kita akan kenalan lebih dekat dengan mobil sport yang satu ini nih! Supaya tidak makin penasaran, kita simak dulu review-nya di bawah ini.

Spesifikasi Nissan GT-R 2020

Bicara soal spesifikasi, Nissan GT-R memang memiliki spesifikasi tinggi. Bagaimana tidak, mobil ini bisa menandingi supercar sekelas Porsche 911. Kecepatan maksimalnya memang bisa mencapai 315 km/jam. Tidak hanya itu, mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur termutakhir yang juga didukung dengan interior yang mewah. Rasanya tidak berlebihan jika mobil ini disebut sebagai salah satu supercar terbaik dari Jepang. 

Nissan GT-R sendiri memiliki dimensi yang cukup ramping dan memanjang. Mobil ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.895 mm, dan tinggi 1.700 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri memiliki ukuran 2.780 mm. Untuk mendukung performanya, mobil ini menggunakan suspensi depan Double-wishbone dengan Aluminum Arms, serta suspensi belakang Multi-link dengan Aluminum Arms. Penggunaan suspensi ini dinilai bisa memberikan kenyamanan yang lebih maksimal ketika berkendara. 

Kemudian untuk sistem pengeremannya sendiri, Nissan GT-R menggunakan rem Cakram dan Brembo Monoblock Caliper 6 Piston untuk rem depannya. Sementara untuk rem belakangnya, mobil ini menggunakan rem Cakram dan Brembo Monoblock Caliper 4 Piston. Roda-rodanya juga dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Dimensi Nissan GT-R

Panjang

4.690 mm

Lebar

1.895 mm

Tinggi

1.700 mm

Wheelbase

2.780 mm

Kaki-kaki Nissan GT-R

Ukuran Ban

20 Inci

Material Pelek

Forged Aluminum

Suspensi dan Rem Nissan GT-R

Suspensi Depan

Double-wishbone dengan Aluminum Arms

Suspensi Belakang

Multi-link dengan Aluminum Arms

Rem Depan

Cakram dan Brembo Monoblock Caliper 6 Piston

Rem Belakang

Cakram dan Brembo Monoblock Caliper 4 Piston

Mesin Nissan GT-R 2020

Tidak bisa dipungkiri bahwa daya tarik utama dari Nissan GT-R adalah performa mesinnya yang gahar. Untuk varian Nissan GT-R Pure, Edition, dan Track Edition, mesin yang digunakan ialah mesin V6 dengan kapasitas 3,8 Literdan didukung dengan Twin-Turbocharged. Mesin V6 yang digendong Nissan GT-R ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 565 HP pada putaran mesin 6.800 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri bisa mencapai 467 lb-ft pada putaran mesin 3.300 rpm hingga 5.800 rpm.

Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan transmisi Dual Clutch 6 Percepatan dan sistem penggerak All Wheel Drive. Hal ini memungkinkan Nissan GT-R melakukan perpindahan gigi dengan cepat, hanya dalam waktu 0,15 detik, saat menggunakan R-Mode. Nissan menyematkan tiga mode berkendara yang berbeda untuk Nissan GT-R yang disesuaikan dengan dengan parameter suspensi, transmisi, dan Vehicle Dynamic Control System (VDC).

Soal kecepatan, tidak perlu ditanya lagi. Mesin Nissan GT-R bisa membawa mobil ini melesat dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik saja dengan dibantu fitur Launch Control. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya sendiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 315 km/jam.

Di antara semua varian Nissan GT-R yang ada, varian yang paling tinggi ialah Nissan GT-R Nismo. Varian yang satu ini bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 600 HP pada putaran mesin 6.800 rpm, serta torsi mencapai 481 lb-ft pada putaran mesin 3.600 hingga 5.600 rpm. Tenaga sebesar ini bisa dihasilkan karena mesinnya telah dituning secara khusus oleh Nismo (Nissan Motorsport).

Mesin Nissan GT-R

Tipe Mesin

V6 Twin-turbocharged 24-valve

Kapasitas

3,8 Liter

Power Output

565 HP @ 5.800 rpm

600 HP @ 6.800 rpm (Nismo)

Torsi

467 lb-ft @ 3.300-5.800 rpm

481 lb-ft @ 3.600-5.600 rpm (Nismo)

Transmisi

Dual Clutch 6 Percepatan

Sistem Penggerak

All Wheel Drive

Kecepatan Maksimal

315 km/jam

Eksterior Nissan GT-R 2020

Nissan GT-R memiliki desain eksterior yang memancarkan kesan sporty, mewah dan futuristik. Dari desain bodinya bisa terlihat bahwa mobil ini menggunakan bahasa desain yang mengedepankan sisi aerodinamisnya. Bagian wajahnya terlihat keren dengan grille berukuran besar yang dipasangi logo GT-R. Lampu depannya pun menggunakan LED dengan desain futuristik, yang sudah menyatu dengan DRL (Daytime Running Light).

Nissan GT-R memiliki bumper depan yang tampak gagah dan agresif, yang dibuat serasi dengan desain bumper samping dan belakangnya. Pada bagian belakangnya, bisa kiota lihat mobil ini berbentuk sedikit mengotak dan memiliki knalpot dengan empat lubang. Selain itu, disematkan pula empat buah stoplamp LED. Di atas kaca belakangnya pun bisa kita lihat penggunaan spoiler untuk menegaskan kesan sporty pada mobil ini. 

Baca Juga:Nissan Serena Mobil Elegan dengan Sentuhan Warna Halus

Khusus untuk varian Nismo, desainnya menggunakan spoiler berbahan Carbon Fiber yang didesain sedemikian rupa demi meningkatkan downforce dan memaksimalkan sistem aerodinamisnya. Bukan itu saja, Nissan GT-R Nismo juga dilengkapi dengan Carbon-Fiber Side Sills pada bagian samping, serta Carbon-Fiber Rear Fascia pada bagian belakang.

Interior Nissan GT-R 2020

Kesan mewah akan langsung terasa ketika kita memasuki bagian kabin Nissan GT-R. Nissan juga menyematkan Jok Recaro dan serit berbalut kulit Alcantara yang menegaskan kemewahan pada bagian interior Nissan GT-R Nismo. Kabin Nissan GT-R bisa menampung hingga 4 orang.

Untuk fitur hiburannya, semua varian Nissan GT-R dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Pada mobil ini, Nissan juga sudah menyematkan sistem navigasi dan sistem audio dari Bose. Tetapi khusus untuk varian Nissan GT-R Pure Edition, belum dilengkapi dengan sistem audio tersebut. 

Fitur Nissan GT-R 2020

Bicara soal fitur, tidak perlu diragukan lagi bahwa Nissan GT-R memiliki beragam fitur canggih. Beberapa fitur andalannya adalah fitur Cruise Control dan Dual Zone Automatic Temperature Control (ATC). Setirnya pun sudah menggunakan teknologi Tilt & Telescopic yang bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi sehingga mengemudi menjadi lebih nyaman. 

Fitur keselamatan tentu tidak boleh luput disematkan. Pada Nissan GT-R telah dipasangkan enam buah airbag untuk melindungi penumpang ketika terjadi benturan. Selain itu, ada pula fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang bisa mempermudah kita untuk memantau tekanan udara pada ban.

Beberapa fitur keselamatan lain seperti fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) System juga disematkan. Fitur ini berguna untuk meminimalisir overstreer atau understeer. Tidak hanya itu, ada pula fitur Traction Control System.

Harga Nissan GT-R 2020

  • Nissan GT-R Pure $99.990 (sekitar Rp1.449.855.000)

  • Nissan GT-R Premium $110.490 (sekitar Rp1.602.105.000)

  • Nissan GT-R Track Edition $128.490 (sekitar Rp 1.863.105.000)

  • Nissan GT-R Nismo $175.490 (sekitar 2.544.605.000)

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Nissan Leaf
    Nissan Leaf
    Nissan Leaf
    Angsuran mulai dari:Rp 13,07 Jt/Bln
  • Nissan Leaf
    Nissan Leaf
    Nissan Leaf
    Angsuran mulai dari:Rp 13,07 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya