OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Review Nissan March: City Car Mungil Favorit Kaum Hawa
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Nissan March: City Car Mungil Favorit Kaum Hawa

Dilihat 245
Arief Yuno
7 Okt 2020, 15:04
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Jika mendengar nama Nissan March, kita pasti akan langdung teringat pada desainnya yang lucu. Nissan March sendiri merupakan city car pabrikan Nissan yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 lalu. Di beberapa negara lainnya, Nissan March juga dikenal dengan nama Nissan Micra. 

Ternyata ada kisah unik dibalik pemilihan nama Nissan March. Seperti yang kita tahu, March merupakan bahasa Inggris dari bulan Maret. Pada bulan ini, biasanya musim semi di Jepang baru dimulai. Musim semi merupakan musim yang identik dengan kegembiraan dan suka cita bagi orang Jepang. Dan dengan harapan bahwa mobil ini dapat memberikan kegembiraan, maka pihak Nissan pun memberikan nama Nissan March pada mobil ini.

Sejak pertama kali diluncurkan, mobil ini telah mendapatkan beberapa kali facelift untuk terus berkembang mengikuti permintaan pasar. Sekilas, desainnya memang cenderung lebih feminin. Tidak heran jika kemudian banyak konsumen wanita yang memilih mobil ini sebagai alat transportasi harian. Predikat city car yang dimiliki Nissan March memang dinilai sangat cocok dengan bentuk bodinya yang mungil. 

Tetapi seperti apa sih sebenarnya Nissan March ini? Bagaimana desain interiornya dan fitur apa saja yang dimilikinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kali ini kita akan bahas semuanya lewat review di bawah ini.

Spesifikasi Nissan March 2020


Jika kita lihat sekilas, bodi Nissan March memang memiliki dimensi yang sangat kecil. Tetapi sebenarnya tidak sekecil itu. City car pabrikan Nissan ini memiliki panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.525 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya memiliki ukuran 2.440 mm. Ground clearance yang dimilikinya pun tidak terlalu tinggi, yakni hanya 141 mm.

Demi memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi para konsumennya, Nissan March dilengkapi dengan suspensi dan rem yang cukup baik di kelasnya. Suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut, sementara suspensi belakangnya menggunakan Torsion Beam. Sedangkan untuk remnya, mobil ini menggunakan rem Ventilated Disc untuk rem depan dan Drum/Tromol untuk rem belakang.

Meskipun Nissan March didesain dengan bodi yang mungil, tetapi hal ini diseimbangkan dengan ukuran bannya yang tidak terlalu kecil. Bannya menggunakan ukuran 175/60 R15 atau ban berukuran 15 inci. Sedangkan velg-nya sendiri dibuat dengan material Alloy Wheels.

Dimensi Nissan March

Panjang 3.780 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.525 mm
Wheelbase 2.440 mm
Ground Clearance 141 mm
Kaki-kaki NissanMarch
UkuranBan 175/60 R15
MaterialVelg Alloy Wheels
Suspensi dan Rem NissanMarch
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum/Tromol

Mesin Nissan March 2020


Sebagai sebuah city car, performa mesin Nissan March seringkali disepelekan. Tetapi jangan salah, Nissan March memiliki dua varian mesin. Yang pertama adalah mesin dengan kapasitas 1,2 liter, dan yang kedua adalah mesin dengan kapasitas 1,5 liter. 

Mesin yang dibenamkan pada Nissan March adalah mesin dengan kode HR12DE. Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi yang bisa dipilih oleh para konsumennya, yakni transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin Nissan March ini juga tidak bisa dibilang kecil. Untuk varian mesin 1,2 liternya, Nissan March bisa menghasilkan tenaga sebesar 76 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, sementara mesin 1,5 liternya bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 PS yang diraih pada putaran mesin yang sama. 

Lalu untuk torsinya sendiri, mesin Nissan March ini bisa menghasilkan torsi sebesar 10,6 kgm pada putaran 4.000 rpm untuk mesin 1,2 liternya, dan 10,8 kgm pada putaran 4.400 rpm untuk mesin 1,5 liternya.

Mesin 1,2 liternya dilengkapi dengan teknologi Electronic Concentrated-engine Control System (ECCS), sementara mesin 1,5 liternya dilengkapi dengan teknologi Continuously Variable-valve Timing Control (CVTC). Kedua sistem ini disematkan dengan tujuan agar Nissan March bisa lebih efisien bahan bakar dan agar mesinnya lebih responsif.

Mesin Nissan March

Tipe Mesin 3 silinder segaris HR12DE, 12 Valve
Kapasitas 1,2 Liter (1.198 cc)
1,5 Liter (1.498 cc)
Power Output 76 PS @ 6.000 rpm (1.2 L)
102 PS @ 6.000 rpm (1.5 L)
Torsi 10,6 kgm @ 4.000 rpm (1.2 L)
10,8 kgm @ 4.000 rpm (1.5 L)
Transmisi Manual 5 Percepatan
Otomatis 4 Percepatan
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
KapasitasTangki 41 Liter

Eksterior Nissan March 2020

Dibanding pesaingnya, Nissan March memang dinilai memiliki desain eksterior yang memancarkan kesan segar dan modern. Nissan sendiri menjuluki mobil ini sebagai "Fashionably Smart". Penambahan aksen krom pada bagian grille depannya membuat desainnya semakin sporty dan cocok untuk anak muda. Varian warna yang ditawarkannya pun beragam, demi memenuhi selera pasar.

Nissan March memiliki garis yang memanjang dari bagian depan sampai belakang dan melewati handle door. Pada bagian pintunya juga disematkan side body moulding. Pada bagian belakangnya, kesan elegan dan sedikit feminin ditonjolkan melalui penyematan back door garnish. 

Versi terbaru Nissan March sudah dilengkapi dengan Daytime Running Light LED. Penggunaan lampu ini dinilai dapat menghabiskan daya listrik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan foglamp konvensional. Di bagian belakangnya juga disematkan LED High-mounted Stop Lamp yang stylish.

Interior Nissan March 2020


Banyak orang yang menyangka bahwa kabin Nissan March akan terasa sempit, tetapi nyatanya kabin mobil ini bisa dibilang cukup leluasa dan nyaman. Kabinnya didominasi dengan warna hitam, sementara kursi dan doortrim-nya dibalut dengan material semi-suede. Penggunaan material ini meningkatkan kenyamanan dan dapat memberikan kesan elegan pada kabinnya.

Pada bagian dashboard, bisa kita lihat kehadiran head unit berukuran 7 inci yang memiliki fitur tambahan berupa screen mirroring untuk Android dan iPhone, pemutar DVD, kamera parkir, serta Bluetooth. Fitur ini pun didukung dengan penggunaan sistem audio yang mumpuni.

Menariknya, setir Nissan March sudah memiliki fitur power steering dan tilt steering yang membuat berkendara lebih fleksibel. Pada setirnya pun sudah disematkan tombol untuk pengaturan audio. Tidak lupa, bagian kabinnya juga memiliki 3 buah cup holder.

Tidak berhenti di situ, Nissan March juga memiliki beberapa fitur pendukung kenyamanan dan kepraktisan bagi penggunanya. Beberapa di antaranya ialah Automatic AC, Intelligent Key, Speed Sensing Auto Door Lock, Keyless Entry, Assist Grip, Gear Shift Indicator, dan masih banyak lagi.

Fitur Nissan March 2020

Meskipun fitur hiburannya tidak seberapa, tetapi fitur keselamatan dan keamanan yang disematkan oleh Nissan pada Nissan March ini bisa diperhitungkan. Mobil ini diketahui memiliki fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang bisa meminimalisir efek understeer atau oversteer. 

Selain itu, khusus untuk varian tertingginya, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif seperti sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBS), dan Brake Assist). 

Lalu di semua variannya juga disematkan fitur keselamatan pasif, seperti 3 point seat belts, Dual SRS Airbags, serta Zone Body Concept. Sedangkan untuk fitur penunjang keamanannya, Nissan March ini dilengkapi dengan Security Alarm dengan Shock Sensor.

Harga Nissan March 2020

• Nissan March 1.2 MT Rp185.800.000
• Nissan March 1.2 AT Rp196.600.000
• Nissan March 1.2 XS AT Rp207.400.000
• Nissan March 1.5 MT Rp214.900.000
• Nissan March 1.5 AT Rp225.600.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya