• Home>
  • Review>
  • Review Nissan Navara: Pick-Up Compact Dengan Dual Cabin
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Nissan Navara: Pick-Up Compact Dengan Dual Cabin

Dilihat 417
Arief Yuno
8 Okt 2020, 21:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Belakangan ini, mobil pick up dengan model Double Cabin menjadi populer di kalangan pecinta otomotif Indonesia. Bukan hanya karena tangguh, tetapi juga truk pick up dengan model double cabin ini dinilai lebih nyaman dan terkesan mewah. 

Kondisi pasar yang seperti ini kemudian dimanfaatkan Nissan untuk memasarkan salah satu produk truk pick up double cabin miliknya, yakni Nissan Navara. 

Sebenaranya, Nissan Navara ini sudah dipasarkan sejak lama, tepatnya sejak tahun 1997 silam. Tetapi mobil ini baru banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta otomotif Tanah Air sejak tahun 2005, dimana pada saat itu Nissan Navara baru ramai dikenal. 

Selama berkiprah di Indonesia, Nissan Navara memang telah berhasil menjadi salah satu model truk pick up double cabin yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang. 

Nissan Navara sendiri dibangun menggunakan platform Nissan F-Alpha. Di Indonesia sendiri, mobil ini seringkali difungsikan sebagai mobil operasional perkebunan maupun pertambangan. Kemampuannya menerjang segala medan dan mengangkut barang bawaan dalam jumlah yang besar menjadi salah satu alasannya. 

Kali ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang Nissan Navara. Seperti apa spesifikasinya? Fitur apa saja yang dimilikinya? Dan berapa harganya? Semua pertanyaan ini akan terjawab melalui review berikut ini. Silakan disimak. 

Spesifikasi Nissan Navara 2020


Untuk ukuran truk pick up dengan double cabin, Nissan Navara ini memiliki dimensi yang cukup ramping. Mobil ini memiliki panjang bodi 5.255 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.820 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya adalah 3.150 mm. 

Sementara itu, mengingat mobil ini harus bisa menjadi mobil yang diandalkan dalam segala medan, Nissan mendesain agar mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 225 mm.

Supaya berkendara dengan mobil ini menjadi lebih nyaman, Nissan juga membekali mobil ini dengan suspensi dan rem yang bagus. Suspensinya sendiri menggunakan Independent Double-wishbone with Front Stabilizer Bar untuk suspensi depan, dan 5-link Coil Spring with Shock Absorber untuk suspensi belakang. 

Kedua suspensi ini dinilai baik untuk meredam getaran dan membuat pengendaraan menjadi lebih halus dan nyaman. Sedangkan untuk remnya, mobil ini menggunakan rem depan Ventilated Disc dan rem belakang Drum/Tromol.

Sekarang kita beralih membahas kaki-kaki dari Nissan Navara ini. Mobil ini menggunakan ban yang cukup besar, yakni ban dengan ukuran 255/70 R16 atau yang berukuran 16 inci. Velg-nya dibuat menggunakan material Alloy Wheels yang lebih kokoh.

Dimensi Nissan Navara

Panjang 5.255 mm
Lebar 1.850 mm
Tinggi 1.820 mm
Wheelbase 3.150 mm
Ground Clearance 225 mm
Kaki-kaki Nissan Navara
Ukuran Ban 255/70 R16
Material Velg Alloy Wheels
Suspensi dan Rem Nissan Navara
Suspensi Depan Independent Double-wishbone with Front Stabilizer Bar
Suspensi Belakang 5-link Coil Spring with Shock Absorber
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum/Tromol

Mesin Nissan Navara 2020


Nissan Navara generasi terbaru menggunakan mesin dengan tipe YD25DDTi yang dilengkapi dengan common rail turbo intercooler diesel. Mesin ini memiliki kapasitas 2,5 liter, dan dipadukan dengan sistem penggerak 4WD. 

Kemudian untuk transmisinya sendiri, Nissan menawarkan dua pilihan transmisi yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan. 

Melihat konfigurasi mesinnya yang baik serta kapasitas mesinnya yang juga cukup besar, pasti diharapkan Nissan Navara ini bisa menghasilkan tenaga yang juga besar. Tetapi sayangnya, mobil ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar &$ PS pada putaran mesin 4.000 rpm. Dan torsinya sendiri mencapai 41 kgm pada putaran mesin 2.000 rpm. 

Kendati demikian, tenaga dan torsi yang dimilikinya ini sanggup membawa Nissan Navara melewati medan off-road dengan mudah.

Kini kita bicara soal konsumsi bahan bakarnya. Nissan Navara membutuhkan bahan bakar sebanyak 14,9 liter untuk menempuh jarak 100 km untuk pemakaian di dalam kota. Sedangkan untuk pemakaian di luar kota, mobil ini membutuhkan bahan bakar sebanyak 12,3 liter untuk menempuh jarak yang sama.

Mesin Nissan Navara

Tipe Mesin YD25DDTi with common rail turbo intercooler diesel
Kapasitas 2,5 liter
Power Output 74 PS @ 4.000 rpm
Torsi 41 kgm @ 2.000 rpm
Transmisi Manual 5 Percepatan
Otomatis 4 Percepatan
Sistem Penggerak Four Wheel Drive
Kapasitas Tangki 80 Liter (Diesel)

Eksterior Nissan Navara 2020


Sekali lihat saja, kita sudah bisa langsung merasakan kesan maskulin, mewah, dan sporty dari desain eksterior Nissan Navara ini. Mobil ini memiliki grille radiator kokoh dengan ukuran besar, yang diberi aksen chrome half V-shape. 

Bodi mobilnya juga semakin tangguh berkat penggunaan konstruksi sasis ladder frame dan reinforced body. Seperti yang sudah disebutkan sebelumny bahwa mobil ini menggunakan ban yang cukup besar sehingga lebih aman digunakan di segala jenis medan.

Kesan maskulin juga dipertegas dengan adanya beberapa fitur eksterior yang unik, seperti rugged fender, bumper guard, roof rack, dan high-mounted stop lamp. Untuk pencahayaan utamanya sendiri masih mengandalkan Projector Xenon dan diberi tambahan lampu kabut atau fog lamp. 

Hal yang paling menonjol dari sisi eksterior mobil ini tentu saja bak terbuka yang ada pada bagian belakangnya. Meskipun nuansa petualang terasa berkata adanya bak terbuka ini, tetapi desain eksterior Nissan Navara secara keseluruhan masih telihat mewah.

Interior Nissan Navara 2020


Jika pada bagian eksteriornya kita hanya menangkap sedikit kesan mewah, maka kesan ini akan lebih terasa setelah kita memasuki kabin Nissan Navara ini. Kursinya menggunakan ergonomic leather seat yang dinilia bisa meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Bagian dashboard-nya tampak futuristik berkat adanya head unit layar sentuh yang bisa digunakan untuk memutarkan audio melalui CD, DVD, MP3, SD Card, USB, serta Bluetooth. Kemudian setirnya menggunakan sistem kemudi Rack and Phinion dengan Electronic Power Steering yang bisa mempermudah handling saat mengemudi. 

Untuk memudahkan pengemudi mengecek keadaan mobil saat berkendara, pada bagian kabin Nissan Navara ini, Nissan telah menyematkan fitur Fine Vision Meters. Ada pula beberapa fitur penunjang kenyamanan lain seperti AC, Power window, electric mirror, double power outlet, headlight adjuster, dan masih banyak lagi. 

Uniknya lagi, AC-nya sudah menggunakan AC Dual Zone Control Auto Climater dengan Rear AC Vents yang akan membuat kesejukan di dalam kabin lebih merata hingga ke barisan belakang. 

Fitur Nissan Navara 2020

Pada bagian interior tadi kita telah membahas beberapa fitur hiburan dan kenyamanan yang ada di bagian interior mobil Nissan Navara. Sekarang, kita akan membahas soal fitur keselamatan dan keamanannya. Sebagai fitur keselamatan aktif, Nissan Navara memiliki sistem pengereman Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, dan Brake Assist. Selain itu, ada pula Hill Start Assist dan Hill Descent Control, serta Vehicle Dynamic Control.

Sementara itu, untuk keselamatan pasifnya sendiri, mobil ini telah memasang Dual Front Airbag di barisan depan. Menariknya, meskipun mobil ini merupakan truk pick up yang memiliki kemungkinan kecil untuk dikendarai bersama anak-anak, Nissan tetap menyematkan fitur ISOFIX untuk keselamatan penumpang anak-anak. 

Harga Nissan Navara 2020

Nissan Navara 2.5 SL MT Rp448.500.000
Nissan Navara 2.5 VL MT Rp533.200.000
Nissan Navara 2.5 VL AT RP551.100.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya