• Home>
  • Review>
  • Review Nissan X-Trail: SUV Gagah, Nyaman untuk Keluarga
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Nissan X-Trail: SUV Gagah, Nyaman untuk Keluarga

Dilihat 281
Arief Yuno
8 Okt 2020, 20:58
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Bicara soal Nissan X-Trail, rasanya model mobil tersebut sudah sangat akrab di telinga para pecinta otomotif di Indonesia. Mobil ini memang sudah cukup lama berkiprah di Indonesia. SUV pabrikan Nissan ini pertama kali didatangkan ke Tanah Air pada tahun 2001 silam dengan varian mesin 2,0 liter. 

Sejak pertama kali kedatangannya tersebut, Nissan X-Trail memang sudah beberapa kali mendapatkan facelift. Dan saat ini, Nissan X-Trail yang dipasarkan ialah generasi terbaru yang telah diperkenalkan melalui ajang GIIAS tahun 2019 yang lalu. 

Di Indonesia sendiri, Nissan X-Trail harus bersaing dengan berbagai model mobil dari produsen kompetitornya. Beberapa di antara sekian banyak pesaingnya antara lain Suzuki Grand Vitara, Mazda Triute, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan masih banyak lagi.

Segmen SUV merupakan salah satu segmen paling ramai di Indonesia. Karena itu pula, Nissan X-Trail terus berusaha melakukan pengembangan untuk menarik perhatian konsumen yang ada di Indonesia. Lalu seperti apa sih sebenarnya generasi terbaru dari Nissan X-Trail ini? Ayo cari tahu lewat review Nissan X-Trail berikut ini.

Spesifikasi Nissan X-Trail 2020


Saat ini, di pasar otomotif Indonesia, Nissan menawarkan tiga varian berbeda dari Nissan X-Trail yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan konsumennya masing-masing. Ketiga varian tersebut antara lain Nissan X-Trail, Nissan X-Trail X-Tremer, dan Nissan X-Trail Hybrid. Ketiga mobil ini memang dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. 

Hanya ada perbedaan dari segi eksterior, interior, serta fitur yang disematkan. Sementara untuk dimensinya sendiri, ketiga varian tersebut memiliki dimensi yang sama persis. 

Dimensi Nissan X-Trail sendiri jika dilihat dari samping memang cukup panjang. Mobil ini memiliki panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.720 mm. Untuk wheelbase alias jarak sumbu rodanya, mobil ini memiliki ukuran 2.705 mm. Sementara ground clearance-nya pun cukup tinggi, yakni 210 mm.

Meskipun memiliki dimensi yang sama persis, tetapi ketiga varian Nissan X-Trail memiliki bobot bodi yang berbeda-beda. Nissan X-Trail varian standar memiliki berat 1.501 kg, Nissan X-Trail X-Treme memiliki berat 1.538 kg, sedangkan Nissan X-Trail Hybrid sebagai varian tertingginya memiliki berat 1.562 kg. 

Untuk memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara yang lebih, Nissan menyematkan sistem suspensi dan rem yang sangat baik. Suspensi depannya menggunakan suspensi Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Sementara suspensi belakangnya menggunakan Independent Multi-link with Stabilizer Bar. 

Penggunaan suspensi ini dinilai efektif untuk meredam getaran ketika melewati jalanan yang tidak rata, sehingga pengemudi maupun penum[ang akan tetap merasa nyaman. Lalu untuk remnya sendiri, mobil ini menggunakan Ventilated Disc untuk rem depan dan Disc biasa untuk rem belakang.

Dimensi Nissan X-Trail

Panjang 4.640 mm
Lebar 1.820 mm
Tinggi 1.720 mm
Wheelbase 2.705 mm
Ground Clearance 210 mm
Suspensi dan Rem Nissan X-Trail
Suspensi Depan Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar
Suspensi Belakang Independent Multi-link with Stabilizer Bar
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Disc

Mesin Nissan X-Trail 2020


Nissan X-Trail menawarkan dua pilhan mesin bagi para konsumennya. Ada mesin dengan kapasitas 1.997 cc atau setara sekitar 2,0 liter, dan ada pula mesin dengan kapasitas 2.488 cc atau setara dengan sekitar 2,5 liter. Untuk mesin berkapasitas 2,0 liternya, Nissan mengawinkannya dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan dan XTRONIC CVT with Manual Mode.

Sedangkan untuk varian mesin dengan kapasitas 2,5 liternya, hanya ada satu pilihan transmisi, yaitu XTRONIC CVT with Manual Mode.

Seluruh varian mengunakan sistem penggerak yang sama. Sistem penggerak yang digunakan oleh ketiga varian ini ialah Front Wheel Drive. Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh kedua jenis mesin sendiri memiliki perbedaan. 

Untuk varian mesin 2,0 liter, mesinnya bisa menghasilkan tenaga sebesar 144 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 20,4 kgm pada putaran mesin 4.400 rpm. Sementara itu, pada mesin berkapasitas 2,5 liternya, tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 171 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 23,8 kgm yang diraih pada putaran mesin 4.400 rpm.

Mesin Nissan X-Trail

Tipe Mesin MR20DD DOHC 16 Valve, Dual CVTCS (2.0 L)
QR25DE DOHC 16 valve, Dual CVTCS (2.5 L)
Kapasitas 2,0 Liter (1.997 cc)
2,5 Liter (2.488 cc)
Power Output 144 PS @ 6.000 rpm (2.0 L)
171 PS @ 6.000 rpm (2.5 L)
Torsi 20,4 kgm @ 4.400 rpm (2.0 L)
23,8 kgm @ 4.400 rpm (2.5 L)
Transmisi Manual 6 Percepatan
XTRONIC CVT with Manual Mode
Sistem Penggerak Front Wheel Drive

Eksterior Nissan X-Trail 2020


Melihat bagian wajah dari Nissan X-Trail, kesan tangguh dan maskulin akan langsung terpancar. Grille yang dimiliki SUV ini berbentuk terpisah dengan adanya aksen V dengan logo Nissan di bagian tengah. Bagian bumper depannya telah dilengkapi dengan foglamp atau lampu kabut untuk mengoptimalkan penerangan di malam hari. 

Lalu pada bagian kap mesinnya, bisa kita lihat lekukan yang juga senada dengan bahasa desainnya. Tidak lupa, Nissan juga menyematkan lampu depan atau headlamp LED signature yang memiliki desain futuristik dan modern. 

Bagian over fender dan side skirt dari Nissan X-Trail ini diberi warna hitam yang semakin mengentalkan kesan tangguh pada mobil ini. Velg-nya berukuran 18 inci dan memiliki desain yang terkesan modern. 

Sementara itu, untuk bagian belakangnya, Nissan X-Trail sudah dilengkapi dengan wiper pada kaca belakangnya. Pada bagian belakang ini juga bisa kita temukan sebuah antena yang bisa memperkuat sinyal radio. 

Interior Nissan X-Trail 2020


Dari bagian eksterior, kini kita beralih ke bagian interiornya. Interior Nissan X-Trail didominasi dengan warna hitam, baik untuk dashboard, jok baris kedua hingga jok baris ketiganya. Bagian setirnya terlihat mewah berkat penggunaan material kulit. Jok depannya dilengkapi dengan pengaturan elektronik di kiri dan kanannya. 

Bahasa desain yang digunakan pada bagian dashboard-nya juga terlihat atraktif dengan adanya head unit layar sentuh. Kesan pertama yang akan didapat ketika kita masuk ke dalam kabin ini adalah kesan elegan, modern dan mewah. 

Pada bagian instrument cluster, ada sebuah layar kecil yang menampilkan informasi mengenai display MID yang bisa dengan mudah diatur melalui tombol yang berada di bagian setir. Penggunaan material kulit pada bagian jok dan legroom serta headroom yang juga leluasa menambah kenyamanan bagi para penumpang maupun pengemudinya. 

Fitur Nissan X-Trail 2020

Tidak sah rasanya kalau kita tidak membahas soal fitur dari Nissan X-Trail. Fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini bisa dibilang cukup lengkap. Nissan menyematkan Dual SRS Airbags sebagai fitur keamanan bagi penumpang dan pengemudi di barisan pertama. 

Mobil ini juga dilengkapi dengan 4 titik sensor parkir untuk mempermudah pengemudinya melakukan parkir dengan aman. Dan tentu saja, Nissan X-Trail juga dilengkapi dengan 3 point seat belt di barisan depan dan belakang. 

Tidak hanya beberapa fitur tersebut yang sudah disebutkan di atas, Nissan X-Trail juga sudah memiliki fitur keselamatan canggih lainnya. Beberapa di antaranya adalah sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), Hill Start Assist, serta Active Trace Control. 

Sementara itu, untuk menjaga keamanan penumpang anak-anak, disematkan pula fitur ISOFIX Child Seat Anchor. Dan untuk fitur pendukung keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan Immobilizer dan Vehicle Security System.

Harga Nissan X-Trail 2020

Nissan X-Trail Rp418.600.000
Nissan X-Trail X-Tremer Rp491.000.000
Nissan X-Trail Hybrid Rp664.700.000

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya