• Home>
  • Review>
  • Review Peugeot 3008: Crossover Kompak yang Futuristik nan Garang
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Review Peugeot 3008: Crossover Kompak yang Futuristik nan Garang

Dilihat 342
Eza Fadil
18 Sep 2020, 16:38
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Terlahir pada tahun 2008, Peugeot 3008 merupakan crossover kompak perpaduan dari bodi SUV, MPV dan hatchback. Produk dari brand berlogo singa asal Sochaux, Prancis ini, menjadi satu-satunya SUV yang masuk nominasi mobil terbaik di Eropa pada tahun 2017. Keberanian Peugeot 3008 berimprovisasi baik itu dari sisi teknologi ataupun desain membuat mereka menggondol penghargaan European Car of the Year di tahun yang sama. Tidak mengherankan sebenarnya, karena selain performa luar biasa, Peugeot 3008 juga memiliki desain khas benua biru yang gagah, modern, maskulin dan sporty dengan interior sangat classy.

PT. Astra International Tbk selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot di Indonesia memperkenalkan Peugeot 3008 pada 2018 lalu. Bisa dibilang hal ini merupakan gebrakan besar si Singa Prancis mengingat mati surinya merek ini di pasar otomotif tanah air. Astra Peugeot mengukir comeback yang manis setelah tiga tahun absen dengan merilis produk ini. Bahkan pada Februari 2020, Astra Peugeot memperkenalkan Peugeot 3008 Allure plus yang diklaim lebih murah dari versi GT Line yang sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia. Kendaraan dengan desain unik ini hanya dibanderol 670 juta atau lebih rendah dari versi pendahulunya yang dihargai 750 juta. Untuk pasar Indonesia, Peugeot 3008 tersedia dalam lima warna yang berbeda yaitu Nera Black, Copper Metallic, Ultimate Red, Pearlescent White and Nimbus Grey.

Mengisi kelas SUV, Peugeot 3008 ditujukan untuk masyarakat perkotaan yang gemar bertualang. Banyak orang menggemari kendaraan ini karena desain, kepraktisan dan tentu saja fungsinya. Jangan pernah ragu soal performa karena Peugeot 3008 sudah menunjukkan taringnya serta meraih kemenangan di ajang reli Dakar pada tahun 2017 dan 2018. Singa Sochaux ini sudah banyak beradaptasi dengan lingkungan tropis seperti wilayah Indonesia dan tak lagi mengalami kendala seperti overheat yang dulu banyak dikeluhkan. 

Eksterior dan Dimensi Peugeot 3008

Peugeot 3008 memiliki tampilan eksentrik, futuristik, sporty dan sangat berkelas. Desainnya didominasi warna hitam mulai dari kaca sampai atap. Aksen krom tersebar di belt-line yang meng-highlight bagian kaca, handle pintu, logo dan banyak tempat lagi di mobil ini. Meski begitu, hal ini sama sekali tidak membuat desainnya terlihat berlebihan malah menegaskan aura mahal dan classy.

Baca Juga: Suzuki XL6 Mulai Tebar Pesona dengan Harga Ramah

Lampu utama dan daytime running light Peugeot 3008 sudah menggunakan teknologi full LED proyektor dan hanya lampu sein yang masih menggunakan bohlam biasa. Foglamp dibalut krom mengkilap terlihat sangat elegan dan khas Eropa. Lihat juga grill depan berhias krom gelap dengan emblem Peugeot dan logo singa di bagian tengah. Desain lampu belakang terbilang unik, kita bisa melihat rear spoiler dan lampu belakang LED 3 bar yang secara filosofis digambarkan seperti cakaran singa, logo dari Peugeot.

Eksterior Peugeot 3008

Kap depan mesin dan bemper dirancang untuk mengeluarkan tampilan sporty pada mobil ini. Bagasi dilengkapi pintu ganda yang bisa dibuka ke atas dan bawah untuk memudahkan mengangkat beban berat dari dalam mobil tanpa kesulitan. Pada varian Allure Plus sudah dilengkapi roof rail dengan desain yang kokoh.

Baca Juga: Review Peugeot 5008: Mobil SUV Gagah Incaran Keluarga Modern!

Kaki-kaki Peugeot 3008 diperkuat velg palang lima berukuran 18 inci yang diduetkan dengan ban alloy berukuran 225/55 R18.  Meski beberapa kali meluncurkan varian baru, tapi dimensi dari kendaraan ini tetap sama, lebar 1850 mm, tinggi 1662 mm, panjang 4510 mm, jarak sumbu roda mencapai 2730 mm dan ground clearance 219 mm. Secara keseluruhan, desain eksterior Peugeot 3008 sangat kompak dan agresif.

Interior dan Fitur Peugeot 3008

Mengintip interior Peugeot 3008 sejenak kita akan terbuai dengan kerennya desain dashboard i-cockpit. Setir kemudinya dirancang flat bottom dan flat top yang merupakan ciri khas mobil balap formula 1. Pada setir palang dua ini dibekali beragam tombol konektivitas dan panel pengaturan panel MID serta sudah bisa diatur tilt dan telescopic. Head unit 8 inchi berteknologi touchscreen tersemat di tengah dashboard dengan beberapa fitur ditambahkan seperti AUX, Bi-tuner, Bluetooth, USB dan Mirrorlink. 

Kesan mewah lain begitu mudah terlihat dari berbagai instrumen dan media hiburan berteknologi tinggi pada Peugeot 3008. Seperti sistem navigasi, radio, speaker depan-belakang, telepon Bluetooth, audio 2DIN, pemutar CD, soket USB, aplikasi mobile dan climate control, cruise control dan speed limiter, kamera mundur 180 derajat dan masih banyak lagi lainnya. Untuk memudahkan charging gawai dan perangkat elektronik lain, tersedia soket 12 volt di bagian depan, belakang dan bagasi. 

Interior dan Fitur Peugeot 3008

Jok Peugeot 3008 merupakan perpaduan denim dan kulit yang keren, sedang untuk varian Allure plus sudah full berbahan kulit. Kursi depan dibekali pengaturan elektrik delapan arah dan dua memori serta tambahan lumbar. Selain itu kendaraan ini juga dilengkapi panoramic sunroof untuk memberikan sensasi berkendara di bawah langit biru. 

Bagasi Peugeot 3008 memiliki kapasitas 512 liter dan dapat diperluas hingga 1064 liter jika kursi belakang dilipat. Untuk membuka bagasi pun akan sangat mudah karena kendaraan ini sudah dilengkapi smart electric tailgate dimana bagasi bisa dibuka hanya dengan sensor gerakan ayunan kaki.

Mesin dan Performa Peugeot 3008

Peugeot membekali 3008 dengan mesin empat silinder 1,6 liter Turbocharger. Mesin bensin dengan volume 1598 cc ini menghasilkan tenaga maksimum 156 hp pada 5800 rpm bersama torsi puncak 240 Nm pada 1400 rpm dan dilengkapi dengan transmisi otomatis enam percepatan. 

Mesin Peugeot 3008 diklaim irit dalam urusan konsumsi bahan bakar. Hanya butuh bensin 5,8 liter/100 km di jalan bebas hambatan dan 8,4 liter/100 km di siklus perkotaan. Kecepatan tertinggi mobil 5 seater ini adalah 183 km/jam dengan akselerasi 12,2 detik untuk percepatan dari 0 hingga 100 km/jam.

Mesin dan Performa Peugeot 3008

Performa Peugeot 3008 juga didukung fitur advanced grip control. Ada juga fitur traction control yang mengatur lima sensitivitas dalam berbagai medan berkendara yaitu normal, snow, mud, sand dan ESP off.

Kapasitas mesin

1598 cc

Tenaga

165 hp

Kecepatan maksimum

240 Nm

Jenis Bahan Bakar

Bensin

mesin

1.6L Turbo Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC

Jumlah silinder dan katup per silinder 

4

Gearbox 

6 speed

Jenis transmisi

otomatis

Aspek unggulan dari Peugeot adalah keamanan. Pada Peugeot 3008 sendiri dilengkapi enam airbag untuk meminimalkan potensi cedera. Rem parkir elektronik otomatis aktif ketika mesin menyala dan pedal kopling ditekan dan secara efisien bekerja bersama sistem suspensi depan MacPherson dengan pegas koil dan peredam kejut hidrolik yang terintegrasi serta suspensi belakang lengan trailing, transverse torsi bar, dan kontrol rol aktif peredam kejut hidrolik. Sistem pengereman juga didukung ABS dengan EBD, EBA, ESP, rem cakram depan berventilasi & cakram dengan sirkuit diagonal rem belakang. Fitur keamanan lain berupa sistem peringatan inovatif yaitu notifikasi jarak melalui Head Up Display, pengatur kecepatan konstan, kaca anti pecah dan banyak lagi limpahan fitur modern lainnya.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • BMW X1
    BMW X1
    BMW X1
    Angsuran mulai dari:Rp 15,31 Jt/Bln
  • Peugeot 5008
    Peugeot 5008
    Peugeot 5008
    Angsuran mulai dari:Rp 15,41 Jt/Bln
  • Volkswagen Tiguan
    Volkswagen Tiguan
    Volkswagen Tiguan
    Angsuran mulai dari:Rp 12,59 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya